Mari Meneteskan Airmata bersama SAGERU ..

image

Salah satu kaset yang membuat jiwa saya bergetar ‘mak dhug!’ adalah sebuah kaset rekaman AR bertajuk Massada Live. Biyuh! Remuk redham hati ini begitu melihat kaset ini ternyata ada di dalam koper evakuasi yang kenarin saya boyong ke Jakarta dari Malang. Betapa tidak! Ya kaset inilah yang selama ini saya cari di lapak seken dimanapun namun selalu saja tak pernah menemukannya. Kojur tenan!

Lha kok ndilalah tanpa dikira tanpa dinyana kok ujug ujug mak gedhandhut saya melihat kaset ini lagi. Wakti saya pegang kaset ini tadi malam perasaan saya campur aduk antara sedih dan bahagia. Sedih karena kaset ini menjadi favorit putar saya ketika masih tinggal di rumah kontrakan di jl. Kubangsari 28,  Sekeloa , Bandung namun trus dihilangkan oleh seorang teman yang meninjam gara2 sering mendengar saya suka memutar kaset ini. Saya masih ingat sekali siapa yang pinjam dan kemudian setahun gak dikembalikan trus saya tagih. Eh …dia bilang katanya ketlisut. Cilaka! Akhirnya saya dibelikan kaset lain tapi bukan yang ini. Getun tenan.

Bahagia karena ini kaset sekarang ada di rak benda pusaka yang saya pelihara rapi. Duh …tak terlukiskan dengan kata2 betapa saya bahagia sekali mendapatkan kaset ini kembali. Setelah saya detox sesuai dengan The Herman Detoxing Methodology dengan manual rewinder maka saya setel kaset super nuansamatik ini. Jantung saya rasanya mau copot membayangkan kemungkinan terjadinya multiple musical orgasm menikmati musiknya dari sumber yang otentik: kaset .

image

Sayangnya pas saya setel paska detoxifikasi side B isinya jadi rekaman burung bersiul melulu sehingga teepaksa saya rewind kw side A. Semua lagu di side A ini pada dasarnya lagu2 keren beraliran disco-jazzy ala Osibisa. Namun ada satu lagu yang dulu selalu saya puter karena energik dan bebunyian perkusinya bagus banget. Dia adalah lagu kedua bertajuk SAGERU. Whooooaaaa …. tuobz tenan ini lagu! Semangat banget iramanya apalagi diawali dengan tereakan vokalisnya:

Sageruuuu …..!
(Dhuk dhuk dhuk thak thak dhuk …)

Mari ber rame rame minum sagerue…

Wuiks! Musiknya indah banget mengalir dari satu segmen ke segmen berikutnya diselingi solo gitar dan solo kibor yang menawan. Bener2 teringat masa kos2an di Bandung dulu: pagi hari nyetel lagu ini kenceng,  apalagi rekamannya jernih banget. Wis rasane koyok ndonya duweke dewe wae !

Dan ternyata setelah Sageru semua lagu2nya keren juga. Dulu gak nyimak karen kadung terpikat sama Sageru. Wis pokoknya saya meneteskan airmata malam ini …bukan lagu2nya sedih namun terharu kok bisa mendapatkan kembali kaset ini!

Bravo kaset jadul!

19 Responses to “Mari Meneteskan Airmata bersama SAGERU ..”

  1. andria Says:

    sepertinya saya dulu pernah lihat kaset ini pak gatot, tapi ya liat doang aja😀
    wah, blog ini benar2 bisa membuat senang, sedih dan kecewa di waktu yg sama

    • Gatot Widayanto Says:

      Iya mas …dulu kaset ini mblader … sayangnya perekam lain gak ada yang merekam.

      *Gatot Widayanto*

      *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

  2. gt Says:

    Lagu SAGERU,dari album Massada ” Astaganaga “…nuansa lagunya seperti lagu2nya El Chicano ya..

    • Gatot Widayanto Says:

      Betul mas GT: El Chicano, Mandrill, Santana, Osibisa, Tower of Power, Average White Band ,,,seperti itulah kira2 musiknya …. gak prog dan gak musni rock …namun yang penting ya NUANSAMATIK NGGEBLAKSONIK nya tu lho! Uwediyaaaannnn! Tak elus-elus tenan kaset iki pak ….. Haru saya …. Mbrebes mili pol!

      SAGERU jreng jreng jreng! SAGERU jreng jreng jreng!

      Wuiks ….!!!

      Selamat Jumatan rekan-rekan ….

      *Gatot Widayanto*

      *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

  3. andria Says:

    saya jd ingat teman dari yogya dulu yg sekarang berumah di Condet, dia nanya saya grup Mandrill (dia pengoleksi kaset kuno juga). itu grup pernah ada kaset full album tidak pak gatot?

    • Gatot Widayanto Says:

      MANDRILL itu favorit saya mas Andria … Yang jelas, di kaset yang dari Koper Ajaib, ada Mandrill nya. Kalau gak salah rekaman Nirwana atau BSR. Nanti saya cari. Maklum …banyak sih … ha ha ha ha (sambil ngejek cara ngomongnya ….karena haree genee punya kaset jadoel itu lebih gagah ketimbang punya CD limited edition yang mudah di “klik” di amazon …qiqiqiqiqiqi … dan saya merasa menjadi orang paling kaya di dunia karena punya harta karun ini …..he he he …)

      *Gatot Widayanto*

      *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

      • herman Says:

        Mas G saya senyum2 baca komen di atas…hehehe….jadi inget kaset Hanson baliknya Mandrill tapi lupa lagunga…hahahaha ….kebayang juga toko CD yang pada mau tutup ….terus nantinya koleksi lagu2 donlot dari “mbah” tinggal berupa data….jadi ya masih mending yang punya kaset jadoel iso disawang…hahahaha….

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Herman …

        Iya mas .. rasanya Hanson – Mandrill mas … Ntar saya ubek2 lagi. Soalnya gara2 ada koper ajaib 40 kg itu, beberapa buku terpaksa saya singkirkan agar barang pusaka tersebut dapat tempat bermartabat ..

        *Gatot Widayanto*

        *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

    • andria Says:

      sama kok pak gatot, rasanya dapat harta karun 3 biji aja gembira apalagi satu koper 40 kg(!) wl perburuan sekarang saya mmg tak seintensif dulu. besok sabtu mungkin saya tengok lagi kaset2 lama saya yg terlupakan.

  4. Endon Tok Says:

    Salam kenal Pak Gatot..
    saya baru sebulan ini membaca blog Pak Gatot yang isinya gila banget..karena saya adalah penikmat musik rock tahun 70 – 80 an..terutama musik prog..coba diulas group squakett Pak..karena disitu ada mbah chriss squire n steve hackett..trims sebelumnya Pak..salam satu jiwa prog..

    • Gatot Widayanto Says:

      Halo mas Endon! Salam kenal pak ..

      Wah ..jangan bergabung di blog ini pak .. ntar Indonesia kebanyakan warga gemblungnya pak … Lha wong jaman digital kok yang dibahas jadul …opo tumon??? Kapan Indonesia maju pak??? Ha ha ha ..

      Kalau SQUACKETT yang wajib bahas ya Mita Hapsari yang Hackett dan Howe banget atau mas Edi Apple Santoso … he he … Saya rasanya baru dengar sekali terus kok gak saya perhatiin lagi gara2 pekerjaan …

      *Gatot Widayanto*

      *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

      • Endon Tok Says:

        justru yang jadul itu yang asik pak..iso ngilangno stress…saya kenal prog waktu masih smp kelas 3 sekitar tahun 1982..pertama denger lagunya genesis burning rope itupun gara gara kakak sepupu saya tiap hari setel genesis..dan.keterusan sampai sekarang pak..HIDUP MUSIK JADUL..

      • gt Says:

        Group Squackett koq saya baru dengar ya….,kalau group SUKET ada,itu band nya Yockie Suryoprayogo.

      • Gatot Widayanto Says:

        Kolaborasi antara Chris Squire dengan Steve Hackett mas ..

        Kalau Suket …kolaborasi antara Supeno dan Kethek mas … ha ha ha …

        #indahnya bekerja dari rumah ….#

        *Gatot Widayanto*

        *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

      • khalil logomotif Says:

        Ditempat saya kongkow kapucino, smua temen temen dapat julukan yg dimulai dgn huruf G, ada yg genius, krn pinter bngt bhs inggris sb dulu besar di afsel, ada yg google, karena apa aja tau, ada yang gay, krn klingkingnya ngetril dan blum kawin kawin…nah saya, dijulukin gemblung….padahal drpd mrka semua, saya yg paling lurus dan normal.
        Bener, jangan epenting tu join disblog

  5. gt Says:

    Betul..betul Mas GW…SUKET kolaborasi anatara Supeno dan Kethek….hahahahaha ( orang seruangan kerja pada heran,sy ketawa sendiri )

  6. Gatot Widayanto Says:

    Eh ternyata ada di youtube … Aapa sih yang gak ada di yotube? Cuman sayang audio quality nya gak seperti rekaman AR yang mak nyus:

  7. Gatot Widayanto Says:

    Siang ini fully orgasm nonton youtube nya Sageru:

    Live video:

    Studio version:

    Versi studio pake gitar akustik dan audionya kerrrreeennn!! Coba ya! Juga pake FLUTE lho!

    WHOOOAAAAA ….nangis gero gero nggeblaksonic tenan …!!! Terharu …. Lha lagu riang gembira kok bisa terharu …opo tumon???

    Dansa:

    Latin dance:

  8. cosmic_eargasm Says:

    kok pikiran saya langsung ke MASADA nya JOHN ZORN ya..

Leave a Reply

