Menghabiskan Waktu bersama Rick Wakeman

Andria Sonhedi

 

gara2 pak Kristanto nulis ttg kaset2 yg didengarkan beliau sambilaya tergerak berbagi pendengaran juga.
sepanjang sabtu kemarin saya wira-wiri pakai mobil saya. paginya ngantar anak2 saya pergi kemah ke desa pelosok siangnya ngantar isteri saya ke madiun dan malamnya njagong manten. karena kebetulan di mobil itu satu2nya pleyer kaset yg saya percayai maka tak lupa saya mbawa 2 kaset Rick Wakeman (seandainya dia dari Madiun mungkin namanya Carik Wagiman) untuk menemani perjalanan: Criminal Records dan Six Wives of Henry VIII.
Six Wives of Henry VIII adalah album ke-2 pak wagiman yg nongol di tahun 1973. karena menceritakan ttg 6 isteri raja Henry VIII maka jelas ada  6 komposisi lagu instrumental yg masing2 dinamai sesuai nama2 isteri tersebut. Masing2 komposisi berbeda satu dengan lainnya entah dengan dasar apa mungkin pak wagiman sdh studi pustaka dulu. seharusnya ada lagu Defender Of The Faith (katanya) namun ditiadakan karena keterbatasan yg bisa masuk di LP. hammond, synthesizer dan grand piano bergantian sahut menyahut di album ini. terus terang kaset ini saya dapatkan tanpa sengaja utk membeli di pasar Bringharjo lantai atas. saat itu saya memang mengumpulkan kaset2 seken para gitaris, keyboardis karena tampak ngepop tak pernah saya beli. karena saya tahu pak Wagiman adalah keyboardis Yes maka apa salahnya saya beli & ternyata saya tak kuciwa🙂 terutama karena harganya yg murah.
    beberapa lagu Criminal Record ternyata ada yg dimasukkan di kaset Six Wives of Henry VIII wl justru album ini br keluar setelahnya (1977). barangkali karena lagui2 CR hampir sebangun dengan 6WoHVIII. persamaan secara fisik adalah ke-2 kaset ini foto covernya sdh nempel di kotak mikanya 🙂
     saya pernah ingin mengumpulkan rekaman Rick Wakeman, cuma lama kelamaan kok kasetnya terlalu banyak sdg saya juga pengin beli kaset lain. akhirnya pengumpulan saya hentikan sampai 7 saja. yang ke delapan, the Family album, saya beli beberapa tahun lalu. pas tdk banyak lagi yg bisa saya beli di lapak seken 😀
gw-Rwa1
gw-Rwa2
gw-rwa3

14 Responses to “Menghabiskan Waktu bersama Rick Wakeman”

  1. hippienov Says:

    Walah wakeman criminal record adalah kaset yg sejak lama aku hunting mas tp belum berhasil ketemu sampai sekarang..keren mas..beberapa waktu lalu pas lagi iseng mampir ke jasur gak sengaja ketemu album wakeman 1984 terbitan yess mulus pool kayak personil2 jkt48 dan ternyata harganya pun bersahabat.walau sebenarnya sudah punya kaset yg sama di rumah tanpa pikir panjang aku bungkus juga kaset ini dgn dalih menyelamatkan bukti sejarah ditambah memang kondisi kaset 1984 yg aku punya sudah gak terlalu mulus lagi.akhirnya ada 2 album yg sama di rak kasetku tp tak mengapa,aku gak nyesel kok beli kaset yg sama,lah wong kaset yess kok..biar plek sama tp tetap indah dipandang,he3.

  2. andria Says:

    saya dulu paling sering lihat 1984 versi Perina yg mirip the Burning itu, cuma karena di kaset lain sdh ada beberapa lagunya ya nggak saya beli.

  3. Apec Says:

    Kaset RW yg jarang dijumpai di pasaran ( selain yg rekaman Monalisa tentunya) adalah The Family album..team record edisi Spescial edition biasanya memuat album2 yg jarang diterbitkan perekam lain. Selain Family album, RW edisi team seperti ini juga ada album Country Airs.

  4. andria Says:

    pak Apec, gara2 sampeyan nyebut team record edisi Special Edition saya jadi ingat pernah ada kaset Tony Macalpine yg diterbitkan melalui edisi Spescial edition. kl tak salah judulnya Maximum Security. ini buruan saya yg hampir terlupakan. mungkin kebanyakan orang hanya tahu Tony Macalpine lama hanya dikeluarkan oleh perekam singapore: Edge of Insanity, Eyes of the world & Freedom to Fly . apa pak Apec pernah lihat di lapak seken Surabaya?

  5. cosmic_eargasm Says:

    Diantara bnyk album dari Carik Wagiman, eh Rick Wakeman yg diterbitkan oleh Yess (seingat sy lebih dari 10) yg paling sy suka adalah “Journey to the Centre of the Earth”, “No Earthly Connection”, “Gospel”(seingat sy C-90), “Criminal Record”, “Live at Hammersmith”. Sayang sekali Yess tdk menerbitkan “Six Wife of Henry VIII” dan “King Arthur”, tapi dulu sy sempat menyimpan rekaman MonaLisa nya. Meskipun begitu beberapa album RW yg ada di Yess dulu jg sempat sy kumpulkan jg walo tdk lengkap (versi Yess). “Rhapsodies” dan “1984” seingat sy dulu jg sempat punya dobel, rekaman Yess dan Perina Saturn biru. Memang benar seperti yg pernah dikatakan oleh mas Herwinto, walopun produktif rilis album sampai skrng, tp tdk semuanya enak(walo blm semuanya sy dengarkan), bahkan pernah Jg dlm jangka wkt setahun sampai rilis 3 album bahkan lebih. Kalo Frank Zappa & John Zorn walopun begitu jg tp album2nya sangat variatif dan tetap enak utk dinikmati (menurut sy).

    Betul sekali kata mas Apec dan mas Andria, Rick Wakeman “Family Album sy pernah punya kasetnya Team Special Edition dan jg Tony McAlpine “Maximun Security”, yg sekilas bukan album dari gitaris virtuoso tsb, karena gambarnya org tua pakai topi koboi. Team Special Edition yg lain yg sy pernah punya: Frank Zappa/Interview, Colosseum II/Electric Savage, Fleetwood Mac/Live (era Peter Green), Robert Wyatt, Toure Kunda dan gitaris Afrika (lupa judul albumnya) dan beberapa komposer semacam Phillip Glass dll bnyk yg lupa, sdh terlalu lama soalnya. Dulu Guns N Roses/Appetite for Destruction sy jg sempat punya rekaman Team RockLine, kover depannya yg gambar monster ada robotnya itu, yg kalo pada kaset lisensi terpampang di inlay nya. Van Halen/OU812 jg sempat punya rekaman Alpine horizontal coklat itu. 2 kaset terakhir yg sy sebut kbnykn org hanya tahu versi kaset lisensinya saja. Tony McAlpine selain “Freedom to Fly” kaset M’sya warna biru, album lain bbrp jg ada yg dirilis lokal versi lisensi.

    *** Beberapa hari ini sy susah sekali utk mengirim komen.
    Padahal sdh ngetik bnyk, tp akhirnya hilang begitu saja. Ada bnyk komen sy yg hilang dan tdk masuk. Satu2nya cara, ya sy ketik dan sy save dulu baru sy coba kirim lg. Kadang masuk kadang tdk ***

    ::: Salam Djadoel :::

    • Gatot Widayanto Says:

      Kalau No Earthly connection diterbitkan Yess …sudah saya lahap sejak dulu karena saya suka banget album ini mas …. Karena gak ada ya saya kepaksa beli Monalisa ….apa boleh baut ….adanya sekrup ….qiqiqiqi …

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

      • cosmic_eargasm Says:

        “No Earthly Connection” sy dulu sempat punya rekaman Yess nya mas. Msh yg tulisan Yess nya blog warna biru mengkilat dan kover hijaunya blm gradasi. Seingat sy nomer serinya 90 an, dobel dgn apa lupa? Kasus ini seperti Rush/Caress of Steel nya mas Edy yg jg tdk diterbitkan lg=

        Selain itu jg ada ‘dualisme’ nomer urut yg sama tp beda album, seperti Mahavishnu Orchestra “Vision of the Emerald Beyond” dan “Apocalypse” kalo tdk salah #229 serta ELP “Works 1” dan “Works 2” kalo tdk salah #151. Jd ingat dulu sy punya “No Earthly Connection” rekaman MonaLisa putih, dpt nya bareng dgn Camel “Mirage” rekaman Apple.

  6. andria Says:

    Tony McAlpine “Maximun Security” ada yg punya
    *saya menangis ini 😀

  7. Rizki Says:

    Spt halnya Mas Hippie, kaset Criminal Record dari dulu saya cari utk menggantikan kaset saya yg sdh lama hilang. Sejak kios Ferry buka di Blok M, saya sudah ketemu kaset tsb namun masih ragu utk membelinya krn kondisi fotonya yang sdh tidak sempurna. Baru minggu kemarin, akhirnya saya putuskan membeli terkait dgn promosi kios Ferry – lumayan beli 4 (dgn harga bersahabat) dapat 1 gratis🙂

    Selain komposisi dan permainan Rick yang selalu berkesan, album CR ini saya suka karena didukung salah satu rhythm section terbaik dunia: Chris Squire dan Alan White. Saya dulu ngefans berat dengan duo musisi ini dan berusaha utk mengumpulkan album2 yang didukung oleh mereka. Salah satu yang dulu yang sempat punya adalah album musisi Jazz Eddie Harris “EH in UK” dmn mereka bermain juga dgn Tony Kaye.

  8. apec Says:

    mas andria, saya memiliki kaset tersebut..mendapatkan sekitar 6 th lalu di Surabaya

  9. apec Says:

    tolong mas andria jangan menangis lagi ya,he..he..

    • andria Says:

      syukurlah pak Apec🙂 lha kmarin pak Cosmic bilang “pernah” punya artinya sdh tak ada lagi

      • cosmic_eargasm Says:

        Mas Apec, jgn semakin membuat mas Andria menangis lho T_T

        Oya ada lg kaset Roadrunner yg sempat sy punya: Jeff Watson/Lone Ranger, John Norum/Face the Truth, kompilasi L.A. Blues Authority yg kovernya warna hijau muda itu dan cd nya pernah di ulas oleh mas GW, dan Pat Travers(gitaris blues), yg kover warna biru kalo tdk salah.

        Kalo Jason Becker “The Raspberry Jam” sempat punya juga tp dlm format CD.

  10. undangan pernikahan murah dan unik Says:

    Link exchange is nothing else but it is just placing the other person’s
    webpage link on your page at appropriate
    place and other person will also do same in support of you.

Leave a Reply

