Cockpit, GrassRock dan Makara

Wahyu Triantono

berbicara mengenai Ҡε 3 band diatas kita pasti mengingat sebagai band lokal yang sering mengcover band prog pada waktu konser di era pertengahan 80 an dimana mereka masih belum mempunyai album seperti saat ini..Saya pertama kali tahu Grassrock pada waktu ada festival rock yang dipromotori log Z kebetulan saya melihat penampilan GR di Pulosari Malang (gedung yg punya historis tinggi)

ketika giliran GR tampil saya sudah siap2 teriak turun karena saya Arema memang tidak pernah akur sama arek suroboyo (GR dari suroboyo) hehe..(Itu dulu lo taun 84 an) dan persepsi kita ini band kacangan..tapi begitu mereka tampil “makcroot” jantung saya langsung berdetak kenceng karena penampilan GrassRock sangat Luarr biasa dengan formasi duo vokal mereka bawakan lagu2 Yes..yang sangat bagus dan kompak mereka mainkan..akhirnya saya tidak jadi teriak turun tapi justru teriak tambah lagi hehe..sejak saat itu saya jatuh cinta ama GR..di album pertama meski genrenya rock tapi prog ala yes masih ada..

Selanjutnya group Makara, saya tahu band ini ketika baca majalah Vista (majalah musik indonesia tahun 80 an pasti teman2 sdh tahu) dimajalah tsb mengulas mahasiswa fakultas hukum UI yang membentuk band dengan nama makara yang dipengaruhi oleh group Saga dari kanada..dan sudah mengeluarkan album.. ..karena sangat amat penasaran akhirnya saya beli kaset Makara dan ternyata memang aransemen lagunya adalah Progressive (mirip2 saga dan untungnya kasetnya masih ada sampe sekarang) setelah denger lagu2 Makara saya berharap Makara bisa tampil di Malang..ndilalah sekitar tahun 85 an Makara bener2 tampil di Pulosari Malang bersama GrassRock..tambah semangat lagi untuk menonton penampilan mereka karena YES Vs SAGA hehe..group pertama yang tampil GR dan seperti biasa mereka memainkan lagu2 Yes setelah selesai lalu giliran Makara..langsung gebrak dengan humble stand dan saya hanya bisa melongo saking takjubnya dengan penampilan Makara ditambah aksi si kutu loncat Hari Mukti dan Kadri..2 jam konser rasanya masih kurang bagi saya..Makara memang bagus banget..sayangnya album Ҡε 2 mereka sudah tidak spt album pertama kurang. greget..kalo Cockpit semua pecinta progrock sudah tahu sepak terjang mereka..cockpit paling moncer saat mark I, sekitar taun 84 an mereka konser di malang dengan tema “Genesis Night” karena arema suka genesis maka Pulosari overload..untuk bernafas aja susah setengah mampus..yang lucu ketika penonton teriak2 minta lagu MAMA tidak bisa dipenuhi sama cockpit mungkin karena masih belum bisa memprogram drumnya (mungkin lo yaa) untungnya tidak dilempar lotob karena perform mereka sangat asik..kalo Pak Gatot punya kaset live mereka saya cukup kualitas mp3 aja hehe..dari Ҡε 3 band tadi sayangnya hanya Cockpit yang masih eksis manggung..GR dan Makara kayaknya jarang2 konser..kecuali Kadri yang masih sering konser..saya hanya bisa ngarep kapan Makara and GrasRock manggung lagi kayak dulu?

8 Responses to “Cockpit, GrassRock dan Makara”

  1. andria Says:

    kl di Yogya mungkin lbih akrab dg grup Rolland. Judas Priest tribute band. bassisnya, mas Lugudz Nugroho tinggal di kampung saya wl beda RT.

  2. cosmic_eargasm Says:

    Mas Wahyu, dulu saya sempat kagum saat Grass Rock manggung membawakan ‘Starship Trooper’ dan ‘Changes’ nya Yes.
    Album Makara “Laron-Laron” yg terngiang sampai skrng adalah ‘Fabel’ yg memang beraroma Saga. Stlh dlm kurun wkt yg panjang akhirnya mereka merilis “Maureen” dgn sdkt perubahan pd line-up nya. Tp memang praktis jarang, bahkan tdk pernah manggung lg sejak IPS vakum. Mas Andy Julias jg lama tdk aktif.
    Cockpit band lawas nan dahsyat tp sayangnya blm merilis album sampai skrng😦

    Mas Andria, Rolland memang sempat rilis album via Billboard kalo tdk slh dan mas Lugudz beberapa tahun terakhir msh aktif di dunia musik, bahkan sampai skrng. Dulu base camp Rolland di studio Pelangi, yg sampai skrng kelihatannya msh aktif.

    Bravo Indonesian Prog!!!

    ::: Stay Prog :::

  3. Wahyu Says:

    Betul pak cosmic sayang makara lenyap..mungkin pak Gatot bisa jadi jalan untuk reunian makara..terutama formasi awal, termasuk ustad hari mukti? Bagi saya album maureen kalah jauh sama laron2..

    • Gatot Widayanto Says:

      Sebenernya personil makara masih sering kumpul sih terutama Kadri dan Andy Julias. Tapi Kadri saat itu lbh sering main di KJP …

      Hari Mukti gk mungkin ngerock pethakilan lagi ….

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  4. andria Says:

    saya ingat kakak saya dulu nyanyi lagu “ada kamu”-nya Hari Mukti di pentas fakultasnya.

  5. cosmic_eargasm Says:

    Mas Wahyu, memang benar “Maureen” tdk sekaliber “Laron-Laron”, walaupun ada mas Fadhil Discus disana. Tp sangat lumayan utk mengobati penggemar Makara dan pecinta Prog tanah air. IPS jg lama vakum, tempo hari mas GW sempat mau reuni pengurus IPS. Semoga IPs bisa aktif kembali, Imanissimo jg sdh rilis album baru. Dan lg, ada band Prog keren dr Jogja yg albumnya dirilis oleh Moonjune Recs. USA, I Know You Well Miss Clara.

    Mas Andria, selain radio hits ‘Ada Kamu’ ada jg ‘JJS Lintas Melawai’🙂

    Yg keren pd era 87 an tsb ada CYNOMADEUS, personilnya mantap2! Iwan Madjid eks ABBHAMA dan WOW!, Ary Syafriadie skrng vokalis COCKPIT, Eet dan Fajar nya EDANE, basistnya lupa hehehe

    ::: Stay Prog :::

  6. Wahyu Says:

    Saya masih punya kaset cynomadeus tapi sayang direkam asal2an karena numpuk dengan albumnya titi dj..untungnya sy dpt mp3 dengan kualitas bagus..

  7. Kadri Mohamad Says:

    Halooo…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: