Iklan Kaset Jadul di Majalah Vista

Andria Sonhedi

GW- iklan kaset V

 saya tdk mengalami masa2 majalah Aktuil atau mungkin tak pernah kebagian sekennya di lapak majalah bekas di seberang toko buku Sari Ilmu yogya. saat itu saya lebih banyak mendapat tambahan ilmu grup musik dari majalah remaja Hai dan majalah film & musik Vista.

berbeda dgn Hai yang tidak terlalu banyak mengetengahkan musik, di Vista gambar2 dan artikel musik manca betebaran bergantian dengan film. gambarnyapun banyak yang berwarna. sumbernya kebanyakan Hit Parader, majalah musik dari Amerika yang saat itu jadi acuan  Vista. sepertinya Deny Sabri yg pernah di Aktuil  juga jadi wartawan di Vista.

siang tadi saya bongkar2 majalah lama saya itu dan menemukan beberapa iklan kaset jaman itu. yang gambar kiri adalah Vista tahun 1984. Tahun itu sepertinya sponsor dari perekam AM Audio dan Pan Audio. saya cuma pernah punya 1 kaset rekaman pan audio (sebenarnya yg beli kakak saya) yaitu the very best of Mick Jagger. untuk kaset2 rock tata letaknya seperti contoh kaset Sammy hagar dan iron maiden yg diiklankan itu.

Sepertinya beberapa waktu kemudian sponsornya berganti dengan Billboard dan King’s Record. iklannya biasanya di sampul belakang bagian dalam. kebetulan yg saya ambil gambarnya adalah edisi tahun 1986 & yang diiklankan yang hard rock macam Lizzy Borden, Alice Cooper  dll. di bagian bawah Billboard juga menuliskan jadwal pemutaran Billboard top 50 di radio2 yg disponsorinya. di Yogya saya biasa mendengarkan di radio Unisi. dari 8 kaset yang diiklankan setahu saya cuma lagu Amanda dari Boston yang masuk Top 50.

13 Responses to “Iklan Kaset Jadul di Majalah Vista”

  1. andria Says:

    terima kasih pak gatot. ini tak amburadul krn ngetik sendiri

  2. hippienov Says:

    Biar cuma gambar tapi tetap ini nuansamatik mas,sepertinya gak salah kalo dilaminating atau dibingkai terus dipajang di ruang kerja atau ruang keluarga..kesannya “sesuatu” banget gitu😀

  3. andria Says:

    sayang juga pak hippie, dibaliknya sering ada gambar artisnya juga, terutama Vista yg sdh disponsori Billboard.

  4. cosmic_eargasm Says:

    Vista sama seperti Hai jg yg wkt itu bnyk membahas era 80 an yg menjadi acuan. Kalo Aktuil memang spesialis 70an karena memang muncul pd era tsb dan sy suka bahasa sarkastik nya yg bs mempengaruhi pembaca. Yg sy ingat, Hai dulu sempat mengeluarkan sejarah Classic Rock dalam bentuk komik berwarna 2 halaman yg dimuat berseri. Sangat menarik dan membuka wawasan sekali. Tp sayangnya sy tdk mengklipingnya, karena memang dulu tdk langganan Hai dan Vista(yg dicampur dgn film). Era 80 akhir ada tabloid Mumu yg asyik jg bahasan ttg kaset djadoelnya walo sedikit, dan wkt itu bs menyebabkan harga kst yg diresensi di Mumu jd melambung tinggi.

    *** Beberapa hari ini sy susah sekali utk mengirim komen.
    Padahal sdh ngetik bnyk, tp akhirnya hilang begitu saja. Ada bnyk komen sy yg hilang dan tdk masuk. Satu2nya cara, ya sy ketik dan sy save dulu baru sy coba kirim lg. Kadang masuk kadang tdk ***

    ::: Salam Djadoel :::

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Cosmic …

      Sorry for the inconvinience caused …. Wah ….sengsara kalau ketik ulang apa lagi kalo HP sampe dibanting mas . . Betul mas … save dulu aja!!

      Cara lain: Komen via email mas …seperti yg saya lakukan saat ini dan sering sekali saya lakukan. Syaratnya …harus FOLLOW blog gemblung dulu dan minta dikirimin email setiap ada update di blog ….

      Gitu mas Cosmic ….

      Ayo mas ….kita face value di progring ….

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

      • cosmic_eargasm Says:

        wah mas GW jangan merasa bersalah gitu dong hehehehee..
        mungkin sinyal di saya yg lemah atau mungkin ada kuota tertentu utk meengirim text

        iya mas saya jg kepingin.. nati saya usahakan tapi nggak berani janji dulu .. insya Allah..

      • Gatot Widayanto Says:

        Iya mas Cosmic … Soalnya kalau saya bisa bantu, akan saya bantu …karena saya merasakan tuh yang namanya sudah mengetik tapi gak masuk … Opo ora mangkel pol!!! Mudah2an gak terjadi lagi ya mas. tapi lebih baik SAVE dulu saja mas ..

        Mas Cosmic, Tentu …saya sangat berharap kita bisa kopdar nanti di ProgRing mas … Kontribusi ilmu prog mas Cosmic untuk blog gemblung ini luwar biyasa! tentu temen2 pengen ngobrol gayeng melalui Face value mas …

        Anyway …Insya Allah itu sudah janji yang kuat mas … Rasul melarang kita membuat janji “Besok aku pasti datang” karena terlalu sombong mengatakan “pasti” karena meremehkan faktor Allah swt …

        saya berharap dan berdoa mas Cosmic, juga mas Kristanto, bisa hadir …

        *Gatot Widayanto*

        *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

  5. andria Says:

    saya juga tdk langganan kok pak, cuma dapat sekennya di malioboro & shoping Ceter lama + pasar Bringharjo. biasanya sekalian nyari kaset atau Cd sekalian.

  6. herman Says:

    Mas Andria, majalah Life -nya yang ada The Beatles sudah ketemu….? di share Mas kalau sudah ketemu….

    • andria Says:

      saya baru pulang dr Yogya ini. sayangnya nggak ketemu. adanya malah buku Spandau Ballet yg dibelikan ibu saya barengan dgn buku2 yg saya upload kmarin😀 . eh ya, juga Rolling Stone bersampul Axl Rose

  7. priyono Says:

    saya ada majalah VISTA dah dibundel isi 10 edisi 1985

Leave a Reply

