Mussorgsky Diantara Tomita dan ELP

By: Hendrik Worotikan

16 Oct 2013

Mussorgsky atau lengkapnya Modest Petrovich Mussorgsky adalah salah satu komposer musik dari Rusia.
Sebagai seorang komposer yang hidup di era 1839 hingga 18881, Ia juga dikenal banyak memberikan pengaruh bagi kehidupan musik Rusia yang saat itu masuk pada  periode romantik musik, suatu periode yang kaya dengan orkestrasi dan keselarasan serta keahlian memainkan alat musik piano.

Karya Mussorgsky yang terkenal dalam bentuk orchestral adalah ‘Night On The Bare Mountain’. Sementara untuk vocal, ‘The Nursery’, ‘Songs And Dances of Death’ serta ‘Song of The Flea’ dan komposisi piano ‘Pictures At An Exhibition’, yang kelak kemudian menjadi judul album ELP.
Lantas apakah sekadar menjadi judul album ELP saja ‘Pictures At An Exhibition’ ?
Jawabannya tidak !

Komposisi instrumental dasyat Mussorgsky ini dibawakan dan direkam juga oleh Isao Tomita, seorang komposer asal matahari terbit, Jepang.
Sayang seribu sayang, sampai kini saya belum memiliki rekaman yang versi Tomita. Dan sepengetahuan saya, Yess pernah merekam album ini dengan serial number 171 (Mas Eddy yang punya kasetnya boleh dong di share foto kasetnya. Please…).

Walaupun belum memiliki kasetnya, dari vinyl ‘The Greatest Hits Vol. 2 Isao Tomita’ yang saya miliki, tercatat Tomita merekam komposisi tersebut di tahun 1976.
Gubahannya begitu gegap gempita dengan memainkan berbagai macam instrumen musik elektronik dan menghasilkan bebunyian yang terkesan megah.
Sayangnya, Tomita hanya memainkan dua komposisi dari Mussorgsky di album tersebut.

ELP 1

ELP 2

TOMITA

Nuansa kemegahan musik Tomita, terasa pula ketika album ‘Pictures At An Exhibition’ saya setel versi live milik ELP.

Debut ELP dimulai ketika mereka mengisi acara pada ‘Isle Of Wight Festival’ di tahun 1970. Tidak tanggung tanggung merekapun memainkan transkrip Emerson atas karya Mussorgsky ‘Pictures At An Exhibition’, yang lantas menjadi album ketiga mereka.
Tidak saja terkesan dengan kemegahannya, tapi juga kesyahduan yang ditimbulkan menjadi daya tarik menikmati karya Mussorgsky lewat permainan apik Emerson, Lake & Palmer.
Maka tidak lah heran kalau sahabat nun jauh di Aceh, Mas Khalil suka bersiul ‘Promenade’ ketika meninabobokan putri kecilnya. Dulu. 

 

Tambahan dari mas Eddy Irawan:

image

image

10 Responses to “Mussorgsky Diantara Tomita dan ELP”

  1. cosmic_eargasm Says:

    Mas Hendrik, thanks infonya mengenai Mussorgsky. Terus terang, dulu sy mendengar ‘Picture At An Exibhition’ pertama kali ya versi ELP yg dahsyat itu. Memang, sblmnya sy sdh baca2, akhirnya belakangan dengar versi aslinya jg. Versi Tomita nggak kalah keren jg, sayang dari dulu sy jg tdk pernah punya kaset Yess nya.
    Yg masih sy simpan malah “Firebird” karya Stravinsky, tentunya rekaman Yess #124. ada ‘Night On the Bare Mountain’ nya jg.
    Bicara ELP, jd ingat Camel dan Naked City nya John Zorn, yg sblm merilis album studio, melakukan konser dulu, yg kelak dirilis album live nya. Ke 3 band ini juga termasuk yg paling saya sukai. Kalau Tomita belum sempat dengar semua album2nya, tp yg awal2 sangat bagus, nggak sekedar mengumbar bebunyian elektronik saja..

    ::: Salam Djadoel :::

    • Hendrik Worotikan Says:

      Terima kasih mas cosmic untuk komennya.

      Nama Mussorgsky barangkali kurang akrab ditelinga jika dibandingkan dengan nama komposer lainnya seperti Bach, Beethoven, Mozart, Haydn, dan lainnya.
      Beruntung ELP & Tomita merekam karya dasyatnya ‘Pictures At An Exhibition’ sehingga mau nggak mau nama Mussorgsky pun ikut dibicarakan.
      Beruntung juga bagi saya, karena tulisan diatas ada berkat diskusi teman teman diblog ini yg hari hari terakhir kemarin banyak juga menyinggung musik klasik, baik komposisi musiknya maupun para komposernya. Kebetulan juga nama Mussorgsky ikut disebut sebut.

      Mas cosmic, saya belum pernah dengar karya Mussorgsky yang berupa orchestral ‘Night On The Bare Mountain’.
      Wah…jadi penasaran juga seperti apa jadinya kalo dimainkan sama mbahnya musik elektronik Tomita ini.

      Aahh…ternyata kaset Tomita yang saya punya cuma 1. ‘Dawn Chorus’ (Yess 517).
      Mesti hunting lagi nih. Hihihi…

      Salam.

      • Gatot Widayanto Says:

        Meski blog gemblung,

        Namun penghuni yang suka ngobrol di sini selera musik dan wawasannya sungguh huwebaaaat ….!!! Saya gak kenal Mussorgsky secara mendalam …tapi saya menikmati diskusinya …. Uwediyaaan !!!

        Meski sambil muter Djam Karet …

        Powered by Telkomsel BlackBerry®

      • khalil logomotif Says:

        Mas Hendrik, ada satu lagu yg dulu saya demen bnget juga nyiulin dan snandunginnya slain promenade, living in mars nya bowie, tapi yg versi orkestra oleh LSO. Kalau musik yg saya dengerin swaktu anak saya masih dikandungan, six degree nya DT, overture nya dan bagian goodnight kiss. Eehhh sekarang, anak saya justru suka ketiperi..roar…halaah

      • eddy irawan Says:

        Mas Hendrik, sori agak telat sy ngirim pictures at … versi Isao Tomita, soalnya kemarin masih di luar kota.

        Mas G, thanks udh di-upload cover kaset Tomita nya

      • Hendrik Worotikan Says:

        Matur suwun ya Mas Eddy sudah mengirim foto kaset ‘Pictures At An Exhibition’ Tomita versi Yess.
        Seumur-umur baru ngeliat tuh kaset dengan track list nya.
        Dan dari situ kelihatan kayaknya tidak semua karya Mussorgsky PAAE yg dibawakan atau direkam oleh ELP.
        Salam.

      • Hendrik Worotikan Says:

        Mas Khalil sepertinya saya punya tuh LSO yg bawain lagunya Mas Bowie. Cuma sudah lupa banget seperti apa lagunya.
        Jadi kangen lagi nih setel LSO sambil ngebayangin senandung dan siulannya Mas Khalil. Hihihi…

        Wah…Katy Perry asyik juga lho. Selain ‘Roar’ ada juga ‘Firework’ yg populer sebelumnya atau juga ‘E.T’.

        Yuk, ngedance dulu Mas.

  2. hippienov Says:

    Dengar nama komposer ini pasti bikin kita ingat dengan pictures at an exhibition yang dibawakan maha dahsyat oleh E.L.P.
    Aku lebih suka pictures dibanding tarkus atau karn evil.

    O ya, sedikit sharing,di kaset E.L.P live at the isle of wight festival Carl Palmer dalam interview nya mengatakan bahwa konser di festival ini merupakan konser kedua E.L.P, debut konser mereka berlangsung beberapa sebelumnya di sebuah klub lokal. “a lot of people thought it was the first but it was the second”, ujar Palmer. Komentar ini sepertinya u/ mengkoreksi pengumuman di awal pembuka konser yg menyebutkan “please welcome for their first debut performance ever, emerson lake & palmer”…
    Mungkin karena konser pertama E.L.P berlangsung di klub kecil,kurang sponsor dan sorotan media dibanding festival isle of wight maka pas manggung di pulau wight orang mengira ini kali pertama E.L.P pentas.
    Suwun

  3. cosmic_eargasm Says:

    Mas Hendrik, “Dawn Chorus” sy jg tdk pernah punya kasetnya. Bicara musik elektronik,msh ada 1 lagi yg cukup keren jg, SYNERGY, band bentukannya Larry Fast, salah satu maestro musik elektronik jg. Dulu jg ada kaset Yessnya, “Realyzation for Orchestra”, kalo tdk salah sebut judulnya. Kalo Tangerine Dream, Kraftwerk tumbuh dari ‘KrautRock’ ya Mas.
    @Mas Hippie, thanks info debut live ELP nya, kaset sy sdh tdk ada, jd tdk bisa nyimak lg nih, dulu kaset lisensi ya Mas.
    @Mas Khalil, ‘Goodniht Kiss’ nuansamatik ya, Kati Perry sy suka sekali dgn ‘A Thousand Years’ nya, judulnya mengingatkan jg pd lagu Toto dari album “Seventh One” yg dulu jg ada kaset Yess nya.
    @Mas GW, sama jg, sy tdk begitu familiar dgn Mussorgsky ini.
    Jd pingin play “Firebird” nya Isao Tomita nih, sayang pitanya jamuran, musti dicleansing dulu nih..
    Bicara musik klasik memang asik ya Mas, yg kita dulu blm tau, skrng jd tau..

    Thanks for all gemblungers..

  4. andria Says:

    fotonya yg ELP (rekaman Scorpio) kok malah pakai albumnya Steve Howe ya? apa krn aslinya cuma pigura2 kosong yg tak enak dipandang? 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: