9 Oktober 1940

By: Herwinto

17 Oct 2013

images-7

Tulisan ini sebenarnya akan saya buat tepat tanggal 9 Oktober kemarin, namun karena kesibukan mundur sampai lama, tak apalah yang penting bisa dibuat juga akhirnya. Tanggal 9 Oktober tujuh puluh tiga tahun yang lalu telah lahir manusia yang pada akhirnya membuat kontribusi besar dibidang musik bahkan andaikan manusia ini tidak lahir saya yakin blog gemblunk inipun juga tidak pernah ada, nah lho? Baik mari kita analisa, kita berkumpul di blog ini tidak lain adalah karena berangkat bersama sama dari kegemaran mendengarkan musik progresif semisal Yes, Genesis, King Crimson atau yang lebih muda semisal Flower King, IQ, Dream Theatre meskipun akhirnya blog ini berkembang menjadi ajang pecinta musik lintas genre karena di picu oleh kegemaran berburu kaset lama, sementara grup yang muda seperti IQ terinspirasi oleh grup pendahulunya semisal Genesis ataupun Yes dan grup tua semisal Yes dan Genesis tidak akan pernah ada jika tidak ada The Beatles .

The Beatles tidak akan pernah ada jika tidak ada John Lennon, yah tanggal 9 Oktober adalah kelahiran John Lennon seorang yang kelak dikemudian hari menciptakan sejarah musik….tak ada satu grup pun didunia ini setelah kelahiran musik rock di tahun 60 an yang tidak terpengaruh oleh The Beatles, Yes bahkan lahir karena Squire suka memainkan bass nya untuk lagu lagu Beatles dikamarnya, Queen bahkan pada beberapa lagunya jelas mencomot nada nadanya John karena Mercury memang penggemar fanatiknya, lihatlah lagu Song For Lennon nya Queen dari album Hot Space jelas mengambil nada nya Mother, lagu Jealousy dari album Jazz  jelas mencomot nada Julia di White Album, bahkan David Foster, maupun Ahmad Dhani menyatakan bahwa tak ada yang menyangkal bahwa The Beatles telah memberi pengaruh pada segala aliran musik baik rock, pop, rock and roll, power pop, brit pop, hard rock, folk rock, blues, heavy metal, progresif rock, psychedelick, krautrock, hingga tekhno rock. Rolling Stones pun melejit gara gara diberi lagu oleh The Beatles, I Wanna Be Your Man di awal karirnya. Bahkan U2 mengakui terang terangan sangat dipengaruhi The Beatles, demikian juga Black Sabath dan Metallica sekalipun akan kembali ke dasar dasar musik The Beatles sebab jauh sebelumnya lagu Helter Skelter, Revolution dan Day Tripper di klaim sebagai embrio heavy metal….akhirnya saya sampaikan berikut ini sepuluh lagu John yang sangat berpengaruh bagi dunia….

1.A Day In The Life, ini lagu terbaik Beatles sepanjang masa dan mencetuskan lahirnya musik progresif yang ditiru Yes yakni perubahan perubahan yang tiba tiba namun tetap indah,

2. Tomorrow Never Know ini embrio lahirnya musik psycedelick,

3. Strawbery Field Forever adalah lagu yang sangat kaya dengan eksperimen bunyi bunyian yang indah,

4. Across The Universe adalah lagu yang luar biasa indah bagi saya tentang kepedulian dengan lingkungan,

5. I Want You lagu yang sangat gagah dan berdurasi panjang,

6. Day Tripper dalah pencetus heavy metal pertama,

7. I Want To Hold Your Hand adalah lagu rock tersukses sepanjang masa,

8. I am The Walrus adalah lagu rock yang sangat digandrungi band band lain,

9. All You Need Is Love adalah lagu cinta kasih yang abadi,

10. Imagine juga lagu perdamaian yang abadi.

Semoga tulisan ini bisa mengenang kembali sosok John Lennon sang pencipta sejarah musik!!!!! Trimakasih untuk mas Gatot….

17 Responses to “9 Oktober 1940”

  1. HERWINTO Says:

    Trimakasih mas G dan selamat ulang tahun juga, sebenarnya saya nunggu nunggu sejak tanggal 8 bahwa para dedengkot penyuka Beatles yakni mas Hippie dan bro Noviar yang menulisnya, tapi kok tak tunggu tunggu pada gak nongol…mungkin baru semedi…ya dah taktulis aja secara ngawur….kalau mau nulis tentang John ga ada habisnya saya bingung sendiri karena semua menarik untuk dibahas, mulai dari kejeniusannya, kenylenehannya, keberaniannya, kengawurannya dan yang memalukannya pun semua menarik untuk dikupas….

    • Gatot Widayanto Says:

      Sama2 Koh Win …

      Mas Hippie sedang merampungkan tulisan “17 Oktober 1960” Koh Win …wakakakakakakak … Sing penting podo Oktober-e! JRENG! Masiyo aku raiso nulis lagu A Day In A Life …. ha ha ha ha ha ha ….

      Aku iki sopo to cah cah …..

      * * *Gatot Widayanto*

      * “Bureaucracy is not an obstacle to democracy but an inevitable complement to it.” ** Joseph A. Schumpeter *

    • khalil logomotif Says:

      Koh Win, saya suka black bird dan with a little help of…while my guitar….tapi dulu, jaman pertama pertama dengerin bitles, sma awal, temen setongkrongan saya (anak kuliahan) pendengarannya marillion, saga, ton skerpenzel, triumvirat, genesis….saya dikatain bgini…mending denger kusplus sekalian…hahaha…sejak itu, saya ngga ngikutin lagi bitles. Untung koh Win banyak ceritain tentang bitles.

  2. cosmic_eargasm Says:

    Thanks share tentang John Lennon nya Mas Herwinto..
    Jujur, sy tidak begitu mengikuti lagu2 The Beatles yg tidak populer, padahal amat sangat2 bagus sekali ya Mas.
    “Sgt. Pepper”s Lonely Hearts Club Band” adalah album terbaiknya sepanjang masa menurut sy, bahkan sang maestro avant-prog, Frank Zappa meniru/memparodikan kover album tsb di salah satu albumnya(lupa judulnya), The Residents, band RIO keren jg memparodikan “Meet The Beatles” menjadi “Meet The Resident”, persis dgn posenya di kover albumnya. Bahkan gitaris jenius, Robert Fripp pun mengatakan bahwa dia penggemar berat The Beatles. Simak “Ladies on The Road” dari album “Island”, itu The Beatles banget! Dan msh super ultra mega banyak sekali band/musisi yg mutlak terpengaruh oleh musik The Beatles.. Album “Revolver” dan “White Album” jg tdk kalah dahsyat. Mungkin, yg bs menyamai popularitas The Beatles cuma Bob Dylan (walaupun sy jg tdk mengikuti).

    ::: Salam djadoel :::

  3. yuddi Says:

    mas Herwin, secara umum penghuni blog ini jika mendengar Beatles pastinya akan teringat masa awal ’80an.
    Ketika John Lennon tewas di Indonesia direspon dgn terbitnya album2 the Beatles secara serial (back catalog) dan pasar lokal menyambutnya. Setahu saya kaset serial back catalog ini diawali dari album2 the Beatles baru kemudian Rolling Stones dan grup2 populer lainnya.

  4. hippienov Says:

    TOP BGT mas tulisannya! Seperti biasa mengalir indah, dalam, berkesan serius tapi enak dibaca.

    Mungkin buat masukan akan ada tulisan mengenai peringatan wafatnya Lennon secara tragis pada 8 december 1980. Monggo mas Herwinto ditunggu😀

  5. hippienov Says:

    John Lennon adalah genius.. Kejeniusannya makin dipertajam dengan kegetiran hidupnya ditinggal pergi ayahnya berperang pd perang dunia ke-2 lalu ibunya, Julia, menikah lagi dan dia diasuh oleh bibinya, terakhir yang paling tragis saat John kehilangan ibunya yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas. John ditengarai mengidap sindrom Oedipus Complex, mungkin hal inilah yang membuat dia akhirnya terpikat dengan Yoko yang kalo gak salah berumur lebih tua sedikit dari John.
    Sepanjang hidupnya dia selalu merindukan sosok Julia sang ibu dan masa kecilnya seperti jelas tampak dalam lagu mother, strawberry fields forever serta lagu pendek mirip demo pada album “plastic ono band” berjudul my mommy’s dead.
    John pun menyimpan kemarahan pada ayahnya yang hampir tidak pernah ia kenal seperti terlihat pada lagu mother. Setelah kepergian ayahnya ikut perang John hanya dua kali bertemu sang ayah, pertama semasa dia masih kecil-saat itu sang ayah bermaksud mengajak si kecil John ikut bersamanya tapi ditolak mentah-mentah oleh Julia dan kedua pada saat John dan Beatles sedang berada pada puncak karir mereka, kali ini pertemuan ini berakhir dengan John menutup pintu tepat di depan sang ayah. Disebutkan ayah John, Alfred Lennon (kalau gak salah namanya) setelah masa PD II menetap di New Zealand namun sosoknya nyaris tidak pernah disinggung banyak. Ayahnya adalah pengagum Winston Churchill sang perdana menteri kharismatik Inggris semasa PD II sampai ia menamakan sang anak John Winston Lennon.
    John pun pemuja sang ibu dan istri (Yoko) sehingga anak-anaknya pun diberi nama Julian Lennon dan Sean Ono Lennon.

    Secara kemampuan bermusik sebenarnya John bukan seorang yang punya kemampuan teknis tinggi, Paul McCartney dan George Harrison jauh lebih baik, bahkan tokoh musik Abadi Soesman dalam satu wawancara berujar bahwa dia bisa bermain piano jauh lebih baik daripada John, tapi kelebihan John ada pada ide-ide musikalitasnya yang brilliant dan kemampuan menuangkannya dalam sebuah konsep musik.

    Jika setelah Beatles bubar karya-karya Paul dan Ringo lebih cenderung ke pop mainstream, George ke naturalis-humanisme-spiritual, maka John masih asik menciptakan karya2 nyelenehnya menuangkan ide-ide yang ada di kepalanya tanpa pernah berpikir apakah karya tersebut akan laku dan bisa diterima pasar atau tidak, kata mas Cosmic “avant-garde” seperti Zappa. Mungkin karena kesamaan “ide” ini yang membuat Zappa pernah “mroyek” bareng dengan John di album unik “some time in new york city”.

    Walah kok jadi ngelantur..wis ah..
    Maaf loch, ak kebawa magisnya postingan koh Win nich, he3.
    Suwun.

    • Gatot Widayanto Says:

      Ini baru namanya prog! Komentar lebih panjang dari postingan Koh Win! …ha ha ha …. Soalnya ada temenku bilang katanya musik prog itu intro melulu , gak masuk ke lagu …. Ha ha ha … Lha kalau Focus 3 mungkin dia bilang gak ada lagunya ….

      Selamat buat Koh Win dan mas Hippie!!! Tuooobzzz!!

      Salam prog!

      Np. Djam Karet

      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      • HERWINTO Says:

        Ibarat lagu, saya Horizon mas Hippie Suppers Ready nya ya….ha ha ha…kebukti kan kalau kebalik, harusnya mas Hippie yang posting saya yang komen…..ha ha ha tuobz mas Hippie…

  6. Hendrik Worotikan Says:

    Lagu lagu hits John Lennon tanpa The Beatles.

    – Give Peace A Chance
    – Instant Karma ( We All Shine On )
    – Power To The People
    – Imagine
    – Happy X-mas ( War Is Over )
    – Whatever Gets You Through The Night
    – Number Nine Dream
    – ( Just Like ) Starting Over
    – Woman
    – Watching The Wheels
    – Nobody Told Me

  7. cosmic_eargasm Says:

    Mas Yuddi, benar sekali. Mas Hendrik thanks info lagu2nya JL, kelihatannya sy msh nyimpan kasetnya 23 Love Song nya JL rekaman AR, musti dicari2 dulu nih. Mas Khalil ngeprog bgt tuh.
    Mas Hippie, thanks banget pencerahannya tentang JL, sy msh nyimpan poster gede hitam putih nya, dari bonus vinyl “Imagine” yg platnya sdh tdk ada lg pd sy.
    Mas GW, wuaaah DJAM KARET itu band yg sangat keren, sy suka albumnya yg gambar org (misionaris gereja)baris itu dan gambar bunga (lupa judul albumnya), cd nya sempat punya, tp sdh sy konvert ke MP3, musti dicari juga nih, tumpukan MP3 sy dulu..

    Thanks for all gemblungers, yg setiap hari memercikkan info2 dan setruman tegangan tinggi yg dahsyat2..

  8. HERWINTO Says:

    Saya sangat terharu dengan loyalitas pertemanan John dan Mick Jagger, suatu ketika di tahun 1963 Rolling Stones sedang berusaha masuk dapur rekaman, nah ketika itu Decca record sedang mencari grup sekelas Beatles, dia mungkin nyesel karena dulu nolak Beatles…maka masuklah Rolling Stones audisi lagu, mereka membawakan lagu Come On nya Chuck Berry, Decca lantas bilang “Apa kalian ga punya lagu sendiri?” lantas break…saat itulah John dan Paul datang untuk sekedar melihat kawan mereka audisi, melihat situasi ini lantas John bilang ke Mick..Loe mau Gue kasih lagu? Macam mana lagunya? jawab Mick, coba Loe dengerin…lantas John menyanyikan penggalan I Wanna be Your Man yang masih kasar dan belum jadi…Wah Gue mau tuh, Gue suka…lantas John memanggil Paul lalu berdua pergi ke pojok ruangan menyelesaikan lagu tersebut untuk Mick Jagger cs dan ternyata sejak itu Rolling Stones sukses masuk dapur rekaman……

    • khalil logomotif Says:

      Koh Win, seinget saya lagi nih, dulu awal awal dengerin bitles, karena baca cerita bergambar the beatles di majalah hai. Gambar ilustrasinya, hitam putih tapi keren banget. Setelh ngikuti cerita sejarah mereka, saya ngumpulin beberapa albumnya, sampe saya dikata katain tmen tmen saya. Terus terang, sebelumnya saya ngga tertarik untuk beli kasetnya, sebab covernya foto orang berponi..hahahaha..saya paling benci rambut poni!

  9. hippienov Says:

    Walah ak cuma ngerti sepitik wae mas..isih okeh sing ak ndak mudheng kok..
    Working class hero lagu Lennon dari album plastic ono band a la Dylan. Lagu2 Lennon yg bagus tapi kurang dikenal a.l.
    I found out,
    I don’t wanna be a soldier,
    The luck of the irish,
    Well well well,
    Sweet bird of paradise,
    Look at me,
    Grow old with me,
    Woman is the nigger of the world,
    dan masih banyak yg lain..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: