Resensi Kaset: KISS “Crazy Nights”

Nelwin Aldriansyah

 

Kaset KISS Crazy Nights ini pertama kali gw beli di bulan September 1987, rilisan Billboard dengan casing plastik tebal, gw belinya di toko kaset Duta Irama, Aldiron Blok M. Sebelum beli kasetnya, gw  udah dengar beberapa kali single Crazy Crazy Nights yang sering di putar di radio Prambors, bahkan masuk di 10 besar Prambors Top 40. Begitu kasetnya keluar di toko, gw langsung beli.

 

Kaset KISS "Crazy Nights"

Kaset KISS “Crazy Nights”

Dibanding album2 KISS sebelumnya, album Crazy Nights ini terdengar sangat radio friendly, bisa dibilang masuk genre pop-rock, dan untuk pertama kalinya pula KISS banyak menggunakan synthesizer dalam album ini. Mungkin karena saat itu band-band pop-rock yang di dominasi synthesizer seperti Bon Jovi, Heart dan Europe sedang merajai charts. Ditambah lagi faktor produser Ron Nevison yang baru aja sukses menggarap album2 pop-rock dari Survivor dan Heart.

Diantara penggemar KISS album ini sering dianggap ‘too poppy’, sebagian fans suka banget, sebagian fans benci banget. Gw sendiri sih termasuk yang suka banget.. hehehe.. Secara komersial, album Crazy Nights terbilang sukses. Di Amerika, album ini mendapatkan sertifikasi Platinum hanya beberapa bulan setelah dirilis. Di Inggris, singel Crazy Crazy Nights tembus di peringkat 4 dalam UK singles chart, posisi tertinggi yang pernah diraih KISS di Inggris.

Selain singel Crazy Crazy Nights, album Crazy Nights ini juga menghasilkan beberapa hits singles, yaitu lagu ballad Reason To Live dan lagu up-tempo Turn On The Night. Ketiga singel tersebut dibuat video clipsnya dan menjadi video2 yang sering di request di MTV antara tahun 1987-1988. Saking banyaknya request di MTV, 3 video clips tersebut akhirnya dirilis jadi home video berjudul Crazy Nights, home video ini pun sukses besar dan mendapatkan sertifikasi Platinum, jarang-jarang loh music home video dapet sertifikasi platinum.. Dalam video2 klip tersebut, gitaris KISS saat itu Bruce Kulick terlihat memainkan synthesizer dalam beberapa scene, padahal dalam rekaman, yang main Synthesizer adalah musisi studio Phil Ashley.

Selain 3 lagu yang dirilis sebagai singel tadi, lagu lain juga gak kalah keren. Lagu My Way, Bang Bang You dan I’ll Fight Hell to Hold You juga jadi favorit gw dialbum ini.

Di Indonesia, kaset Crazy Nights ini cukup banyak dirilis oleh label bajakan saat itu. Selain rilisan Billboard, gak lama juga muncul rilisan antara lain dari Team records, Contessa, Hins Record dan Ego Record. Di Indonesia, posisi album ini juga unik, gak lama setelah bajakan Billboard beredar, Indonesia mengadopsi Konvensi Berne untuk hak cipta internasional, kebetulan label Billboard (Kings record/PT Suara Sentral Sejati) menjadi pemegang lisensi untuk Mercury/Polygram, label KISS saat itu. Di tahun 1988, album Crazy Nights ini menjadi salah satu album dari batch pertama album lisensi yang diedarkan oleh PT Suara Sentral Sejati. Pada batch pertama ini, kaset lisensi masih menggunakan casing plastik tebal, dan disain grafisnya pun masih sama dengan produk bajakan sebelumnya, hanya saja logo Billboard diganti dengan logo Mercury/Polygram. Pada tahun 1989, kaset2 lisensi dengan casing plastik tebal diganti dengan standar casing internasional, dan album Crazy Nights ini kembali dirilis ulang dengan format baru.

So far, gw udah punya kaset Crazy Nights rilisan Billboard, Contessa, Team Record, kaset lisensi casing tebal, lisensi casing standar, dan kaset rilisan USA. Ada yang mau nambahin koleksi gw..?😀

21 Responses to “Resensi Kaset: KISS “Crazy Nights””

  1. Gatot Widayanto Says:

    Bro Nelwin,

    Thanks a lot yah udah bikin resensi cakeb banget! Pokoknya kalau urusan KISS …jangan tanya dah …. NELWIN orangnya! Not only in Indonesia, but all over the world!

    Ini baru tulisan perdana lho … Ntar bro Nelwin akan share pengalamannya jumpa satu persatu personil KISS …bahkan Nelwin pernah bikin batik dengan corak KISS! Saya juga punya…dari bro Nelwin.

    Top dah!!!

    JRENG!

  2. Rizki Says:

    Hallo Bro Nelwin,
    Ditunggu ulasan berikutnya ttg band ini🙂.
    Oya, seingat saya di kios Ferry Blok M, banyak terdisplay kaset KISS.

    Cheers

  3. HERWINTO Says:

    Disini kegilaannya mas Nelwin ya…. http://nelwinkiss.weebly.com/

  4. andria Says:

    saya juga beli kaset the best of Kiss dari Rockshot setelah dengar lagu Crazy Night itu. sebelumnya cuma tahu I was Made For Loving You yg kena pengaruh disco. saya pas ndengar lagu itu pertama kali jadi heran, kok KISS yg dandanannya ngeri itu lagunya seringan ini. habis itu saya lalu mengoleksi poster2 KISS yg di jual di selatan benteng Vredeburgh Yogya. sayang beberapa dimakan rayap😦
    kembali ke lagu Crazy Night, lagu Daun Surga si Bangkit Sanjaya chorusnya mirip lagu ini🙂

  5. andria Says:

    sepertinya saya dulu juga pernah lihat KISS-Love Gun terbitan YESS

  6. Nelwin Aldriansyah Says:

    Thank you om Gatot, udah menyediakan ruangnya buat ocehan gw..😀. Om Rizki, pastinya akan disusul ulasan2 lainnya, boleh nulis band selain KISS juga nggak..?😛

    • Gatot Widayanto Says:

      Bro Nelwin … Tentu boleh!!! Lha wong Donny Fatah aja bilang… Musik ROCK itu PROGRESIF! Jadi .. Gak ada batasan harus KISS atau prog tulen … Lha buktinya Gino Vaneli, Odia Coates pun dibahas di sini .. Namanya juga Music for Life … he he he … bahkan musik klasik juga kok …

      Hayo monggo nulis bro Nelwin!!

      Oh ya …besok kita mau kumpul di Corelli Cafe , Blok M Square (Basement) jam 13:00 … gabung yuk …

      Salam,

      *Gatot Widayanto*

      *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

  7. Nelwin Aldriansyah Says:

    Om Herwinto, hehe.. iya itu website gw buat nampung foto2 koleksi KISS gw.. dulu tahun 90an pernah bikin di geocities.. sejak geocities dimatikan yahoo, lama gak punya website KISS, baru bikin lagi akhir 2012 lalu.. Om Andria, kaset best of KISS Rockshot saya juga ada, suatu waktu akan di resensi juga..😛 Kalo lagu Daun Surga nya Bangkit Sanjaya, itu miripnya ke lagu Heaven’s on Fire, terutama di bagian reffrain nya.. Kaset KISS keluaran Yess memang cuma ada satu, album Love Gun itu..🙂

  8. andria Says:

    saat saya kelas 5 SD pernah masuk tempat game & pinball di daerah pecinan timur Malioboro (Pajeksan kl tak salah) di dekat pintu masuk ada mesin pinball bergambar KISS. saat itu saya benar2 ketakutan lihat gambarnya & selalu berusaha menghindar. juga saat jalan2 melintas kaki lima Malioboro atau yg di selatan vredeburgh kl lihat poster2 KISS pasti ngeri🙂 tapi masih ngeri lihat poternya W.A.S.P.

    • Nelwin Aldriansyah Says:

      Wah.. om Andria.. mesin pinball itu idaman saya sejak beberapa tahun terakhir.. dulu jaman saya smp antara 82-85, di jakarta setidaknya ada 3 mesin pinball KISS, di Hoya blok M, di Kartika Chandra bowling dan di Djakarta Theater.. kalo ada yang punya info keberadaan salah satu mesin pinball tsb, please let me know..😛

  9. andria Says:

    terima kasih pak Nelwin sdh membangkitkan kenangan KISS saya, ini seakan tak mau berhenti. untung saya blm sempat mengulas kaset2 KISS lama saya yg cuma 7 itu, bakal malu saya 😀

  10. cosmic_eargasm Says:

    Mas Nelson, salam kenal ya, wah rupanya sudah lama kenal dgn mas GW ya.

    Mantap Mas, apalagi mas GW bilang mas Nelson pernah ketemu dgn personil Kiss dan pastinya jg menyimpan pernak-pernik tentang Kiss nih. “Crazy Night” dari dulu sy blm pernah punya, tp sering lihat di rak toko yg Billboard itu, malah yg sempat punya “Animalize” (Billboard standart) ,album yg seingat sy pertama kali tdk pakai make up. Kaset Kiss lainnya yg sempat punya “The Best” Aquarius dan album live terbaiknya, “Alive 1 & 2” rekaman MonaLisa, yg di Yess (kalo tdk salah “Love Gun”) jg blm pernah punya. Jd ingat, jaman normal dulu tiap kaset terbitan Billboard diberi sticker bundar kecil ‘New’84’ atau ‘New ’85’.
    Dan uniknya, cuma di ke 2 tahun tsb yg diberi sticker. Tahun ’86 ke atas sdh tdk diberi lagi.

    ::: Vive Le Rock ‘N Happy New Years 2014 ::=
    :

    • Nelwin Aldriansyah Says:

      salam kenal juga om cosmic.. (maaf nama aslinya belum tahu om.. ) Kalo album KISS pertama tanpa make-up itu album Lick It Up (1983). Kaset KISS keluaran Monalisa ada 4 setahu saya, kaset Alive! vol. 1 dan vol.2, Destroyer dan Rock And Roll Over. Minggu lalu di Blok M Square ada yang nawarin ke saya, kalo mau kaset KISS keluaran Monalisa, dia bisa ambilin.. tapi harganya 100rb.. untung udah punya dari jaman SMP…😀

      • DananG Says:

        hahahaha, salah nawarin tuh mas Nelwin…:), mungkin rasanya kalo di jembreng koleksi mas Nelwin semua, bakal kaget Gene simmons cs…

      • andria Says:

        saya menyesal dulu ada kaset YESS Love Gun, Rock n Roll over tidak saya ambil, maklum keuangan menipis, lagu2nya sdh banyak yg punya dan masih perlu nyoba grup2 baru lainnya. di jl surabaya juga pernah ada CD Alive! rekaman Casablanca dan cuma 50 ribu (di thn1998) tapi duitnya cuma bisa utk beli 1 akhirnya ambil Iron Maiden- Live after Death

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Andria

        Iron Maiden- Live after Death itu album keren dan belum dibahas di sini …. gimana kalau mas Andria tulis ulasannya? Top kuwi!

        Gatot Widayanto

        “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

      • cosmic_eargasm Says:

        nah iya MAs Nelwin (bukan MAs Nelson seperti yg saya ketik, maaf mas..) Lick it ip itu ya yg merupakan album awalnya Kiss tanpa make up.. thanks infonya mas.. saya dulu tdk pernah punya yg itu.. kalo ada Rush dan Queen Freaks, ad Kiss Freaks di blog super gemblunk ini yg makin menambah gemblunk saja.. You Rock!!!

        ::: Vive Le Rock :::

      • Gatot Widayanto Says:

        Di Progring tadi Mita merekomendasikan kita untuk nonton pelem Detroit Rock City …. wah …. saya jadi penasaran….seorang Mita yang Yes banget kayak Koh Win kok malah merekomendasi KISS related movie …. Berarti KISS itu prog …seperti kata Dony Fatah ….musik rock itu progresif!!! He he ….

        Gatot Widayanto

        “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

      • andria Says:

        kl lagu Detroit Rock City itu kata Paul Stanley bermula dari berita yg dibaca Paul Stanley ttg fans KISS yg meninggal kecelakaan lalulintas saat akan nonton konsernya. makanya di akhir lagu ada suara tabrakannya.

  11. Petrus Renjaan - Biak, Papua Says:

    Salam Metal ! Sebelumnya Thanx udah ingatkan saya pada Album KISS “Crazy Nights”. Oh ya, saya penggemar Musik Rock 80’s termasuk KISS. Sampe skarang sy masih menyimpan koleksi Kaset Musik Rock produksi (bajakan) Billboard, Rockshot, Rockline dan AR Private dari beberapa Rock Band 70’s, 80’s & 90’s. Dulunya saya pernah punya KISS “Crazy Nights” (Billboard) tapi hilang dicuri orang (tp udah dapat Album Download-nya). Album KISS (kaset) saya yang masih tersimpan : Lick It Up (Rockshot), Asylum (Billboard) & The Best (Aquarius). Salam Kenal. Thanx. … And On The 8th Day … God Created Rock ‘N Roll.

  12. Ifa Says:

    band ini, punya kenangan yg unik bagi gue, ketika itu di thun 88, gue msh smp sama teman” ingin menyewa video bf, gue sama teman” sepakat sewa video KISS EXPOSED, krena coverx bnyk cewek” seksi. Pas kami stel videox kami heran, kata teman” ini musik video bukan film bf..( ladies room) doang ngk main”. Dri KISS EXPOSED, gue jd beli kaset kiss crazy night, asylum, live unsecored, hot in the shade, chikara, revenge, dll..

Leave a Reply

