Tommy Bolin “Private Eyes” by Perina Aquarius

by: cosmic_eargasm

image

Setelah beberapa hari yang lalu saya memutar James Gang “Miami”, secara otomatis, keinginan untuk memutar album solo dari gitaris dan penulis lagu yang berbakat ini begitu kuat. Sayang sekali, kaset “Teaser” saya rekaman Nirwana 1LP sudah tidak ada lagi. Memang, 2 album solo Tommy Bolin ini sangat istimewa sekali dan pasti ada memorable yang membawa saya di masa lalu. Perina Aquarius pun sangat cerdas mengacak urutan lagu di “Private Eyes” yang urutannya tidak sesuai dengan aslinya. Lebih asyik lagi dengan ditambahkannya “The Roaring Silence” dari Manfred Mann Earth Band (MMEB), band yang lumayan banyak disukai oleh penggemar musik prog membuat kaset ini sangatlah nyaman untuk dinikmati dengan urutan lagu yang begitu mematikan dan seakan ada magnet yang kuat menarik keinginan untuk memutar ulang kembali dari awal sampai akhir.

image

Album ke 2, sekaligus album terakhir Bolin ini memang sekaliber dengan album debut sebelumnya. Bolin pun sangat pandai memilih musisi-musisi untuk mendukung 2 albumnya. Rhytm section di album ini sangat berbeda dengan album “Teaser” yang memang tidak ‘dipakai’ Bolin lagi, tetapi tetap terasa pas dan istimewa di setiap lagu-lagu di “Private Eyes” ini. Suara hammond B3 yang dimainkan Mark Stein sangat asyik dengan porsi yang pas di setiap lagu. Stein tercatat sebagai pemain keyboard band lawas, Vanilla Fudge dan rocker jadul, Alice Cooper. Untuk pemain bass, Bolin menggamit Reggie Mc Bride, seorang bassist veteran yang yang banyak sekali bermain di album-album artis ternama, seperti: James Brown, Stevie Wonder, Rod Stewart, Rare Earth dan lain-lain yang bahkan tercatat sampai sekarang melakukan recording bersama artis musisi sampai 1500an perekaman. Waw! jam terbang yang sangat tinggi buat seorang musisi. Walaupun Bolin mengajak Bobby Berge, rekan seperjuangannya di band

Blues-Rock yang vokalisnya mirip Janis Joplin tersebut, tidak lupa Bolin ikut mengajak Carmine Appice, rekan seperjuangan Mark Stein di Vanilla Fudge pada nomor “Someday Will Bring Our Love Home” yang asyik dan khas Bolin. Permainan perkusi dari Bobbye Hall juga terasa matching mengisi di setiap komposisi pada album ini. Hall pun tercatat pernah mengisi perkusi di beberapa lagu-lagu Pink Floyd, Jefferson Starship, bahkan Janis Joplin, sang ratu blues. Kalau di album “Teaser” ada David Sanborn yang bermain saxophone, maka di album ini ada Norma Jean Bell yang sangat enak dan pas memainkan tiup kayu di “Bustin Out For Rosey” yang funky dan lumayan ngetop di masa itu. Sentuhan Rockabilly ada di “You Told Me That You Love Me” dengan suara khas saxophone dan hammond yang tipis mengiringi melodi gitar Bolin yang nge-blues rock. Selain itu, tiupan saxophone juga mempercantik “Sweet Burgundy” yang merupakan nomor favorit saya, selain “Gypsy Soul” yang asyik dengan sentuhan bossa nova dan permainan melodi gitar akustik Bolin sangat menawan sekali di akhir lagu, selain itu, ingatan saya pasti langsung ke “Savannah Woman” yang sangat istimewa itu. “Hello Again” yang merupakan lagu favorit semua penggemar Bolin sangat istimewa dan syahdu sekali dengan iringan string section yang diaransemen oleh Del Newman. Bolin memang dikenal sebagai seorang musisi yang memainkan beragam jenis musik. Selain Blues-Rock, sentuhan reggae ada di “Shake The Devil” yang sangat Hard Rock-oriented. “Post Toaste” pun terasa gahar dengan intro distorsi gitar yang sangat nge-rock. 8 lagu yang super keren dari Bolin masih dilanjut dengan 4 lagu yang super keren dari MMEB di album studio nya yang dirilis di tahun yang sama dengan album Bolin ke 2 di tahun 1976. Di album ke 7 ini, MMEB diperkuat oleh:
*Manfred Mann: keyboard, backing vocal
*Dave Flett: lead guitar
*Chris Thompson: vocal, guitar *Colin Patenden: bass *Chris Slade: drums, percussion, backing vocal

dibantu oleh 4 orang backing vokal yang koor nya terasa menggelora di “The Road to Babylon” dan “Starbird” yang groovy dan permainan keyboard Mann sangat istimewa sekali, mengingatkan pada virtuositas dari Rick Wakeman. “This Side Of Paradise” khas dengan sentuhan sound gitar yang khas ala MMEB. Ditutup dengan “Question” yang walaupun lagu umum, tetapi sampai sekarang masih tetap terasa sangat istimewa sekali dengan ke-syahduannya. Walaupun pita kaset ini memakai Trusonic yang kualitas suaranya kalah jauh dibanding Maxell, tetapi nuansa memorablic dan analog nya tetap terasa melekat untuk disantap telinga, dan hati pastinya.

Thanks Mas GW dengan blog ‘Super Gemblunk’ nya..

::: Salam Djadoel :::

20 Responses to “Tommy Bolin “Private Eyes” by Perina Aquarius”

  1. cosmic_eargasm Says:

    Mas GW, sekali lagi, sy ucapkan terima kasih langsung diposting juga tulisan sy tentang Tommy Bolin yang walaupun peringatan 37 tahun meninggalnya masih 2 bulan lagi..

    Oya, ada tambahan info, Norma Jean Bell, musisi ‘underrated’ yg memainkan saxophone di album ini tercatat pernah main di salah satu album MOTHERS OF INVENTION nya musisi super gemblunk, FRANK ZAPPA di album “Frank Zappa Plays The Music of Frank Zappa”. Hal ini merupakan salah satu kejelian seorang Tommy Bolin untuk mencomot salah satu musisi alumnus Zappa-School yg pastinya skill permainannya sangatlah tidak diragukan lagi..

    (((PlayNow>PORCUPINE TREE_Arriving Somewhere)))

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Cosmic,

      Saya dulu juga punya kaset ini dan herannya paling sering bolak-balik pasang lagu nya MMEB berjudul The Road To Babylon yang kuwereeeeen pol itu! Saking senengnya saya juga sempat hunting CDnya dan akhirnya dapet di DS Sabang dengan harga yg cukup tinggi. Tapi puwas karena lagu ini nuansamatik tenan!

      Gatot Widayanto

      “Motivation is what gets you started; habit is what keeps you going”

      • cosmic_eargasm Says:

        “The Road To BAbylon” masuk dalam top playlist saya setelah dengar2 kaset ini lagi MAs.. biasanya MMEB saya selain “Question”, ya “Visionary Mountain” serta salah satu lagu di album ini “Singing The Dolphin Through”

        entah kenapa tiap kali dengar “The Road To BAbylon” ini saya ingat “Mahadewi” nya PaDi..๐Ÿ™‚

      • Gatot Widayanto Says:

        Kalau denger The Road to Babylon saya nangis mas …. Indah sekali lagu ini ….

        Gatot Widayanto

        “Motivation is what gets you started; habit is what keeps you going”

      • cosmic_eargasm Says:

        Bicara nangis pas dengar lagu2 MMEB, kalo versi Mas Khalil di lagu “Question”.

        Memang “The Road to Babylon” sangat megah, indah, plus syahdu.. saya suka sound gitarnya yg khas.. sepertinya pakai ‘Ring Modulator’.. sound kibordnya Mann juga khas.. permainannya termasuk dalam tahap virtuoso menurut saya..

        Dulu tau kaset “The Roaring Silence” ini rekaman Contessa.. tapi kok sayangnya nggak saya ambil.. sayang juga Yess nggak menerbitkan album ini ya Mas..
        “The Watch”, albu berikutnya malah ditambahkan di side B “Live in Budapest”

  2. yuddi Says:

    album James Gang “Miami” & “Bang” , Tommy Bolin “Private Eyes” dan “Teaser” wajib utk yg menyukai Deep Purple “Come Taste The Band”.
    Album2 ini mengingatkansaya ke masa2 akhir ’70an . . .

    • Gatot Widayanto Says:

      Rupanya postingan mas Cosmic di blog gemblung berhasil menciptakan letupan setrum dahzyat ke penghuni blog ini. Buktinya mas Gatot Tri (GT) yang pagi tadi mengirimkan foto kaset TB Teaser ke BBM saya, trus ada diskusi (chat) berikut:

      Gatot Tri: Lagu Dreamer ย di album ini,benar2 Top Markotop…menusuk-nusuk ulu hati..he..he..he Gatot Widayanto: Iya mas … Juga Savannah Woman Gatot Tri: Dengerin album Teaser sambil nonton HUT ABRI di TVRI…mantap. Gatot Widayanto: Ha ha ha … Opo hubungane mas? Gatot Widayanto: Ha ha …. Gatot Tri: Gagah gitu loh..dengan backsound nya raungan gitar Tommy Bolin..he..he..he,apa lagi lihat jajaran KOPASUS berbaris tegap.

      Ha ha ha … Saya senang mengikuti postingan temen2 … Membuat hidup makin bersemangat ….

      Lanjutken!!!

      • cosmic_eargasm Says:

        hahahhaaha. sip MAs GW dan Pak GT..

        memnag banyak sekali setruman super dahsyat di blog gemblunk ini ya MAs..

        bicara BBM jadi ingat Bruce-Baker_moore, the new Cream.. kaset saya kemana ya?

        “Dreamer” dari dulu favorit saya MAs.. ada teriakan Glen Hughes di akhir lagu yg mantap.. kelihatannya vokalnya Bolin nggak bisa mencapai nada tinggi jadi pake Hughes deh

    • cosmic_eargasm Says:

      Sip MAs Yuddi.. saya sepertinya masih nyimapan juga ph nya Moxy yg ada Tommy Bolin nya..

      Kalodengan Zephyr asyik juga.. tapi Bolin begitu menonjol banget..

      • cosmic_eargasm Says:

        Malsud saya, permainan Bolin belum begitu enonjol pas di Zephyr, lebih menonjolkan Candy Givens, vokalisnya yg dahsyat.. mengingatkan pada Janis Joplin..๐Ÿ™‚

      • yuddi Says:

        yg saya alami hal yg berhubungan dgn Tommy Bolin adalah “Private Eyes”, “Teaser” dan “Come Taste The Band” , ditambah James Gang “Miami” dan “:Bang”. Perhal Moxy dan Zephyr tahunya baru akhir ’90an ketika CD “Ultimate” terbit (ada bookletnya tebal segede majalah). Khusus ttg Zephyr – nama ini malah mengingatkan saya ttg type mobil amerika sliweran di Jakarta thn ’60an๐Ÿ™‚

      • Gatot Widayanto Says:

        Betul mas Yuddi …. dalam hal Zephyr saya ingetnya ya mobil sedan jadul yg dulu sempat ngetop ketika saya mengunjungi Jakarta di akhir 60an awal 70an. Kakak sepupu saya pernah memilikinya. Pakde saya rumahnya di Jl Cendana no 23, tetangga Suharto. Rumah ini dulu jadi pangkalan anak muda nangkring bahkan musisi Fuad Hasan alm (God Bless) dan juga Nari suka main di sini.

        Mobil Zephyr nya kakak sepupu saya warna silver dan penuh dengan lampu halogen kuning dan klakson kenceng “heiiiiiiye!” …. jadul pol !

        Gatot Widayanto

        “Motivation is what gets you started; habit is what keeps you going”

      • cosmic_eargasm Says:

        Wah iya mobil satu ini memang sempat terlihat juga di beberapa daerah.. skrng kelihatannya jadi rare items juga ya MAs..

      • cosmic_eargasm Says:

        Ada lagi band Bolin yg asyik., ENERGY tapi cuma ada album livenya saja..

      • yuddi Says:

        @mas Cosmic , ya Energy juga ada di kompilasi “Ultimate”. Di Ultimate ini juga ada “Wild Dog” yg dibawakan Tommy live bersama Deep Purple (cuplikan dari “Last Concert in Japan”).

        @mas G, type mobil itu Zephyr Six mungkin krn 6 silinder.

  3. cosmic_eargasm Says:

    Mas Yuddi, sy lupa2 ingat, album Bolin yg “Ultimate” itu yg covernya foto Bolin pas main gitar di panggung yg ada ‘dry ice’ nya, didominasi oleh warna pink? Sy ingatnya, dulu pernah tau punya teman sy, tapi nggak tau kalo ada bookletnya yg pasti mantap stlh baca komen Mas Yuddi di atas.
    Memang, setau sy, CD2 Bolin yg unreleased live belakangan bnyk dirilis, termsk lagu2nya yg dulu nggak sempat dirilis. Sama jg dgn Jimi Hendrix, Zappa, SRV yg walaupun orgnya sdh meninggal, tapi cd2nya masih saja terus dirilis.
    Oya, “Mind Transplant” dgn Alphonse Mouzon & “Spectrum” nya Billy Cobham asyik jg, menonjolkan permainan Bolin yg ngejazz..
    “Wild Dogs” nya DP dulu di kaset Team Complete Story 17 kaset sy lupa, ada apa tdk Mas..
    Btw, Mas Yuddi termsk pemerhati mobil antik jg ya.. Zephyr ini produknya apa ya Mas? mengingatkan pada mobilnya Bung Karno dulu, apa jg pakai Zephyr ini jg ya Mas?

    Pakdenya Mas GW jg keren, gaulnya dgn Fuad Hasan.

    • Gatot Widayanto Says:

      Saya rasanya punya beberapa CD rarities Bolin selain Teaser dan Private Eyes … Namun lupa CD2 itu saya taruh mana … ha ha ha … Ntar saya cari. Mungkin baru 2 atu 3 kali saja saya spin tuh CD ….

      Mas Cosmic, Yang gaul sama Fuad Hasan dan Nari (pemain nya Guruh Gipsy ….kalau gak salah di sesi gamelan) itu anak2nya pakde saya dan kakak saya yang nomer 3 (karena sempat tinggal di Cendana 23 itu).

      meski saya wong mediun tulen, namun saya belajar naik sepeda justru di Jl. cendana lho …minjem sepeda anaknya Pakde saya .. ha ha ha ha ha … Lucu juga beberapa bulan lalu saat kantor proyek saya di kebonsirih, kalau pulang saya suka melewati Jl. Cendana dengan mengayuh sepeda sambil inget masa kecil dengkul babak bundas jatuh naik sepeda di trotoar Jl. Cendana yang bentuknya “slope” itu …

      *Gatot Widayanto*

      *”Motivation is what gets you started; habit is what keeps you going”* * *

  4. cosmic_eargasm Says:

    Mas GW, balas komennya lg nggak canggih nih hehehe..

    Wah mantapjaya itu Mas GW, yg “Whip&Roses” terus beberapa live album ada yg Mas? Jd ingat, beberapa bln yg lalu, ada teman ngabari kalo CD “Teaser” special edition 3 disc sdh ada di toko, tp harganya tinggi. Penasaran jg isinya apa saja..

    Wah asyik Mas. Performance Fuad Hasan keren bgt ya Mas kalo liat di Aktuil. Sayang, mati muda. Kalo Nari trmsk ‘Underrated’ jg ya Mas. Wuih asyik itu Mas, belajar naik sepeda saja sampai jauh ke Jkt hehehe.. Berarti keluarga Mas GW termasuk “Music-Freak” ya Mas.. mantap bener, di waktu yg tepat jg, di era-keemasan musik wkt itu.. 70an!!!

  5. cosmic_eargasm Says:

    Mas GW, sy jadi ingat majalah Aktuil edisi “In Memoriam Fuad Hasan & Soman Lubis” nih..
    Sampul depan dgn background warna hitam, dgn foto Fuad disisi kiri dan foto Soman di kanan, ke 2 nya diberi pigura dgn rangkaian bunga..

    Apa di antara teman2 gemblungers masih ada yg menyimpan majalah legend ini?
    Kalau ada, tolong di upload dan diposting ya teman2..

    Thanks..

    (((PlayNow>PROCOL HARUM_Pilgrim’s Progress)))

    **sendu-menghanyutkan.. cocok utk memperingati wafatnya 2 musisi hebat di atas**

    • Gatot Widayanto Says:

      Oh lupa … Almarhum Soman Lubis juga suka mampir di Cendana 23. Disamping gank di Cendana 23 yang namanya ARAG, juga ada gank tak jauh dari situ, namanya WARINGIN. Tapi mereka tak pernah tawur. Konon anak2 Waringin juga pencinta classic rock dan prog rock ….

      *Gatot Widayanto*

      *”Motivation is what gets you started; habit is what keeps you going”* * *

Leave a Reply

