Megahnya Konser Yes (6 of 10)

Herwinto

Gitar Gitar Steve Howe

Ketika saya melihat konser Yes salah satu yang paling menyita perhatian saya adalah Steve Howe dengan seabreg gitarnya yang dibawa ke atas panggung. Melihat konser Yes bagi saya bukan sekedar melihat sekelompok orang sedang bernyanyi dan bermain musik, namun melihat sajian seni yang sungguh indah luar biasa dari para seniman yang benar benar memanjakan penggemarnya dengan aksi aksi art rock yang menawan…kali ini saya akan mengulas tentang seperangkat gitar yang senantiasa menemani maestro gitar kebanggan saya ini, Steve Howe memiliki banyak sekali gitar, 2/3 nya dipakai bermain di Yes dan 1/3 nya dipakai di Asia, dalam konser Steve sering menggunakan 2 sampai 3 gitar pada satu lagu yang dimainkan bergantian, ada gitar gitar yang selalu dibawa pada setiap konser dan ada gitar gitar yang dibawa ketika membawakan lagu tertentu di suatu konser, foto 1,2,3 menunjukkan gitar yang selalu ada pada setiap konser. Foto 1 paling kiri inilah gitar kesayangan Steve yakni Gibson ES 175 buatan 1964 yang paling sering mengiringi lagu lagu klasik Yes macam Starship Trooper, Your Move, Heart of The Sunrise, Roundabout, South Side of The Sky, Long Distance, Fish, Yours Is No Disgrace dan masih banyak yang lain seperti foto 11, foto 1 yang tengah adalah Fender Stratocaster yang biasa dipakai membawakan lagu lagunya Rabin semisal Owner Of a Lonely Heart, Rhytm Of Love, Cinema atau Every Little Thing yang sarat distorsi lihat foto 12, sedangkan foto 1 paling kanan adalah Gibson ES 345 buatan 1970 ini biasanya dipakai pada lagu Siberian Khatru atau Close To The Edge yang menghasilkan suara sangat jazzy lihat foto 13, pada Close To The Edge digunakan juga Sitar Coral terlihat pada foto 4 dan 5, penggunaan Sitar adalah ketika masuk pada vokal Tottal Mass Retain. Ketika membawakan Awaken, Steve menggunakan 3 gitar yaitu Steel, foto 6, Fender Telecaster buatan 1955 foto 2 paling kiri, dan sejenis Gibson hitam, foto 7. Jika pada konser membawakan Ritual, Steve akan menggunakan gitar Gibson seperti foto 8 yang menghasilkan sound yang menyayat sekali. Lagu Dont Kill The Whale dan Turn Of The Century bagian elektrik menggunakan gitar seperti pada foto 9, Pada lagu And You And I, Roundabout, Turn Of The Century, Starship Trooper dan Yours Is No Disgrace yang mengandung bagian akustik, Steve menggunakan Variax 600 atau 700 6 senar seperti nampak pada foto 3 dan foto 10, ini sangat membantu karena bisa menggantikan gitar Martin dan bisa standby diatas panggung, menghasilkan suara gitar akustik dan juga sitar, digunakan Steve sejak tahun 2004. Solo Gitar macam Clap, Mood For A Day menggunakan gitar Martin 38 seperti pada foto 2 bagian kanan dan foto 14. Wonderous Stories dan Your Move menggunakan gitar kecil seperti pada foto 15.

1

1

2

2

3

3

4

4

5

5

6

6

7

7

8

8

9

9

10

10

10

11

12

12

gitclose

clapkuning

15

15

6 Responses to “Megahnya Konser Yes (6 of 10)”

  1. andria Says:

    foto2 yg dipajang pak herwin sekaligus memperlihatkan tahap2 steve howe dari muda hingga saat2 ini.

  2. hippienov Says:

    Aku harus dan wajib berterimakasih pada mas Herwinto karena telah menghadiahkan cd mp3 Yes “the complete albums” plus dvd konser Yes dan masih ditambah 2 cd album Circa. Semuanya dahsyat dan istimewa buatku. Bertahun2 lamanya aku cari koleksi mp3 Yes yg lengkap dan gak pernah ketemu, ternyata kini dpt hibahan dari mas Herwinto, sungguh amazing persahabatan antara penghuni blog gemblung ini. Matursuwun sanget mas..

  3. HERWINTO Says:

    Ha ha ha sama sama mas Hippie….maaf cuma bisa memberikan copian…..itu mp3 dulu juga hadiah dari kawan mas Gatot..namanya mas Aulia spesialis copian mp3…mp3 apapun beliau punya.. saya rasa mp3 ini yang terlengkap sebab 25 album Yes tersimpan dalam 1 keping CD…mantab sekali…selamat menikmati copian Circa juga…..

  4. Nelwin Aldriansyah Says:

    Gw termasuk beruntung bisa nonton konser Yes di Jakarta tahun 2012 lalu.. dan bisa bawa kamera SLR.. Lebih beruntung lagi, selesai konser bisa meet and greet dengan Yes, barengan sama om Gatot juga.. Konser Yes disponsori Telkom Flexi, dimana CEO Telkom saat itu adalah kawan dari om Gatot dan boss saya di Bahana dulu, jadi kita berdua dikasih meet and greet pass oleh beliau..

    Foto2 konser Yes bisa diintip di FB gw.. https://www.facebook.com/nelwin/media_set?set=a.10150711265418953.401608.608658952&type=3
    😀

  5. cosmic_eargasm Says:

    as Herwinto, mantap sekali ulasan tentang ‘kapak perang’ nya Steve Howe. Lengkap dan sangat informatif sekali. Dan benar yg dikatakan oleh mas Andria, gitar2 tsb sekaligus merupakan sejarah perjalanan karir Steve Howe dari muda sampai skrng, karena ternyata Howe jg memakai gitar Variax yg notabene termsk produk baru, kalo tdk salah produksinya Line 6 yg bnyk menggunakan tehnologi modern secara inovasi sound, namun tdk menghilangkan karakter sound2 vintage dan old-school nya. Howe jg termsk jago dalam memainkan pedal steel gitar.

    Jd ingat jg, ada album solonya yg sangat jazzy sekali dgn sound yg vintage (sepertinya memakai Gibson ES nya) sampai2 beberapa lagu dari Yes lama diaransemen dgn cantik. Kalo tdk salah judulnya “The Haunted Melody” bersama Steve Howe Trio.

    ::: Salam Enam Dawai :::

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: