Frank Zappa “Orchestral Favorites”

By: cosmic_eargasm

Pembicaraan dan diskusi tentang musik Klasik beberapa saat yang lalu ternyata memicu Mas Hendrik untuk menulis thread tentang salah satu komposer Klasik juga. Seakan tidak mau ketinggalan, saya pun ikut share tentang musik Klasik, tapi kali ini sebuah album karya dari sang maestro Avant-Prog, Frank Zappa.

image

image

Album yang aslinya dirilis tahun 1979 ini adalah salah satu karyanya yang bersifat ‘Contemporary Classical’ atau ‘Modern Classical’ yang bisa disejajarkan dengan karya komposer era ‘Modern’, bahkan ‘Avant-Garde’, macam George Gershwin, Igor Stravinsky, bahkan Edgar Varese yang menjadi salah satu komposer yang banyak mempengaruhi Zappa. Album yang diremastered oleh Zappa dan dirilis pada tahun 1995 oleh Rykodisc ini didukung oleh:
*Frank Zappa: guitar
*Dave Parlato: bass
*Terry Bozio: drums
*Emil Richards: percussions dan diback-up oleh The Abnuceals Emuukha Electric Orchestra yang di komandani oleh Michael Zearott sebagai konduktornya.

Album yang di Royce Hall, Los Angeles Amrik pada September 1975 ini berisikan 5 komposisi dan aransemen musik Klasik yang apik bestruktur kuat dan kompleks dan pastinya ada nada-nada disonan khas ala Zappa yang menjadi ciri khasnya. “Strictly Genteel (segue)”(07:03) cukup catchy dengan intro piano yang manis dari Mike Lang. Nomor ini adalah penggalan lanjutan komposisi dengan judul yang sama pada bagian finale yang terdapat di album “200 Motels”. Semakin apik dengan permainan lead harmonica yang lumayan panjang oleh Tommy Morgan, tidak lupa ada bagian disonan dibeberapa part lagu. “Pedro’s Dowry(segue)”(07:41) didominasi oleh nada-nada disonan yang sangat keren sekali dengan balutan orkestra yang kaya dan pukulan xylophone yang khas dan terasa ramai oleh berbagai permainan pernik-pernik perkusi Emil Richards. “Naval Aviation in Art(segue)”(01:22) merupakan komposisi lanjutan pada penggalan lagu (segue) dengan judul yang sama dari album “London Symphony Orchestra Vol.1” yang durasinya paling pendek di album ini. “Duke of Prunes”(04:20) diambil dari album “Absolutely Free” yang dikemas ulang dengan aransemen full orkestra. Makin menawan dengan melodi gitar Zappa yang panjang dan penuh dengan feedback tone asyik yang dihasilkan dari efek dan permainan handle gitar yang khas. “Bogus Pomp”(13:28) merupakan nomor penutup yang sangat dahsyat dan merupakan favorit saya. Komposisi berdurasi lumayan panjang ini sangat menarik dengan nada-nada disonan dan pada bagian coda ada chaotic khas Zappa yang membuat nomor ini anti-klimaks. Permainan drums Terry Bozio sangat menawan di album ini, pun dengan para pemain orkestranya. Tidak kalah juga permainan bass oleh Dave Parlato dan kaya nya bebunyian perkusi dari Emil Richards yang sangat menarik membuat album ini sangat enak untuk dinikmati dan sangat direkomendasikan sekali bagi penggemar musik Klasik dan yang ingin merasakan komposisi orkestra dari Zappa bisa dimulai dari album ini yang menurut saya sangat praktis dan cukup terwakili juga dengan 5 nomor apik, selain “200 Motels”, “Lather” yang dobel album dan lumayan banyak lagunya, “London Symphony Orchestra Vol.1 dan 2” yang pure Klasik dan “Plays Francesco Zappa” yang bukan merupakan karya Frank Zappa sendiri. Selain itu masih ada “The Yellow Shark” yang masih berbau Klasik, tapi dimainkan oleh format ensemble, bukan format orkestra.

Thanks Mas GW yang ikut menikmati musik Klasik juga..

::: Salam Klasik :::

17 Responses to “Frank Zappa “Orchestral Favorites””

  1. cosmic_eargasm Says:

    Mas GW, thanks banget tulisan saya yang ikut2 an nglasik sudah terposting..🙂
    Weekend gini pastinya sempat buka laptop ya Mas..

    Setahu saya, album ini dulu nggak ada dalam format kaset (lokal pastinya). Kalo kaset FZ yg albumnya style orkestra , saya dulu pernah punya yg “London Symphony Orchestra Vol.1” rekaman Team Rock Line. Musiknya orkestra, tapi rekamannya Rock Line. Opo tumon? hahahaha..

    ::: Salam Djadoel :::

    • Gatot Widayanto Says:

      Wah ….saya belum pernah dengar albym ini mas Cosmic. Wadouw .. ketinggalan jaman saya yah?

      Musti dicoba suatu saat … Suwun mas.

      Gatot Widayanto

      “Bureaucracy is not an obstacle to democracy but an inevitable complement to it.” Joseph A. Schumpeter

  2. Rizki Says:

    Mas Cosmic, thanks utk posting artikel ini. Lagu Dukes of Prunes dan album ini merupakan salah satu favorite saya …

  3. cosmic_eargasm Says:

    Sama2 Mas Rizki, yg pastinya menyimpan album ini ya. Sesuai dgn judulnya, album ini selain Favorites nya Mas Rizki, adalah salah satu favorites saya jg Mas.. apalagi ada Bozzio nya ya Mas🙂

    “Duke of Prunes” memang asyik dan catchy. Permainan gitar FZ keren dan khas sekali di lagu ini dgn sustain yg panjang dan feedback yg asyik, mengingatkan permainannya di album “Shut Up ‘N Play Yer Guitar”. Yg versi aslinya jp asyik, sayang cd “Absolutely Free” sy sdh lama ‘bablas’.
    Ada 1 lagi favorites sy, “Revised Music for Guitar and Low Budget Orchestra” dari album “Studio Tan” yg ditambahkan di side B album “Zoot Alures” kaset rekaman MonaLisa.

    • Rizki Says:

      Zappa banyak lagu yg sy suka: muffin man, zoot allure, ocean is the ultimate solutions, black page, rubber shirt, dan msh banyak lagi. Dibbrp lagu yg sy sebut td, permainan bass Patrick O’ Hearn sangat menawan

  4. yuddi_01 Says:

    faham skrg mas Cosmic masih sohib dgn Cosmik Debris . . .🙂

  5. cosmic_eargasm Says:

    Mas GW, menurut hemat saya, nggak perlu menyimak semua album2nya FZ yg bejibun itu. Enaknya memang didengarkan beberapa yg bs mewakili selera Mas GW. Kecuali memang suka sekali dgn FZ seperti saya, memang agak perlu mendengar beberapa album2nya yg sekiranya penasaran.
    Jd, intinya, Mas GW nggak ketinggalan sama sekali kok. Buktinya punya salah satu album FZ yg terdahsyat, “The Grand Wazoo”.

    Thanks..

  6. cosmic_eargasm Says:

    Mas Yuddi. tauu ajaaa hehehe..
    Selain itu sy jg sohiban dgn Cosmic Messenger nya Jean-Luc Ponty dan Kosmic Blues nya Janis Joplin..

    “Cosmik Debris” seingat sy dr album ‘Aposthrope (‘)’ <– porno nggak sih?hahahaha.. tp memang gitu aslinya ada tanda (') nya.
    Setau sy membicarakan kritiknya FZ tentang 'sampah' antariksa.. jd ingat "Space Shanty" nya Khan yg mengkritik hal yg sama tsb..

    Thanks..

  7. cosmic_eargasm Says:

    Mas Rizki, kalo tdk salah lagu2 yg Mas Rizki suka dan disebut di atas yg main drums Bozio semua ya. Iya memang, permainan Patrick terasa asyik di lagu2 tsb. Sayangnya, Patrick tdk lama ikut Zappa, dan sampai skrng tetap menjadi ‘underrated’.

    Thanks

    • Rizki Says:

      Benar Mas, semuanya mmg yg ada Bozzio, hehe ….
      Utk Patrick, benar dia sampai skrg “underrated” utk permainan bassnya (padahal dia pernah jg main sama drummer legendaris Tony Williams yg setahu saya selalu main dgn musisi2 berkualitas). Meskipun demikian, sejak mulai sbg solo artist, Patrick menjadi salah satu yang terdepan dalam musik kategori New Age (dengan synthesizer sbg instrument utamanya) dan telah mengeluarkan lebih dari 15 album, termasuk album soundtrack. Saya termasuk pengikut setia Patrick dan koleksi hampir seluruh albumnya. Bagi yg suka musik new age, saya sangat merekomendasikan artist ini krn new age yg dimainkan berbeda dgn artist2 new age lainnya.

      Kalau saya perhatikan musisi lulusan atau yg pernah main dg Zappa selalu menjadi musisi yg berani bermain beda atau lebih dari yg biasa.

      Cheers

  8. cosmic_eargasm Says:

    Siip Mas Rizki. Thanks banget infonya tentang Patrick. Saya jg jarang sekali menyimak musik New-Age, yg memang menonjolkan nuansa pd komposisinya.
    Menurut sy, album proyeknya Jakszyk, Fripp and Collins itu New Age sekali. Beberapa lagu mengingatkan pada lagunya Eric Johnson di album “Venus Isle”, yg main bass keren jg, lupa namanya, main di album Robbenford juga.
    Kalau album Patrick yg paling bagus apa menurut Mas Rizki? Nanti sy hunting2..
    Oya Mas, sdh dpt album bocoran Levin, Rudess, Minemman? sy sangat penasaran sekali dgn musiknya.

    Thanks..

    • Edi Apple Santoso Says:

      levin minnemann rudess di track mew …… menawan ….

    • Rizki Says:

      Sbnrnya sulit utk memilih yg plg bagus krn sy suka semuanya (disetiap album pasti ada yg sy favoritkan). Utk mudahnya, saya rekomendasikan album kompilasinya berjudul the Private music of Patrick O’ Hearn. Lainnya: Ancient Dreams, Rivers Gonna Rise, So flow the current, …. Wah susah semuanya suka🙂

    • Rizki Says:

      Oya lupa komentar ttg Eric Johnson. Dia gitaris luar biasa, terkadang “underrated” krn album2nya kurang meluas spt gitaris lainnya. Bassist yg Mas Cosmic maksud Roscoe Beck sy denger mmg hebat, namun sy sendiri blm terlalu nyimak. Yg sy lebih simak adalah bassist yg satu lagi, bernama Chris Maresh. Dia punya solo album bernuansa jazz tenang yg saya suka (dan sy pakai sbg ring tone bbrp tahun lalu). Kalau diajak main lagu yg sulit, dia juga piawai. Jangan bosen ya, lagi2 saya tahu Chris krn dia pernah main dgn Bozzio🙂

      • Gatot Widayanto Says:

        Pokoknya siapapun yg pernah dikenal Terry Bozio pasti mas Rizki kenal. Memang luar biasa pengetahuan mas Rizki dan kegemarannya pada Bozio dan drummer hebat lainnya …. Tuoobzzz!!

        Gatot Widayanto

        “Bureaucracy is not an obstacle to democracy but an inevitable complement to it.” Joseph A. Schumpeter

  9. cosmic_eargasm Says:

    Waaah Mas Edi sudah dapat rupanya.. Penasaran sekali saya Mas.. Kalo ada waktu mbok tolong diulas Mas Edi.. atau Mas Rizki yg sdh lumayan lama nggak posting tulisan..

    Thanks!

  10. cosmic_eargasm Says:

    Wah Chris Meresh ini saya blm pernah tau Mas Rizki. Sy nggak bosan sama sekali lah. Apalagi dpt tambahan PR yg pasti makin menambah wawasan. Sekalian nanti di hunting dgn si Patrick yg walaupun ‘underrated’ tapi albumnya kok banyak. Saya percaya, pasti yg direkomendasikan Mas Rizki bagus2. Oiya, Roscoe Beck. Asyik mainnya Mas. Eric memang gitaris yg tdk terlalu dikenal secara meluas, padahal sempat main dgn G3 jg. Dulu di tahun 70 an punya band yg lumayan ngerock dan ‘underrated’ dan ‘one-shoot band’ namanya MARIANI. Kemayu ya Mas? hahahaha, mengingatkan pada JANE jg, band cadas tapi pakai nama cewek.. hahahaha..

    Thanks Mas Rizki.. PR sy jadi makin banyak nih.. Penasaran jg dgn TFK yg terbaru itu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: