King Crimson “Discipline” by Yess

image

Pertama kali dengar album ini di markas Yess jalan Veteran pada tahun 1981 saya mangkel banget karena salah satu pelopor progrock kondang ini kok melakukan perubahan musiknya secara mendasar. Saya ungkapkan kekesalan saya itu ke Ihok dan Ian Arliandy. Mereka cuman senyum saja yang justru membuat saya tambah jengkel sambil bergumam ‘apa kalian udah GPB (gak prog blas)!’ ….

Akhirnya kaset ini cuman saya taruh aja di rak kaset buat pajangan di kamar kos saya di daerah Kubangsari, Sekeloa, Bandung. Cukup lama saya jothakan sama KC gara2 album gak jelas dan memalukan ini. Mana tuh kegarangan 21st Century of Schizoid Man atau uniknya Cat Food atau melayangnya Starless atau kerennya The Great Deceiver atau lembut dan nunjeknya ke ulu ati Moonchild atau Book of Saturday!!! Geblek! Suwebel pol aku sama Adrian Belew yang ngerusak KC! Prèk! Ora sudi! Ora ngrungokno KC yo ra patheken! (Masiyo saat itu Fish belum melahirkan Script). Wis embuh karepmu kono! Go to hell KC! Pokoke muwangkel pol saya …. rasanya mau saya banting aja kaset ini. Musiknya gak akademis blas,  banyak repetisi.

……. ……

Syahdan setelah beberapa bulan …dan setelah sedikit tercemari gelombang new wave …. sedikit demi sedikit saya mulai appreciate album ini mulai dari Elephant Talk yang menurut saya musiknya lugah alias lucu namun gagah. Lha kok? Lucu karena kayaknya ini musik dan gaya nyanyinya slèngèkan agak humor gitu dan ada bunyi gajah yang unik dan membuat saya nguakak pol. Gagah karena dentuman snare dan tom Bruford bener2 dahzyat dibalut sama buletnya stick Tony Levin. Whooooaaaa …. ternyata lagu ini nikmat dan menyegarkan otak karena lucu. Ha ha ha ha…. jarene prog…. kok lucu????

Selain itu Frame by Frame juga indah …juga Thela Hun Ginjeet yang unik juga …. wah …jadinya dahzyat nih album…hahahaha …. saya jadi isin karena tadinya menghujat kok jadi seneng… Begitulah dinamika musik prog. Oh ya ….lagu Indiscipline itu keren lho secara komposisi dan juga bagus buat ngetes bagus tidaknya sound system.

Album ini sekaligus merupakan tonggak baru arah musik King Crimson ….

Bagaimana album ini menurut temen2 gemblungers?

27 Responses to “King Crimson “Discipline” by Yess”

  1. cosmic_eargasm Says:

    Lhaa ini dia album trilogi KC sblm ThRak di th 1995.
    Sama pol dgn pengalaman MasGW tentang album ini.. itupun saya cuekin lama bgt kasetnya. Trus wkt itu secara nggak sengaja dengerin kaset Talking Head punya teman, eh ternyata ada Adrian Belew disini yg sblmnya sempat gabung dgn FZ. lama2 dpt the best nya Talking Head, didengerin lama2 kok sepertinya pernah dengar style musiknya. Dan ternyata ada di “Discipline” tsb, tp dgn style yg jauh lbh ngeprog. Suara gajah dr Belew di “Elephant Talk” termasuk canggih menurut sy, itu tahun 81 lho, yg pada dekade berikutnya bnyk gitaris shredder menggunakan sound serupa walau nggak persis. Memang, musik KC itu mendahului jamannya. Benar, seperti yg pernah dikatakan oleh Bill BrufordPada lagu “Discipline” teknik picking gitarannya Fripp gila banget! cepat dan jelas artikulasinya yg dimainkan dgn teknik stacatto. Logo icon “Discipline” yg ngeprog kelak digunakan sbg icon Discipline Global Mobile.

    • Gatot Widayanto Says:

      mas Cosmic

      Sebenernya di tahun terbitnya album ini saya masih belum sreg mengingat saya menyayangkan lagu2 seperti Starless atau Easy Money rasanya setelah album ini tak akan bisa muncul lagi karena rohnya udah beda. Saya bener2 merasa nancep sama album ini saat saya beli laser disc KC Live in Japan tahun 84. Di situ saya tercengang melihat dahzyatnya live performance mereka. Saat itu album Three of a Perfect Pair sdh terbit sehingga saya tertegun dengan lagu Industry yang instrumental namun magis banget ….

      Mari kita bahas bersama King Crimson nan unik ini …..

      Nama album ini kemudian juga menjadi nama band prog nan keren.

      Pokoknya ini tonggak dah dalam perjalanan musik prog maupun KC sendiri ….

      Gatot Widayanto

  2. cosmic_eargasm Says:

    Saya pernah liat cuplikan live nya KC di youtube, kalo nggak salah tahun 1969 di Hyde Park. Band lainnya yg main salah satunya ada The Rolling Stone.
    Nah, pas giliran KC membawakan “21st Schizoid Man”, saya liat penonton pada diem, bingung dan nggak bergeming.. pokoknya lain dgn pas Mick Jagger cs perform.
    Menurut sy, disinilah musik KC memang dari awal sangat dahsyat dan beda dgn band2 kebanyakan di jamannya, walau band prog sekalipun.. dan sekali lagi, musik KC memang betul2 mendahului jamannya. Di tahun 1969 sdh bisa bikin musik yg bahkan kalo didengar skrngpun msh terasa up to date..
    Oya, di album “Discipline”, Bruford bnyk memainkan drum elektrik, tanpa meninggalkan style permainannya yg terasa modern dgn permainan bass dan stick nya Levin serta style gitar nya Belew yg khas dan salah satunya terkenal dgn trade mark nya menirukan suara binatang seperti suara badak, gajah dll. Fripp sebagai otak nya KC memang sangat jenius!!!

  3. cosmic_eargasm Says:

    Salah satu band baru yang disukai Robert Fripp adalah TOOL. Menurut sy, band ini jg keren dan musiknya mempunyai style dan ciri khas yg tidak dipunyai oleh band lain. Fripp sempat mengajak Tool untuk tour bareng KC di beberapa tempat. Salah satu fans beratnya KC adalah Steven Wilson, gitaris dan vokalis Porcupine Tree, beberapa tahun yll, drummernya PT malah ditarik oleh KC utk memperkuat line-up nya menggantikan Bruford. Album solonya Gavin Harrison dgn bandnya, O5ric jg bagus sekali menurut saya. Band2 prog era skrng terhitung banyak jg yg terpengaruh oleh style musiknya KC yg memang sangat “eclectic” sekali. Diluar itu, sy suka dgn artworknya album2 live atau boxset nya KC, unik dan beda sendiri.. Sayang, KC nggak punya font logo yg khas, seperti Yes, Kansas, Asia dll..
    Malah Koes Plus punya font logo yg khas dan klasik, padahal itu band lawas n djadoel lho..
    Nggak nyambung ya?? hahahaha..

    • Gatot Widayanto Says:

      Saya juga penggemar TOOL mas. Rick Wakeman juga suka Tool. Rasanya saya cukup mengikuti album2nya Tool. Yang saya suka album 10000 Days. Keren banget. Memang ada warna KC nya sih …

      Ntar saya musti buka koleksi Tool saya dulu …. udah lama gak putet cd nya ….

      Gatot Widayanto

  4. cosmic_eargasm Says:

    Nah iya Mas GW, sy jg pernah liat live nya yg di Jepang itu, tp ya lupa2 ingat. Sy ingat pas Bruford dan Belew main perkusi bareng..
    Di antara album trilogi KC yg sy jarang dengar dan kurang suka cuma “Beat” saja. “Three of A Perfect Pair” keren. di bagian interlude nya lagu tsb ada gaya Zappa nya yg saya paling suka, kesannya seperti pita kusut hahahaha. ada lagi “Larks Tongue in Aspic pt.2” yg modern. Kaset Yess nya tambahannya ada “I Advance Masked” albumnya Robert Fripp bersama Andy Summer yg unik dan asyik jg..

  5. cosmic_eargasm Says:

    iya Mas GW, nama “Discipline” dipakai oleh salah satu band prog era skrng, dan ada 1 lagi band hardcore yg pakai nama ini.

    Betul sekali, “Discipline” jg bs disebut sebagai tonggak musik prog secara global(tanpa menyebut sub-genre nya), dan yg pasti jg merupakan tonggak perubahan style musik KC sblm album ThRak yg susunan line-up nya unik, dobel bass (Levin & Gunn), dobel gitar (Belew & Fripp) dan dobel drums (Bruford & Masteloto).
    Saya juga suka sekali dgn album2 solonya TREY GUNN yg kadang main “Warr Guitar” jg, seperti yg dimainkan di album avant/experiment nya KC, ThRakKaTTaK.

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Cosmic

      Fripp tak sekedar genius main gitar namun juga seorang ahli pemasaran yang ulung. Yang menyebabkan nama KC tetap berkibar hingga kini ya karena positioning strategy nya Fripp. Di salah satu review saya ttg album KC di progarchives saya pernah memujinya dalam hal ini. Coba saja baca interview di internet bersama Fripp, pasti akan tercengang dengan uraian tutur kata mantab yg ia ucapkan.

      DOUBLE TRIO adalah istilah top dan brilian yang ia gunakan untuk menamakan KC dengan format semuanya dua. Beberapa tahun lalu istilah ini mencuat gagah di media prog termasuk majalah Progression yg top itu. Saya sendiri amazed dg format double trio terutama dengan instrumen bass yang lazimnya selalu satu musisi. Wah kerren bangettt ….

      Gatot Widayanto

  6. cosmic_eargasm Says:

    Kalau nggak salah, Fripp adalah seorang sarjana ekonomi Mas GW.. Tentang pemasaran dan strategi yg bgs yg diterapkan pada KC kemungkinan besar ya dari ilmu perekonomiannya. Seperti Brian May yg sarjana elektro, kelak May bisa memodifikasi gitarnya sendiri yg bisa menghasilkan sound seperti cello dan menjadikan trade mark nya bersama Queen. Wah iya, sy jg lama nggak dengerin Tool Mas.. “Lateralus” seingat sy yg paling ngetop. 10000 days itu bgs jg seingat sy.
    Wah, thanks infonya mengenai interview with Fripp nya Mas. Cb nanti sy buka2. iya, nama format line-up KC Double Trio memang keren bgt dan nggak lazim. pada bass Levin. pada chapman stick Gunn, kadang dibalik. Kalo dobel drums sudah dilakukan KC di era album “Larks Tongue in Aspic” Bruford duet dgn Jamie Muir yg seringnya main perkusi.
    Btw, Mas GW pernah tanya2 Fripp nggak soal kenapa KC sudah cukup lama nggak rilis album?

  7. Kristanto Says:

    Kenal pertama kali dengan KC ya lewat album Discipline ini, di album ini saya cuma suka track ke-2 side A “Frame by Frame” dan pembuka side B, “Matte Kudasai” …
    Kalau bukan rilisan Yess, mungkin ngga akan saya koleksi hehehe …

    • Gatot Widayanto Says:

      Setelah itu flash back gak mas Kris?

      Layak coba tuh Easy Money…. top banget tuh lagu. Jelas sekali Bruford itu pencuri tulen …. pencuri ketukan!

      Coba simak dah ….dijamin ngguweblak!!!

      Gatot Widayanto

  8. Kristanto Says:

    Flash back saya kejauhan mas, ke “In the court …”, btw Easy Money dari album yang mana yo mas ?

  9. cosmic_eargasm Says:

    Mas Kris, “Easy Money” dari album “Larks Tongue in Aspic”, album KC pertama bersama John Wetton, bassist sejuta band hehehe..

    Betul istilahnya Mas GW tentang Bruford tuh.. hahahaha.Memang , kalo sy liat, Bruford cenderung enjoy di KC dgn segala ‘kegilaan’ musiknya.. semua skill permainannya dan hobinya yg main drums nggak pas dgn ketukan itu bisa tercurahkan dgn total di KC ini

    • khalil logomotif Says:

      Mas Cosmic…coba tebak, dikaver itu, talinya satu, dua atau tiga?

      • cosmic_eargasm Says:

        1 Mas .. emang ada berapa? hehe

      • khalil logomotif Says:

        Bener bener dah….sampe yg segitu uncovered jg tau…mantaaappp mas Cosmic…saluuutt saya.
        Eniwe..saya lagi kecanduan denger 80 dan 90 hairy metal neh… Vince neil, steve perry, msg yg mc auli, nelson, son of angel, steelheart….jade muda lage neh…

  10. cosmic_eargasm Says:

    Hahaha.. tali itu kan tipuan mata saja Mas..

    Wah asyik Mas Khalil.. yg sy kelewatan yg Son of Angel dan Jade..
    Saya malah lumayan lama nggak dengerin hair metal nih.. Poison yg “Native Tongue” jg keren, gitarisnya Richie Kotzen.. David Lee Roth Band asyik jg lho 2 album pertamanya Mas. Yg main gitar Steve Vai, yg ngebas Billy Sheehan sblm membentuk Mr.Big. Sy msh nyimpan kasetnya sepertinya.. Oya, Von Groove, Slaughter, Dokken keren jg itu Mas

    • khalil logomotif Says:

      Jaman jaman saya kecanduan itu, geng kampungan saya namanya de brandal….sok sok an celana ketat koyak koyak plus tisert itam…susahnya minta ampuuun klw lg kebelet pipis….wah jaman yg indah..tanpa henpon, fesbuk, imeil, no deadline, tanpa senyum munafik..suka ya suka..ngga ya ngga..kayaknya ngejalanin setiap hari..ngga ada takutnya! Saya akan inget terus jaman itu….
      Dulu saya juga ngikutin lee roth..ada satu lagu yg suka banget dan diulang ulang..lupa judulnya..kayak kayak regge gitu…ada rap nya dikit…
      Kalau vai, saya demen banget waktu barengan di waitsneik. Native tongue itu yg dgn vokalis baru bukan (lupa)..klw gak salah ada lagu yg judulnya huligan apa gitu…holidei huligan?….suka banget saya sama yg itu…slaugter yg sampe sekarang berbekas dalem banget…setret of broken hert…trus disambung dgn simponi of destrakshen nya megadet
      Saat ini..saya belum ngumpulin semua yg dulu pernah didenger…banyak lupa judulnya mas…samdei nanti..

      Lah..kok dari kc ngawurnya jadi hairy metal…suorri…now..back to kc everybody…

      • Gatot Widayanto Says:

        Jaman nya mas Khalil, kalau kena saya ya periode 76 – 79 saat SMA (ketahuan tua-nya ….ha ha ha ….) …. Paling gila ya pas kelas 1 sd 2 SMA karena gak ada beban. Begitu kelas 3, sutris mikir ujian akhir dan mau kuliah dimana …. Wah ….jaman paling tegang sepanjang masa hidup saya tuh …. Untung ada pengunduran 6 bulan karena perubahan semester pendidikan. Alhamdulillah 6 bulan bisa buat ngoprak-aprik soal2 SKALU sambil menikmati radio Dji Sam Soe atau nyetel kaset2 prog seperti JT, Focus, Yes …. Saat itu jarang punya rekaman Yess…. Tapi tiap hari tidur jam 4, tahajud trus subuhnya jam 6 …. Jam 7 masuk sekolah. Tiap hari gitu terus selama 6 bulan terakhir ….

        What a life! What a stressful yet proggin’ life !

        Makanya saya berhutang budi sama musik prog dan juga classic rock karena mereka setia menemani saya belajar tiap malam sampe dini hari …..

        Lagi mengingat …saat itu kaset apa aja yang saya setel selain mendengarkan radio Dji Sam Soe ….

        Powered by Telkomsel BlackBerry®

    • cosmic_eargasm Says:

      tentang celana ketat memang sempat jd trend di 80 an.. masukinnya pakai tas plastik yaMas sebelum ada celana stretch yg molor klo dipakai walo ketat.
      70an ngetop dgn cut bray yg saat itu sdh cukup keren kalo memakainya..

      • cosmic_eargasm Says:

        hahahaha. asyik banget pengalaman masa lalunya yg indah ya Mas Khalil dan Mas GW..
        SKALU itu old-skul banget..

  11. pur Says:

    album dahsyaaaat ini. duet levin-bruford superkeren–liat dan tricky.

  12. consulting marketplace Says:

    Wonderful thoughts. will try to come back to this blog again

  13. Koh Win Says:

    Saya dapat kuliah dhuha di angkringan kopi pahit sambil menikmati kacang oncek, dosen yang memberi mata kuliah album ”Discipline” adalah suhu GW, setelah itu saya nikmati album yang sebelumnya gak saya kenal ini, apalagi di album nya Transatlantic Kaleidoscope lagu Indiscipline dicover dengan sangat keren….whoaaaah….

    • Gatot Widayanto Says:

      Whoa ha ha ha ha …. Kopi angkringan Klaten itu nuansamatik jadinya ya … ha ha ha ….
      Album Discipline memang tonggak baru musik KC. Memang KC gak pernah sama dan selalu meggeliat dengan format musik aneh2 . Coba simak The Power to Believe yang juga aneh musiknya. Album THRAK dan VROOM juga unik … Wis pokoke prog tenan kuwi KC!

      * lagi di Bandung nih …kalau sempet mau ketemu Ian juga ah … he he he … *

Leave a Reply

