Europe dalam Kaset

Hardani Kristanto

 

Sejujurnya saya sudah lupa kapan dan dimana beli kaset2nya hard rocker asal Sweden ini. Kalau melihat tahun rilis dan juga logo CBS pada kaset2 tersebut kemungkinan pada era pancaroba perpindahan kaset bajakan ke lisensi.
Saya sempet ikut teracuni juga sama nomor yang sangat terkenal kala itu, “Final Countdown”, sehingga beli kasetnya. Masih teringat juga, waktu konser God Bless di stadion Kridosono, artis pembuka waktu itu seingat saya si pelantun Penari Ular, Ita Purnamasari. Nah, dia pula yang membawakan nomor Final Countdown di konser tersebut, sambil sekali2 kakinya yang bersepatu lars selutut diangkat seolah menendang, sambil disambut penonton sambil teriak, yeah … Yeah … Wis jan nuansamatik puol jaman semono … lhoh lhoh kok jadi ngomongin si penari ular, nggladrah ra nggenah …

IMG-20130906-00485

IMG-20130920-00508

IMG-20130906-00481
Tentang band Europe sendiri, saya kenal ya dari kompilasi lagu2 rock, dan lagu Final Countdown waktu itu boleh dibilang salah satu lagu wajib di kaset2 kompilasi. Lagu Europe  lainnya yang cukup terkenal adalah nomor ballad “Carrie”, nomor kalem melodius ini pas banget diputer habis lagu Final Countdown yang rancak …
Sementara kaset album “Out of this world” saya beli karena pengaruh ketersukaan saya dengan album sebelumnya. Belakangan saya juga membeli album “Wings of tomorrow” yang ternyta nomor classy “Open your heart” dirilis pertama kali, dan direkam ulang di album Out of this world itu, sayang kasetnya hilang entah kemana … Boleh dibilang memang lagu2nya Europe banyak bertemakan tentang cinta2an, namun menjadi menarik karena aransemen jempolan Joey Tempest dan gitarisnya John Norum.
Keep on rocking kaset jadul …

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

 

13 Responses to “Europe dalam Kaset”

  1. Gatot Widayanto Says:

    Mas Kris,

    Out of This World itu saya punya kasetnya dan merupakan kaset lisensi pertama yang saya miliki, dibelikan oleh Ian Arliandy dan dikirimnya dari bandung ke Batam. Sebuah persahabatan yang baik …

    Saat itu, kata Ian, harganya Rp. 5 ribu. Berarti dua kali lipat lebih dari bajakan …

    • Kristanto Says:

      Wah, saya justru udah lupa kaset lisensi pertama yg kebeli, btw saya cuma punya kaset2 era lisensi : Marillion “Seasons End”, Dire Straits “On every street”, Rush “Roll the bones”, dsb termsk Europe tsb.

  2. Eddy Irawan Says:

    Rekaman Yess sendiri malah latah ikut merekam lagu The Final Countdown dalam album kompilasi bertajuk ‘fire in harmony’ bersama grup progresif lain seperti Multi Story dan Citizen Cain (Yess #699).

  3. andria Says:

    😀 saya kmarin mau posting kaset Europe the Final countdown rekaman a private collection tapi e-mailnya nggak bisa ngirim. dulu yg beli kakak saya yg selalu ikut mode🙂 dia titip saya lalu saya carikan yg paling gede gambarmya. kebetulan side B-nya ada grup zeno sbg tambahan. sayangnya pas dibawa ke suatu acara kasetnya ilang tapi covernya tidak. untunglah suatu saat saya nemu kaset Europe keluaran baru tanpa cover, seperti punya pak Kris tadi itu.
    saya masih mendengarkan Europe, termasuk 3 album reuni mereka (kecuali yg Last Look at Eden )

  4. andria Says:

    benar pak Kris, yg gambar anak kecil itu ya? makanya saya merasa beruntung (tadinya) punya 1 kaset dgn 2 grup yg nyanyi. maklum jaman dulu masih ilmu ngirit🙂

  5. apec Says:

    Rekaman King edisi CBS seperti ini , kualitas rekamannya bagus menurut saya Mas Kris.

  6. herman Says:

    Mas Kris, saya sependapat kalau The Final Countdown sangat pas disambung dengan Carrie….spertinya saya pernah ngrekam kasetnya keponakan saya (kaset to kaset) dan saya ambil 2 lagu itu berurutan….memang enak nyambungnya…..sepertinya lagu Carrie itu dibuat untuk menutup konser ya….karena ada kata : when light goes down…

  7. cosmic_eargasm Says:

    Europe memang sempat ngetop di dunia festival rock era tsb dgn ‘Final Countdown’ nya yg pd era tsb, bnyk band2 lokal berlomba-lomba membawakan lagu yg asyik tsb. Sy malah suka solo albumnya John Norum, “Face the Truth” diterbitkan oleh Roadrunner M’sya wkt itu.
    Fire in Harmony dan Slow Rock produksi Yess dr dulu sy tdk pernah punya kasetnya.
    Lagu2 balladnya Europe memang keren semua. Tp sy suka pas Europe membawakan ‘Wish You Were Here’ nya PF dan ‘Since I’ve Been Loving You’ nya LZ. Joey Tempest seakan bs menginterpretasikan 2 lagu tsb dgn soulful tanpa menghilangkan ciri khas Europe. Mantap!!!

    (((PlayNow>KINGDOM COME_Should Have Known)))

    • andria Says:

      pak cosmic, grup dangdut ada juga yg mengcover lagu the Final Countdown saat pentas 🙂
      yg menarik saat the Final Countdown dibawakan scr akustik di album unplugged mereka. berubah tapi tetap menarik & tetap ada ciri lagu lamanya.

Leave a Reply

