Cover dan Kotak Kaset Nan Jadul

Andria Sonhedi

ini sebenarnya tulisan dari mas Chresno Daroe Warsono, rekan saya di paguyuban TUC yang sekarang ngantor di Surabaya. beliau memberikan tausiyah🙂 ttg kaset pada rekan2 generasi muda yg banyak tak tahu masa kejayaan kaset2 non lisensi. sebenarnya awalnya dari cetusan seorang anggota yg ingin membuat tulisan bertema “mampukah record store day/cassette store day mengembalikan kejayaan rilisan fisik?” kemudian ditanggapi mas Chresno dgn beberapa tulisan di milis kami.

siapa tahu ada generasi muda yg malah blm tahu info2 ringan beginian, tapi saya serahkan sepenuhnya pada pak gatot

==============

Sekarang kita coba bahas tentang kotak kaset dan kovernya. Pada awal saya kenal kaset, kover kaset sudah dalam bentuk cetakan berwarna, tidak jauh berbeda dengan kover jaman sekarang, kecuali satu produsen, Yess,yang bertahan dengan cover dengan foto yang ditempel (gambar_01). Sempat juga saya punya kaset produksi aquarius yang pakai foto seperti itu, tapi kaset itu saya beli bekas, jadi kemungkinan produksi tahun 70-an (sayang kaset itu sdh hilang).Kalo kotak kaset tidak banyak berubah, kecuali bagian belakang. Kaset-kaset lama kebanyakan tutupnya (bagian belakang) berwarna hitam. Kalau sekarang bening seperti bagian depan.
Pernah juga popular kover kaset dari kardus yang menyelubungi kotak kaset tapi model seperti ini kebayakan yang c-90, album-album the very best (gambar_02). Kebetulan saya masih punya beberapa, ada yang produk team dan aquarius. Produk team lebih bagus, kovernya sampai bagian dalam, ada foto dan cerita tentang band (gambar_03), sementara yang aquarius kovernya hanya bagian depan, dalamnya gak ada apa-apa.
Ada juga beberapa kaset yang kovernya dibungkus plastik dan ditempel menyelubungi kotak kaset (gambar_04 kiri, kaset god bless), yang seperti ini bagian dalamnya juga gak ada apa-apa seperti produk aquarius di atas. Yang banyak muncul di akhir masa kaset non-lisensi dan di awal era lisensi adalah kotak/kover dari plastik tebal seperti gambar_04 kanan (kaset nourma y), di bagian luar kotak plastik ini ada lapisan plastik bening yang melindungi kover kertasnya, kover kertas ini bisa diambil/ditarik keluar. Kadang kover ini bisa dibuka lebar berupa poster dan ada lirik di dalamnya. Kotak seperti ini sebetulnya lumayan bagus, anti pecah, tapi saya kurang suka, soalnya kalo ditaruh di rak kaset jadi menuh-menuhin tempat. Pada awal masa lisensian, produk king’s record banyak yang pakai kotak seperti ini, tapi sayang koleksi saya yang seperti itu sudah tidak tersisa, (seperti yang saya ceitakan kemaren) sudah saya jual semua dan ganti yang cetakan impor….. ya yang tersisa cuma kaset nourma yunita ini (dan beberapa kaset artis Indonesia), karena gak ada impornya😀

image

image

image

image

image

(Chresno Daroe Warsono)

.

–evil has no boundaries

6 Responses to “Cover dan Kotak Kaset Nan Jadul”

  1. Gatot Widayanto Says:

    Mas Andria

    Saya gak tahu kenapa berantakan seperti di atas.

    Saya kenal mas Chresno mas ..dulu kami sama2 di M-Claro. Salam ya mas.

    • andria Says:

      ya, beliau kmarin bilang pak gatot selalu ngirim pemberitahuan lewat milis, sampai suatu saat kerajaan api menyerang,😀 maaf pak, suatu saat kiriman pak gatot katanya terhenti akhirnya nggak pernah niliki blog njenengan ini.
      urutan gambar yg Yess itu gambar 1, yg lainnya sdh benar. biasanya kl copas jadi gitu pak, mungkin karena dlm bentuk tabel awalnya. tadinya mau saya tulis ulang tapi kok berat😀 coba nanti saya update.

  2. danangsuryono2112 Says:

    Beberapa kali saya ketemu mas Chresno saat beliau di Kalibata. Beliau seperti disampaikan mas Gatot dulu aktif di m-claro. Kangen dengan tulisan beliau. Sampaikan salam saya mas Andria

  3. andria Says:

    beliau sejak juli 2010 balik ke Jawa setelah dari makassar, ditempatkan di Surabaya. ini sdh 3 tahun lebih, mungkin tahun depan beliau akan pindah lagi. kap mobil dinas mas Chresno dicat seperti gitar frankenstrat Eddie van Halen 🙂

  4. cosmic_eargasm Says:

    M-Claro dr dulu sering dengar tapi sy tdk pernah sama sekali buka milisnya, kalo Music for Life dulu sempat buka, tapi baru pertengahan tahun ini ikut berpartisipasi. Tentang kaset djadoel, sy dulu malah suka sekali memakaikan casing wadah yg belakangnya hitam tapi lurus pada kaset rekaman Apple, Bootleg dan Monalisa sy dulu, wadah yg bening dulu jg sempat beli baru buat menggantikan casing lama yg buram, sampai pada kover inlay nya sy buatkan guntingan kertas seukuran kovernya biar kalo narik kaset dari rumahnya tidak terjadi gesekan yg bs menimbulkan kover inlay jd kusam😀 Sy jg termasuk tdk suka dgn casing tebal yg plastik mika, biasanya kovernya sy potong jd seperti kotak kecil standart, contohnya kaset Rockshots David Lee Roth sy yg pernah sy posting. Kalo kotak tebal versi Team sy malah suka, tapi rentan sekali menjadi rusak kovernya, karena lgs tdk diberi plastik. Beda dgn yg Aquarius, Hins, Ego Recs dll yg pakai plastik buat pelindung walo bbrp Team jg pakai.

    *** Beberapa hari ini sy susah sekali utk mengirim komen.
    Padahal sdh ngetik bnyk, tp akhirnya hilang begitu saja. Ada bnyk komen sy yg hilang dan tdk masuk. Satu2nya cara, ya sy ketik dan sy save dulu baru sy coba kirim lg. Kadang masuk kadang tdk ***

    ::: Salam Djadoel :::

  5. andria Says:

    terima kasih pak gatot, tulisannya sdh bisa rapi & enak dibaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: