Paradox “Heresy”

Hippienov

Halo Mas G dan rekan-rekan semua, aku kembali dengan postingan kedua dan kebetulan masih bernuansa metal seperti postingan terdahulu. Kali ini aku mencoba mereview satu album dari sebuah band metal beraliran thrash asal Jerman bernama Paradox. Semoga berkenan dan enak dibaca. Seperti biasa aku mohon ijin dulu pada Bro Qodri dan Mas Cosmic sebelum memulai, mohon dikoreksi jika ada kesalahan atau tambahan informasi. Enjoy…

DSC02243

DSC02244

Apakah Paradox beraliran sama dengan King Diamond? Jelas tidak (paling gak itu menurutku), Paradox bermain thrash metal dan Paradox tidak menggunakan kibor. Mungkin kesamaannya pada tipe vokalisnya yang sama-sama gak nge-growl, baik Paradox dan King Diamond punya vokalis yang sangat jelas pelafalannya dalam bernyanyi, gak kumur-kumur… Meski vokalis Paradox gak “serumit” King Diamond saat nyanyi. Dan satu hal yang pasti sama adalah antara album The Eye nya King Diamond dan Heresy nya Paradox merupakan album yang punya cerita khusus atau kerennya merupakan album konsep. Paradox dalam album Heresy mempunyai konsep cerita tentang “Roman Catholic Crusaders” di abad 13. Serta kedua album tersebut dirilis Roadrunner tahun 1990. Sama seperti pertama kali denger The Eye, saat pertama denger Heresy aku pun kurang sreg terutama pada tipe vokal nya yang waktu itu menurutku gak murni thrash karena no growls, hahaha… Wagu tenan ya aku ini, gak suka gara-gara vokalisnya gak nge-growl, hahaha… Tapi itu dulu loh… sekarang justru aku bingung kalo denger suara vokalis yang growl, gak jelas nyanyi apa.

Heresy adalah album kedua Paradox dan saat album itu personil Paradox terdiri atas: Charly Steinhauer – vocals, guitar Markus Spyth – guitar Matthias Fries – bass Axel Blaha – drums

Axel dan Charly dalam album ini bisa dibilang menjadi motornya Paradox, walau pada perkembangan terakhir tinggal Charly yang masih bertahan sedang Axel sudah gak bareng Paradox lagi. Meski sudah mulai berdiri sekitar tahun 1986 akan tetapi band ini hanya merilis beberapa album saja dan salah satu penyebabnya adalah sulitnya membuat formasi band yang bertahan lama. Paradox mengalami gonta-ganti personel secara terus menerus dan setelah album Heresy band ini vakum untuk rentang waktu yang cukup lama. Baru sekitar tahun 1998 Charly “regrouping” lagi Paradox dan merilis album ketiga. Aku sendiri jujur sudah sempat melupakan band ini dan kasetnya pun sudah lama berpindah tangan pemilik alias aku jual saat kepepet butuh uang saat pembuatan skripsi, tapi suatu saat ketika sedang di toko CD Musik+ aku lihat ada album dari band Paradox, logonya sudah berubah gak seperti logo saat Heresy dan ini bikin aku penasaran sehingga akupun cari informasi di mbah Wiki dan ternyata betul cd yang lihat di Musik+ Sarinah merupakan album ketiga Paradox setelah lama vakum. Sejak itu aku kembali teringat dengan album Heresy yang pernah aku punya tapi belum ada keinginan untuk beli sampai aku ketemu cd Heresy lagi-lagi di Musik+ Sarinah, woah… the old memories just came back and bang my head once again… Beberapa waktu kemudian aku pesan cd kopiannya dari Metal Bleeding Corp, maklum gak kuat beli yang ori, beli kaset sudah agak susah nyarinya, hehehe… Tapi walau kopian, kualitas rekamannya apik, makanya aku senang pesan memesan cd dari teman-teman metal di Medan ini yang sangat humble dan baik hati.

Album Heresy dibuka dengan lagu berjudul sama dengan intro (hampir 1 menit) petikan gitar klasik yang apik disusul dengan raungan gitar serta dentuman drums dan perjalanan menikmati musik thrash ala Paradox pun dimulai. Uniknya album ini dibuka dengan sepenggal komposisi gitar akustik klasik dan ditutup juga dengan komposisi instrumen guitar berjudul “castle in the wind”. Lagu terakhir ini seperti penenang setelah dari awal album disuguhkan lagu-lagu yang gegap gempita menggempur gendang telinga, bagai minum air setelah makan tahu jeletot yang super pedas itu, hahaha… Singkat kata, aku sangat menyukai album ini baik dari sisi musiknya dan dari konsep ceritanya. Mengingatkanku pada group-group progrock yang suka membuat album konsep, dan untuk sebuah band metal membuat album yang punya konsep cerita menurutku adalah sesuatu yang wajib diapresiasi…

End of the story aku haturkan banyak terimakasih pada Mas G untuk waktu dan kesempatan yang diberikan serta untuk rekan-rekan yang telah sudi mampir mebaca tulisan gak mutu ini. Semoga bisa sedikit menghibur… Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan…

Crusaders Revenge!… Prepare to Die!… hippienov

12 Responses to “Paradox “Heresy””

  1. andria Says:

    saya msh ada kasetnya, mungkin besok bisa saya kirim via pak gatot gambarnya. sangat jarang saya setel mungkin krn tak ada lagu yg nyantol. saat wabah Da Vinci Code itu saya teringat Paradox karena ada istilah kaum Chatar yg pernah saya baca di teksnya. kasetnya malah dibelikan teman saya di jatinegara sekitar tahun 1992, soalnya lbih murah dibanding harga di lapak seken Yogya.

  2. hippienov Says:

    Alo mas Andria,wah ternyata mas punya jg kasetnya.sepertinya band ini di dunia metal kurang terdengar namanya.
    Dulu ak beli saat demam metal di bangku SMA dan terlupakan seperti ceritaku di atas.

  3. cosmic_eargasm Says:

    Mas Hippienov, keren postingannya. Pastinya blog supergemblunk ni mak=bervariatif dan makin kaya tulisannya tentang berbagai genre musik yg jg mungkin bisa memancing gairah para temen2 lain utk menulis dan memposting band kesukaannya yg selama ini kemungkinan bnyk yg mengira blog MFL adalah cuma blog “Blog Bapak-bapak penggemar musik Rock dan ProgRock 70an saja”. Tentang Paradox “Heresy”, dulu termasuk banyak metalhead yg memiliki kasetnya. Meskipun begitu sy kok lupa dan blank tentang lagu2 dari band ini, karena dulu sepertinya lebih sering nyetel yg lain, yg pd wkt era tsb kaset old-school metal sangat berlimpah versi rilisan lisensinya. Sy cuma ingat dgn kovernya saja mas dan hal tsb melekat di pikiran sampai mas Hippie posting album ini. Petikan gitar akustik jg ada pd bbrp band thrash, kelihatannya jadi sebuah standart utk sebuah album thrash metal. Thanks postingann yg menarik memori sy tentang metal dulu mas Hippie..

    insya Allah bsk2 saya posting band2 metal yg lain, tapi mohon waktu ya mas..

  4. Budi Putra Says:

    Siip nih ulasannya…
    Sy pernah punya nih kasetnya Paradox album Heresy. Kayaknya cuma album ini aja yg “nongol” di toko kaset seputaran Jakarta. Sy dpt kaset ini jg melalui perantara orang dalam di salah toko kaset dibilangan Blok M era 90-an dulu. Sbnrnya sy pengen dpt kaset dr band lain yg lg ngetren vocal ngegrows macam Death, Morbid Angel…jd beli Paradox ini gak diniatin krn memang gak ada pilihan lain kaset Trash (impor) saat itu yg terbilang langka.

    Dr awal sy udh gak tertarik dg ini kaset, kalo liat cover album Heresy ini sbnrnya gak terlalu asyik di liat ya…utk ukuran jaman itu…hehehe, dibanding band2 lain macam Coroner, King Diamond (Them), Sabbat, yg nongol di era itu. Stlh nyampe rumah, ya biasa aja…vocalnya gak ngegrows jd gak terlalu diseriusin dengerinnya. Begitu baca ulasan di atas jd pengen dengerin lg nih…

  5. apec Says:

    mas Hippie, dulu kisaran tahun 98-2000, saya getol-getolnya ngoleksi album keluaran Roadrunner dan metal Blede record.. tapi kok yao album milik Paradox ini sering saya lewatkan..justru macam Lethal dan Axxis yang saya buru..dan konon, saat ini kaset2 metal juga banyak diburu..( eh, salah sih, kayaknya semua rilisan dalam bentuk kaset diburu orang saat ini)

  6. andria Says:

    pak Apec tak perlu khawatir, Paradox tak hebat-hebat banget kok🙂 saya tahun lalu dapat Lethal – Programed tapi juga tak dibuat ternganga juga.

    • Gatot Widayanto Says:

      Kalau album Royal Hunt bertajuk Paradox malah saya suka ….he he … Tapi kalau nama band saya gak pernah tahu.

  7. hippienov Says:

    Alo Mas Budi, matursuwun komen nya, ternyata gak cuma aku yang kala itu “kecewa: dengan gaya musik (terutama vokalnya) Paradox. Jaman jadi metalhead garis keras dulu bagiku yang namanya metal ya harus nge-growl vokalnya, hehehe… Begitu beli Paradox walah kecewa karena vokalisnya “bening banget” suaranya… Tapi aneh sekarang malah aku jadi suka lagi dengan album ini, mungkin karena faktor memori nya ya mas?
    Satu lagi, mas betul kaset Paradox yang muncul di toko kaset ya cuma album “heresy”.

  8. hippienov Says:

    Alo Bro Apec, justru aku malah gak pernah sempet beli kaset Lethal dan Axxis dulu… Dan sasaranku sama bro, kaset metal rilisan Roadrunner dan Metal Blade karena menurutku pasti jaminan metalnya, hehehe… Nanti aku coba posting band-band metal lain yang kebetulan aku masih punya kaset atau cd nya. Metal rules…

  9. hippienov Says:

    Alo Mas Cosmic, walah postingan ku ini jauh dibawah standard mas, kalo membaca postinganku lalu baca postingan mas Cosmic, wuih…jauh banget bedanya. Punyaku ringan banget dan hampir jarang ngebahas sisi musiknya, di kulitnya aja, hahaha…
    Metal rules…

    • cosmic_eargasm Says:

      walah sama saja kok as Hippie.. saya juga kebanyakan cuma tau kulitnya saja.. ngak bisa mendalam seperti mas Danang atau mas Rizki..

  10. Помпеи трейлер на русском ЖЕъ Says:

    Лучшие фильмы!

    Смотрите популярные фильмы

Leave a Reply

