“The World of a Barclay James Harvest” – Apple

By: cosmic_eargasm

Di kalangan penggemar musik Progressive Rock sekelas Yes, Genesis,
ELP, King Crimson, Pink Floyd dan lain-lain kebanyakan menganggap
style musik Barclay James Harvest (BJH) ini dianggap ‘nanggung’.
Dikatakan Prog kok terlalu ringan, dianggap pop tapi tidak easy
listening, disebut rock juga tidak terasa cadas walaupun banyak
terselip riff-riff rock juga. Menurut saya pribadi (mungkin juga sama
dengan pendapat kebanyakan orang) musik BJH ini sangatlah empuk, enak
dan nyaman untuk dinikmati, apalagi nomor-nomor balladnya yang bisa
membangun suasana hati. Mungkin seperti The Alan Parsons Project juga
yang ringan tapi masih terasa denyut Prog nya.
Kebanyakan dari kita mengenal BJH lewat lagunya yang sangat terkenal
dan hampir ada di setiap kompilasi yaitu ‘Poorman’s Moody Blues’.
Selain itu beberapa lagunya yang sangat enak untuk dinikmati ada:
‘Suicide?’, ‘Child of the Universe’, ‘How Do You Feel Now?’, ‘In
Search of England’ dan lain-lain.

#Apple - BJH The World of (front)#

#Apple - BJH The World of (inlay)#

Pada kaset terbitan Apple (baca: The Best) ini kita diperkenalkan
dengan lagu-lagu BJH yang jarang dan bahkan tidak ada pada kaset
kompilasi. Hampir semua lagu yang ada di kaset ini adalah nomor-nomor
ballad mereka yang diambil dari 4 album pertamanya tanpa menyertakan
lagu dari album “Baby James Harvest” yang dirilis pada tahun 1972.
Seperti yang kita tahu BJH terdiri dari kuartet:
*John Lees: vocal & guitar
*Les Holroyd: bass, guitar, keyboard, vocal
*Stuart “Wooly” Wolstenholmes: mellotron, keyboard, guitar, vocal
*Mel Pritchard: drums & percussion

Nomor pembuka yang merupakan favorit saya sampai sekarang ‘When the
World Was Woken’ yang nuansanya mengingatkan pada ‘A Whiter Shade of
Pale’ nya Procol Harum yang megah dengan permainan hammond dan iringan
symphony orchestra pimpinan Robert J. Godfrey yang kelak membentuk The
Enid, band Symphonic Prog yang cukup unik. Lagu ini diambil dari debut album
mereka “Barclay James Harvest” yang dirilis pada tahun 1970, begitu
juga dengan ‘Mother Dear’ yang kuat sekali pengaruh balada nya.
4 nomor apik setelahnya dicomot dari album ke 3 mereka “BJH and the
Other Short Stories” yang dirilis pada tahun 1973 dan album ini paling
terasa pengaruh musik folk nya yang kali ini dibalut dengan iringan
orkestra pimpinan Martyn Ford yang banyak bekerjasama dengan
musisi/band dari berbagai genre dari Caravan, Three Man Army sampai
Kate Bush, bahkan Elton John dan Phil Collins.
Nuansa rock dengan bingkai ballad terasa pada nomor ‘Paper Wings’ dan
‘For No One’ yang berasal dari “Everyone is Everybody Else” yang
merupakan album ke 5 BJH dan dirilis pada tahun 1975.
Nomor favorit saya yang ke 2 ada pada “Mocking Bird” yang diambil dari
album ke 2 mereka “Once Again” dan dirilis pada tahun 1972. Sama juga
dengan ‘She Said’ yang kental dengan nuansa Prog nya dan berdurasi cukup panjang.
Mid-tempo dengan aroma psychedelic membuat ‘Negative Earth’ yang
diambil dari album ke 5 mereka cukup mengingatkan pada Pink Floyd.

Secara keseluruhan album the best ini sangatlah layak untuk dikoleksi,
karena selain kita bisa tahu sejarah awal musik BJH, juga sangat
praktis dari pada kita membeli 4 album mereka yang belum tentu
lagu-lagunya enak semua. Apalagi Yess tidak merekam semua lagu pada
kaset terbitan Apple ini.
Menikmati BJH paling pas saat malam hari menjelang ke peraduan.. ..zzzzz.. …

Thankzzz Mazzszzz GW..zz .. zzz..  zzzzz.. …  zz..  zz    z       zz
..     .   .    …

11 Responses to ““The World of a Barclay James Harvest” – Apple”

  1. cosmic_eargasm Says:

    waaaahhhh.. super express postingnya mas GW..

    padahal tadi sempat ketiduran pas play lagu2 dari BJH yg memang sangat pas untuk suasana malam2 gerimis gini..😉

    ::: Stay Prog :::

    • Gatot Widayanto Says:

      SLUUUUUURPPPPP ….Ngiler ngantek ngeces saya melihat tampilan kaset ini … saya GUWEMEZ pol mas!!! Pengen ngelus elus kaset ini …. Uwediyaaannn!!! Salut!

      • cosmic_eargasm Says:

        hahaha.. setahu saya Apple BJH menerbitkan album the best ini dan “Time Honoured Ghost” (sudah bablas) ..

        kalo yg di Yess malah album2 setelah ini..

  2. domme Says:

    Child Of The Universe….!!

    • cosmic_eargasm Says:

      Halo Bang Domme.. Apa kbr nih? Pasti dapat kaset antik2 ya, kok lama nggak muncul di blog kesayangan kita ini🙂

      Yup! ‘Child of the Universe’ memang nuansamatik sekali dan makin memikat dgn balutan orkestra yg cukup menonjol. Nomor ini juga pernah dibawakan ulang oleh John Lees pada album solonya tanpa merubah aransemennya yg sdh begitu memikat tsb. Seingat sy, lagu ini ada di kaset kompilasi “Heavy Slow Rock” terbitan AR, seri berapa sy lupa.

    • Gatot Widayanto Says:

      Bro Domme kemana aja? Nyikat koleksi bang Majid ya?

      *Gatot Widayanto*

      *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

      • cosmic_eargasm Says:

        Mentang2 dekat rumah, bang Domme pasti setiap saat ke bang Majid dan memborong habis semua kaset djadoelnya.. hahahahhaa

    • domme Says:

      Wkwkwkwkwk…. Awak nggak ke mana-mana Bos… Di Lapak Majid dan Lapak Fendi di Tugu sudah makin jarang kaset antik… Tapi memang sekali nongol bisa juga bikin lutut lemas… Hehehehe…

      • cosmic_eargasm Says:

        Berarti skrng bang Domme lebih bnyk menganut sistem ‘hold’ dgn belanja via internet ya🙂

        Btw, kalau baca komen bang Domme, perputaran kaset bekas disana sebenarnya juga msh lumayan ya?

  3. apec Says:

    BJH saja sudah bikin ngiler, apalgi ditambah rekaman Apple, wushhhhhhhhhh

    • cosmic_eargasm Says:

      ayo mas Apec, mbok ya diposting koleksi kaset Apple nya.. terlebih kaset komp[ilasi Monalisa atau Apple yg Heavy Slow itu.. Plis.. saya pingin tau tracklistnya apa saja..

      Matur Tengkyu ya mAs Apec (pinjam istilahnya sampeyan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: