Django Reinhardt “L’inoubliable”

Andria Sonhedi

 

saat membeli CD Django Reinhardt awalnya adalah adalah keinginan saya untuk menyelamatkan nama besarnya dari tumpukan  barang2 bekas di lantai 3 pasar Bringharjo🙂

gw-django

     sebenarnya saya mengharap ada kejutan sama seperrti saat membeli kaset Janis Joplin dulu tapi ternyata tak ada sesuatu  yang terjadi. pak Django adalah gitaris jazz dari Belgia, tapi terus terang walau saya suka lagu instrumen gitar  tapi tak terlalu nyagkut lagu2 beliau ini. mungkin karena saya membandingkan dgn Yngwie Malmsteen, Paul Gilbert atau Marty Friedman😀

     lagu2 yang ada di CD ini bukan melulu ciptaan pak  Django, ada dari pencipta lagu lainnya yg saya lupa.  Kl kemarin saya puter lagi lagu2nya jadi ingat lagu2 dansa di film kartun Tom & Jery atau Donald Duck🙂
     agak bergeser ke lain cerita, tapi bakal nyambung, saya membaca biografi Tony Iommi gitaris Black Sabbath. saat blm jadi musisi mumpuni Tony nyambi kerja di pabrik  logam. suatu hari dia kena kecelakaan kerja, ujung jari tangannya terkena alat pengepresan logam sehingga 3 ujung jarinya tak terselamatkan. Tony jelas stress krn merasa karir sbg gitaris akan tamat. suatu saat kakaknya menengok sambil membawa album Django Reinhardt. Tony di semangati utk tetap nggitar karena pak Django bahkan cuma menyisakan 2 jarinya setelah mengalami kecelakaan terbakar, tapi tetap bisa nggitar & sukses. Akhirnya Tony membuat pelindung jari dari logam dan mulai berlatih nggitar lagi. dan sisanya adalah sebuah sejarah🙂
mungkin itu satu-satunya yang mengaitkan pak Django dengan musik yg saya sukai

4 Responses to “Django Reinhardt “L’inoubliable””

  1. Edi Apple Santoso Says:

    djangonya franco nero saya pernah lihat mas Sonhedi, tp tony iommi favoritnya suhu GW …..

    • cosmic_eargasm Says:

      hahahaha.. jadi ingat albumnya John Zorn “The Big Gindown” yg mengangkat tem,a film2 koboi djadoel.. sayang cd sy sdh lama bablas , yg edisi remastered lg ;-(

  2. cosmic_eargasm Says:

    Mas Andria, thanks sudah berbagi cerita yg menarik dari Iommi. Selain Iommi, gitaris yg bnyk terpengaruh oleh Django Reinhardt ada Allan Holdsworth. Dulu sepertinya sy ada kasetnya rekaman ‘Jazz Connoiseur’ tp lupa album apa, dgn gitaris gaek lainnya jg macam Kenny Burrel, JohnAbercrombie, Joe Pass dll lupa mas.

    Jd ingat jg, sy pernah punya majalah Guitar World yg membahas tentang lick2 dari gitaris Jazz yg bnyk mempengaruhi gitaris Rock dan Metal. Diantaranya ada si Django yg bukan koboi ini🙂 ah nanti sy cari lg mjlh sy tsb, seingat sy bnyk tulisan2 yg sy anggap penting dan menarik sy stabillo. Kaset Les Paul sy jg pernah punya rekaman AR lama. Thanks mas Andria.

  3. HERWINTO Says:

    Pak Django ini adalah salah satu gitaris kuno yang memberi inspirasi kepada Steve Howe juga…..

Leave a Reply

