Anders Johansson, Jens Johansson and Allan Holdsworth “Heavy Machinery”

By: cosmic_eargasm

image

image

Selain ‘Igginbottom di tahun 1969, jejak Allan Holdsworth terlacak di album yang dirilis pada tahun 1996 ini. Sungguh jarak yang lumayan sangat jauh dan sekaligus mengukuhkan bahwa Allan adalah seorang gitaris yang sangat eksis dan terbuka bekerja sama dengan siapa saja, termasuk dengan kakak beradik Jens dan Anders Johansson yang termasuk musisi era baru dan sekaligus lintas genre dengannya. Seperti biasa, Allan memainkan gitar elektrik dan SynthAxe andalannya mendukung lagu yang semua ditulis oleh Jens Johansson yang memainkan kibord, syntheziser, sekaligus mengisi bass dan Anders Johansson yang memainkan drums dan perkusi. Seperti yang kita tahu, awal karir Johansson bersaudara ini dimulai dari awal 1980an dengan memperkuat line-up Rising Force, band bentukan Yngwie Malmsteen. Belakangan, Jens dikenal sebagai pemain kibord band Progressive Power Metal, Stratovarius dan masih aktif sampai sekarang. Sementara Anders belakangan bergabung dengan band Progressive Power Metal, Hammerfall dan sempat mengisi drums juga di band Progressive Power Metal, Time Requiem.

Album ini sangat enjoy untuk dinikmati dengan permainan yang asyik dari ke 3 musisi lintas genre yang menggabungkan style Jazz Fusion, Rock dan Metal yang masih sangat jarang sekali dilakukan oleh band lain di era tersebut. Permainan Allan yang keren, semakin asyik dengan memberikan porsi yang pas di setiap lagu. Itu menandakan bahwa Allan adalah seorang musisi yang matang, tanpa harus unjuk gigi di tiap bagian lagu. Jens juga sangat bisa mengikuti permainan Allan, dengan banyak memainkan nada-nada fusion di mix dengan style metal nya dan sangat pas mengisi part bass nya. Pukulan drums Anders juga terasa style Rock dan Metal nya, kadang mengingatkan pada style permainan dari Tery Bozzio yang banyak memainkan pukulan crash cymbals. Album satu-satunya dari band proyek ‘Power Trio’ ini berisikan 10 lagu asyik dengan style instrumental Jazz/Rock dengan unsur Prog ini sangat enak dinikmati secara berurutan ataupun acak dan menurut saya memang enak semuanya. Nomor yang bersifat jamming ada di “Joint Ventures”, “Never Mind” dan “Tea for One” yang menarik. “Mission: Possible” menampilkan beat blues yang asyik. Track-track lainnya juga tidak kalah menarik dan sangat enjoyable dengan berbagai variasi permainan dan aransemen yang sangat terukur sekali tanpa harus menjadi akrobatik style, yang begitu menjamur pada dekade terakhir ini.

Thanks Mas GW yang ngefans dengan Allan Holdsworth juga pastinya.

::: Feed The Music without Border :::

35 Responses to “Anders Johansson, Jens Johansson and Allan Holdsworth “Heavy Machinery””

  1. cosmic_eargasm Says:

    Sekali lg thanks tulisan sy sdh tayang diantara waktu mas GW yg pas padat2nya..

    Semoga sinyal dan jaringan disana bagus, jadi bisa ngintip blog sebagai pelepas kepenatan ya Mas๐Ÿ™‚

    Kok skrng mendadak sontak jadi terngiang-ngiang Frank Zappa, stlh postingan Mas Andria menarik memori sy dl.. hmm.. padahal mata sdh 3 watt nih..

    (((PlayNow>FRANK ZAPPA_London Symphony Orchestra Vol.1 & 2 >>The Album)))

    *lumayan buat teman ke peraduan*

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Cosmic…

      Saya jadi penasaran … CD saya yang album ini kemana ya? Rasanya dulu jaman suka kumpul IPS saya sering bawa2 CD ini …tapi trus kok raib ya? Maksudnya saat ini saya di Palembang kok ndak yakin di rumah saya taruh dimana CD ini. Musiknya pun sudah lupa saya …

      • cosmic_eargasm Says:

        Wah musti diusut lagi stlh berada di rumah nanti ya mas.. Sayang kalo sampai hilang, ini termasuk rare-items jg lho mas. Selain rilisan Heptagon Recs.(label milik Jens Johansson), album ini jg dirilis oleh Pony Canyon Jepang dgn bonus track (kebiasaan label Jepang menambahkan bonus lagu, karena memang cd2 produksi Jepang terkenal sangat mahal) dan Shrapnell USA yg bnyk merilis album2 dari solo gitaris2 ampuh.

        Yg pasti semua tracknya sangat empuk disantap telinga mas๐Ÿ™‚

  2. andria Says:

    saya ternyata pernah punya mp3-nya, cuma terdonlot sbg albumnya Alan bukan Trio bareng Johansson Bros.

  3. Edi Apple Santoso Says:

    belum pernah denger yang ini mas ….. ok, sinau johansson bersaudara …..
    Majulah Prog!! ….

    • Gatot Widayanto Says:

      Karena frustrasi mengingat keberadaan CD album ini dan di iPodku gak ada … Maka aku sikat pasang Stick Men “Deep” ajah …. Opo hubungane? Embuh!

      Malahan saiki nyetel “I Know Your Secret” nya Spock’s Beard ….ha ha ha ….

      Kalau lagi bepergian gini memang iPod is the best! Asalkan headsetnya Senheiser ….hueheheheheh ….

      Majulah Prog!

      • cosmic_eargasm Says:

        Wah itu Spock’s Beard dr album apa ya mas? Sy amat jarang sekali nyetel SB. Apalagi Neal Morse sdh keluar.

        Ingat Stick Men ingat MasRizki yg sangat suka jg dgn Tony Levin๐Ÿ™‚

        Hubungannya adalah sama2 Prog nya hehehe..

        ::: Majulah Prog!!! :::

        Ikutan masEdi Apple๐Ÿ™‚

    • cosmic_eargasm Says:

      Musiknya keren dan empuk di telinga mas Edi. Kelak nuansa musiknya diperumit lagi oleh Derek Sherinian lewat debut solonya “Planet X” dan belakangan dipakai sebagai nama proyek band nya diluar proyek solonya yg msh juga berjalan seiring.

  4. HERWINTO Says:

    Numpang Lewat : Tanggal 4 Januari 2014 di bekas perusahaan Kaset Lokananta Solo ada Record Store….semua seller kaset jualan bareng bareng….bagi yang ada acara ke Solo monggo bisa progring dengan saya…

    • cosmic_eargasm Says:

      Waaah thanks banget infonya mas Herwinto. Lokananta Solo merupakan tempat bersejarah juga. Tp sayangnya dari dulu sy blm pernah masuk kesana sama sekali๐Ÿ˜ฆ

      ASeingat sy, di Solo sudah beberapa kali mengadakan event Record Store Day.

      Selain itu juga ada event musik tahunan yg selalu menghadirkan band2 metal dari luar. “Rock in Solo” yg bulan kmrn dihadiri oleh Pak Jokowi juga, dgn guest star band Death Metal Behemoth (beberapa tahun yg lalu pernah main di Jakarta) dan Hour of Penance.

    • eddy irawan Says:

      Koh Win, acaranya cuma tgl 4 januari aja?

  5. apec Says:

    hayooooo, seru kuwi…iso budhal nggak yo..lokasinya persis depan Hotel Sunan kan Pak Win?

    • HERWINTO Says:

      Betul Bro….depan hotel sunan ato lapangan segitiga…

      • cosmic_eargasm Says:

        Sip MAs Herwinto..

        oya, Mas Herwinto ini stay dan asli di Klaten ya mas?

        disana kalau tidak salah juga ada kaset bekas tapi nyampur dgn barang2 bekas lainnya.. lupa saya daerah mana.. dulu sempat dapat kaset dgn harga yg murah sekali..๐Ÿ˜‰

      • HERWINTO Says:

        Saya asli Solo mas, tapi sekarang tinggal di Klaten, iya kaset bekas ada campur dengan barang bekas di dekat pasar klaten mas.

    • cosmic_eargasm Says:

      Sepertinya mas Apec hapal dgn Solo..

      Beberapa tahun yg lalu disana, di daerah Pasar Legi kaset2nya lumayan bagus2. Bnyk rekaman Yess nya juga. Skrng setelah pindah, nggak tau juga pajangan di lapakers2. Di daerah Singosaren pada malam hari dulu jg ada beberapa lapakers kaset yg lumayan bagus2. Skrng jg tdk tahu msh ada apa sudah pensiun. Terakhir yg sy tahu, di pasar pagi tiap hari minggu di Manahan ada beberapa lapakers kaset bekas juga.

      • HERWINTO Says:

        Lho mas Cosmic kok hafal betul Solo mas, iya saya dulu dapat kaset yess di pasar legi banyak mas tahun 1998-2001 kaset masih banyak, sekarang hanya ada lapak di dekat rumah sakit dr Oen jebres dan di Gladag, serta pasar semanggi pindahan dari pasar legi, manahan kalau minggu pagi saja. Saya sekarang kalau ambil kaset di mas Catur eks pedagang taman puring mas, rumahnya karang anyar, rumahnya penuh dengan ratusan kaset, ph, aktuil, kalau ngobrol bisa kuat berjam jam sambil putar kaset. Mas Andria main aja ke mas Catur kasetnya bagus bagus, Indonesia lama juga banyak.

      • HERWINTO Says:

        Jangan jangan kita dulu pernah juga ketemu ya mas entah di pasar legi, apa singosaren he he he…mas cosmic rumahnya mana?

      • cosmic_eargasm Says:

        Mas Herwinto, sebenarnya sy tdk hapal rute2 dan jalan2 di Solo, tp tentang tempat2 kaset bekasnya msh membekas di pikiran sampai skrng. Memang benar sekitar tahun segitu kaset Yess disana msh bnyk, sy jg sempat lihat vinyl di pasar legi, tp kalah cepat dgn org. Iya, terakhir sy dengar mas Catur buka di Gladak, tp sy malah blm pernah kesana sama sekali, apalagi ke rumahnya. Bisa jadi kita dulu pernah ketemu ya mas. Memang ramai sekali jaman2 itu org pada berburu kaset. Yg dekat RS Dr Oen apa msh bertahan mas? Itu termasuk lapakers lama ya. Malah sy dengar ada yg buka lagi didekat pasar legi, jalan besar menuju ke stasiun Balapan. Nah iya mas, dekat pasar Klaten dan dulu sempat ada di dekat Matahari.

        Jd ingat, kalo di Magelang sy dulu sempat dpt kaset2 Yess andalan macam: UK, KC, Yes, Gentle Giant dll dgn harga yg sangat murah sekali. Beberapa ada jg kaset Indonesia lama yg dulu tdk laku semacam Giant Step, Keenan, Jockie dll. Sempat jg ke Salatiga. Ke Semarang malah jarang sekali.

  6. apec Says:

    oh iya, cover album ini sekilas mirip album milik Camel

  7. andria Says:

    semoga bisa ke sana, tinggal melompati gunung lawu lalu turun lewat karanganyar lalu masuk Solo.

    • HERWINTO Says:

      Ha ha ha melompati gunung lawu sambil gowes….

    • cosmic_eargasm Says:

      Wah sy sdh lama tdk lewat sana mas. Skrng pasti sdh bagus ya medannya

      • andria Says:

        jalan tembus Sarangan – Cemara Sewu jadi agak jauh, saya tetap pakai jalan lama supaya cepat. saya milih naik mobil saja ๐Ÿ™‚

      • cosmic_eargasm Says:

        Yg sy tahu jalan lama, tp tdk tahu nama tempatnya mas. Seingat sy dulu sempit.

        Skrng apa masih ada lapakers kaset bekas di Magetan mas? Sy dulu pernah ke rumah teman di daerah perumahan apa lupa, pokoknya tempatnya ke atas, tapi tdk sempat hunting kaset bekas sayangnya. Skrng teman sy jg sdh lama pindah ke Jakarta.

      • andria Says:

        penjual kaset bekas setahu saya cuma ada satu & tersembunyi di belakang pasar sayur. kl yg barat sangat sedikit. yg indonesia kl paham mungkin ada yg menarik (saya nggak suka sih).

      • cosmic_eargasm Says:

        Oh gitu mas.. tiwas mas Herwinto merekomendasikan Mas Andria utk hunting kaset Indonesia lama di mas Catur Solo tuh..๐Ÿ˜‰

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: