Jon Lord “Before I Forget” – Yess


By: cosmic_eargasm

Gubahan komposisi klasik yang paling sering dibawakan ulang oleh band/musisi Progressive Rock adalah karya dari J.S. Bach. Salah satunya adalah “Toccata and Fugue in D Minor” yang sangat terkenal dan diaransemen ulang dengan apik oleh mendiang Jon Lord dengan diberi titel ‘Bach Onto This’.
Dalam penggarapan album yang dirilis pada tahun 1982 ini Jon Lord masih menggandeng musisi-musisi hebat yang diantaranya juga sempat bekerjasama sebelumnya. Walaupun tidak menggunakan  orkestra seperti album-album terdahulunya, namun album ini masih sangat enakuntuk dinikmati.
Nomor favorit saya selain ‘Bach Onto This’ juga ada nomor instrumental lain yakni ‘Tender Babes’ yang sangat istimewa dengan pukulan drums Cozy Powell yang khas dengan powerfull nya, ‘Burntwood’ yang menawan dengan permainan piano Jon yang mengadaptasi klasik romantik gaya Eropa, serta ‘Before I Forget’ yang syahdu dengan sayupnya lantunan backing vokal dari Vicky dan Sam Brown.

 

#Yess - JON LORD Before I Forget (front)#

#Yess - JON LORD Before I Forget (inlay)#
Selain itu ada 2 nomor slow yang sangat menawan dan memorable ‘Say it’s Allright’ dengan lantunan vokal Vicky Brown yang ekspresif dan ‘Where Are You?’ yang dengan pas dinyanyikan oleh Elmer Gantry yang sangat impresif dan permainan syntheziser Jon semakin membuat nomor ini makin menarik. Memang, Jon lebih banyak menggunakannya pada album ini untuk menggantikan fungsi dari format orkestra dan sebagai sarana untuk mengekspresikan sisi musikalitas style Jon yang mengikuti perkembangan jaman juga. Hal tersebut cukup terasa pada 2 nomor dengan sentuhan Rock yang terasa lebih modern di ‘Change on A Feeling’ menarik dengan tarikan vokal Bernie Marsden yang merangkap gitar juga dan ‘Holywood Rock & Roll’ dengan permainan gitar yang apik dari Mick Ralphs dari Bad Company yang sebelumnya pernah memperkuat Mott The Hoople yang keren itu. Vokal Tony Ashton yang sempat membuat Power Trio dahsyat Ashton, Gardner & Dyke dan proyek Lord, Ashton & Paice juga bisa mewakili lagu tersebut.

Tambahan pada side B juga menarik dari kerjasama 2 musisi veteran Cream dan Procol Harum yang terasa modern mewakili era awal 80 an dengan 6 nomor Blues-Rock yang di mix dengan style funky. Favorit saya ada di nomor kalem beraroma Blues ‘Take Good Care of Yourself’ dan ‘Shadows Touching’ yang terasa sekali style musik yang khas ala Robin Trower. Permainan bass Jack Bruce juga sangat terdengar menonjol pada semua lagu.

Thanks Mas GW yang baik.

::: Keep Rockin’ and Stay Prog!:::

15 Responses to “Jon Lord “Before I Forget” – Yess”

  1. Nono Says:

    Mas cosmic…

    Aku langsng nggueblak sak geblak2e mas bgitu lht album JL ini, apalagi rec yess. Album ini dr dulu sy cari2 dan sampe skrg blm sy dptkan, bnr bikin aku ngiler mas. Mksh mas cosmic dan om G sdh diposting, paling tdk bs mengobati kerinduan dr album ini.

    • cosmic_eargasm Says:

      Mas Nono, terus terang sy posting kaset ini kesetrum dgn postingan mas Nono yg Whitesnake “Ready ‘An Willing” tempo hari yg ada permainan Jon Lord di album tsb. Walaupun di album ini Jon bnyk memainkan syntheziser dan tdk serumit waktu di Deep Purple, tapi sy sangat suka sekali dgn album ini, selain “Sarabande” dan “Gemini Suite” pastinya yg ke 2 kaset Yess sy tsb sdh lama bablas bersama kaset2 Yess andalan sy termsk Whitesnake, Saga, Marillion, Gentle Giant dll. Album initdk ikut bablas karena banyak yg punya.
      Nah sy kira mas Nono malah msh menyimpan album ini juga. Semoga bsk2 cpt dpt ya mas. Coba search di internet seperti mas Kris dan mas DananG yg masih rajin ‘hold’ di dunia maya dan mas Eddy serta mas Hendrik yg msh rajin hunting di lapakers dunia nyata🙂

      ::: Keep Rockin’ :::

  2. Kristanto Says:

    Walaah, ngeces maning ngeces maning, liat kaset ini … Rupanya Yess banyak juga ngerilis solo albumnya alm. Jon Lord ini …

    • cosmic_eargasm Says:

      Lho? Mas Kris ternyata juga blm punya kaset ini?

      Setau sy, Jon Lord di rekaman Yess cuma 3 saja mas, “Gemini Suite”, “Sarabande” dan “Before I Forget” ini. Kalo Wizard Convention tdk trmsk ya?

      Kaset “Sarabande” sy masih nyimpan yg rekaman Nirwana 1LP, tapi sayang, kovernya lengket di casingnya😦

    • Kristanto Says:

      Hiiiks, saya cuma punya yang “Sarabande”…

      • cosmic_eargasm Says:

        Diantara 3 album Jon Lord yg diterbitkan oleh Yess, menurut sy yg paling susah didapatkan adalah “Gemini Suite”. Tapi semoga mas Kris jg segera cepat mendapatkannya🙂

  3. hippienov Says:

    Lagu “where are you” memang sweet buanget mas..ak dapat lagu ini dari koleksi mp3 “purple gang” yg dihibahkan mas Yuddi beberapa waktu lalu. Saat dengerin lagu ini suka aku lanjutkan dgn hole in the sky nya coverdale dan holy man-deep purple.wah sendu banget jadinya..

    • cosmic_eargasm Says:

      Mas Hippienov, gmn kbr? Terakhir kita ketemu di tret nya mas Andria ya, yg mas Hippie membahas sdkt tentang ‘Evil Has No Boundaries’ itu🙂

      Mantap mas, nggak apa2 MP3, toh kita jg bs bnyk mendpt wawasan musik yg luas walaupun tanpa ‘fisik’ nya (mas Yuddi jg pernah bilang demikian). Sy jg nyimpan MP3 yg malah kebnykn band2 yg sy dulu blm pernah tau atau band2 yg dulu nggak sempat punya ‘fisik’ nya kok mas.

      Tentang 3 lagu yg mas sebut memang sangat asyik semua, apalagi dikemas dalam kompilasi yg mas sering bikin. Seperti sy jg dulu pas msh jaman kaset sering bikin kompilasi ala home made :-)=0A=0A::: Keep Rockin’ :::

  4. cosmic_eargasm Says:

    Mas GW, thanks tulisan sy sudah terposting dari tadi ternyata🙂

    Kegilaan Jon Lord terhadap Bach bukan hanya pada musiknya saja, tp jg terlihat pada kover single nya “Bach Onto This” yg menampilkan foto J.S Bach yg diberi kacamata riben seperti style John Lord🙂

    Artwork kover “Before I Forget” ini jg sangat menarik, sampai2 dulu sy sempat nyablon kaos nya. Juga logo Fish setelah album “Vigil in the Wilderness of Mirror” dirilis kasetnya dulu.

    • Gatot Widayanto Says:

      Posting at speed of thunderdrumming by Mangini …

      *Gatot Widayanto*

      *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

  5. herman Says:

    Mas Cosmic,…tadi saya sempet lihat tret ini waktu di kantor, kalau pakai bahasa yang top di Blog ini:… ngguweblaag saya lihatnya….hahaha…lihat warna cover gradasi ijo dipadu sama merah…..tuobs tenan…. setelah sampai di rumah saya lihat kaset saya yang rekaman Billboard…memang beda sekali lihat Yess sama lihat billboard ….di dalam sleeve ada tulisan Bringhardjo, tgl 17 Desember 1982, 500,-….saya jadi inget, ternyata 30 tahun yang lalu saya beli kaset berkisar IDR 300,- sd IDR 500,- ( hehehe biar nggaya pakai IDR …) …harga tergantung kondisi kaset….seinget saya begitu lihat kaset ini sudah deg2an …takut ada orang lain dateng dan langsung ambil tanpa nawar….hehehe , ….makanya langsung saya beli karena Jon Lord-nya yang saya sudah suka sebelumnya lewat Sarabande…. disamping itu meskipun Billboard tapi pitanya maxell jadi ya lumayan….kalau lagu2nya sama dengan Mas Cosmic dan temen2-lah komennya….

    • cosmic_eargasm Says:

      Mas Herman, yg membuat jadi lebih istimewa ya tulisan tanggal beli plus harganya itu🙂

      Kalo sy dari dulu jarang, bahkan hampir tdk pernah memberi tanggal beli pd kaset sy. Bbrp kaset malah sy beri coretan2 bersifat antusias sebagai ekspresi thd genre atau kesukaan sy thd kaset yg sy sukai. Jd ingat, dulu bbrp kaset yg sy beli, bukti bon pembayarannya sy masukkan di dlm nya, kan otomatis ada tanggal pembeliannya jg🙂
      Saking pinginnya kaset andalan sy selalu mulus dlm jangka waktu yg lama, dulu sampai sy buatkan guntingan kertas seukuran dgn bentuk inlay kaset buat antisipasi gesekan antara tempat kaset pita dan kover inlay nya hahaha sampai segitunya ya mas.

      Jd ingat jg,sy jg pernah liat album gambar gajah dgn belalai terikat ini rekamanBillboard (yg disamping nya msh ada logo King’s nya dan ternyata sy baru tau kalo pitanya ternyata Maxell) punya teman sy dulu seperti punya mas Herman, tp sy lupa tambahan di side B nya apa ya mas??

      Thanks mas Herman.

      ::: Salam Djadoel :::

  6. Rizki Says:

    Saya suka sekali dengan album ini terutama karena lagu “Say it’s All Right” yang seperti ditulis Mas Cosmic sangat menawan dan memorable. Vokal Vicky terdengar begitu indah.   Biasanya kalau dengar lagu ini saya pasang berdampingan dengan lagu “dreamer” dari Tommy Bolin yang menurut saya mirip dengan lagu diatas.

    Album ini juga memorable buat saya karena merupakan album musik kedua yang mengenalkan saya  dengan drummer  Simon Phillips (yang pertama adalah album Stanley Clarke “Rock, Pebbles and Sand”).  Permainannya di lagu “Bach Onto This” terdengar mantap dan menarik.  Sejak itu saya selalu berusaha mengikuti karir drummer ini dan juga merupakan klinik drum pertama yang saya tonton.

    Lagu “Where Are You” juga enak dengan Elmer Gantry yang saya tahu menyanyi  beberapa lagu di album Cozy Powell “Tilt”.

    Album ini memang salah satu favorit saya. Dahulu saya memang punya album ini versi kaset YESS tapi sayang sudah hilang.  Beruntung saya dapat versi CD sebagai gantinya yang ternyata memuat beberapa lagu bonus ditambah interview Jon Lord.
    Salam

    • cosmic_eargasm Says:

      Mas Rizki, gmn kbr? Lama nggak ketemu disini ya..

      Betul mas Rizki, lagu2 di album ini memang keren2 semua. Sayang Cozy Powell cuma mengisi 1 lagu saja ya dan memang sangat pas sekali beratraksi pada ‘Tender Babes’. Tp memang permainan Simon Phillips tdk kalah bgsnya. Jon Lord memang jeli dlm pemilihan drummer utk menyesuaikan karakter lagunya. Sy dulu awal tau Simon kalo tdk salah di albumnya Mike Rutherford “Smallcreep’s Day” yg jg memorable bagi sy. Kalo Stanley Clarke sy suka jg permainan drum dari Daryl Brown pada album live nya(rekaman Yess #170). Jd ingat jg slh satu albumnya yg “If Only Bass Could Talk”.

      Utk format cd “Before I Forget” yg versi remastered, memang benar seperti kata mas Rizki ada bonus track nya dan interview dgn JL yg menarik sekali cerita pembuatan album ini diantara kesibukannya dgn Whitesnake. Ada kover single ‘Bach Onto This’ yg pakai kacamata riben itu🙂 dan yg asyik ada bbrp foto JL berpose dgn grand pianonya dan selalu memakai riben sbg trademarknya.

      Tapi yg tdk kalah menariknya dari versi kaset Yess nya ini adalah tambahan pada side B nya dari Jack Bruce/Robin Trower.

      ::: Salam Djadoel :::

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: