Robohnya Toko Kaset/CD Kami

DananG Suryono
Tersentak saya membaca berita ini. Setelah menutup toko di Surabaya, Bandung dan Pondok Indah, akhirnya toko CD/kaset Aquarius terakhir pun ikut ditutup. Ya toko di Mahakam itu kini tutup sudah.
Sejarah panjang Aquarius mulai dari rilisan kaset pra lisensi, kaset lisensi hingga CD yang didisplay di tokonya maupun toko lain berakhir sudah.
Kenapa tutup?, ini menjadi hal yang disayangkan bagi pencinta fisik rekaman, Aquarius sudah mengisi kehidupan banyak orang di Indonesia dengan musik. Kalau melihat kondisiyang ada, rasanya memang berat bagi suatu toko CD /kaset untuk bertahan di era sekarang. Internet telah membunuh toko CD secara perlahan tapi pasti.
Aquarius
Produk Aquarius
Lewat apa internet membunuh toko CD?
Yang pertama tentunya dengan pertukaran file digital. Saat ini hampir semua rilisan album musik audio / video akan segera beredar di dunia maya bahkan sebelum rilisan asli beredar. Sehingga rasanya generasi sekarang hampir tidak mengenal lagi fisik rekaman. Cukup dengan MP3 player mulai dari HP hingga high end MP3 player akan memanjakan telinga. Dari unduhan MP3 bitrate 128 kbps, file FLAC hingga Video format MP4 dan MKV tersedia di dunia maya. Mungkin kita generasi terdahulu yang mengenal musik lewat kaset/vynil/CD akan berkata…apa enaknya MP3, nggak ada covernya. Dan generasi sekarang akan berkata…ah itu khan tinggal dicari di ecover.to,coveralia.com dan sebagainya juga ada…
Yang kedua, Bagi sasaran pasar pencinta fisik rekaman, internet membunuh dengan cara mudahnya orang membeli rekaman fisik secara online. amazon.comamazon.co.ukdiscogs.comebay.com menawarkan etalase yang lebih lengkap dan dapat dilihat sambil tiduran di rumah. Dan biasanya harganya lebih murah meskipun sudah di tambah dengan ongkos kirim. Tinggal klik maka barangpun akan sampai dirumah.
Bagaimana industri rekaman mencoba bertahan dari sepinya toko CD tersebut?. Selain langsung menjual online via Amazon dan sebangsanya. Records label juga banyak yang mendistribusikan lewat jalur lain. Tahun 2011 saya pernah membeli album rekaman YES “Fly From Here” disebuah pompa bensin dipinggiran jalan tol Brno jalur antara Vienna dan Prague.
Bagaimana di Indonesia sendiri?, beberapa artis malah menjual album lewat jalur sendiri. Iwan Fals misalnya hanya menjual 2 album terakhir (Keseimbangan dan Raya) via online di tigarambu.com, serta membuka lapak setiap konser Iwan Fals keliling Indonesia.
Album Iwan fals
2 Album terakhir Iwan Fals
Artis lain?, banyak yang menggunakan jalur distribusi yang menjadi tempat nongkrong anak muda yang identik dengan musik. Maka album Slank pun dijual di KFC, Painkiller di Indomaret, Syahrini di Rice Bowl, The Titans di 7-11 dan sebagainya, sehingga semakin tidak diliriklah toko CD/Kaset yang ada.
Kini di Jakarta mungkin tinggal Musik +, DiscTarra dan Duta Suara yang masih bertahan, itupun sudah mengurangi jumlah tokonya. Entah berapa lama lagi masih mampu bertahan….Dan saya yakin, jika mereka tidak merubah cara berjualannya, mereka pasti akan menyusul Aquarius.
Lantas bagaimana dengan kita pencinta fisik sejati di Jakarta?, tenang saja….masih ada Blok M Square tempat kesayangan kita. Buat yang nggak nyaman/sulit akses ke Blok M Square masih bisa belanja online baik itu via Amazon, discogs, ebay dan bahkan lewat seller online di facebook…jadi jangan khawatir..
Yang penting rajin-rajin memantau dan HOLD!!!!!!

 

 

47 Responses to “Robohnya Toko Kaset/CD Kami”

  1. Eddy Irawan Says:

    RIP toko kaset/cd Aquarius.
    Toko kaset terbesar dan terlengkap di masa2 kejayaan kaset di thn 80-an, tewas sudah…

    Di atas puing2 Toko Aquarius Aldiron Plaza, kini tumbuh sepuluhan lapak kaset yg notabene menjual kaset2 yg dulu pernah dipajang di toko itu. Itulah life circle. Cassettess must live on.

    Semoga Tuhan menjaga para lapaqers kaset Blok M Square…

    • DananG Says:

      Doa yang sungguh mulia. Berita terbaru adalah dari tanggal 7 s/d 31 Desember 2013 dilakukan oleh lapakers Blok M Square united.

      Mari bergabung bersama mas Eddy

      • Eddy Irawan Says:

        Insya Allah 12-14 Desember saya gabung ke sana.

        Mas G, ada rencana bikin progring tgl 14 Des besok? sekalian ngelayat toko Aquarius

      • DananG Says:

        mantab nih kalo progring tanggal 14. Selain progring, Mas Eddy hadir untuk mborong kaset di acara Year End Clearance Sale lapakers Blok M square dan nglayat .

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Eddy, mas DananG dan teman2 lainnya … Mohon maaf tanggal 13 sd 14 Des saya berada di Grand Zuri BSD, ada workshop penting. Sayang sekali ndak bisa join di Blok M. Monggo kalau mau ketemuan. saya maaf banget absen …

        *Gatot Widayanto*

        *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

        On Fri, Dec 6, 2013 at 6:05 PM, Music for Life

      • eddy irawan Says:

        Baik mas G, gk masalah.
        Mhn diijinkan kami menjarah blok m square minggu depan. Qiqiqiqiqi

      • yuddi_01 Says:

        jam berapa ???

  2. hippienov Says:

    Sedih dan kaget setengah mati mendengar berita ini. Dulu tiap main ke arah blok m pasti gak akan pernah terlewatkan mampir ke Aquarius mahakam. Bahkan pernah ak sengaja dari rumah di depok naik kopaja 63 ke blok m khusus u/ beli kaset kompilasi Yes, friends and relatives rekaman eagle records.
    Banyak kenangan di toko kaset itu. Semoga duta suara dan musik + tetap bertahan lama menghadapi gempuran era musik digital.
    R.I.P Aquarius mahakam.

    • DananG Says:

      iya mas Hippienov. Ini memang Sad but True…Setiap ada konser di Bulungan saya selalu menyempatkan diri ke Aquarius Mahakam dan makan di Gulai tikungan. Tinggal Sarinah dan Jalan Sabang yang diharapkan…

      • Eddy Irawan Says:

        Kalo di medan, masih ada toko kaset/cd ET 45. Bahkan Toko ET 45 yg di Jln Mangkubumi saat ini sdh direhab dgn special offer: ‘Cafe n Cassettes’.

        Mari menikmati musik sambil ngopi di ET 45

  3. andria Says:

    ini ndak ada obral kaset ya? 😀
    *merindukan mborong kaset obralan lagi

    • DananG Says:

      kayaknya yang ada obral CD…

      • andria Says:

        ini CD pakaian mas danang? 🙂 kl ada CD beneranpun saya tdk mungkin ke sana
        sekitar tahun 1998 saya pernah masuk toko CD di Blok M lantai teratas. apa sekarang masih ada?

      • DananG Says:

        hahaha…Kalo yang di Blok M Plaza lantai 6 itu Musik +, masih bertahan.

      • Gatot Widayanto Says:

        Mungkin juga maksudnya yang di Pasar raya mas. memang ada …dulu …sekitar awal 2000-an. tapi sudah tutup. saya suka beli kaset blues berlisensi terbitan Alligator yang rekamannya jernih banget itu ..

        *Gatot Widayanto*

        *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

        On Fri, Dec 6, 2013 at 8:47 PM, Music for Life

      • DananG Says:

        iya saya pernah kesana juga mas Gatot, yang di Pasar Raya. Kalo dulu tahun 90 an saya juga sering ke aldiron…eh sekarang jadi Blok M Square

      • Gatot Widayanto Says:

        Aldiron memang ditakdirkan buat kaset mas .. ha ha ha .. Saya dulu suka njajalin kaset ya di Aldiron ini …. Lha kok sekarang tetap kaset juga …

        *Gatot Widayanto*

        *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

        On Fri, Dec 6, 2013 at 8:59 PM, Music for Life

    • andria Says:

      ya pak Gatot, yg PasarRaya, saya ingat beli celana training di sana soalnya🙂 jaman itu CD yg dipamerkan mbuat ngiler. ingat saya CD Pink Floyd yg Piper itu juga ada.

    • DananG Says:

      Sabtu lalu saya sempat mampir ke Aquarius yang lagi melakukan clearance sale. Beli 5 CD/DVD diskon 50%. Pengunjung cukup banyak…setelah sebelumnya didera sepi.

      • Gatot Widayanto Says:

        Sehari sebelum mas DananG kirim artikel ini saya juga berada do jl. Mahakam ada acara makan2 dengan keluarga. Saya sempat mengamati Aquarius namun gak sempat mampir. Sepi njejet tanpa pengu jung. Sangat menprihatinkan.

        Banyak koleksi cd saya yg saya dapat dari toko penuh kenangan ini, termasuk kenangan sering numpang shalat ….

        Gatot Widayanto

        “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  4. menuk Says:

    Aquarius tutup mungkin karena dulu Aquarius nggak mau jualan Yess…hihihi…..

  5. Endon Tok Says:

    Kalau di surabaya toko cd masih Ada di mega disc PTC mall..memang benar Internet memusnahkan kaset karena banyak situs2 yg menyediakan donlot gratis mulai dari album pertama sampel album baru..coba ke musicmp3.spb.ru..disitus tsb segala jenis genre musik ada..dari psychedelic sampe hip hop..gilanya lagi semua album bisa di donlot..bahkan AKA (ucok dkk) pun ada album hardbeat..semua FREE..gendeng pokoke..tapi ono enake bisa tahu lagunya meskipun kualitas mp3 hehehe..

    • andria Says:

      saya pengumpul album format mp3 juga pak Endon, tapi kl bisa dpt kaset atau cd-nya saya akan lebih bahagia. semua kaset yg saya punyai selalu saya cari mp3-nya, soalnya saya di kantor tak bawa tape. dari jaman dulu pun semua orang ingin dapat lagu yg lebih murah & gratis🙂 sekarang orang lbih suka ngumpulkan kaos sepakbola dibanding ngumpulkan kaset/cd.

    • DananG Says:

      Download memang bisa memperkaya daftar lagu yang bisa didengar tanpa banyak keluar uang dan memperkecil faktor kelangkaan. Jeleknya kebanyakan download malah lupa muternya…:). Prinsip download dulu denger belakangan banyak terjadi. Bahkan saya punya temen yang suka download, tapi malah filenya gak diekstrak (unrar/unzip) hahahahaha

  6. Endon Tok Says:

    Betul spt yg dikatakan pak andre..saya juga penikmat mp3 tapi lebih marem (nikmat) kalo denger analog..sdh coba ke musicmp3.spb.ru pak andre? Itu surga bagi pecinta mp3 hehehe..

    • Gatot Widayanto Says:

      mas Endon Mas Andria

      Kenikmatan mendengarkan musik jauh lebih mak nyus kalau disertai dengan kegiatan duduk sila sambil membuka kitak kaset dan mengamati daftar lagu dan daftar pemain ….biyuuuuhhhh …..! Surga dunia.

      Di jaman CD lebih gila lagi karena inlay bookletnya lebih heboh dan ada kisah ‘the making of …’ …hadew ….tambah nyamlenk suromenggolo. Saya malahan beli CD untuk kemudian saya rip ke mp3. CD nya jarang disetel tapi kotaknya sering dielus elus dan dibaca kisahnya …. siip!

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

      • khalil logomotif Says:

        kenikmatan danlout mp3 jauh lbih maknyus klw disertai kgiatan duduk sila sambil buka web yg ngebahas lagunya satu persatu dan boleh denger dulu sepenggalan, baca baca liriknya, bagus atau ngga, sambil mengamati dan menyimak mana yg siulable dan mana yg unsiulable..trus danloat dah…..sambil ngliat garis birunya jalan….sruut….waduuuh…surga banget dah….
        Hahahaha

      • DananG Says:

        hahahaha, ternyata Amerika Serikat gagal dengan SOPA nya. Meskipun Rapidshare, uploaded, mediafire dll sempat membatasi diri, namun rusia tidak dibendung. rusfolder, narod dsb tetap melaju kencang dan makin menjadi. Mungkin kita dan kebanyakan remaja sekarang akan mengenang proses download sambil melihat garis biru nya jalan seperti kata mas Khalil ini 20-40 tahun yang akan datang. Seperti sebagian kita mengenang kaset/vynil saat ini….:)

    • yuddi_01 Says:

      coba googling ‘the pirate bay’ .

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Yuddi,

        Barusan saya iseng … tapi gak tahu yang mana yang di klik karena semuanya mendownload file downloader.exe …hi hi hi …gak pengalaman blas ..

        *Gatot Widayanto*

        *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

        On Sun, Dec 8, 2013 at 4:22 AM, Music for Life

      • yuddi_01 Says:

        mas G,langsung masuk (dan pelajari di How do I download?) :
        http://thepiratebay.sx/

      • DananG Says:

        mas Yuddi, bagi penggemar torrent teluk penyamun memang seperti lautan tanpa batas yang tak habis-habis untuk dieksplorasi

      • Gatot Widayanto Says:

        Kayaknya memang harus banyak belajar dari mas DananG dan mas Yuddi untuk urusan pertelukpenyamunan ini …

        Gatot Widayanto

        “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  7. andria Says:

    saya cobanya pak endon, biasanya ke myzuka.ru (itu juga teman yg memberi tahu)
    saya sependapat pak gatot, dulu saat cd seken nasih ada di Yogya wl sdh ada kasetnya tapi tetap beli cd-nya. terus terang saat ini krn lagu2 sdh dapat di mp3 ada CD yg sampai sekarang blm saya buka plastiknya krn sayang 😀
    kadang ada kaset yg tak ada teksnya tp di cd malah ada (album the Goo Goo Dolls yg ada lagu Iris itu contohnya)

  8. Nono Says:

    Mas G.,
    Lebih nikmat lagi klo dengerin musik sambil menikmati jajan pasar yg warnanya ijo royo2 ya mas. Hehehe.

    • Gatot Widayanto Says:

      sama warna cucur, mas Nono …. pink …. ha ha ha ….

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  9. cosmic_eargasm Says:

    Waduh, telat bgt, sy kok baru tau kbr buruk ini ya mas DananG.

    Seperti kata mas GW, betul jg, kita play mp3 nya, sementara cd ori nya dielus2. Dan benar jg kata mas DananG, kbnykn teman2 sy jg download dl, play belakangan, file jd numpuk akirnya tdk kesetel.

    Paling nikmat memang jaman normal dl, dgn temen2 seperjuangan masing2 beli 1 atau 2 kaset yg berbeda, didengar bareng2 sambil diulas secara sok tau hahahaha..

    walaupun “too much download will kill you” tapi sy pribadi jg menghalalkan mp3 yg ikut memperluas wawasan musik kita..🙂

    Thanks mas DananG dan semua gemblungers yg ikut meramaikan dan bnyk memberikan info2 menarik di blog super gemblunk kesayangan kita semua ini.

    (((PlayNow>RUSH_Rock Concert by Ego Records C-90)))

    • danangsuryono2112 Says:

      hahahaha, mas Cosmic ada cerita lucu dari teman saya, saking rajinnya download, sampai-sampai saat bikin review album tahun 2012, reviewnya lucu…sudah download 700 lebih album, masih dalam bentuk unrar/unzip lebih dari 600 album hahahahahaha. Jangankan dengerin unrar/unzip aja belum…:)

      • Gatot Widayanto Says:

        Kadang saya suka males kalau beli CD baru terus daftar lagunya belum ada di internet sehingga males rip dan males dengerin. Contoh: Imanissimo album baru….saya baru nikmati musiknya tiga hari lalu lantaran baru nongol daftarnya di internet… Artinya, meski punya CD nya …tetep aja nyetel MP3 nya … ha ha ha …

  10. ika zurria Says:

    Sya senang membaca post ini. Sya sepertinya belum terlalu berumur untuk tahu lagu2 yg anda2 sebutkan di atas hehehe. Tapi sya termasuk penikmat musik sejak format kaset tahun 1999, album pertama yg sya beli milik penyanyi Malaysia, Exist klo tidak salah. Tahun 2000an mulai koleksi album Sheila On 7, bentuk kaset akhirnya hilang ketika album baru mereka keluar 2010an. Domisili sya di Surabaya, ketika akhirnya Aquarius tutup rasanya sedih juga, menyesal kenapa tidak mborong banyak format kaset nya, karena kebetulan masih ada tape playernya sampai sekarang. Saat ini Disc Tarra pun tidak selengkap Aquarius, mau nyari album lama susah sekali. Klo sudah koleksi, walau sudah punya format mp3 hasil donlod, tapi rasanya masih kurang klo belum punya albumnya fisiknya.

    • danangsuryono2112 Says:

      mbak Ika, kalo di Surabaya ada penimbun kaset dalam jumlah masif, pak Dokter Apec. Koleksinya bikin pingin pingsan. Kalo lagi main ke Jakarta, bisa mampir ke lantai basement Blok M Square.

  11. andria Says:

    kl masih mau beli kaset bisa cari yg versi sekennya bu ika, kl wilayah Surabaya ada pak dokter Apec Bachtiar yg bisa ditanyai tempat2 beli kasen seken yg masih bagus.

  12. apec Says:

    Mbak bu ika,( soale bingung step panggil apa,lha menikmati kaset th 99 mosok wis rumongso berumur,ha..Ha,.harus merasa muda selalu,Mbak Bu Ika), kalo masih ingin menikmati kaset,monggo hamba kenalkan ke pemasok kaset nya lgs…biar njenengan hunting kaset sak mblengere (sepuasnya)..

    • andria Says:

      sebenarnya saya juga ingin ke sana pak Apec, cuma saya kok ya blm ada waktu. Cafe punya pak Edy yg di Jombang aja blm saya kunjungi.

  13. apec Says:

    Ayo sumonggo mas Andria…pokoke, kalo ingin mengencingi tanah surabaya, ojolali kabari hamba..kapan maneh disambangi tamu besar dari Blog ini

  14. afif ghafirin shabri Says:

    mas gak ada CD nya the great journey of dewaruci

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: