David Lee Roth “Eat ‘Em and Smile” by Hins Collections Rock Shots

by: cosmic_eargasm

image

Album yang sangat sukses ini merupakan tonggak sejarah salah satu awal karir dari Steve Vai dan Billy Sheehan yang belakangan sangat populer di dunia musik. Setelah sebelumnya membuat mini album yang berisikan 4 lagu kover dari musisi/band lawas, David Lee Roth segera gerak cepat untuk membuat full-length album dan menggamit 3 musisi yang pada waktu itu belum cukup punya nama. Seperti yang kita tahu, Steve Vai adalah salah satu gitaris lulusan ‘Zappa-School’ yang kemudian bergabung dengan Alcatrazz menggantikan posisi Yngwie J. Malmsteen yang hengkang untuk membuat solo album. Sedangkan Billy Sheehan pun sebelumnya punya band rock yang kurang dikenal, Talas. Sementara itu, Greg Bissonette adalah pemain drums sessions untuk beberapa musisi.

##DAVID LEE ROTH Eat Em N Smile (inlay)##

David Lee Roth memang sangat cerdas mengajak ke 3 musisi tersebut untuk mendukungnya dalam pembuatan album yang membuktikan pada dunia bahwa Lee Roth juga bisa terus eksis tanpa Van Halen dan memang sungguh terbukti dengan suksesnya penjualan album debutnya ini. Seperti Ozzy Osbourne, Lee Roth sangat jeli dalam memilih musisi yang diajaknya. Bahkan banyak yang menganggap Lee Roth mengajak Vai untuk menyaingi permainan Eddie Van Halen yang memang paling berpengaruh dalam dunia rock era itu. Vai pun sangat bisa menunjukkan kedahsyatan permainan gitarnya dengan style yang baru dan lain di album ini, terutama pada lagu “Yankee Rose” yang menonjolkan permainan efek ‘Whammy Pedal’ yang menimbulkan sound seperti orang yang sedang berbicara saja. Pada tahun 1986, saat album ini dirilis, memang penggunaan ‘Whammy Pedal’ belum banyak dikenal dan membuat orang terheran-heran dengan suara yang dihasilkannya, termasuk saya juga sebagai penikmat musik. “Shy Boy” yang ditulis oleh Sheehan penuh dengan energi rock yang dibawakan full up-beat. Kelak lagu ini dibawakan oleh Sheehan bersama Mr.Big, band yang cukup melambungkan namanya tersebut. “Going Crazy” terasa riff-riff rock nya. Dan secara kebetulan, lagu ini juga mengingatkan pada lagu “Semut Hitam” nya God Bless yang sangat persis mulai dari intro sampai melodi vokalnya. Tidak lupa, ada 3 lagu lawas yang diaransemen lagi dengan semangat rock. “Tobacco Road”, “That’s Life” dan “I’m Easy” yang terasa lebih modern. “Elephant Gun” juga terasa asyik dengan permainan Vai. Lagu-lagu lain juga tidak kalah keren dengan permainan Sheehan yang sudah sangat bagus sekali yang kelak menonjol saat di Mr.Big maupun band Jazz Prog Niacin dan pukulan drums Matt yang cukup menonjol juga sehingga membuat album ini begitu sangat laris. Kelak Matt pun banyak dikenal dengan merilis video lesson permainan drums yang menarik dan tetap menjadi session drummer yang banyak dipakai musisi/band kenamaan. Selain rock, Matt juga piawai dalam memainkan jazz.Sementara itu, Vai belakangan sempat bergabung dengan Whitesnake sejenak untuk kemudian fokus dengan solo albumnya yang semakin membuat namanya terkenal sebagai salah satu gitaris virtuoso abad ini.

Salah satu keunggulan kaset jaman normal terletak pada tambahan lagu di side B nya. Dan tidak tanggung-tanggung tambahan lagu di album ini ada 2 yaitu lagu-lagu dari Van Halen dan mini album David Lee Roth yang membuat saya dulu tidak perlu membeli kasetnya. Dan asyiknya lagi, lagu tambahan di kaset ini lebih banyak dari pada lagu pada album yang dirilis, membuat kaset ini menjadi begitu lebih istimewa.

Thanks Mas GW yang budiman..

::: Keep Rockin’ :::

26 Responses to “David Lee Roth “Eat ‘Em and Smile” by Hins Collections Rock Shots”

  1. cosmic_eargasm Says:

    Thanks lagi Mas GW, tulisan saya sudah
    tayang menyeruak waktu Mas GW yg lagi padat..

    Sekedar info, Alcatrazz yg divokali oleh Graham Bonnet, eks The Marbles, band pop 70 an ini beberapa personilnya pernah tergabung di band rock New England, yg salah satu lagu nuansamatiknya ada di kaset Heavy Slow 8 nya Yess.

    ::: Vive Le Rock! ::;

  2. cosmic_eargasm Says:

    Sayang sekali formasi ini bertahan cuma dua album saja. “Eat ‘Em and Smile” ini dan “Skyscraper”. Tapi memang benar seperti yg pernah dikatakan Mas Rizki, bahwa seorang musisi hrs lebih maju ke depan. Terbukti Sheehan besar dgn Mr.Big kemudian Niacin. Vai terkenal dgn solo albumnya, yg walaupun sblm ikut David Lee Roth sempat merilis solo album “Flex-Able” yg style nya Zappa sekali yg wkt itu kurang mendpt respon.

    Konon Lee Roth membuat album ini utk mengolok-olok Van Halen dgn menganalogikan ‘eat them and smile’ dgn rasa puas. Belakangan Van Halen pun membalas dgn merilis “OU812” yg berarti ‘Oohh, You eat one too?’ yg cukup mendulang sukses besar jg wkt itu bersama Sammy Hagar sbg vokal utamanya.
    Pada era tragedi Bob Geldof, sy sempat memiliki album ini versi rekaman Alpine, yg belakangan muncul jg kaset lisensi awalnya yg kotak chasing nya masih warna biru.
    Ada2 saja ya ulah para rocker pesohor ini? Belakangan, Lee Roth jg gabung lg

    • Rizki Says:

      Mas Cosmic, tks atas info yg menarik ttg ulah DLR dan VH.

      Ttg Graham Bonnet, sy jadi teringat video Top Pop jaman dulu ketika dia menyanyikan lagu hitnya Night Games.

      • cosmic_eargasm Says:

        sama2 MAs Rizki..😉

        saya blm pernah lihat video Bonnrt yg itu.. yg saya pernah lihat pas sama Alcatrazz “God Blessed Video” yg waktu itu ngrental video betamax nya..😉

        Solo Bonnnet saya jg nggak ngikuti.. tapi lagu “I’m A Lover” asyik juga.. tahunya dari kaset Heavy Slow 11 nya Yess.

  3. gt Says:

    Memang terasa banget nuansa lagu Going Grazy pada lagu Semut Hitam nya GB.

  4. Noor Qodri Says:

    Di album berikutnya, Lee Roth menggamit Jason Becker. Hebat dia ini bisa dapet gitaris-gitaris keren.

    • cosmic_eargasm Says:

      Iya MAs Qodri, “Little Ain’t Enough” yg kovernya gambar setan itu ya..🙂 kover inlay nya lucu ada orang masuuk di mulut ikan hiu gede.. hehehe..

      DLR ini seperti Ozzy jg, jeli memilih gitaris utk diajal kerjasama.. kalo DLR dpt VAi dan Becker, maka Ozzy dapat Randy Rhoads (sayang mati muda), Jake E.Lee (belakangan membentuk Badlands, band hard rock keren dan album solo jg), Zakk Wylde (yg belakangan ngetop dgn Black Label Society nya) dll yg lain luoa..

  5. apec Says:

    Aku kalo lihat graham bonnet kuwi kok rasanya ada anomali, unik..lha rocker tapi kalo manggung sering bersetelan rapi jali..Awal 2000 an dia buat proyek bernama Anthem

    • cosmic_eargasm Says:

      heheheh.. iya MAs Apec, mungkin Bonnet terbawa penampilannya pas di The Marbles dulu yg ngepop itu..

      saya belum pernah tahu Anthem itu MAs.. yg saya tahu sebelum di Alcatrazz, Bonnet sempat bikin beberapa solo album dan mampir sejenak di RAinbow.. kemudian MSG..

      • cosmic_eargasm Says:

        Oiya,, Bonnet sempat juga gabung di Impellitteri, band bentukan Chris Impellitteri, salah satu gitaris neo-classical,,

        Keren ya,, tua2 keladi juga ini orang.. hehehe

  6. hippienov Says:

    Lagu solo Lee Roth yg paling aku kenal cuma satu, california girls punyanya The Beach Boys..
    Dari album Lee Roth yg mana itu ya mas Cosmic?ak gak ngikutin karir Lee Roth setelah cabut dari Van Halen.
    O ya request mas, sekalian dibahas juga album “baru” Van Halen yg reuni dgn Lee Roth buat pencerahan😀
    Suwun mas

    • cosmic_eargasm Says:

      california girls dari mini album debut DLR yg “Crazy From The Heat”. cuma 4 lagu dan ada ditambahkan di album ini mAs..
      Kalo tdk salah MAs Kris atau siapa gitu pernah memposting album “Crazy From The Heat” ini, tp lupa di tret apa?

      wah.. saya belum dengar VH yg terbaru MAs.. cuma baca info kalo yg main bass Wolfgang Van Halen menggantikan Michael Anthony..
      nggak tau juga skrng musiknya VH seperti apa? yg VH 3 yg vokalnya GAry Cherone nya Extreme menurut saya kurang sip MAs..

  7. cosmic_eargasm Says:

    Salah satu album DLR yang era sekarang ada yang dirilis oleh Magna Carta Recs, salah satu label rekaman yang merilis album2 dari band Prog Rock, kbnykn band era baru. Kalo tdk salah yg album “Diamond Dave”. Tetapi sy blm pernah dengar mumsiknya seperti apa?

    ::: Vive Le Rock! :::

  8. hippienov Says:

    Aku malah taunya diamond dogs nya Bowie mas,he3..
    Album VH III kurang greget mas,mungkin terbiasa denger suara Lee Roth dan Hagar yang rock power tiba2 ganti ke vokalis extreme yg kurang asik,malah nge-funk kayaknya.

    • cosmic_eargasm Says:

      hahahaha.. “Diamond Dogs” nya David Bowie kelihatannya masih lanjutan album “Aladin Sane” dan “The Rise and Fall of Ziggy Stardust and The Spider from Mars” kalo tdk salah.

    • cosmic_eargasm Says:

      Bicara Bowie, termasuk musisi yg msh eksis sampai skrng ya Mas, tp sy jg nggak ngikuti album2nya. Kaset
      nya yg rare-items yg seri Team kover warna merah itu. Nggak paham jg
      berakhir di nomor ke brp?

  9. bunga Says:

    Dulu bunga ngefans banget sama david lee roth melalui majalah HAI, tapi album kasetnya mahal, xixixi

    • cosmic_eargasm Says:

      Mb/Mas Bunga, DLR dan VH dulu sepertinya termsk agak sering dibahas di majalah Hai. Sy dulu jg kalo beli kaset musti nabung dulu, seringnya jg hunting bekas kok.. Lumayan kan, bs dpt lbh bnyk hehehe..

  10. anton Says:

    selamat siang buat masbro yang ada di sini, saya senang menyimak perbincangan soal DLR, sedikit menyambung, selain Steve Vai dan Jason Becker, gitaris hebat lain yang pernah direkrut DLR adalah John William Lowery alias John 5. dia main di album DLR band. ganti nama John 5 setelah bergabung di Marilyn Manson, sekarang main sama Rob Zombie. Kayaknya Marilyn Manson ngak bisa dibahas di sini ya hehe

    • cosmic_eargasm Says:

      Halo ams Anton .. selama bertemu lagi.. wah sayamalah tdk tau kalo DLR pernah pakai John 5.. di album apa ya mas\?

      boleh ko membahas MaryliMAnson yg industrial dan terkenal dgn Anti_christ Superstar” nya iu. bukan begitu MAs GW?

      oya, John 5 ini saya pernah tau kalo punya solo album, tp blm dengar musiknya

      Thanks MAs Anton

      • anton Says:

        john 5 main di album DLR Band yang keluar tahun 1998. john 5 ini ngefans banget sama DLR, nah pas DLR dipecat untuk kedua kalinya dari Van Halen dan diganti Gary Cherone, john 5 kirim email ke manajemen DLR nanya kabarnya. Dia juga mengirimkan contoh lagu yang lagi dibuatnya. Ngak taunya DLR tertarik dan nawarin rekaman bareng. jadilah album DLR Band.

      • cosmic_eargasm Says:

        oh gitunya mas…
        thanks infonya mas Anton

        seprtinya album solo john 5 inin layak
        utk disimak

    • cosmic_eargasm Says:

      Bicara Rob Zombie jd ingat band awalnya dulu.. White Zobie yg kasetnya lumayan larismanis..
      pemain bass nya seingat6 cewek, Sean Ysseult kalo tdk salah ya mAs Anton..

      oya bbrp hari yll saya liat album solonya John 5, ternyata sudah lumayan banyak.. ketinggalan banget nih mAs.. blm pernah dengar saa sekali saya..

  11. andria Says:

    saya pernah baca wawancara Graham Bonnet, dia mmg memilih rambut pendek sejak di Rainbow. saya lupa kenapa yg jelas musisi di sekelilingnya gondrong semua. seandainya suaranya jelek pasti rambutnya sdh digunduli sekalian😀
    setahu saya Anthem sdh ada sejak jaman kaset bajakan resmi dulu, proyeknya orang Jepang. Graham cuma jadi penyanyi tdk tetapnya

    John Lowery aka John 5 setelah dgn DLR sempat kerja bareng Rob “the Metal gods” Halford di era rock alternative. nama proyeknya TWO. di youtube ada videonya, kl tdk salah judulnya Pigs.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: