The Incredible Tech/Extreme Progressive Metal #2: SPIRAL ARCHITECT

By: cosmic_eargasm

Masih dengan band yang menonjolkan permainan tingkat tinggi yang sering disebut dengan ‘Technical’, saya ingin share tentang ‘One-Shoot Band’ ultra dahsyat setelah Spastic Ink. Thanks buat Mas Yuddi telah mengingatkan saya tentang Spiral Architect, salah satu judul lagu dari Black Sabbath yang diambil dari album “Sabbath Bloody Sabbath” yang diadaptasi menjadi nama band dari Norwegia ini. Band ini digawangi oleh:
*Oyvind Haegeland: lead & backing vocal, keyboard
*Steinar Gundersen: lead, rhytm & accoustic guitar
*Kaj Gornitzka: rhytm guitar
*Lars K. Norberg: bass, programming
*Asgeir Mickelson: drums

image

SPIRAL ARCHITECT (back cover)##

Band ini memainkan style Technical Progressive Metal mirip dengan Spastic Ink yang full akrobatik dengan menggabungkan style Technical Jazz/Fusion Metal, Thrash Metal, Tradisional ProgMet, bahkan pattern dari Black Metal dan Hard Rock yang yang sangat kompleks bin ‘keriting’ sekali terasa di setiap komposisi dan aransemen pada lagu-lagunya. Style melodic vocal Haegeland yang pernah memperkuat band Technical ProgMet, ARCTURUS ini mengingatkan pada LEMUR VOICE, band ProgMet tradisional yang apik dari Belanda.

Semua lagu didominasi dengan permainan yang sangat rumit dan kompleks. Ada pengaruh disonan nya Zappa pada permainan melodi gitar di lagu “Excessit”. Permainan bass kebanyakan mengikuti riff gitar yang ekstra cepat, tapi sering juga keluar dari tema lagu dan bertindak sebagai lead/melodi yang terdapat di “Insect” dan “Adaptability” yang canggih dan cerdas. Kontribusi permainan stick dari Sean Malone ada di “Occam’s Razor” sebuah nomor instrumental dengan durasi pendek yang ambient dengan MIDI Programming yang dimainkan oleh Andreas Moxnes selaku musisi tamu, sama dengan Malone yang dahsyat juga. Beruntung, masih ada 1 lagu bonus track yang tidak terdapat di cd yang tidak terdapat pada perilisan label Sensory diluar Jepang yang tidak menyertakan “Prelude to Ruin”, lagu yang aslinya milik Fates Warning tersebut diaransemen ulang dengan nuansa lain yang lebih apik. Sentuhan pattern Black Metal terasa di intro pada permainan drums Mickelson yang pernah memperkuat band Black Metal, BORKNAGAR. Selain itu, lagu penutup ini juga sangat cantik dengan permainan gitar akustik. Nomor yang cukup manis dengan slow/mid tempo juga ada di “Cloud Constructor” yang terdiri dari 3 bagian: “x – Cloud Unknowing” “y – Being and Nothingness” “z – Shuffled”.

Penggemar Cynic, Gordian Knot, Spastic Ink, Blotted Science, Behold… The Arctopus sangat direkomendasikan sekali untuk menyimak album ini. Dan tidak menutup kemungkinan bagi penggemar musik Prog yang ingin mendengarkan dahsyatnya style dari sub-genre, baru dari musik Prog juga.

Thanks Mas GW yang selalu ‘Open-minded’.

::: Grab The Prog without Borders :::

One Response to “The Incredible Tech/Extreme Progressive Metal #2: SPIRAL ARCHITECT”

  1. cosmic_eargasm Says:

    Mega thanks Mas GW, sharing saya yg ke 3 di weekend ini juga sudah terposting.

    Untuk perilisan cd album satu2nya dari Spiral Architect yg diluar Jepang, background kover nya berwarna biru, dgn disain yg sama persis, cuma beda warna saja.

    Thanks!

    (((PlayNow>FRANK ZAPPA_In-A-Da-Ga-Da Stravinsy)))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: