Balada Kaset Obralan

By: Andria Sonhedi

image

seiring dgn maraknya pembajakan melalui mp3 banyak toko kaset yang terkena imbas sehingga terpaksa menutup usaha. Sejujurnya toko kaset bagi saya bukan tempat utk membeli kaset/CD. Saya ke toko kaset cuma utk melihat produk baru yg saya doakan dibeli orang lalu dijual lagi ke lapak seken di pasar bringharjo yg kl memang cocok akan saya beli😀 maklum pas SMA sampai perguruan tinggi duit jajan saya terbatas shg demi dapat kaset yg lebih banyak saya memilih membeli seken.

makanya saya cukup sedih saat melihat banyak toko kaset tutup, biasanya dimulai dengan munculnya sisi khusus yang mendisplay kaset2 obralan. kl pertengahan 90-an di beberapa toko kaset di yogya memang menjual kaset2 yg cacat, entah case-nya pecah atau cuma tinggal 1 dan nggak ada yg beli. Kl yg ini beda, sebagian besar yg dipajang adalah kaset2 bermutu (utk mereka yg tahu) namun mmg sudah bukan jamannya. harga kasetnya bahkan lebih murah dari harga kaset seken, antara Rp 7.500 sampai 8.000. kesedihan orang adalah kebahagiaan saya, wl juga cuma sementara🙂

Banyak album yang oleh kritikus dipuji karena kualitasnya saat diobral tetap tak banyak yang beli. saya kira karena kebanyakan anak muda sekarang tidak banyak pengetahuan tentang musik barat dari berbagai aliran di masa lalu. sampai-sampai krn nggak tega ada karya besar yg diperlakukan seperti itu akhirnya kasetnya saya beli semua. berapa saya berikan teman yg seneng lainnya saya simpan saja.

Kl dikumpulkan mungkin saya sdh dapat satu kontainer besar kaset obralan. kebanyakan memang rock, instrumental (Steve vai, Joe satriani, Earl klugh dll), klasik, atau grup (Kansas, Queen, aerosmith, freak kitchen,dll) bahkan OST dan kompilasi. saya juga pernah dapatCD Discus seharga Rp 25.000 di sebuah toko kaset di Tegal yg sdh almarhum sekarang.

lucunya saya bahkan pernah hari jumat masih beli kaset obral seninnya ke sana lagi tokonya sdh tutup😀

–evil has no boundaries

22 Responses to “Balada Kaset Obralan”

  1. herman Says:

    Mas Andria, saya suka baca tulisan Mas Andria di atas….Mas Andria mengalami banyak keberuntungan, …yang pertama bisa melihat proses perubahan jaman kaset ke jaman digital ditandai dengan toko kaset megobral dagangannya …..saya pribadi gak sempet lihat bagaimana suasana toko mengobral kaset seperti itu……kemudian Mas Andria juga melihat bagaimana toko tersebut sampai akhirnya tutup, Jum’at masih buka senin sudah tidak buka lagi ( bangkrut )…terus Mas Andria sempat merasakan bagaimana rasanya membeli kaset kaset yang diobral dengan harga relatif murah dilihat dari kualitas musiknya…..
    ada kalimat yang menyentuh: kesedihan orang adalah kebahagiaan saya…….karena saya juga suka beli kaset loakan maka sempet berpikir juga, mudah2 an kaset yang saya beli bukan karena yang punya keadaan kepepet …….pengalaman Mas Andria tuobz Mas….jadi pengen baca pengalamannya yang lain….hahaha…..kalau sudah nggak capek nulis lagi ya Mas…..

    • Gatot Widayanto Says:

      Setuju dengan mas Herman .. Pengalaman mas Andria menyentuh hati … Kesediham orang adalah kebahagiaan saya ….

      *Gatot Widayanto*

      *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

  2. Yoshi Says:

    josss tenan🙂

    • Gatot Widayanto Says:

      Om Yoshi …ditunggu tulisannya … Biar tambah joss gandhoss

      *Gatot Widayanto*

      *”Don’t manage – lead change before you have to.* *” Jack Welch*

      • Yoshi Says:

        Sampeyan kok bisa baca pikiranku ya om. Aku baru mikir mau nulis di sini.

        Aku mungkin mau cerita beli kaset loak di daerah boldi malang. Atau pasar topi bogor.

        Sik, tak mikir disik om.

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Yoshi …. Sudah menjadi tradisi di blog gemblung ini ada saling setrum …. Meski tak nyata tapi terasa ….

        Ditunggu kisah Malang nya … Juga Bogornya. .. Hanya blog gemblung yang membahas barang loak …. Loak yo bn! Sing penting halal lan thoyiban ….! Yo pow ra jal?

        Jozzzzz….!!!

        Gatot Widayanto

        “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  3. andria Says:

    trims mas herman😀 saya sekarang sedih karena obralan sdh tak ada lagi

    @sdr. Yoshi : saya nemu kaset Janis Joplin keluaran baru sampai 2 di obral itu (utk kaset yg sama) kok tega2nya orang njual murah kaset JJ😀

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Andria

      Artinya, “ketegaan orang adalah kebahagiaanku” ….wakakakak …

      Yang sedih bila ada kolektor yang tega ngejual murah namun pedagang sering nginceng blog gemblung ini sehingga kaset tersebut dijual 3 atau 4 kali lipat harganya…. Huopo tumoooon????

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  4. andria Says:

    @pak gatot: trims dimuat lagi dgn cepat. penggemar Kansas pasti juga muangkel ada kaset best kansas mulus cuma dijual Rp 7.500

  5. herman Says:

    Mas Andria,…biar kaset obralan sudah nggak ada tapi loakan kan masih banyak ….dan sepertinya masih banyak kaset tersimpan di rumah2 dan kurang termanfaatkan….kita doakan mudah2an segera diloakkan….hahaha…..do’anya wong loakan……

  6. HERWINTO Says:

    Ha ha ha wah saya baca ini jadi mrebes mili soalnya dulu saya dan bro Noviar termasuk kelompok orang yang sedih, sebab kalau pas giliran bayar spp kuliah mesti melego kaset dulu..ha ha ha…..maklum anak anak yatim ha ha ha….

  7. andria Says:

    😀 jangan2 banyak kaset atau cd dari para pembaca ini yg sekarang jadi koleksi saya. saya paling sayang kl ngelego kaset, pemilik lapak nawar harganya mbuat sakit hati😀

  8. cosmic_eargasm Says:

    Wah analogi Mas Andria memang tepat sekali senang sekaligus sedih jg.
    Senang karena dpt harga murah, sedih karena tokonya mau tutup, sehingga tdk ada simbiosis mutualisme lg yg berakhir di “Toko Loakan”.
    Saat toko kaset legendaris Jogja Kotamas mau tutup dulu, sayang sy telat dan tdk kebagian yg bgs2..

    Seingat sy, dl sempat dpt obralan yg lumayan bgs ada: Tiles (band heavy prog era baru), Stanley Clarke, T.J. Kirk (jazz rock modern), Camel – on the Road 1972 dan 1982, Stevie Salas (gitaris), Steve Lukather – Candy Man dll lupa.

  9. andria Says:

    saya tahu Kotamas tutup saat ngantor di Pekalongan. teman saya, alm. Ferry yg jualan kaset bekas di alun-alun Pekalongan, cerita kl temannya dapat kaset bagus2 saat obralan. saya ke kota Mas sdh berubah jadi toko lain 😀 tapi saya dapat beberapa kaset yg konon dari KotaMas di toko popeye jl mataram. kl tak salah Dream Theater yg Train of Thought yg dijual hanya Rp 16.000. saya sebenarnya sdh punya tapi ya itu tadi, dalam rangka menghormati jasa para pahlawan prog metal akhirnya 3 kaset segelan tadi saya borong semua. 😀

  10. herman Says:

    Kotamas yang disebelah SinarMas ya? ….saya sudah agak lupa…

  11. andria Says:

    pak Herman, saya lupa sebelahnya toko apa. yg jelas seberang hotel Natour Garuda. saya ingat soalnya kl parkir motor pasti di situ

  12. andria Says:

    saya kok jadi kepingin besok sabtu/minggu ini nengok lapak kaset seken di pasar magetan🙂 yg jual cuma satu tapi kadang2 ada koleksi2 lama yg saya blm punya & harga cuma 12 ribuan

    • Gatot Widayanto Says:

      Jangan2 di lapak seken Magetan ada kaset koleksi saya tuh mas ….wakakakak …. Magetan kan Madiun juga. …

      Gatot Widayanto

      “Don’t manage – lead change before you have to.” Jack Welch

  13. Pujianto Says:

    Baru saja saya kontek toko kaset cd music plus untuk menanyakan album-album terbaru baik Indonesia maupun Barat, karena musik plus adalah tempat yang saya kira pass untuk selera saya progRock. Dan saya sedih mendengar bahwa beberapa outletnya akan tutup. Music Plus Blok M akan tutup akhir tahun ini, Music plus setiabudi bahkan sudah tutup sebulan yang lalu, dan aqurius Mahakam juga katanya akan segera tutup di akhir bulan ini…semua tergerus karena era digital. Sampai – sampai sekaliber besar sekalipun Aquarius akan tumbang…..s e d i h mendengarnya.

Leave a Reply

