Ace Frehley “Frehley’s Comet” – Billboard

Andria Sonhedi

image

mungkin Ace Frehley Frehley’s Comet bukanlah sebuah karya yang hebat. tapi saya penasaran sekali utk bisa memegang lagi setelah terakhir kali melihatnya di tahun 1987. Ace Frehley adalah gitaris awal grup Kiss dan make up-nya bertema luar angkasa : biru muda & silver dgn julukan Space Ace.

bisa dibilang ini ini pemunculan pertama Ace stelah 1981 keluar (atau dipecat, tergantung pihak mana yg cerita) si Ace bersolo karir. ini album ke-2 setelah album solo pertama semasa masih di KISS dulu. kl tak salah ada juga yg produk Team selain Billboard ini. kl yg side B ada grup TNT (ini hard rock/hair metal) utk tambahan. saya malah punya yg rekaman Hins Collection.

setelah selama bertahun-tahun saya tak pernah nemu di lapak kaset bekas Yogya, tak dinyana sekitar tahun 2003 (atau sekitar itulah) saya menemukannya di lapak kaset bekas di depan Matahari Sidoarjo. Untungnya harganya juga masih normal utk saya, masih di bawah kaset lisensi saat itu. wah, saya seneng banget saat itu. walau ya itu tadi, tak semua lagunya enak didengar. tak ada lagu enak seperti New York Groove & lagu instrumental Fractured Mirror seperti di album awal. kadang2 penantian bertahun-tahun tak selalu berakhir manis๐Ÿ™‚

–evil has no boundaries

6 Responses to “Ace Frehley “Frehley’s Comet” – Billboard”

  1. Nono Says:

    Mas andria
    Meski tak berakhir manis, tp paling tdk sdh muasin hati kan mas.

  2. andria Says:

    ya pak Nono, minimal puas & separo nggueblak akhirnya bisa nemu kaset ini ๐Ÿ™‚ saya kira ini kaset terlama yg pernah saya temukan sekennya. sekarang masih nyari Metallica-Light the Lightning (Billboard) cuma tidak ngoyo

  3. cosmic_eargasm Says:

    Thanks infonya mas Andria, dr dulu sy blm pernah liat kaset ini, tentang Frehley’s Comet sy taunya cuma baca2 saja di mjlh. Kalo solo album gitaris Kiss yg Vinnie Vincent (bener ya Vinnie pernah di Kiss?) sy dulu malah sempat punya kstnya rekaman Rockshots.
    Kelihatannya Mas Andria konsen dgn band2/musisi 80an nih, memang menurut sy era tsb adalah pematangan genre musik rock sblm di’rusak’ oleh genre alternative hehehe.. dunia prog pun trnyt cukup menggeliat pd era 80an, cuma sayangnya kaset2nya tdk bnyk yg msk sini dulu, jd sy sempat ‘missing-link’ sejenak sblm awal 90an ada kaset band prog era baru, Spocks Beard, Shadow Gallery, DT, Tiles, Arena dan bbrp album tribute band prog legend yg dibawakan dgn apik oleh band2 prog era baru yg bnyk membuka pengetahuan, trmsk awal tau TFK ya dr kaset kompilasi tribute to Genesis, The Fox Lies Down. yg lain ada Enchant, World Trade dll..

    Thanks mas Andria..

  4. andria Says:

    yg Vinnie Vinvent’s Invasion album pertama saya juga pernah lihat ๐Ÿ˜€ di rumah teman saya yg hobi ngoleksi rekaman Rockshot. dia mmg jebolan KISS & dianggap tak sukses solo karirnya.
    iya pak Cosmic, saya masih terikat dgn musisi hard rock era 80 & 90 awal๐Ÿ™‚ dianggap jadul oleh anak2 generasi 90-an
    kl utk grup/artis baru saya sering menghindari yg asalnya dari Amerika ๐Ÿ˜€

  5. Gatot Widayanto Says:

    Temen saya, seorang kolektor kelas wahid grup KISS mencoba berkali kali ngirim komen tapi gagal. Akhirnya komen dikirim ke email saya dan inilah komen nya utk tret ini:

    Gw pernah punya kaset Frehley’s Comet rilisan Billboard ini, sayang sekarang dah raib entah kemana.. untung masih ada CD dan LP nya..๐Ÿ™‚

    Ini album pertama Ace setelah keluar dari KISS di tahun 82, baru 4 tahun kemudian Ace merilis album solo. Kabarnya, Ace sengaja menunda rilis album, karena sebagai salah satu partner (pemegang saham) KISS, Ace berhak atas 25% royalty album2 KISS, sebaliknya, Paul, Gene dan Peter masing2 juga berhak atas 25% royalty album Ace. Perjanjian pemegang saham KISS ini baru berakhir tahun 1985, barulah setelah itu Ace mau merilis album solo.

    Banyak lagu asik dan keren, lagu ‘Rock Soldiers’ menceritakan near death experience Ace ketika mengalami kecelakaan mobil, Ace sempat bedrest beberapa bulan.. kondisi Ace ini sempat dijadikan alasan oleh Gene dan Paul untuk menggantikan Ace dengan Vinnie Vincent untuk tour promo album Creatures of The Night di tahun 82-83, sampai akhirnya Ace menyatakan keluar dari KISS di awal tahun ’83.

    Lagu ‘Breakout’ ditulis bareng oleh Ace dan Eric Carr. Awalnya lagu ini disiapkan untuk album KISS ‘Music From The Elder’ namun dalam proses rekaman tereliminasi, sampai Ace merekam kembali di album solonya ini. Pada tahun 1992, versi instrumental lagu Breakout ini di overdub gitarnya oleh Paul Stanley dan Bruce Kulick, dan dirilis dalam album KISS ‘Revenge’ sebagai tribute bagi Eric Carr yang wafat di tahun 1991 karena kanker paru-paru.

    Di album ini, Ace berbagi lead vokal dengan Richie Scarlet, sebagian lagu dinyanyikan oleh Ace dan sebagian oleh Richie. Drummer di album ini adalah Anton Fig, sahabat lama Ace Frehley yang juga mengisi drums di album solo Ace Frehley (1978), juga session drummer yang mengisi drum tracks di album KISS ‘Dynasty’ (1979) dan Unmasked (1980).

    NELWIN

  6. andria Says:

    terima kasih pak Nelwin. habis saya lihat koleksi KISS-nya saya lalu ingat pernah ngirim Ace Frehley. ternyata ada komen dari pak Nelwin via pak Gatot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: