Musik Yes di Ambang Senja (3 of 10)

By: Herwinto

Magnification……Indahnya Simfoni di Kala Uzur

image

Gara gara komen mas Rizki cerita tentang lagu Yes We Agree saya jadi terpancing menulis tret ini. Mungkin inilah album Yes yang terbaik setelah Drama, yaitu kurun 1981-2011 (setidaknya menurut saya lho). Setelah Billy dan Igor keluar pasca The Ladder, Yes tidak berusaha mencari pemain keyboard lagi, Yes kembali ke masa 30 tahun silam ketika merilis Time And A Word yakni memasukkan unsur orkestra sebagai pengganti keyboard. Jika band band lain menggunakan orkestra untuk memainkan nomor nomor lama dalam konser atau album daur ulang maka Yes memang menyiapkan nomor nomor baru yang memang dirancang untuk dikemas dalam balutan simfoni orkestra, sesuatu yang jarang dilakukan kebanyakan band selain The Beatles sebagai pelopor. Sungguh sebuah langkah dan pilihan yang tepat ketika Yes memasuki usia uzur dengan pilihan kreasi bermusiknya. Terdapat lagu yang sangat indah yang berupa epic cukup panjang yaitu Dreamtime yang sangat pas dengan ciri khas progresif ala Yes dalam sentuhan orkestra, Dreamtime mengalir dengan indah dalam balutan simfoni orkestra yang megah dan rancak, bagi saya lebih suka Dreamtime daripada epic Fly From Here yang aslinya bikinan The Bugles, ada juga lagu keren We Agree yang sangat menawan. Memang lagu lagu di album ini enak semua, dan kaya bunyi bunyian akustik, utamanya gitar akustik Steve Howe yang berdenting indah dan lincah di setiap lagu, terasa benar nuansa Bob Dylan di album ini. Album ini menyajikan dua lagu epic yakni Dreamtime dan In The Presence Of, ada lagu yang berjudul Can You Imagine dengan vokal Squire yang sebenarnya dibuat ketika Yes bubar di tahun 1980 pasca Drama, judul aslinya Believe It dibuat untuk band XYZ (eks Yes dan Led Zepplin) yang terdiri dari Squire,White dan Page, inilah untuk kedua kalinya lagu XYZ dipakai di Yes setelah sebelumnya Mind Drive dari KTA. Tracklist lengkapnya adalah

1. Magnification
2. Spirit of Survival
3. Dont Go
4. Give Love Each Day
5. Can You Imagine
6. We Agree
7. Soft As A Dove
8. Dreamtime
9. In The Presence Of
10. Time Is Time

Sepertinya tak ada lagu yang bisa dibilang jelek di album ini, semua begitu indah dalam orkes simfoni yang lembut namun gagah membahana, bagi yang suka petikan gitar akustik Howe sangat dipuaskan dengan album ini. Soft as a Dove dan Time is Time juga enak buat santai sambil nyruput kopi dan makan pisang goreng, apalagi sambil duduk menikmati hujan di beranda rumah….oohhhh…….

5 Responses to “Musik Yes di Ambang Senja (3 of 10)”

  1. HERWINTO Says:

    Trimakasih mas G, sekarang saya dah longgar banget, Insya Allah akan rajin menulis lagi buat blog gemblung tercinta ini….salam buat semuanya…

  2. hippienov Says:

    Matursuwun tret magnification nya mas, ini suatu pencerahan buatku karena jujur ak akui blm pernah denger satupun lagu dr album ini,punya cd/mp3 nya pun blm,ha3..
    Tuobz mas

  3. hippienov Says:

    Walah kok jd mau dikirimi cd sm mas Herwinto.. matursuwun loh mas u/ kebaikan hatinya..dadi ‘ra penak ak..

  4. cosmic_eargasm Says:

    Mantap CD nya Mas Herwinto.. terusterang saya cuma sekilas nunut dengar album ini dulu di temen yg sdh order cd nya.. jadi ya lupa.. tp kelihatannya saya copy dulu seingat saya, nanti sy carinya lg copyannya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: