Kaset Jadi-jadian

By: Khalil Logomotif

Kata mas Kristanto, begitu cd DT nya nyampe (yg sudah ditunggu tunggu) langsung dirip untuk didenger di ipod. Sebelumnya juga saya sempet baca komentar tentang upaya beberapa band yang mengubah suara drum biasa, dibikin suaranya semirip mungkin dengan suara drum mesin artifisial yang terprogram. Jujur bicara, setelah itu, saya jadi senyum senyum sendiri ….. karena, dua komentar tersebut bener bener bisa menggambarkan apa yang tidak begitu saya sadari selama ini, yang terjadi didiri saya selama ini. Baru nyadarinnya, yah kemarin setelah baca tulisan mas Kris tentang DT itu. Pertama, hampir semua cd saya, setelah dibeli, langsung saya konpert jadi mp3 dikomputer, persis seperti mas Kris dan mas Gatot, polanya adalah… beli/pinjem – ripping – ipod/iphone…setelah itu, cdnya bertumpuk dan berdebu ngga pernah kepakai lagi. Jangankan kepake, keliat juga jarang. Yang kedua, didorong oleh orientasi kejadulan yang ngga bisa ngga untuk ngga diturutin dan diikutin, musik player di iphone nya, sengaja saya pilih (apalagi kalau bukan aplikasi gratisan) yang bentuk tampilannya….seperti kaset jadul, kumplit ada side a dan side b nya, juga tulisan judul lagunya pake henwrait, dan selama playlist diputer, hebatnya, pitanya juga ikut kespin, muter muter layaknya kaset beneran, makin lama makin tipis. Jadi, setiap kali ganti playlist, bener bener berasa seperti jaman dulu lagi, waktu sma dan kuliah, swaktu ganti kaset diwalkman, dibolak balik dari side a ke side b. Dan yang terakhir, setelah semua produk musik, sofwer dan hardwer modern tersebut dibalut dalam tampilan, kenangan dan semangat kejadulan, selanjutnya….(maaf, harus egois) dinikmati sendiri, sambil ngayuh sepeda menuju warung kapucino, mampir sebentar di minimarket untuk beli sebungkus nopia…

Khalil Logomotif

*maap kalau properti saya terpaksa saya poto, semata mata hanya untuk ilustrasi, sama sekali bukan untuk hal lainnya.

image

image

image

21 Responses to “Kaset Jadi-jadian”

  1. Herwinto Says:

    Mas Khalil…. luar biasa, saya senyum senyum sendiri baca tulisan diatas….pakai gowes juga….ha ha ha tuobz mas….salut

    • Gatot Widayanto Says:

      Saya juga mesam mesem baca tret ini namun gak kaget dengan gowesnya mas Khalil. Bukankah pengunjung blog ini gemblung semua? Hanya orang gemblung yang kemana mana naik sepeda ….he he he …

      Gatot Widayanto

      “Motivation is what gets you started; habit is what keeps you going”

      • khalil logomotif Says:

        Mas Gatot, seperti biasa, supertengkiu sudah memuat tulisan ngawur bin narsis saya..hehehehe…saya malah baru lihat sore ini, tadi seharian tidur, ganti jatah yg kemarin malam semalaman ngga tidur karena sibuk maen.
        Sebenarnya ngga niat untuk ditulis, tp tretnya mas Kris tnt DT kemarin, bikin saya tersadar tentang bgmana selama ini upaya saya memakai dan memanfaatkan media modern dengan tetap mempertahankan tampilan jadul. Untung deh keyemu aplikasi pemutat musik yg tampilannya kaset, gratis pula (ini yg paling demen) namanya aircassette.
        Kegowesan saya masih dalam tarap kasual gowes mas

    • khalil logomotif Says:

      Bisa aja koh Win ini…sebenernya itu 100% cerita kerjaan orang yang kurang kerjaan koh Win. Saya kerja cuma sewaktu harus lecturing koh Win, seminggu cuma empat kali…selbihnyaaaa saya maeeenn…hahahaha. Kenapa saya bilang kurang kerjaan, karena jelas sudah ada cdnya, dikonpert ke mp3, sudah jadi mp3, diputer kaya kaset, sudah ada kenderaan yg bermotor, nae sepeda, udah bagus bagus sepedanya, eeh dilipet…..hahahaha..yaitulah music for simple man with simple life….begitu ceritanya koh Win

  2. Herwinto Says:

    Mas kapan nih mengulas The Flower King saya tunggu nih….

    • khalil logomotif Says:

      Samdei ya koh Win. Sebenernya tfk itu ngga perlu diulas koh Win, didenger aja..hahahaha

      • Gatot Widayanto Says:

        Karena udah manis ya mas Khalil …gak perlu lagi diulas pske selai nanas.

        Mungkin maksud Koh Win diulas pake selai kacang mas ….

        Gatot Widayanto

        “Motivation is what gets you started; habit is what keeps you going”

  3. cosmic_eargasm Says:

    hehehe.. sy rasa, semua kolektor kaset, cd, ph, dvd dll di jaman skrng melakukan apa yg dilakukan oleh Mas Kris dan Mas Khalil. Kita ambil sisi praktisnya saja ya Mas..
    Kalopun dengerin kaset, musti malam hari, pas tenang di rmh..

    Gadgetnya, sepedanya, orangnya keren semua nih..🙂

    • khalil logomotif Says:

      Keren semua atau jadi jadian semua? Hahaha…
      Sabtu sudah selesai mas Cosmic…saatnya nyepeda kewarung kapucino…malming yuuk!
      Coba kalau kita tinggalnya deketan, pasti sering ketemuan yak…

      • cosmic_eargasm Says:

        hahaha.. asal jangan jadi-jadian yg seperti di dunia lain Mas Khalil.. :-p

        iya nih.. kalo deketan pasti tiap hari ketemuan.. bikin jealous istri tuh hahahahahahaha… malming nggak kemana2 nih Mas..

  4. herman Says:

    Mas Khalil, paling suka saya lihat gadget dengan tampilan kaset…keren Mas…

    • khalil logomotif Says:

      App gratisan mas..namanya aircassette. Saya juga ada dapet..gratis tentunya…keibord dgn suara persis sprti moog, hammond, melotron dan organ hardrock..katanya j rudes klw iseng, suka maenin app itu di phonenya

  5. Kristanto Says:

    Bajakan mp3 bisa dgn gambang diperoleh di pasar2 kaget bahkan mall dgn harga dibawah 10 ribu udah dapet ratusan lagu.
    Karena kelakuan aneh2 kayak mas Khalil inilah yang menjadikan harga kaset Yess mencapai 100 ribu, hehehe …

  6. DananG Says:

    Menarik aplikasi Aircassette ini mas Khalil, sayang lom nemu di Android..

    • khalil logomotif Says:

      Stau saya Yg andro jg ada yg begituan mas, tp saya ngga tau apa nama aplikasinya

      • DananG Says:

        ternyata sudah ada beberapa app mas Khalil, dan saya sudah install yg Retro Tape Deck…
        Sayang gak bisa fwd/rev pakai pinsil..:) terima kasih

      • DananG Says:

        Ini tampilan saat memutar Bohemian rhapsody…

      • khalil logomotif Says:

        Wuuaah…mantapjaya…saya ketawaketiwi ngliat foto di fb mas DananG. Coba kalau kita bikin app pemutar musik yg gambarnya kaset yess, perina dan lainnya, dan jual hanya sedolar aja (free for gemblunger) ..wah pasti seindonesia pada beli mas… Dan dimusuhin lapaker seindonesia…

      • DananG Says:

        hahahaha, ide yang mantab…..apalagi kalo bisa ngenalin no seri kasetnya sekalian…jadi pas muter Tom sawyer dan memilih skin YESS, apps langsung memunculkan skin YESS no kaset 335 album Moving Picture…hahahahahaha

      • khalil logomotif Says:

        Itu layanan untuk yg bayar premium mas. Khusus gemblunger boleh deh di freemium kan.
        Mas DananG, dimuat disini juga dong fotonya….unik mas, sebab kasetnya keliatan full (saya punya ngga full)… sekalian ngomporin tuan tanah blog gemblung ini…

Leave a Reply

