Masters of Rock #3: The Kinks

Eddy Irawan

the kinks

the kinks songs

Seri Masters of Rock nomer 3 dari Team Records adalah grup The Kinks (T 5803).
The Kinks memainkan musik perpaduan pop, rock, country, folk dan rhytm and blues. Grup ini dibentuk di Muswell Hill, London Utara pada tahun 1964 oleh dua bersaudara Ray Davies (lead vocals, rhythm guitar) dan Dave Davies (lead guitar, vocals). Anggota grup lainnya adalah Mick Avory (drums, percussion) yang kemudian digantikan oleh Bob Henrit (eks grup Argent tahun 1984). Basis pertama mereka adalah Pete Quaife yang kemudian digantikan oleh John Dalton. Nama The Kinks sendiri diberikan oleh klub musik live ‘The Raven’ tempat mereka manggung setiap malam. Arti The Kinks sendiri seperti banyak yang ditafsirkan orang adalah merujuk pada sikap dan kebiasaan anggota grup yang suka melakukan sesuatu sesuka mereka tanpa peduli pandangan orang lain. Dave bahkan mengatakan bahwa cara pandang atau cara berpakaian seseorang yang sedikit nakal itulah yang disebut The Kinks.

Lagu ‘you really got me’ merupakan single mereka yang menjadi hit dunia pada tahun 1964. Lagu ini menjadi hit nomor satu di Inggris dan masuk Top Ten di Amerika Serikat. Grup hard rock Van Halen mengawali debut karirnya dengan merekam ulang lagu ini dalam album pertama mereka pada tahun 1978. Uniknya, setelah empat belas tahun, lagu ‘you really got me’ versi Van Halen ini kembali menjadi radio hit di Amerika. Dua puluh delapan tahun kemudian (tahun 2006) grup Boyband asal New Zealand kembali mendaur ulang lagu ini. Dan menjadi NZ Singles Chart #1. sungguh l’histoire repete.

Single mereka berikutnya yang dirilis pada tahun yang sama (1964) ‘all day and all of the night’ menduduki anak tangga kedua di Inggris dan chart ke 7 di Amerika. Namun, masa kejayaan The Kinks sebenarnya adalah pada 1966 sampai 1972. Diawali dengan single ‘sunny afternoon’ yang merajai anak tangga Inggris, bahkan menyingkirkan lagu The Beatles ‘paperback writer’ pada tahun 1966. Selanjutnya berturut-turut sampai tahun 1972, The Kinks selalu menempatkan single-single mereka dalam anak tangga lagu terpopuler di Amerika maupun Inggris. Sebut saja lagu ‘dead end street’ (1966), ‘waterloo sunset’, ‘mister pleasant’ (1967), “Wonderboy” (1968), ‘Victoria’ (1969), ‘Lola’ (1970), ‘Muswell Hillbillies’ (1971) dan ‘celluloid heroes’, ‘supersonic rocket ship’ (1972).

The Kinks termasuk salah satu grup yang produktif menelurkan album hampir setiap tahunnya. Tapi kejenuhan pasti akan datang. Pada perayaan ulang tahun Dave Davies yang ke 50 pada 1996, The Kinks pun bubar. Namun tahun-tahun sesudahnya, ada saja potensi untuk kembali membentuk The Kinks baru oleh para anggotanya. (e)

Tambahan foto dari mas Herman:

image

12 Responses to “Masters of Rock #3: The Kinks”

  1. eddy irawan Says:

    Thanks Mas G udh dimuat tulisan ini

  2. Kristanto Says:

    Saya hanya mengenal band The Kinks ini juga lewat lagu “You really got me”, yang di-cover oleh Eddy VH cs itu …
    Team Record agaknya melabeli Master of Rock ini dengan referensi majalah2 luar (Melody Maker, etc.) yang kadang2 memuat artikel “band rock paling berpengaruh”, dsb

  3. Eddy Irawan Says:

    Mas Kris, lagu ‘sunny afternoon’ sangat indah sehingga layak mengalahkan lagu ‘paperback writer’nya The Beatles.

  4. Eddy Irawan Says:

    silakan menyimak Sunny Afternoon:

    • Gatot Widayanto Says:

      Sama2 mas Eddy …. lanjutken!

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  5. Eddy Irawan Says:

    Mas Herman, foto Ray Davies dan The Kinks itu apakah dlm bentuk poster?

  6. herman Says:

    Foto Ray Davies hanya satu halaman Muziek Expres Mas Eddy….kira kira 25 x 30 cm sama dengan The Kinks disebelahnya….

  7. menuk Says:

    Mas Eddy ….saya kirim soft copynya saja ya Mas yang resolusi lebih tinggi , kalau diprint di digital printing bisa bagus atau mau dicetak foto juga bisa…..

  8. cosmic_eargasm Says:

    Lagu The Kinks di playlist sy setahun terakhir ini cuma ‘Waterloo Sunset’ dan ‘Sunday Afternoon’.

    Nah iya mas Kris, ‘You’ve Really Got Me’ keren juga dibawakan ulang oleh VH. Memang DLR sangat suka dgn lagu2 oldiest, kentara sekali jg pd 2 album solonya yg awal.

    Thanks Mas Eddy sudah memposting The Kinks yg jarang sekali dibahas di era modern ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: