Pake S -Hasse Froberg Musical Companion

By: Khalil Logomotif

Ngga ngerti saya, blog ini ada kutukan apa. Kok adaaa aja setrumannya dgn keseharian yg dilewati. Begini ceritanya, sebulanan kemarin, saya dapet maenan baru, selain bikin logo, yaitu bikin video. Wah sulit banget awalnya, harus membiasakan dengan waktu putar, arah gerakan, animasi plus musik latar yg harus dihitung temponya dan detiknya trus disesuaikan dgn gerakan dan animasi, belumnya harus terlebih dahulu siapin kontennya…halah…maenan ribet yang memabukkan sgn kadar adiktif tinggi…..padahal biasanya maenan saya adlh gambar tidak bergerak. Sampai suatu waktu, divideo yg terbaru, kata present nya ngga pake S….wuaduh…mana tampilnya diawal lagi….trus sudah disebarin kebeberapa teman. Saya ngga sadar sebelumnya, sampe kemarin mas Gatot yg ngingetin saya kalau present nya kurang S…….maluuuu!

Disisi lain, juga selama sebulanan kemarin, saya coba dengerin desolation rose TFK, yg dapetinnya susah banget…setelah didengerin sekali dua kali, kok ngga ngena dihati. Perlu sebulan untuk dikit dikit jadi suka (parameternya ter siulable ngga) ngertiin apa yg disampaikan. Hasilnya, saya ngga begitu berhasil untuk nyukain…hanya beberapa yg saya suka. Selidik punya selidik, ternyata dibeberapa yg saya suka itu, hal yg sama yg bikin saya suka adalah alunan melodius dan teriakan yg ngga melengking dari Hasse Froberg. Nah dititik itu, saya tersadar. Lah kan the flower kings, king nya pake S. Ada beberapa king disitu. Selama ini saya lebih tertuju kpd  king Stolt (baik di TFK dan side projeknya)…padahal kan ada king lainnya….Hasse Froberg. Maka tergiringlah saya untuk ngikutin Froberg. Yang saya temukan? Wuadhuh…ternyata manthap banget Froberg ini. Saya dengerin side projeknya, Hasse Froberg Musical Companion, ada dua album, Future Past (2010) dan Powerplay (2012). Mungkin diproduksi selama TFK fakum sampe sebelum album banks of eden. Emang apa hebatnya? Wah…hammond organ dan synthesizernya very very raw dan krunci banget (inget derek sherinian), mengaung ngaung berulang ulang khas classic hardrock. Gitarannya….haduhhh vintage banget. Tapi memang jauh lebih dominan hammond dan synth nya ketimbang gitar. Bass nya ngga tahan untuk ngga ngetukkin kaki. Iramanya variatip banget…dari hardrock, progresif, melodius, symponik, jazz, beat sampe psikadelik. Liriknya, khas Froberg, religius dan masa depan, suaranya jernih, mengalun ngalun melodius naik turun berulang ulang, berteriak dengan tidak melengking, seperti kalau kita teriak ngluarin kekesalan. Secara keseluruhan, cetak birunya sih jelas TFK bangetlah…tapi ini TFKnya Froberg tanpa Stolt. Beberapa yg paling sering diulang ulang didengerin adalah lagu the choosen ones, piece of the sky, the final hour, everyday (saya puter subuh sampe pagi) dan i wouldn’t change a thing (enak kalau lagi nyepeda). Masih banyak yg lain yang belum sempat didengerin karena terlalu terpukau dengan beberapa lagu tadi. Menurut saya, mungkin desolation road adalah extend dari album powerplay ini.

photo-11 R

Begitu cerita setruman huruf S pada saya…present tanpa S dan the flower king pake S.

Khalil Logomotif

8 Responses to “Pake S -Hasse Froberg Musical Companion”

  1. khalil logomotif Says:

    Wah terimakasih sudah dimuat tulisan saya mas Gatot

  2. andria Says:

    ini saya coba donlot pak Khalil, wl cuma nemu album Powerplay doang

Leave a Reply

