Black Sabbath “Technical Ecstasy” & “Sabotage”

Andria Sonhedi

gw-BS

      yang saya tampilkan kali ini adalah kasert2 yang menderita & sayangnya disandang oleh kaset2 Black Sabbath. kaset2 ini saya beli memang sudah dalam keadaan begini. sebenarnya BS- Technical Ecstacy adalah kaset BS yang paling mudah ditemukan (rekaman Perina) dan paling tak laku di lapak2 kaset Yogya. entah karena lagu2nya tak enak didengar atau karena gambar sampulnyanya wagu, padahal ini termasuk era Ozzy Osbourne. saya juga baru tahu kemarin saat Storm Thorgersen meninggal, kl ET ini digambar oleh dia. Sepertinya Tony Iommi juga kena wabah progressive. banyak yang tak suka album ini, dibanding album2 sebelumnya album ini terasa ringan. Axl Rose pernah menyanyikan potongan lagu it’s Alright yg diambil dari lagu ini, aslinya dinyanyikan Bill Ward sang drummer (ada videonya di yutube). Saya pun ikut-ikutan nggak suka jaman dulu, makanya saat empati saya timbul cuma tinggal kaset menderita ini yang tertinggal. pita kasetnya bahkan sdh mengelupas krn lembab di unggunan kaset pak Tris. ada lagu balada macam Changes, judulnya She’s Gone yg tak ada hubungannya sama sekali dgn lagu grup hair metal Steelheart.

Awalnya saya sempat bingung, album Don’t Start itu album yang mana dari BS. ternyata aslinya adalah Sabotage, album sebelum Technical Ekstacy di atas itu. apalagi sampulnya dicoret2 pemilik sebelumnya dgn gambar tengkorak,. pas di bekas lem cover aslinya. kaset ini agak lumayan jernih suaranya walau sampulnya seperti itu. sampul aslinya ke-4 personil berdiri di depan cermin. Ozzy sepertinya memakai kimono yg belakangan dia menyesal berfoto seperti itu.
side B ada tambahan grup Kin Ping Mgeh Vol.4. walau album ini tergolong bagus, banyak lagu yang sesuai karakter BS namun wabah synthesizer tampaknya juga melanda album ini. saya sih tak memasalhkannya tapi dari info internet banyak penggemar yang menyayangkan unsur tadi. malah ada yang bilang utk album ini BS memasukkan unsur progressive rock. gara2 saya punya kaset ini pas ada kaset seken Sabotage tak pernah saya ambil.

 

8 Responses to “Black Sabbath “Technical Ecstasy” & “Sabotage””

  1. cosmic_eargasm Says:

    Bagi sy Black Sabbath era Ozzy adalah era klasiknya. Meskipun begitu, era Dio jg mantap dgn sentuhan Hard Rock/Metal yg terasa lebih modern. Dulu album2 BS awal seingat sy bnyk diterbitkan oleh rekaman Monalisa. Sayang, beberapa vinyl dan kaset BS sy sdh tdk ada lg😦 Tapi paling tdk sy masih menyimpan kaset “The Best” by Aquarius yg kover warna hitam itu dan CD Boxed-set Black Sabbath “Black Box” yg berisikan semua album era nya Ozzy. Dan “Paranoid” berada di urutan #1 “100 Essential Guitar Album” pada kategori ‘Classic Metal’ versi majalah Guitar World.

    \m/

  2. andria Says:

    entah mengapa saya suka Ozzy dibanding Dio (wl secara kualitas vokal lebih bagus & seorang yg tetap di jalur metal sampai menjelang meninggal). mungkin krn wajah gilanya itu kl pas difoto. dulu ada sih poster Dio & Craig Goldy, tapi saya kok tetap milih yg Ozzy bareng Jake E Lee atau Zakk Wylde. kl Black Sabbath Aquarius saya juga punya tapi tanpa sampul🙂
    tadi pas mbuka trit tahun 2010 ternyata pak Gatot juga mengulas ttg kaset Sabbath Bloody Sabbath, untung bukan kaset itu yg saya tampilan di sini. Dulu saya tak pernah mengumpulkan BS era Dio atau Tony Martin, pernah dapat album Tyr tapi lalu saya tukar.

  3. hippienov Says:

    Aku juga punya album tyr mas Andria,pemberian pamanku dulu. Kayaknya album konsep ya tentang mitologi bangsa viking?
    Satu lagu yg ak suka bgt heaven in black di side b terakhir.

    • Gatot Widayanto Says:

      Bagi saya, Black Sabbath eranya Tony Martin dahzyat semua musiknya. Album Tyr ini saya suka banget terutama track pembukanya bertajuk Anno Mundi (the Vision) … wah … keren banget nih lagu. Kombinasi riff gitar Iommi dan vokal Martin bener2 dahsyat!

      Ah …. jadi pengen nyetel ….

      # tumben blog gemblung sepi komentar #

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  4. andria Says:

    atau yg Headless Cross pak Gatot, lagu when death calls (ada Brian May-nya)

  5. hippienov Says:

    Bener mas G, lagu anno mundi sudah menggugah hati mulai dari intro nya. Lawmaker juga keren mas G….

    • Gatot Widayanto Says:

      Sebenernya banyak lagu BS yang keren terutama power riff nya Iommi yang selalu dahzyat. Tanpa gitar solo pun masih menawan

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  6. Друзья друзей фильм 2013 смотреть онлайн ЗЧИ Says:

    Лидеры проката!

    Смотрите популярные фильмы

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: