Koleksi 234: “Brownsville Station – SNAFU” – BSR

image

Malam ini saya menikmati salah satu kaset dari koper ajaib yang merupakan koleksi dari almarhum radio Dji Sam Soe (234) yang baru saja saya boyong dari Malang yakni “Brownsville Station – SNAFU” yang direkam oleh BSR Professionak Stereo. Nomer seru kaset terbitan BSR ini adalah KM 331 yang kalau tak salah merupakan singkatan “Kota Makmur”. Setahu saya BSR ini diproduksi di Semarang. Tak heran bila rekaman ini cukup merajai kota Madiun selain Nirwana dan Starlite.

Kaset rekaman BSR umumnya memiliki kualitas suara yang prima: jernih dari segi midrange dan treble nya pun enak,  tidak kasar namun tak juga terlalu halus. Bass nya pun cukup solid dan tak berdengung. Umumnya BSR menggunakan pita Maxell dan tak pernah menggunakan BASF atau Trusonic. Penggunaan pita Maxell inilah yang terbukti merupakan pilihan terbaik karena:

1.) Pada saat saya detox menggunakan teknologi mas Herman, ternyata ‘gidhal’ (kotoran yang melekat di tisu) tak terlalu banyak sehingga bisa dijamin suara stabil;

2.) Begitu saya putar di player ternyata suaranya bener2 jernih dan tak menyangka bahwa ini adalah kaset jadul. Bahkan saya menikmati sekali kualitas audionya dengan volume yang kenceng.

Memang rekaman BSR bener2 muantab jaya!

image

Sekarang bicara musiknya …

Jujur,  seumur hidup ya baru kali ini denger ada nama band Brownsville Station. Musiknya seperti apa aja saya gak kebayang. Karena sampulnya semprul dengan foto Led Zeppelin maka saya berharap musiknya ya sejenis. Lha ….kok jebule musike kayak Rolling Stones gitu ….ya straight rock n roll ala Stones begitulah. Namun saya menikmati juga karena lagu2nya lucu meburut saya: tak ada soli gitar meraung dan tak ada riff berat ala LZ. Semua riff nya ringan ala Stones atau CCR begitulah. Namun ya namanya first experience,  saya ya suka aja karena rekaman nya masih prima sekali. Lagu yg sempat menjadi perhatian saya antara lain Smoking in the Boy’s Roim dan Take It or Leave It.

SNAFU dulu saya pernah dengar dari kaset milik Didik Rudiono,  temen sesama rocker di Madiun. Musiknya lebih berkualitas dibandingkan Brownsville apalagi menggunakan violin segala. Meski dua band ini ada kemiripan namun menurut saya musiknya lebih seperti Dixie Dregs begitu. Tapi saya menikmati semua 7 lagu dari Situation Normal All F Up ini …

Pokoke kaset iki langka jal!

JrèNg!!!!

14 Responses to “Koleksi 234: “Brownsville Station – SNAFU” – BSR”

  1. andria Says:

    Smoking in the Boy’s Room sama dgn yg dinyanyikan Motley Crue tidak pak?

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Andria

      Saya bukan penggemar Motley Crue …jadi ya ndak tahu kalau dibawakan juga oleh MC. Satu2nya lagu MC yg saya tahu hanya Dr Feelgood gara2 dulu di Batam sering diputer oleh mas Hendrik pada saat beliau siaran di ZOO FM….

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  2. Kristanto Says:

    Salah satu ciri kaset jadul, cover sama isinya beda alamat hahaha … Snafu, dulu sempet saya baca di Aktuil kalau pas ada reportase konser, sampai sekarang blom pernah denger … Ntar coba2 browsing !

  3. herman Says:

    Dulu ada temen yang punya kaset Snafu dan mungkin juga pernah ikut dengerin tapi ya sudah lupa lagunya….terus ada juga Cockney Rebel, Tower Of Power yang seangkatan Alex Harvey Band…tapi ya itu tadi….lupasonic kecuali Alex Harvey Band….tapi seneng lihat kaset di atas…membawa banyak kenangan…..

    • Kristanto Says:

      Cockney Rebel, nomor paling nuansamatik “Make me smile (come up and see me)” ……..

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Herman

      Melihat kaset rekaman BSR, Orient, Nirwana maupun starlite rasanya langsung DHUK gimana gitu . ..teringat masa jaya kaset2 tersebut ….

      Snafu yg saya lihat punya Didik Rudiono kalo gak salah rekaman Orient. Jujur aja dulu gak tertarik snafu karena kalah nunjek dibanding LZ, Tull dll.

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  4. herman Says:

    Betul Mas G….termasuk kaset Osibisa yang di tret atasnya ini, bikin mak Dhug…..paling tidak ikut seneng lihatnya……

    • Gatot Widayanto Says:

      Apalagi kalau nanti saya muat Hanson / Mandrill namun cover nya David Bowie (huopo tumon?) …makin mak DHUG!

      *Gatot Widayanto*

      *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

      On Sun, Dec 1, 2013 at 6:34 AM, Music for Life

  5. herman Says:

    Iya Mas G….terus terang saya sudah lupa kaset Hanson / Mandrill seperti apa, cuma inget dulu temen di Jombang yang punya…..sepertinya rekaman jawa timuran….

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Herman,

      Saya beruntung didapuk jadi pemelihara kaset koleksi 234 BC Madiun sehingga kaset Hanson / Madrill ini ada di saya saat ini … Tunggu tanngal mainnya mas … he ha ha ….

      Np. Illumination Theory Dream Theater

      *Gatot Widayanto*

      *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

      On Sun, Dec 1, 2013 at 2:45 PM, Music for Life

  6. danangsuryono2112 Says:

    bener-bener nggak tahu saya sama band ini…:), tapi soal gambar cover kaset beda sama band ini sungguh gawe ngguyu…

  7. cosmic_eargasm Says:

    Dulu sy paling tdk suka dgn rekaman satu ini, krn kovernya ngawur hahaha.. seingat sy dl pernah punya Cuby+The Blizzards dgn gambar pemandangan, Kansas dgn gambar pohon, yg lainya lupa hahaha. Tp meskipun bgt, hasil rekamannya lumayan jernih.

    Snafu band rock 70an yg cukup asyik jg, walaupun jarang sekali ada yg membahasnya kecuali Aktuil dulu. Sy kok lupa lagu2nya apa saja, padahal dl jg sempat punya cd nya album 2 in 1.

    • Gatot Widayanto Says:

      BSR memang rekamannya terkenal jernih mas .. tapi ya itu dia cover nya ra ngerok blas!

      *Gatot Widayanto*

      *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

Leave a Reply

