“Merry Axemas” A Guitar Christmas

By: cosmic_eargasm 

‘Merry X-mas and Happy New Years’, selamat menyambut natal bagi sahabat-sahabat gemblungers yang merayakannya dan selamat menyongsong tahun baru 2014 yang akan segera tiba. 

#MERRY AXEMAS (front cover)#

#MERRY AXEMAS (back cover)#

Lewat postingan dengan tema natal kali ini saya share sebuah album kompilasi dari para gitaris dari berbagai era dan genre. Semoga berkenan. 
Sesuai dengan titelnya, para gitaris ini masing-masing membawakan satu lagu yang bertema natal.
Karena kebetulan saya tidak merayakan natal, maka hanya beberapa lagu saja yang saya ketahui versi aslinya. Ada juga lagu yang pernah dengar tetapi tidak tahu judulnya dan baru ngeh setelah dibawakan di album yang digagas oleh Steve Vai dan dirilis oleh Epic, salah satu major label raksasa di dunia. Satu-satunya gitaris yang tidak saya kenal disini adalah Hotei yang membawakan ‘Happy X-Mas (War is Over)’ dengan nuansa sound gitar yang vintage dan style Blues-Rock yang menarik dengan aransemen modern. 
Walaupun seluruh urutan track sangat pas dan empuk baik diputar secara berurutan maupun acak, tetapi track terfavorit saya adalah ‘The First Nowell’ yang sangat menarik dibawakan oleh Eric Johnson dengan permainan yang apik dari gitar akustik dan elektriknya serta tone yang dihasilkannya sangat halus dan khas sekali ala Eric, ada juga ‘Christmas Time is Here’ dengan aransemen dan improvisasi yang sangat memikat dari Steve Vai. Dan yang ke 3 favorit saya adalah ‘Cantique de Noel O’ Holy Night’ dengan diselimuti nuansa ambient dan permainan gitar Richie Sambora yang beraroma modern Blues-Rock benar-benar terasa merontokkan hati. Entah kenapa, nuansanya mengingatkan saya kepada “Scene” nya Marty Friedman(yang sayang tidak ikut mengisi di album ini) yang bekerjasama dengan Kitaro. 
Meskipun demikian, nomor-nomor lain tetap asyik untuk dinikmati. Nuansa Vintage Blues-Rock yang sangat kental sekali terasa pada permainan Kenny Wayne Shepherd, seorang gitaris muda berbakat yang banyak disebut sebagai regenerasi dari Stevie Ray Vaughan yang terkenal dengan sound dan tone gitar yang tebal, adalagi Joe Perry gitaris veteran dari Aerosmith yang juga menampilkan stylenya yang tidak kalah asyik. Selain permainan yang juga menawan dari Joe Satriani, Steve Morse dan Jeff Beck yang sudah tidak asing lagi, ada gitaris veteran Rush, band Heavy Prog terkemuka Alex Lifeson yang renyah terasa nuansa Country-Rock nya. Sebelumnya Alex juga sempat merilis solo album. Yang cukup asyik lagi ada Brian Setzer Orchestra yang tampil dengan style Rockabily nya yang khas seperti yang pernah dilakukannya pada era awal 80 an dengan Stray Cats band nya dulu. 

Dan para Axe-Man (sebutan populer bagi seorang gitaris) ini mempunyai cara tersendiri untuk merayakan natal dan berbagi kebahagiaan bersama dengan masing-masing style permainanya yang terasa istimewa pada album yang diedarkan pada tahun 1997 yang silam ini. 

“Merry Axemas”

Thanks mas GW yang budiman. 

::: Salam Enam Dawai :::

7 Responses to ““Merry Axemas” A Guitar Christmas”

  1. andria Says:

    wah, kok bisa kebetulan pas minggu siang kemarin saya nyetel cd itu (bukan yg jilid 2) di mobil dinas isteri saya. Kebetulan saya dan isteri saya habis membersihkan rumah, pas anaka2 kemah 3 hari, pergi makan ke pedesaan. krn ini bukan mobil pribadi yg masih ber-tape tapi pakai cd player saya ambil cd yg setidaknya tak mbrebegi isteri saya, ya yg diulas pak Cosmic itu. saya dapat pas di Yogya jaman dahulu kala, sepertinya pemilik awalnya beli made in Jepang soalnya di kotak CD part 2-nya ada kain halus utk menjaga CD tak mudah tergesek.
    hmm, Marty Friedman-Scene? jadi ingat lagu mantenan saya dulu: Triumph

    • cosmic_eargasm Says:

      Hehehehe sekali-kali mas Andria yg kesetrum sy nih🙂
      Postingan mas Andria bnyk jg lho yg nyetrum ke saya. Memang cuma disini yg ada setruman2 tegangan tinggi yg mengasyikkan sekali. Yg vol.2 sy malah blm punya mas, tp sy pernah liat iklannya di majalah Guitar World, yg sy ingat cuma ada Mike Keneally (lulusan Frank Zappa-school), eh album2 solonya keren2 jg lho mas “Hat”, “Nonkertompf”, “Wooden Smoke” dll.

      Wah nyetrum lg nih Marty “Scene” nya hehehe. Nuansanya hampir sama dgn “Introduction” ya mas🙂 Jd ingat sy sempat ngumpulin cd solo Album Paul Gilbert, ada yg membawakan “Karn Evil” nya ELP, keren sekali permainan kibordnya Emerson ditranskrip ke gitar, “Lamb Lies Down on Broadway” nya Genesis sampai “Dancing Queen” nya ABBA dan “2 Become 1” nya Spice Girl🙂

      Ah jd ingat jg band metal Children of Bodom mengkover lagunya Britney Spears “Oops I Did it Again” hahahaha tp jd asyik jg.. \m/

  2. cosmic_eargasm Says:

    Mas GW, thanks sekali lg, tulisan sy sdh tayang jg. Sepertinya sih, sahabat2 gemblungers tdk ada yg merayakan natal ya?

    Tp memang album kompilasi dr para axe-man ini selain bertema natal, jg semakin mengukuhkan bahwa mereka semua selain gitaris yg berkarakter dgn masing2 stylenya yg sangat kuat, juga hebat jg sebagai aranjer. Eric Johnson sy suka sekali dgn tone nya yg khas dan permainannya yg sangat halus, albumnya yg paling sy suka adalah “Venus Isle”, Richie Sambora pertama kali dengar solo albumnya yg “Strangers in This Town” sy lgs suka dan Richie bisa lepas dr stylenya saat di Bon Jovi. Steve Vai yg menurut sy perpanjangan tangannya Frank Zappa sangat bs mewakili style musik FZ utk lbh mudah diterima generasi muda yg dari pada langsung mendengarkan musik FZ pasti mereka pada menolak dan tdk suka.

  3. andria Says:

    Ted Nuggent ada di sini apa yg album ke-2 ya? lagunnya Deek the Hall kl tak salah, dibuat lebih bersemangat. kl yg steve Morse kesan gtiarnya halus utk lagu yg saya lupa judulnya tapi melodinya ada di kepala ini🙂
    Mike Keneally apa bukan pemencet keyboard pak?

    • cosmic_eargasm Says:

      Ted Nugent (ex Amboy Dukes, Damn Yankees)tdk ada disini mas Andria, berarti yg vol.2 ya? Steve Morse berarti jg main 2X. Jd ingat beberapa album solonya yg dulu dirilis kaset lisensi macam “Coast to Coast”, “Stressfest”. Kalo di kaset Yess cuma 2, dgn The Dregs “Industry Standart+Unsung Heroes” dan Kansas “Power”, hebat ya Morse bs menggantikan kharisma Blackmore di DP. Salah satu album solonya yg sy suka “Major Impact” yg membawakan lagu yg tercipta dari band/musisi inspiratornya. Diceritakan per lagu pada booklet cd nya. Mike Keneally aslinya seorg gitaris, mungkin mas Andria lihat permainan kibordnya di dvd nya Steve Vai yg live in Astoria yg memang superkeren. Bahkan pada live tsb Tony McAlpine kadang jg memainkan kibord.

      ::: Salam Enam Dawai :::

  4. Gatot Widayanto Says:

    Ck ck ck ck ….sungguh saya kagum sama spektrum musik mas Cosmic yang begitu luas dan mendalam pulak … Huwebatz!! Salut saya mas …!

    • cosmic_eargasm Says:

      Sebenarnya yg sy sebut di atas, para pemerhati gitaris pasti pada tau semua kok mas. Menyebut spektrum, sy jd ingat album Billy Cobham yg mantap tsb. Ah, jd pingin play “Spectrum” nih. Ada Tommy Bolin main disana kalo tdk salah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: