Masters of Rock #2: Ten Years After

Eddy Irawan

Diskusi tentang master of rock masih berlanjut dengan grup yang juga asal Inggris, Ten
Years After (T 5802).
tya cover
tya list
Ten Years After (TYA) adalah grup music yang mengusung aliran rock-blues ala British yang sangat white blues.  Dibentuk pada tahun 1966 di Nottingham, Inggris, dengan nama The Blues Yard yang beranggotakan Leo Lyons (bass),Chick Churchill (keyboards), Ric Lee (drums) dan Alvin Lee (guitar, vocals, harp). Nama band kemudian diganti dengan Ten Years After pada tahun yang sama sebagai penghormatan Alvin Lee pada Elvis Presley pada sepuluh tahun masa kesuksesan karir idolanya tersebut.
Nama TYA dikenal publik setelah penampilan mereka dalam Windsor Jazz Festival 1967 yang menggiring mereka untuk dikontrak oleh Deram, anak perusahaan Decca. Dalam tahun yang sama, mereka merilis album Perdana yang merupakan self-titled, Ten Years After. Pada awal 1968, TYA memulai tour mereka ke sejumlah negara Scandinavia dan Amerika Serikat. Masih di tahun 1968, TYA merilis album keduanya yang merupakan album live, Undeadyang di dalamnya terdapat lagu hit yang berjudul ‘I’m going home’. Awal tahun 1969, TYA menggeber lagi dengan merilis album baru yang bertajuk Stonedhenge. Di album ini terdapat sebuah hit ‘hear me calling’, yang kemudian dinyanyikan kembali oleh grup glam Slade. Pada Newport Jazz Festival yang berlangsung tanggal 26-27 Juli 1969, TYA diundang untuk tampil di acara tersebut. Ini adalah kali pertama sebuah grup rock diundang pada festival Jazz ini. Masih di tahun 1969, albumSsssh dirilis dengan beberapa hits seperti ‘good morning little school girl’ dan ‘I woke up this morning’.
Tahun 1970 ditandai TYA dengan merilis 2 album, Cricklewood Green yang menelurkan hit ‘love like a man’; dan Watt dengan lagu yang sangat dikenal ‘think about the time’. TYA merilis album Space in Time pada 1971 yang menandai beralihnya mereka ke label Columbia Records sekaligus mulai membuat lagu-lagu yang lebih komersil. Lagu ‘I’d love to change the world’ dan ‘One of these days’ menjadi andalan album ini. Tahun berikutnya (1972), TYA mengeluarkan Rock & Roll Music to The World dengan lagu-lagu yang menjadi hits seperti ‘choo choo mama’ dan ‘turned off TV Blues’. Tahun 1973, mereka melepas double live albumRecorded Live. Setelah merilis album terakhirnya bersama Columbia Record,Rock Vibrations, TYA bubar pada 1974. Namun, Alvin Lee eksis dalam solo karir.
TYA mencoba bersatu dengan merilis album ‘Live at Reading ‘83’ yang merupakan performa mereka pada saat tampil live pada Reading Festival 1983. Setelah konser bareng pada beberapa festival di Eropa, tahun 1989 para personel TYA merilis lagi album baru yang bertajuk ‘About Time’ dan kandas. Keinginan untuk terus survive dengan mengusung nama TYA, ternyata terkendala dengan kesibukan Alvin Lee dalam proyek solo maupun sesi studio untuk grup lain. Tahun 2003, TYA memutuskan mengganti Alvin Lee dengan Joe Gooch. Formasi TYA baru ini lantas mengeluarkan album Now (2004), live album Roadworks(2005) dan Evolution (2008).
Alvin Lee meninggal pada usia 68 tahun pada 6 Maret 2013 di Spanyol setelah menjalani operasi akibat komplikasi penyakit yang dideritanya.(e)

11 Responses to “Masters of Rock #2: Ten Years After”

  1. andria Says:

    saya sekarang ingat yg seri masters of rock karena ada tulisan yg dibentuk gitar itu

    • Eddy Irawan Says:

      Betul Mas Andri, awalnya tulisan master of rock bentuknya datar aja. Yang versi baru udah diganti dgn bntuk yg lebih menarik seperti bentuk gitar.

  2. Kristanto Says:

    Mas Eddy, maksudnya album TYA tahun 1974 judulnya “Positive Vibrations” ya … Setau saya, satu2nya yang pernah merilis “Rock Vibration” cuma band dari jl lengkong bandung, Aktuil ……

    • Eddy Irawan Says:

      hahahahah… betul Mas Kris, maksudnya album Positive Vibration. Saya terpengaruh dengan kaset rilisan Aktuil ‘Rock Vibration’.

      Thanks Mas Kris!

  3. Apec Says:

    Sekitar 10 th lalu, harga kaset Ten Years After edisi ini sangat melambung di pasaran Surabaya, waktu itu mencapai 3 kali lipat harga kaset Yess..

    • Gatot Widayanto Says:

      Gara2 tret ini maka harga kaset ini melambung 6 x harga Yess ditambah musti ambil sendiri ke Aceh. Berapa kali lipet tuh?

      Qiqiqiqi …. semoga lapaqers di Blok M gak membaca tret ini ….

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

    • eddy irawan Says:

      Hahahahah… Mas G, lapaqres blok m gak ngikutin blog ini, tapi ngikutin harga kaset di tokobagus.com

      • Gatot Widayanto Says:

        Hus! Siapa bilang mas Eddy …. coba sekali waktu cek salah satu lapaqers blok m. Mereka mengintip selera gemblungers ……. harga mereka pantau tokobagus sih …

        Gatot Widayanto

        “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

      • Eddy Irawan Says:

        Soal selera lapaqers, mas danang yg lebih tau tuh.

    • eddy irawan Says:

      Betul Mas Apec, kabarnya bang Domme beli kaset ini seharga 75ribu perak via online. (Horas bang Domme!)

  4. cosmic_eargasm Says:

    Dari dulu setahu sy, semua kaset TYA harganya di atas standart rata2. Sy tdk pernah punya kaset TYA versi “Masters of Rock” ini, tp paling tdk, dulu pernah punya yg “live recorded” terbitan Yess dan beberapa albumnya terbitan MonaLisa, seperti “Sssh”, “Watt”, “A Space in Time” dan “Rock ‘N Roll Music to the World”.
    Ah jd ingat kst2 sy dulu nih..

    (((PlayNow>TEN YEARS AFTER_Turned Off T.V. Blues)))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: