Damn the Machine

Andria Sonhedi

 

     cd Damn the Machine adalah hasil perburuan cd terakhir saya tahun ini. saya mengenal grup ini dari membaca iklannya  di GuitarWorld sekitar tahu 1993. grup ini proyek solo dari Chris Poland, mantan gitaris  Megadeth di awal berdiri.

gW-DDm

gw-DDM2
gw-ddm3
 sebelumnya saya pernah punya kaset solo Chris Poland yg judulnya Return to Metalopolis. beberapa bagian permainan gitar di Return… tadi ada yang muncul di album ini juga, cuma lupa yg mana🙂 di beberapa media Return to Metalopolis disebut beraliran heavy metal/ jazz fusion bahkan ada yang menggolongkannya progressif metal. di kemudian hari Chris Poland membentuk grup Ohm, yg menurut saya lebih kental jazz-nya.

     Damn the Machine hanya mengeluarkan 1 album ditambah beberapa single termasuk 1 cover lagu grup Ten Years After. lagu2nya sangat berbeda dengan lagu di Megadeth, terutama karena tak ada petikan gitar berkecepatan tinggi. saya merasa seperti mendengarkan Pantera cuma tanpa growl dan distorsi yang berlebihan atau mungkin hampir mirip Fates Warning. lirik lagunya, yg dibuat sang vokalis Dave Clemmons cenderung ke arah politis macam “we are rebel in the world of corporate reign” (lagu Corporate Reign) atau “media paints a perfect view, media sends their filtered truth (dari lagu Lonesome gods).
       lagu pertama, the Mission, sepertinya yang paling mirip thrash metal. lagu-lagu lainnya cenderung ke blues atau progressive. lagu slow “Silence” serasa mengalun mengikuti roller coaster dalam slow motion. Memang tak bisa sekali dengar utk bisa menikmati musik DtM. Dulunya saya kecewa karena lagu2nya tak sekeras Megadeth namun akhirnya malah bersyukur dengan sound unik mereka.
     sebelum ini saya sdh punya kasetnya, sayangnya covernya ditekuk karyawan foto copy saat saya ingin memperbesar gambar jebakan tikus berumpan uang dollar itu. kl CD-nya saya dapat dari mas Daniel dari Solo lewat perantaraan Toko Bagus.com (yg saya dapatkan secara tak sengaja saat cari cover album DtM ukuran besar.
para musisi:
Chris Poland: lead & rhytm gitar, suara latar
Mark Poland  : drums, suara latar
David Randi   : bass, suara latar
Dave Clemmons: vokalis, rhytm & lead gitar

4 Responses to “Damn the Machine”

  1. cosmic_eargasm Says:

    Mas Andria, thanks banget infonya. Sy sempat baca2 saja tentang band ini, tp blm pernah dengar musiknya sama sekali. Dulu kaset “Return toMetalopolis” sy jg sempat punya yg kover warna biru muda itu.

    Kaset Roadrunner lainnya seingat sy dulu sempat punya Richie Kotzen “Electric Joy” dan satunya yg pakai vokal, Jason Becker “Perpetual Burn”, Marty Friedman “Dragon Kiss”, Tony McAlpine “Freedom to Fly”, Darren Householder, Joey Taffola “Infra Blue”, Racer X yg live kover warna kuning, Stephen Ross s/t, Greg Howe s/t dll. Kalau OHM sy cuma sempat dengar 2 album awalnya yg memang sangat kontras dgn “Return to Metalopolis” yg cadas. Jd ingat jg dgn gitaris unik Matthias ‘Ea’ Eklund yg sempat ada kaset lisensinya, jg dgn bandnya Freak Kitchen yg keren jg musiknya. Kalo dengar OHM otomatis sy kok jd ingat dgn Tribal Tech dan Frank Gambale. Fusion metal ala Michael Manring (Attention Deficit bersama Alex Skolnick & Tim Alexander) album “Thonk” sy jg suka sekali atmosfernya. Yg akrobatik, Spastic Ink nya Ron Jarzombek keren juga (yg album pertamannya), juga pasti Cacophony.

    Thanks mas Andria..

  2. Apec Says:

    Mas cosmic,dulu saya memulai niat koleksi album gitaris ya setelah mendengar Cacophony kuwii,yg Speed Metal Symphony..wuaduhhhhh..sejak saat itu pula setiap ada rilisan Shrapnel, pasti langsung hamba sikat..termasuk semua yang disebutkan mas cosmic diatas

    • cosmic_eargasm Says:

      Mantap memang mas Apec masih bnyk menyimpan koleksi2 yg sampai skrng masih juga bnyk diburu org. Iya mas Andria “Maximum Security” sy sdh lama sekali bablasnya😦

  3. andria Says:

    kl saya dulu sempat menyesal menjual slayer- reign in blood rekaman team records. soalnya banyak yang mau bayar tinggi saat itu. untung saat booming thrash metal mereda saya bisa dapat lagi dgn harga bersahabat. jelas tak saya jual🙂

Leave a Reply

