Underrated Bands from Super Seventies #4: TONTON MACOUTE

By: Cosmic Eargasm

Dulu, pas pertama kali liat kaset ini, perkiraan saya dan teman-teman sesama penggila kaset Yess waktu itu adalah album dari seorang musisi. Pada saat itu juga, saya juga belum begitu ngeh dengan style musiknya, malah yang lebih sering saya putar adalah side B. Setelah mendapatkan 2 buah kaset Supersister rekaman Gold Mount, saya baru bisa menikmati musik Tonton Macoute ini yang belakangan setelah internet mulai mewabah saya baru ngeh juga kalau ini adalah nama band prog/jazz rock yang diadaptasi dari sekumpulan kelompok militer yang diperlukan untuk mengawal seorang diktator dari Haiti, Francois ‘Papa Doc’ Duvalier pada tahun 1959. Band ‘underrated’ sekaligus ‘one-shoot band’ yang berasal dari Inggris ini digawangi oleh:
*Paul French: keyboard & vocal
*Dave Knowles: wind instrument & vocal
*Chris Gavin: bass & some guitar
*Nigel Reveler: drums

image

YESS - TONTON MACOUTE inlay##

Kuartet ini memainkan musik vintage prog rock dengan sentuhan jazz yang menonjol dan improvisasi melodi yang panjang dari permainan keyboard, flute maupun saxophone yang terdengar di setiap lagu. Nomor yang paling istimewa ada di “Natural High” dengan mengedepankan permainan solo piano dan diimprove dengan menambahkan lagu klasik gaya Barok. Selain itu ada “Just Like A Stone” dan nomor instrumental “Flying South in Winter” yang menarik dengan balutan unsur prog yang cukup kental. Gaya psychedelic dengan permainan solo saxophone yang cukup panjang ada di “Don’t Make Me Cry”. Tempo psychedelic slow ada di awal “Dreams” yang makin psychedelic dengan permainan gitar di akhir lagu. Perpaduan permainan piano dan saxophone membuat “You Make My Jelly Roll” makin terasa groovy. Yang istimewa ada Ashton, Gardner & Dyke di side B, ‘Power Trio’ ini memainkan vintage prog rock yang di mix dengan unsur R&B, Vintage Jazz Rock dan Blues-Rock yang diramu oleh permainan hammond organ yang dahsyat dan tarikan vokal Tony Ashton yang khas ditambah dengan betotan bass yang mantap dari Kim Gardner, serta pukulan drums yang menawan dari Roy Dyke. Dibantu oleh Mick Liber yang memainkan gitar di debut album ini. Belakangan, setelah band ini bubar, Tony Ashton sempat membantu Jon Lord di album “Gemini Suite”, proyek Wizard Convention dan proyek dahsyat Paice, Ashton & Lord serta proyek Phenomena di tahun 1985 an. Sementara itu, Dyke dan Gardner tergabung dengan band prog, Badger. Nomor favorit saya di album yang dirilis pada tahun 1969 ini ada “The Falling Song”, “Maiden Voyage” dan “Why Did You Go?”. Sayang sekali, nomor keren “As it Was in The First Place” tidak dicantumkan di kaset ini.

Memang, Pak Ian Arliandy sangat jitu dalam memilih band untuk dirilis dalam kaset Yess yang banyak membuka wawasan. Thanks Pak Ian.. Thanks juga buat Mas GW yang pastinya masih menyimpan kaset ini..

4 Responses to “Underrated Bands from Super Seventies #4: TONTON MACOUTE”

  1. cosmic_eargasm Says:

    Mas GW, thanks lagi, tulisan saya yg ke 2 sudah terposting jg dgn lancar..

    Ini adalah kaset Tonton Macoute ke 3 saya. Seingat sy, yg pertama saya barter (karena waktu itu blm ngeh musiknya dan blm suka)lupa dgn apa. Yg ke 2 ikut diborong sahabat saya dulu bersama dgn semua kaset andalan saya. Yg ke 3 ini saya eman2, walaupun mungkin tidak terlalu sulit utk mendapatkan kaset ini..

    Ashton, Gardner & Dyke awal tahu dulu dari kaset kompilasi “Special Slow 1” nya Yess #006, nomor urut kaset Yess yg ‘cantik’🙂

    ::: Salam Djadoel :::

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Cosmic

      Maaf fotonya yg satu kok sulit di download. Nyusul kalau sdh ada laptop. Hari ini saya gak pegang laptop sama sekali …

  2. cosmic_eargasm Says:

    Its OK kok Mas GW..
    Oh, sy kira sdh pegang laptop.

    Sy tadi sempat pinjam laptopnya keponakan, tapi pas buka youtube, bufferingnya lama dan error, jadi belum bisa menikmati GENETICS nih Mas😦 padahal sudah ngiler bgt pingin liat. Bsk sy coba lg deh.

    Thanks!

    (((PlayNow>ASHTON, GARDNER & DYKE_As it Was in The First Place)))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: