Local Record Store di Lokananta Solo

Andria Sonhedi

image

image

kemarin sabtu, 4 Januari 2014 saya menyempatkan diri mengunjungi “Local Record Store at Lokananta” yang dilaksanakan di pabrik kaset & PH Lokananta Solo. Seandainya pak Herwinto tidak memberi woro-wor sebelumnya saya pasti tak tahu & bakal menyesal. kebetulan saja pada hari itu saya mengajakl keluarga saya mengunjungi Borobudur shg rutenya lewat Solo juga. awalnya sempat pesimis tak bisa mampir, malum kami berangkat awalnya mau pagi biar tak panas. dari Magetan jam 7 akhirnya setelah sempat makan soto utk sarapan saya sampai Lokananta jam 09.45 ternyata di Lokananta ada rumah makan sotonya juga, tapi bukan itu yg saya tuju. saat saya sampai mmg sdh banyak meja dijajarkan di muka Lokananta cuma sayangnya baru 2 yg buka dan 2 lagi br menata dagangan. ternyata pengunjungnya baru saya dan sekeluarga yg anak laki2nya tiba2 tertarik ingin beli kaset the beatles🙂 Sayangnya saya tak ketemu dgn Pak Herwinto sampai saya melanjutkan perjalanan jam 10.15. Penjualnya ternyata ada yg kenal pak Herwinto, namanya pak Tjatur. beliau cukup ramah utk diajak berbincang-bincang. sayangnya kaset2 yg dia bawa banyak yg sudah saya punya. tapi dia bilang kalau mmg cuma membawa sampel dagangan karena cuma naik motor ke Lokananta ini. ternyata beliau kenal pak Herwinto dan dan pak Gatot GT. buku Musisiku ada juga di sana. beberapa kaset Yess (yg juga sampel) dan lain2 perekam jadul ada di mejanya. Sayangnya tak ada kaset menarik utk saya beli, ada sebenarnya kaset black metal Mayhem (Norwegia) rekaman Malaysia. sayangnya harganya Rp. 60.000 shg saya batal beli. Selama ini pak Tjatur membuka lapak di Gladak, Solo tapi sekarang sdh tidak dan menjual di rumahnya aja atau lewat FB solonesia gladak. saya diberi no HP-nya kl saya pengin cari kaset. Lapak di sebelah pak Tjatur juga menjual beberapa kaset tapi masih juga tak ada kaset membuat saya tertarik, sebenarnya ada kaset Danzig 3 buah cuma saya anggap tak masuk prioritas. sayangnya saya tak tertarik dengan scene musik lokal karena lapak yg satunya membeber cd musik metal lokal cukup banyak. iseng2 saya lihat cd-cd yang artis luar ternyata ada beberapa yg saya kenal. akhirnya saya ambil 5 CD : Nightwish, Immolation, Pain, Arch Enemy (2cd) dan Hirax. harganya mmg mirip harga aslinya tapi masih saya anggap wajar krn tak perlu ongkos kirim. ternyata ini lapak alpa omega merchandise, saya baca di tas plastik tempat bungkus CD. Sepertinya kok tak ada cd-cd prog di sana. kaset2 juga hanya di tempat pak Tjatur yang ada grup prog klasik macam Camel, Genrsis, Eloy atau Saga. sebelum saya pamit saya sempat minta ijin mengambil foto pak Tjatur & lapak satunya lagi. mungkin kl mau lihat foto suasana LRS yg lengkap bisa menengok ke FB solonesia-nya pak Tjatur atau alpha omega merch.

–evil has no boundaries

13 Responses to “Local Record Store di Lokananta Solo”

  1. andria Says:

    terima kasih pak gatot, mungkin besok rabu sampai jumat absen tdk menengok blog ini karena ada acara kantor utk raker di tawangmangu. kl pak gatot jadi ke madiun saya tolong dikabari.

    • Herwinto Says:

      Saya agak siangan mas jam 13.00 baru nyampai…sampai sore masih tambah terus lapaknya…ada bukunya pak Gatot Triono juga di mas Catur

  2. gt Says:

    Wah..Mas Tjatur pake kaos KPMI ya..hehehe..

  3. wahyu Says:

    hanya sekedar mengingatkan bahwa kita telah kehilangan salah satu musisi hebat mas Yudhi bassist Grassrock pada hari Jumat dini hari tanggal 3 januari 2014 semoga amal ibadah beliau diterima Alloh SWT..sudah sepatutnya kita memberi penghargaan kepada musisi dan band tanah air..selamat jalan mas Yudhi Grassrock..
    ROCK NEVER DIE..!!!!!

    • cosmic_eargasm Says:

      Innalilahi Wa Inna Ilaihi Roji’un. Semoga arwah alm. diterima disisi Allah SWT. Amin!

      Thanks infonya mas Wahyu, memang alm. sudah lama sakit ya mas. Semoga para musisi2 hebat kita yg lain msh diberi kesehatan dan umur panjang. Amin!

  4. cosmic_eargasm Says:

    Wah sayang sekali ya nggak ketemu dgn mas Herwinto ya mas.
    Memang mas Catur ini ex Tampur yg pindah ke Solo. Wah masak pedagang kaset disana tdk ada selain mas Catur ya mas, berarti kemungkinan pedagang lama Solo nggak pada ikutan event tsb. Wuih cd2nya yg diambil mas Andria mantap2. Cuma Hirax dan Pain saja yg sy baru tau. Kalo Nightwish sy suka yg era Tarja Turunnen. Within Temptation jg lumayan keren mas. Waduh Mayhem dihargai tinggi jg ya mas. Soal Black Metal sy tdk begitu ngikuti dan nggak bnyk yg tau. Tp yg lumayan sy suka ada MARDUK, IMMORTAL, DIMMU BORGIR. Yg paling ngetop disini ya CRADLE OF FILTH (termsk Black Metal nggak ya mas?). Kalo BEHEMOTH menurut sy musiknya Death Metal dgn dandanan Black Metal, tp sy suka musiknya. Secara selera tentang musik Extreme era baru (New-School), sy paling suka Death Metal/Brutal Death/Hyperblast tanpa bermaksud mengecilkan genre lainnya semacam Hardcore, Black Metal, Metalcore(yg lumayan sy suka BLACK DAHLIA MURDER), Punk dll.

    \m/

    • Gatot Widayanto Says:

      Nyebutin MARDUK jadi inget saat nonton konser metal rame2 … saat sudah capek trus kita2 di barisan penonton tereak MARDUK …..maksudnya “mari duduk” …. trus ada celotehan “Nonton metal kok duduk!” …. opo tumon? Ha ha ha ….

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

      • cosmic_eargasm Says:

        Hahahaha.. Selain “Mari Duduk”, ada arti lain dari MARDUK, “Martabak Aduk” atau “Kamar Dukun”😛

      • Gatot Widayanto Says:

        Ha ha ha ….lucu memang namanya ….tapi ngaku metal ya mas …. opo tumon?

        Gatot Widayanto

        “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  5. domme Says:

    Iri awak lihat Jakarta, Bandung, dan Solo yang sudah ngadain “record store”. Entah kapanlah bisa ada di Medan… Gimana mau bisa, yang jual kaset bekas pun tinggal satu lapak… Aduh….

  6. andria Says:

    bang Domme di Medan masih bisa buka record store day, wl mungkin hrs menggabungkan distro2 yg yg jual cd/kaset mengikuti selera anak2 muda yg suka scene metal tanah air/luar. kemarin yg jual kaset juga beberapa aja. ada rekan saya, Olap Damanaik, di sisanya CD. selamat mengompori wilayah Medan🙂

    • andria Says:

      ternyata ada kalimat yg putus🙂 teman saya olap damanaik tinggal di Rantau Prapat. dia sih nggak punya kaset🙂 tapi punya kegemaran musik scene lokal/luar. artinya masih banyak orang yg merindukan record store day di Medan wl tak melulu harus kaset2 jadul yg dijual.

    • dOmme Says:

      Mungkin juga bisa dicoba ya…

Leave a Reply

