Thijs Van Leer and the American Friends “Nice to Have Met You” – Yess

By: cosmic_eargasm 

AKaset rekaman Yess dengan nomer urut 228 ini begitu spesial sekali karena menampilkan 2 flutist yang dahsyat.
Pada side A sampai side B urutan pertama menampilkan Thijs Van Leer yang pastinya sudah tidak asing lagi. Tapi yang terasa istimewa, kali ini Thijs Van Leer menggandeng musisi-musisi yang berasal dari Amerika untuk mengiringinya di album ini. Beberapa nama terasa familiar seperti Steve Khan, Eric Gale, Anthony Jackson, Harvey Mason dan Richard Tee yang banyak bermain dengan musisi-musisi hebat. Style musikal ala Focus masih cukup terasa di album ini, apalagi ‘Hocus Pocus’ juga dibawakan lengkap dengan yodeling khasnya. Namun secara keseluruhan, menurut saya Thijs Van Leer seolah ingin menampilkan sisi lain dari Focus dengan sentuhan yang sedikit soft tetapi tetap terasa denyut Prog nya. Apalagi album ini juga semacam proyek musikal dan bersifat session. Nomor yang apik dan favorit saya selain ‘Hocus Pocus’ ada ‘Tonight Beneath the Sky’, ‘Nice to Have Met You’, ‘Pastorale’ dan ‘Rosebud’ yang sangat asyik sekali. Flutist yang ke dua adalah Chris Hinze yang dengan sangat keren mengisi 3 lagu asyik pada side B. Nuansa musikal Return to Forever awal terasa pada ke 3 nomor yang merupakan favorit saya juga. Kalau style musikal Thijs Van Leer terasa terang, seadangkan Chris Hinze terasa sekali nuansa psychedelic yang kental menyelimuti semua lagu. Di antara line-up nya benar-benar asing dan cukup underrated, saya cuma mengenal Phillip Chaterine, gitaris yang sering bekerjasama dengan musisi-musisi hebat juga. Secara ringkas kaset Yess ini termasuk sangat layak untuk dimiliki.

Sayang foto yang aslinya dengan gambar 2 orang dengan kepalanya membentuk tangan yang berjabat tangan pada kover kaset saya ini hilang, jadi saya ganti dengan “In The Wake of Poseidon” nya King Crimson untuk mewakilinya. Thanks mas GW yang pastinya juga menyimpan kaset ini.

#Yess - THIJS VAN LEER Nice to Have Meet You#

::: Stay Prog :::

6 Responses to “Thijs Van Leer and the American Friends “Nice to Have Met You” – Yess”

  1. cosmic_eargasm Says:

    Mas GW, thanks tulisan sy sdh tayang..

    Selain Focus, sekuel “Introspections” dan “Reflections”, album dari Thijs Van Leer ini sangat layak utk disimak.

    ::: Salam Musikal :::

  2. Gatot Widayanto Says:

    Mas Cosmic, kaset Yess saya versi ini mas:
    https://gwmusic.wordpress.com/2012/11/05/tys-van-leer-nice-to-have-met-you-by-yess/

    • cosmic_eargasm Says:

      Nah benar juga kan seperti perkiraan sy, mas GW pasti masih menyimpan kaset nuansamatique ini. Apalagi ternyata sudah diposting juga setahun yg lalu. Mungkin penulisan nama Thijs Van Leer versi Amrik nya menjadi Tys ya mas? Tapi sdh menjadi kebiasaan bagi sy menulis sesuai awal yg sy ketahui yaitu dgn ejaan Thijs.

      Terus terang sy lebih sering nyetel Chris Hinze dari pada side A nya, karena memang musiknya asyik dan khas 70an nya, walaupun “Nice to Have Met You” sangat bagus juga menampilkan Jazzer2 yg fasih main Prog. Berarti postingan sy yg dobel dgn mas GW sudah 2 ini ya😀 Thanks link postingannya mas

      ::: Bravo Yess :::

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Cosmic

        Gak masalah dobel bahkan triple maupun quadraple …. Kan sudut pandangnya beda. Lagian postingan saya kan lebih ke kaset Yess nya …he he …

        Gatot Widayanto

        “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  3. Nono Says:

    Mas cosmic
    Saya sempat kaget lht tys van leer ini, kok fotonya gak sama, stlh sy baca, trnyata yg dipasang foto in the wake of poseidonnya king crimson. Iso2 ae mas cosmic iki.

    • cosmic_eargasm Says:

      Tys Van Leer rasa King Crimson mas🙂 Dari pada kosong kan lebih baik ditempel dgn foto lain mas.

      Untung bukan foto saya yang tersemat di kovernya hahahahaha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: