Patrick Moraz / Syrinx “Coexistence” – Yess

Hippienov

Hari Minggu kemarin aku jagong ke Detos bersama anak dan istri dengan tujuan utama nemenin anak main di salah satu arena permainan anak-anak yang ada disitu. Kesempatan ini tentunya aku manfaatkan untuk sekalian mampir ke lapak kaset jadul Mas Dodi di lantai basement, tapi sayang lapaknya tutup. Menurut informasi Pak Satpam hari itu mas Dodi sedang ada pameran di suatu tempat sehingga terpaksa gak jualan. Yah…apes… padahal ada kaset Memory of The Year 3 (AR) yang sudah cukup lama aku cari.
DSC02224
DSC02225
Lalu kaki melangkah menuju Lantai 1 ke kios Bro Troy yang biasanya gak terlalu banyak koleksi kaset progclaro nya, tapi hajar bleh… tanggung selagi ada di Detos. Aku dan adikku masuk kedalam dan mulai jelalatan lihat koleksi yang terpajang dan walah!… mata ini melihat ada 3 kaset Yess dan beberapa kaset progclaro lainnya. 3 kaset Yess yang dimaksud adalah Jon anderson – Song of Seven, Rick Wakeman – 1984 dan Patrick Moraz/Syrinx – Coexistence. Sedangkan kaset-kaset progclaro lain diantaranya Saga – Wildest Dream (Billboard), Journey – The Best 1983 (AR), Boston – Greatest Hits (Sony-licensed) dan kaset rekaman Thomsun bertajuk Ravi Shankar – Portrait of Genius (vol. 1 & 2). Woa…. baru kali ini aku ketemu kaset Ravi Shankar… Langsung aku pisahkan sekalian dengan Patrick Moraz/Syrinx-Coexistence. Jon Anderson dan Rick Wakeman kebetulan aku sudah punya jadi aku tidak ambil (not just yet…maybe later…)
Setelah tanya harga dan mencoba nego panjang untuk bungkus 3 kaset (Moraz dan Ravi Shankar vol. 1 & 2) akhirnya cuma Patrick Moraz yang aku bungkus mengingat keterbatasan dana akibat proses nego yang gagal.
Terus terang ini kaset Moraz pertama yang aku punya dan tadinya aku pikir ‘syrinx” adalah nama band, hehehehe…ternyata nama musisi yang main alat musik “pipe”.
Langsung aku sms Mas G untuk menanyakan apakah album ini termasuk bagus dan beliau menginformasikan kalau album ini unik.
Setelah aku simak ternyata memang benar unik karena di album ini Moraz dengan permainan kibor/synth nya berkolaborasi dengan Syrinx yang bermain pipe/flute.
Saat pertama dengar aku belum begitu tersengat karena sepertinya di lagu “mind your body” terdengar biasa saja (tapi ini pendapat pribadi dan sangat subyektif), baru di lagu “coexistence yang terdiri dari 4 movements (black gold/moments of love/chain reaction/peace on the hills)” baru aku terhenyak kaget dan sangat menikmatinya. Ada bagian di lagu ini (entah di movement yang mana) permainan Moraz dengan Syrinx seperti saling bersahutan, cukup ketat dengan ritme bass dan drums yang energik. Selesai lagu ini aku mengalami yang apa yang sering disebut para penghuni blog ini sebagai musical orgasm…weleh-weleh…nikmat tenan…
Side A ditutup dengan lagu “freedom to…” yang aku anggap sebagai konklusi dari lagu sebelumnya. Side B masih tersisa satu lagu lagi dari album Coexistence, tapi yang lebih menarik menurutku adalah lagu tambahan di side B dari album Future Memories.
Menurut informasi mbah Wiki ternyata ada satu lagu dari album Coexistence yang tidak dimuat dalam kaset rekaman Yess, penasaran juga sih pengin tau kenapa lagu ini di-omit oleh Sang Arsitek Yess saat merekam kaset album Coexistence.
Pendek kata album ini sangat menarik karena jarang ada kolaborasi dua musisi beda alat musik, jauh banget antara kibor/synth dengan pipe dalam sebuah album progrock. Tuobz….
Matursuwun mas G yang telah menyemangatiku untuk kembali menulis dan juga atas kesediaan beliau mem-posting tulisan ini dan trims untuk rekan-rekan yang telah mampir mambaca tulisan ngasal ini.
Entering the year of PROG…
hippienov

5 Responses to “Patrick Moraz / Syrinx “Coexistence” – Yess”

  1. hippienov Says:

    Walah tulisanku sudah muncul, padahal belum sempet attach foto, hehehe… matursuwun mas G yang sudah memposting tulisanku ini. mohon maaf fotonya menyusul ya mas…

  2. cosmic_eargasm Says:

    Mas Hippie, asyik postingannya setelah lama nggak posting. Kaset ini malah dari dulu sy nggak sempat punya mas, padahal dulu jg sering liat. Moraz memang top!!!

    Thanks mas Hippie..

    Btw, Sdh dpt kerja ya mas?

    ::: Stay Prog ‘N Happy New Years 2014 :::

  3. hippienov Says:

    Trims mas Cosmic,iya mas sudah cukup lama ak ndak mosting di blog yahud ini.tret ini jd tanda “the return of the prodigal son”,ha3..

  4. apec Says:

    aku tertarik dengan kaset si ravi Shankar kuwi…ayo mas Hippie, dinego lagi..sayang kalo sampe jatuh ke tangan yg salah

  5. hippienov Says:

    Tenang bro,sudah ak minta u/ di “umpetin” dulu sampei ak datang lagi .kalo nanti ak berhasil membungkusnya sepertinya akan kuhibahkan u/ panjenengan,tp ini masih tentative loh ya,he3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: