Megahnya Konser Yes (7 of 10)

Herwinto

Bass Gitar Chris Squire, Amply dan Sound Effects

Hal yang juga tidak kalah menarik bagi saya adalah gaya kocak Squire di atas panggung, dialah yang paling atraktif bertingkah lucu dalam memainkan bassnya seperti dalam Live At Montreux ketika memainkan The Fish benar benar menarik, memainkan bass sambil mulutnya ikut bergaya…
Inilah bass yang sering diusung Squire ke atas panggung….Foto 1 paling kiri adalah Bob Wal triple neck bass dimainkan pada Awaken, foto 1 tengah adalah bass Squire yang paling legendaris yakni Rickenbacker 4001 buatan 1964 yang memberi kekuatan pada lagu Roundabout dan lagu klasik Yes yang lain, bass ini layaknya Gibson ES 175 nya Steve Howe melekat pada diri Squire. Jika senang lagu Roundabout pasti ingat Rickenbacker nya Squire ini. Foto 1 paling kanan adalah Ranney 8 string yang biasa dipakai mengiringi lagu Going For The One. Foto 2 adalah bass lain yang juga sering dibawa naik panggung oleh Squire, foto 2 tengah adalah Rickenbacker yang pernah dipakai pada Fish Out Of Water solo albumnya Squire, dan paling kanan adalah Fender Jazz Bass yang dipakai pada lagu Parallels. Foto 3,4,5 adalah amply yang dipakai oleh Squire dan Howe untuk mengatur kekuatan gitar/bass nya. Foto 6 adalah effects yang dipakai Howe untuk gitar gitarnya.
bass1
bass2
amp1
amp2
amp3

effect

One Response to “Megahnya Konser Yes (7 of 10)”

  1. cosmic_eargasm Says:

    Waw! Mantap sekali artikelnya tentang equipment nya Chris Squire mas. Komplit dan informatif seperti punya Steve Howe. Iya mas, Squire kalo di atas panggung memang selalu atraktif dan kostumnya termasuk asyik, terutama saat di Yes pada era 70an. Sound vintage bas yg khas ‘kayu’ nya memang setau sy dari Rickenbacker yg menjadi andalan Squire. Bahkan pilihan nadanya juga asyik2 dgn sound khas yg cukup menonjol. Jd ingat kaset sy dulu nih, “Fish Out of Water” memang album yg dahsyat, tdk seperti proyek Esquire yg nanggung (ada rekaman Yess nya jg). ada lg proyek duo nya (lupa namanya) yg mantap. Seingat sy judul albumnya “Conspiracy”. Lanjut dgn para kibordis dan drummer Yes mas.

    Yg paling unik menurut sy pas bagian kibordis, karena style Wakeman, Moraz, Kaye, Downes berlainan dan bs melebur ke dlm style musik Yes.

    Kapan2 membahas Friend and Relatives nya Yes sekalian ya mas, biar makin asyik dan gemblunkšŸ™‚

    Thanks.

    ::: Stay Prog ‘N Happy New Years 2014 :::

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: