Buku Bunyi-bunyian nan mBrebegi

Andria Sonhedi

image

image

image

ini saya terpaksa membawa-bawa ibu saya lagi, soalnya buku ini: Big Noise, adalah buku musik lain yg beliau bawakan utk saya sbg oleh2 dulu. wl sempat dimarahi kakak saya krn request yg nggak mutu😀 tapi nyatanya buku2 saya termasuk yg awet sampai 20 tahun kemudian.

buku Big Noise karangan Geoff Nicholson berisi tentang para gitaris yang berpengaruh sampai permulaan tahun1990 (ini cetakan 1991). Jelas Jimi Hendrix, Clapton, Jeff Beck dan Page ada di sini. Ada juga gitaris jazz macam John McLaughlin, blues (BB King, Chuck Berry) bahkan avant garde seperti Frank Zappa & Marc Ribot. Utk para penggemar prog rock jangan khawatir, Robert Fripp, Adrian Belew ada🙂 selain memaparkan 37 gitaris termasuk menulis diskografinya, pak Geoff di akhir buku menuliskan “100 more mighty guitar moment” utk menghibur mereka (termasuk saya) yg pahlawan gitarnya tak sempat dia bahas. buku ini merupakan salah satu buku panduan saya kl mau beli solo album gitaris yg saya temukan dilapak seken, jaman itu saya blm akrab dgn internet. ada kutipan yang mengesankan saya, di halaman ttg Jimmy Page, mengomentari solo album ‘Outrider’ “the opening song is called ‘Wasting My Time’. Not only yours Jimmy, not only yours” –evil has no boundaries

12 Responses to “Buku Bunyi-bunyian nan mBrebegi”

  1. andria Says:

    terima kasih pak sdh dimuat. tadi pak Cosmic bicara tentang angsle jadi pengin beli, sayangnya hujan mlah jadi males keluar.🙂

  2. Kristanto Says:

    Mas Andria, kocokan gitar Ritchie Blackmore, Gary Moore, Yngwie, Eddie VH, Angus Young, emang Mbrebegi … Kalau Eric Clapton ato Mark Knopfler, sepertinya jauh dari mbrebegi, hehehe ….

    • Gatot Widayanto Says:

      Robert Fripp yo ra mbrebegi pangsit owk ….

      *Gatot Widayanto*

      *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

  3. cosmic_eargasm Says:

    Ibundanya Mas Andria memang top dan sayang anak🙂

    Selain kaset, vinyl, cd dan video, majalah dan buku juga sangat signifikan dalam hal membuka cakrawala wawasan musikal dan non-musikal kita jauh sblm era internet mewabah, apalg vcd, dvd dan laser disc. Video dulu saja sangat jarang sekali yg punya playernya. Sampai kalo mau nyetel musti ngrental dan janjian dulu dgn yg punya player hahahaha.. Yg paling memorable ya show pertama Marillion (sy baru tau dr mas GW kalo itu show pertamanya) yg sy tonton dulu.
    Guitarist shredder jg bnyk yg bgs tp kurang populer disini mas. Ada Buckethead yg unik dan albumnya pernah dirilis Tzadik(labelnya John Zorn). Sy jg suka sekali dgn Richie Kotzen, Michael Lee Firkins, Greg Howe. Kalo gitaris lain ya pasti Jimi Hendrix, Frank Zappa, Marc Ribot, Fripp, John Mc Laughlin, Al DiMeola, Bill Frisell, Scott Henderson, Pat Metheny dan msh terlalu bnyk lg utk disebutkan😀
    Dulu sy awal tau David Torn ya dr GP

  4. andria Says:

    yang buckethead setahun bisa keluar album lebih dari 1, saya akhirnya berhenti donlot album2nya

    • cosmic_eargasm Says:

      Memang tdk semua album Buckethead bagus menurut sy mas. Yg sy suka ada “Colma”, “Electric Tears”, “Inbreed Mountain”, “Kaleidoscalp” (yg dirilis oleh Tzadik Recs), beberapa sy lupa, nanti musti sy lihat lg.

      Oya, sy jd ingat album “Outrider” nya Jimmy Page, dulu sy pernah punya kasetnya, jaman kaset lisensi. Ada 1 lagu yg sy suka ‘Hummingbird’.

      • andria Says:

        mmg adanya jaman kaset lisensi solonya Page itu. kl lagu Wasting My Time gimana pak? 🙂

      • cosmic_eargasm Says:

        saya agak lupa2 ingat mas.. soalnya kaset sy sdh tdk ada lagi..

        tapi seingat saya ngebeat asyik dgn rockin blues style..

  5. Edi Apple Santoso Says:

    fred frith yo mbrebegi mas …

Leave a Reply

