Underrated Bands from Super Seventies #8: ORANG-UTAN

By: cosmic_eargasm

Walaupun memakai nama yang berbau Indonesia, tapi Orang-Utan yang ini berasal dari Inggris dan terbentuk pada tahun 1970 oleh:
*Terry “Nobby” Clark: vocal
*Mike Clarke: guitar
*Sid Fairman: guitar
*Paul Roberts: bass
*Jeff Seopardie: drums

image

image

Nama band yang cukup unik ini digunakan setelah mereka membuat album yang dirilis pada tahun 1971 dan sebelumnya memakai nama “Hunter”. Album dengan judul yang sama dengan nama bandnya (self tittled) ini menawarkan suguhan “Psychedelic Acid Rock” yang cukup menjadi sub-genre yang termasuk banyak dibawakan oleh band pada era tersebut. Makin menarik dengan balutan Heavy/Hard maupun Blues Rock yang cukup kental dengan sound dan permainan yang mendekati kebanyakan band-band Amerika dan Inggris pada saat itu seperti: Vanilla Fudge, Cream, Jimi Hendrix Experience, Deep Purple, Led Zeppelin, Mountain bahkan Black Sabbath dan beberapa band underrated lainnya macam Leaf Hound ataupun Killing Floor yang merupakan band Blues-Rock akhir 60an nya Mick Clarke sebelum membentuk Orang-Utan ini. 8 lagu pada album dari “One-Shoot Band” ini sangat asyik dengan permainan dobel lead guitar yang sangat harmonis dari Clarke dan Fairman. Selain menonjolkan Hard dan Heavy Rock yang apik dengan Blues riffnya di nomor ‘I Can See Inside Your Head’, ‘Slipping Away’, ‘Chocolate Piano’ dan ‘Magic Playground’, juga ada ‘If You Leave’ yang cukup menginspirasi terbentuknya sub-genre “Stoner Rock” yang banyak dibawakan oleh band-band generasi setelahnya. Tidak lupa ada nomor manis ‘Love Queen’ yang asyik dengan permainan fuzztone yang vintage dan ‘Fly Me High’ yang didominasi petikan arpegio gitar bertempo slow. ‘Country Hike’ apik dengan style Blues-Rock dengan mid-tempo yang mengayun. Lagu-lagu menarik tersebut kebanyakan ditulis oleh sang drummer, Jeff Seopardie yang kelak bermain di Brian Auger Trinity, band Jazz Rock/Prog Isotope dan mengisi drum pada album Gary Boyle, rekan seperjuangannya di Isotope dan sempat juga memainkan perkusi di Brand X nya Phil Collins. Mike Clarke juga kelak membentuk Mike Clarke Band yang sempat menelorkan beberapa album. Konon, royalti dari penjualan album ini masih dibayarkan sampai sekarang oleh pihak label

Bagi penggemar vintage rock, album ini cukup familiar dan empuk sekali untuk dinikmati. Permainan Rocking Groove yang kompak dari ke 5 musisi sangat layak untuk diacungi jempol. Tarikan vokal Terry Clark yang sangat powerful dan berkarakter juga semakin membuat semua lagu menjadi bernyawa. Selain itu, artwork kovernya juga sangat menarik. Mungkin mereka mengira Orang-Utan sama artinya dengan King-Kong🙂

Pendeknya, album ini adalah salah satu Rare-Stuff yang amat layak untuk mengisi laci koleksi Anda.

Thanks Mas GW yang cukup nge-Rock juga..

::: Keep Rockin’ :::

3 Responses to “Underrated Bands from Super Seventies #8: ORANG-UTAN”

  1. Edi Apple Santoso Says:

    nama indonesia kelihatan menarik orang londo, beberapa band atau album dikasih nama : djam karet, rumah sakit, madura,bali agung, gudang garam dan masih ada yang lain …..
    postingan menarik mas cosmic, ulasan fred frith saya tunggu …

    • cosmic_eargasm Says:

      Iya Mas Edi.. Djam Karet band Symphonic Prog dari Amrik yg superkeren.. Gudang Garam band dg style Krautrock 70an yg asyik juga..

      Rumah Sakit, Madura, Bali Agung saya blm nyimak..

      Oya ada lagi band bule yg pakai nama Indonesia, Arjuna..

      Thanks MAs Edi.. Insya Allah sy mengulas tentang Fred Frith mas..

  2. cosmic_eargasm Says:

    Mas GW maturnuwun tret saya tentang salah satu band ‘nomer 2’ sudah terposting..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: