Yes – Friends and Relatives

Herwinto

index

Tret ini saya buat dipicu oleh sms antara saya dan pak Gatot Triono sang dedengkot KPMI tentang grup CIRCA, untuk memahami siapa saja CIRCA, kapan lahirnya kita perlu melihat terlebih dahulu perjalanan grup Yes beserta grup grup sempalannya, tak bisa dipungkiri bahwa pergantian personil ditubuh Yes memberi warna tersendiri bagi bermunculannya grup grup baru yang merupakan keluarga Yes. Dibawah ini saya tuliskan kronologi munculnya grup Yes dan grup grup turunannya.

Pada tahun 1960 an terdapat empat grup yang merupakan embrio grup Yes, The Warriors beranggotakan Ian Wallace kelak menjadi drumer King Crimson, David Foster kelak mendirikan Badger dan Jon Anderson kelak mendirikan Yes, yeskemudian The Syn, dari grup ini terdapat Chris Squire dan Peter Banks, Savoy Brown didalamnya terdapat Bill Bruford, dan Johnny Taylor’s Star Combo didalamnya terdapat Tony Kaye. Jon dan Chris bertemu mereka sepakat mendirikan band baru dengan mengundang Kaye dan Bruford untuk bergabung, keempatnya kemudian berkumpul mendirikan band baru bernama Mabel Greers Toyshop, Banks yang bergabung belakangan memberi usul nama band diubah menjadi Yes.

YES #1 1969-1970 (Anderson, Squire, Bruford, Kaye, Banks) menelorkan album Yes ST dan Time And A Word.

YES #2 1970-1971 (Anderson, Squire, Bruford, Kaye, Howe) fase ini Banks hengkang dari Yes dan masuklah gitaris The Bodast Steve Howe yang juga pernah memperkuat Syndicat dan Tomorrow, band rock masa itu, sebenarnya Howe saat itu ditawari bergabung dengan Jethrow Tull dan The Nice namun karena alasan masih rekaman dengan Bodast tawaran itu ditolak, namun ketika Yes merayunya tawaran itu langsung diterima. Fase ini menelorkan album dahsyat Yes Album.

YES #3 1971-1972 (Anderson, Squire, Bruford, Howe, Wakeman) fase ini Kaye keluar mendirikan Badger bersama David Foster, masuklah keyboardis terbaik dunia Rick Wakeman dari The Strawbs, menelorkan mahakarya Fragile dan Close To The Edge serta Yessongs.

YES #4 1972-1973 (Anderson, Squire, Howe, Wakeman, White) fase ini Bruford keluar bergabung dengan King Crimson masuklah Alan White drumer dari Plastic Ono Band nya John Lennon. Masa ini ditandai dengan dirilisnya album gila Topographic Ocean nan melegenda itu.

YES #5 1974-1976 (Anderson, Squire, Howe, White, Moraz) masa ini Rick Wakeman keluar untuk yang pertama kali dari Yes digantikan keyboardis dahsyat Swedia Patrick Moraz dari band Refugee, fase ini menelorkan Relayer. Masa ini juga Bruford membentuk band yang kelak bernama UK bersama Wakeman, namun Wakeman kembali ke Yes di tahun 1977 karena pertimbangan duit.

YES #4 1977-1978 (Anderson, Squire, Howe, Wakeman, White) kembalinya Wakeman ke Yes menelorkan album indah Going For The One dan Tormato.

YES #6 1979-1980 (Anderson, Squire, Howe, Horn, Downes) keluarnya pendiri Yes Jon Anderson dan Wakeman yang kedua kalinya digantikan duo The Bugles yaitu Trevor Horn dan Geoff Downes. Fase ini menelorkan album hard rock Drama.

1980-1982 Yes bubar, fase ini lahirlah banyak sempalan Yes diantaranya Cinema yang beranggotakan Squire, White, Kaye dan Rabin, Trevor Rabin adalah musisi serba bisa dari Afrika, kemudian Asia yang beranggotakan Steve Howe dan Geoff Downes serta John Wetton dan Carl Palmer, juga terdapat XYZ yang beranggotakan Alan White,Squire dan Jimmy Page ini terjadi sebelum Cinema.

YES #7 1983-1991 (Anderson, Squire, Rabin, White, Kaye) bergabungnya Anderson di Cinema menjadikan nama Yes kembali dipakai, fase ini dirilis album hit 90125 dan Big Generator, sebelum Kaye resmi masuk sesi keyboard diisi oleh Eddie Jobson yang juga pernah di UK, Roxy Music, Jethrow Tull dan Frank Zappa, namun di Yes hanya sebentar. Masa ini juga lahir sempalan Yes, GTR pada 1983 yakni kerjasama Steve Howe dan Steve Hacket eks Genesis juga kerjasama Bruford-Moraz pada 1985 untuk album instrumen dan yang paling penting adalah lahirnya Yes tandingan ABWH pada 1989.

YES #8 1991 (Anderson, Squire, White, Rabin, Kaye, Wakeman, Bruford, Howe) formasi ini adalah gabungan Yes #7 dan ABWH, menelorkan album keroyokan Union, pada sesi rekaman studio melibatkan gitaris Jimmy Haun yang terlibat pada albumnya Jon and Vangelis juga Kitaro.

YES #7 1994 (Anderson, Squire, Rabin, White, Kaye) fase ini ABWH membubarkan diri dan kembali ke Yes #7 menelorkan album progresif modern Talk.

YES #4 1995-1996 Anderson, Squire, Howe, Wakeman, White) fase ini ditandai dengan kembalinya Yes ke formasi klasik menelorkan album ganda Keys To Ascension 1,2.

YES #9 1997-1999 (Anderson, Squire, Howe, White, Billy Sherwood, Igor Khorosev) fase ini Wakeman keluar lagi masuklah Billy dari World Trade dan Igor dari The Cars, menelorkan album parah Open Your Eyes dan album indah The Ladder. Masa ini terjadi sempalan Yes yaitu Conspiracy kerjasama Squire dan Sherwood. Besar kemungkinan OYE adalah proyek Conspiracy dan bukan Yes.

YES #10 2001 (Anderson, Squire, Howe, White) menelorkan album Magnification, masa ini tak ada keyboardis Yes, diganti oleh orkestra. Bergabung Tom Brislin dari Renaissance untuk sesi keyboard pada tour album Magnification.

YES #4 2003-2010 (Anderson, Squire, Howe, Wakeman, White) fase ini tak ada album dibuat namun hanya berisi tour full cyrcle. Oliver Wakeman juga terlibat dalam tour 2009 ketika ayahnya sakit. Masa ini lahirlah sempalan Yes yakni Circa tahun 2006 yang beranggotakan White, Kaye, Billy Sherwood, Jimmy Haun, juga lahir Steve Howe Trio pada tahun 2007, pada tahun 2009 Circa pecah dan lahirlah YOSO ini adalah gabungan Yes dan Toto dengan mengambil huruf konsonan Yes yaitu Y,S dan huruf vokal Toto yaitu O,O. Yoso beranggotakan Kaye, Jimmy Haun, Billy Sherwood dan eks Toto. Rick Wakeman juga bekerjasama dengan Jon Anderson pada proyek tour tahun 2010.

YES #11 2011 (Squire, Howe, White, David, Downes) Anderson sakit dan Yes tak boleh berhenti maka masuklah Benoit David dari Mysteri, lahirlah album Fly From Here.

YES #12 2011-sekarang. (Davison, Squire, Howe, White, Downes) masa ini Benoit David sakit maka masuklah Jon Davison dari Glass Hammer untuk tour Fly From Here sampai sekarang.

Demikian sekilas gambaran perjalanan grup Yes beserta turunannya semoga bisa menjadi hiburan….Salam…..

 

22 Responses to “Yes – Friends and Relatives”

  1. Gatot Widayanto Says:

    Koh Win, matur nuwun! Bener2 Yes Freaks!

  2. andria Says:

    terima kasih pak atas cerita singkat Yes. saya wl beberapa kali membaca bigrafi Yes malah br tahu kl tony kaye justru sdh ikut sejak awal berdirinya Yes.

  3. Kristanto Says:

    Benoit David selepas dari Yes, balik kampung ke Mystery-nya Michel St-Pare, bersama Nick d’Virgilio merilis album “The World is a Game” di tahun 2012.

  4. yuddi_01 Says:

    YES #5 1974-1976 (Anderson, Squire, Howe, White, Moraz) masa ini Rick Wakeman keluar untuk yang pertama kali dari Yes digantikan keyboardis dahsyat Swedia Patrick Moraz dari band Refugee, fase ini menelorkan Relayer. Masa ini juga Bruford membentuk band yang kelak bernama UK bersama Wakeman, namun Wakeman kembali ke Yes di tahun 1977 karena pertimbangan duit.
    >>>Patrick Moraz mungkin maksudnya dari Swis,
    tambahan- Refugee adalah eks The Nice yg ditinggal minggat Keith Emerson utk membentuk ELP.

    • HERWINTO Says:

      He he he benar mas, udah ngantuk tadi malam jadi nulis Swiss jadi Swedia….Beatles mudah mudahan bisa segera saya tulis….

  5. yuddi_01 Says:

    mas Herwinto selain pakar Yes juga pakar the Beatles, sudi kiranya dapat membuat tulisan utk album “Rubber Soul” s/d “Abbey Road”.

  6. Endon Tok Says:

    Di YouTube ada circa live tahun 2007..kaye, white n friends (circa) bawain Medley yes selama hampir 40 menit nonstop..

  7. Eddy Irawan Says:

    Thanks atas pencerahannya Koh Win. Saya gk ngikutin Yes lagi sejak ditinggal Jon Anderson.

    • Gatot Widayanto Says:

      Saya malahan gak ngikutin Yes lagi sejak ditinggal Koh Win …qiqi qiqi ….

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  8. gt Says:

    Tks Banyak Mas Herwinto,atas pencerahannya…

  9. HERWINTO Says:

    Saya memiliki keyakinan bahwa Open Your Eyes adalah proyek Conspiracy mengingat album ini awalnya adalah proyek solo Squire, hanya kemudian kreditnya menjadi Yes padahal Steve Howe sama sekali tak berkontribusi di dalamnya, hal seperti ini sering terjadi pada dunia rekaman demi kepentingan tertentu, contoh lagu lagu Beatles sebagian besar berkredit Lennon-Mc Cartney padahal yang benar benar Lennon-Mc Cartney bisa dihitung dengan jari, Yesterday adalah murni karya Paul namun diklaim juga karya John, Genesis juga demikian pernah terjadi.

  10. apec Says:

    Matur tengkyu ingkang so much Koh Win..saya sdh mulai terhibur lagi dengan Blog ini dan yg saya baca duluan pas tret ini..bagaimana kalo tulisan2 sampeyan dibuat buku saja..hanya untuk kalangan sendiri, jadi tanpa ISBN juga gak papa. biar didesain oleh Pak herman atau mas Khalil mengenai lay out nya. Bisa jadi gimick saat prog ring lho, dan bisa mempercantik rak kaset di rumah jika dipersandingi buku tersebut. Ongkos cetaknya patungan aja

  11. herman Says:

    Mas Apec,…saya sependapat….tulisan Mas Herwinto bagus kalau dibukukan limited edition blog gemblung….terpikir juga tret2 tertentu dengan komen2nya yang lucu, akrab guyub sepertinya enak juga buat dibaca ulang…mungkin juga teman2 atau orang lain senang juga baca, apalagi ada kata – kata gemblung, ngguweblak dll…hehehe ini kata mbilung….

  12. Rizki Says:

    Mas Herwin,
    Salut atas ulasannya as always. Sekedar tambahan aja, tahun 2005, Alan White juga menambah keluarga dengan membentuk band “White” bersama Geoff Downes (hanya sebentar). Kemudian tahun 2012, Chris Squire mengerjakan proyek musik berjudul Squackett bersama Steve Hackett.

    Mas Herwin,
    Kita tunggu nih ulasan solo album masing personil Yes, pasti seru …..

    Cheers

  13. andria Says:

    saya tak tahu apa solo Trevor Rabin dihitung apa tidak (dulu saya tak beli kasetnya ). saya juga ingat kaset lama Lodgic – Nomadic Sands yg ternyata ada Billy Sherwood muda. kalau Esquire (saya ingat krn ada teman saya yg cantik suka salah satu lagunya) saya tak tahu itu proyek Chris Squire atau isterinya.

  14. HERWINTO Says:

    Esquire adalah proyeknya Nikky Squire mas Andria,,,istrinya mbah Squire, Lodgic adalah band awal Sherwood…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: