Unofficial Mini ProgRing: Hibah Kaset dari Mas Yuddi

By Hippienov

Ola, it’s me again… Jumpa lagi Mas G dan rekan-rekan semua yang baik hati dan tidak sombong… Sedikit mau sharing cerita tentang sekotak kaset tua nan nuansamatik yang belum lama dihibahkan oleh Mas Yuddi kepadaku. Semoga tret ringan ini bisa sedikit menghibur rekan-rekan semua…

Sekitar dua minggu lalu, kira-kira pada hari Selasa malam hape ku kembali berbunyi, walah… kok panggilan kerja malem-malem gini pikirku… Ternyata SMS dari Mas Yuddi menawarkan sejumlah koleksi kaset beliau untuk dihibahkan kepadaku. Tapi Mas Yuddi menambahkan kalau kondisi kaset-kaset tersebut terutama pada sampulnya sudah banyak yang rusak termakan usia dan rayap. Walah…mboten nopo-nopo mas, no problemo… Naluri “loak-er” dan sindrom kasetipus complex ku langsung menjerit, melonjak kegirangan. Gak masalah apapun kondisinya justru ini yang asik, repair dan restorasi kaset jadul nuansamatik sungguh menghanyutkan. Toh sekarang ini aku sedang nganggur jadi aku anggap ini sebagai pekerjaan yang serius, hanya sayang kerjaan sukarela gak ada yang gaji, hahaha…

Singkat kata, Mas Yuddi menawarkan untuk malam itu (Selasa) bertemu di Kampus UI Depok karena kebetulan beliau akan meluncur kesana tapi sayang aku sedang ada acara (pengacara-pengangguran banyak acara) dan sedang tidak ada di rumah. Lalu aku tawarkan diri untuk mampir ke kantor beliau pada keesokan harinya. Setelah confirmed, esok harinya aku meluncur ke kantor Mas Yuddi di daerah Tebet dan pertemuan waktu itu sangat fun…walau tidak ada kios kaset loak tapi obrolan kita gak pernah lepas dari soal musik, kaset. cd, ph, album-album progclaro lawas serta kenangan masa lampau yang nuansamatik. Tak terasa waktu berlalu cepat dan kitapun harus mengakhiri “prog-ring” ini karena Mas Yuddi harus segera kembali beraktivitas. Akupun segera pulang dengan sekotak kaset yang akan jadi tugas nuansamatikku, dan jadilah pertemuan singkat ini semacam “unofficial mini prog-gathering between two lost souls…loh? hehehe…bukan lost souls, tapi two living in the past gemblungers… wakakakak…

image

Dari sekian banyak kaset yang dihibahkan, sampai saat ini sudah selesai di-restor sekitar 12 kaset termasuk diantaranya kaset Frank Zappa-Sheikh Yerbouti, GFR-Survival, Kate Bush-Wuthering Heights, Olivia Newton-John-The Best, Roger Daltrey-Best of Rockers and Ballads, Doobie Brothers-Best Of, Uriah Heep-Very Best Of, Queen-A Day At The Races, Jethro Tull-War Child dan Ozzy Osbourne-Blizzard of Ozz. Dan proses restorasi (clean up) kaset jadul masih terus berlangsung, beberapa kaset yang sampulnya sudah rusak parah dan tidak bisa diselamatkan lagi aku carikan sampul/gambar yang mirip hasil googling dan kemudian aku cetak untuk dijadikan sampul kaset “baru”. Ada pula yang hanya cukup aku ganti foto sampul depannya saja. Soal kualitas rekaman meskipun hampir semua kaset berasal dari era 70-80an (ada “sign” Mas Yuddi di salah satu kaset dari tahun 1978…wow…) beberapa masih sangat joss alias kemricing setelah di-detox namun jujur ada juga yang sudah tidak maksimal lagi suaranya. Ini bukan masalah karena buatku adalah suatu penghargaan dan kehormatan dihibahkan kaset-kaset yang meskipun sudah tidak berpenampilan elok lagi namun setiap kasetnya seperti kata Mas Yuddi “punya cerita masing-masing dan ada memory nya”. Sebuah kepercayaan yang diberikan Mas Yuddi padaku.

O ya, kejadian yang cukup lucu saat ada kaset yang sudah tidak bersampul lagi tapi di kotak pitanya tertulis Queen II. Saat ketemu mas Yuddi beliau bilang ini kaset bagus, album Queen II yang jarang itu. Walah sueneng banget bisa dapet kaset album ini. Dalam hati aku sudah niat untuk googling nyari gambar yang pas untuk aku jadikan sampul “baru” kasetnya. Nah pas aku coba test (sebelum di-detox) aku kaget campur geli namun berakhir bahagia karena ternyata kaset “Queen II” ini berisi pita lagu anak-anak tempo dulu yang menurut mas Yuddi (setelah aku konfirmasi) jauh sebelum masanya Chica Koeswoyo, wakakakak… Sedikit kecewa awalnya karena semua anganku musnah, gagal dapet kaset Queen II tapi ternyata kaset ini malah jadi kaset favourite anak dan keponakanku. Akupun suka kaset ini karena sudah lama juga aku cari kaset lagu anak-anak rekaman jaman dulu untuk anakku dan ternyata aku dapat diantara tumpukan kaset hibahan dari Mas Yuddi, ain’t life so strange? Untuk mas Yuddi, matursuwun mas untuk semua kaset-kasetnya… Ada lagi? hahaha…

Demikian cerita ringan ini kutulis, semoga bisa sedikit membawa keceriaan di akhir pekan, dan jika semua kaset sudah selesai dibersihkan, aku berencana untuk meng-email lapsing beserta foto (kaset-kaset tersebut setelah dibersihkan) ke Mas G… Semoga bisa cepat rampung “project” kaset jadul ini, hehehe… See you next time, ladies and gentlemen….

Untuk Mas G seperti biasa matursuwun untuk waktu dan kesempatan yang diberikan serta untuk kesudiannya meng-upload tulisanku ini.

…nothing’s gonna change my world… hippienov

29 Responses to “Unofficial Mini ProgRing: Hibah Kaset dari Mas Yuddi”

  1. Kristanto Says:

    Mas Hippienov, nomor Wuthering Heights oleh Kate Bush yang vocalnya unik itu sangat nuansamatik, konon David Gilmour dan Andrew Powell juga ikut menggarap albumnya.
    Nomor nuansamatik lainnya tentunya dari band Doobie Brothers, “Listen to the music” ……

  2. khalil logomotif Says:

    What a lucky man you are….

  3. hippienov Says:

    Met pg mas Kris,iya mas seneng banget dapat Kate Bush “wuthering heights”. Dulu aku suka denger diputar di M97 mas. Kalo ndak salah di side B kaset itu disisipin pula beberapa lagu Gilmour. Keren.. Suara rekamannya juga masih cukup ok mas.
    Yang juga unik GFR-Survival mas. Sayang sampulnya bener2 hancur, tp kayaknya model Aquarius “hitam-putih”.

  4. hippienov Says:

    Iya mas Khalil, seperti ketiban bintang dari langit😀
    Andai nasib karirku juga begini mas..gak seperti sekarang bagai “jatuh dari tangga, ketiban tangga sendiri, benjut, ditertawakan, terinjak orang lewat dan malah dimarahin orang lewat pula..😀

    O ya, tapi mas Khalil kaset2 itu ndak langsung ready disetel, harus di bersihkan dulu satu per satu, di-detox. Ada yg terus jadi bagus tp ada pula yg tetep dominan mendemnya. Cuma ya asik ngerjainnya mas, harus sabar kayak orang mancing,he3..

  5. herman Says:

    Kepada Mas Hippienov :
    Kami sekeluarga mengucapkan Selamat Berbahagia telah mendapatkan hibah kaset full nuansamatik 70-an n 80-an…….
    @ Mas Yuddi….saya juga pernah mengalami kaset2 dikerubuti rayap….sebetulnya yang dimakan rayap laci tempat menyimpan tapi kasetnya juga buat bersarang……mungkin karena sampulnya dari kertas…..berbahagialah yang dapat menyimpan kaset terhindar dari rayap….konon tanah Jakarta termasuk daerah yang kandungan rayapnya tinggi…

    • Gatot Widayanto Says:

      Sakjane yen nganti dirubung rayap kuwi jenenge sing nduwe ora ngurus blas utawa ora nuansamatik …. Mosok warisan bangsa dibiarkan dirubung rayap. Wong dirubung semut wae mestine dilindungi owk …. Kompor sumbu 24 disumet …BUL!!!!

      Qi qi qi qi …..

      Mas Hippienov

      Selamat ya mendapat warisan anak bangsa…. Yang menarik bagi saya ya Nirwana LP series …(Semoga gak terdengar oleh lapaqers …karena bisa jadi harganya skyrocketting ….bukan skyline piegeon lagi ….seperti tragedi kaset item-putih ….)

      Jaman dulu saya aras2en beli LP Series karena rugi, bukan C60 dan kehilangan bonus B-Side Group …kenal Gentle Giant ya dari B-side soalnya ….

      Namun sekarang ….(Gak jadi ngomong ah …ntar kebaca sama The Lapaques ….)

      He he he ….

      (Nulis komen ini dari dalam angkot)

    • yuddi Says:

      Ya mas Herman sy juga tidak menyangka, krn sampai awal ’90an kaset2 itu masih bagus semua.

  6. hippienov Says:

    Matursuwun mas Herman🙂
    Yg bikin asik saat ngebersihin kaset2 itu mas,dari yg tadinya penuh bekas rayap dan rusak sampul/covernya sampai akhirnya bisa siap setel lagi. Seneng rasanya ketika satu demi satu kaset itu selesai direstorasi.

  7. gt Says:

    Ma’af mau numpang ya…Selamat Ultah untuk Pak Hendrik Worotikan,sehat selalu ya..

  8. hippienov Says:

    Iya mas G,sepertinya tiap kata yg muncul di blog ini selalu dicermati dgn teliti oleh teman2 “the lapaq-ers” dan berikutnya.. boom..harga kaset jadul meroket bak harga bahan baku tempe/tahu😀
    Harusnya jika berkenan pak menteri Gita juga turun sidak nich ke lapak2 kaset jadul sekalian berusaha meredam gejolak kenaikan harga perkasetan loak,he3..

  9. hippienov Says:

    Happy birthday mas Hendrik, panjang umur, murah rejeki, sehat dan sukses selalu.. Ditunggu traktirannya nich😀

  10. cosmic_eargasm Says:

    wah keren2 kasetnya Mas.. terutama Sheik Yeirbotti” nya..

    unofficial mini progring berarti semi bootleg ya Mas hehehehe?

    @Mas Hendrik: Happy B’day ya.. semoga panjang umur dan sehat selalu.. lama nggak keliatan di blog super gemblunk ini ya Mas..

  11. cosmic_eargasm Says:

    Mas Hippienov, “Wuthering Height” lagu wajib bagi siapapun jg.lagu2 lain di album “Kick Inside”ini jg keren2.. Gilmour memang yg ‘menemukan’ Bush ini. dulu kst sy rekaman Team-Golden Series, sepertinya Mas Eddy Irawan jg punya..
    Selain itu, “Wuthering Height” ini saya suka sekali waktu dibawakan ulang oleh ANGRA, band progmet dari Brazil. vokalnya Andre Matos begitu dahsyat di lagu ini..
    Dan lg, “Wuthering Height” jg dipakai namanya oleh salah satu band metal baru. Tapi sy kurang suka lagu2nya..
    GFR ada jg albumnya yg feat. Frank Zappa, “Good Singin’ Good Playin'” dulu kstnya kbnykn rekaman Aquarius Perina.
    JT “Warchild” rare itu Mas. Sy dulu nggak pernah punya. Dooie Bro sy jg nggak ngikutin, padahal lumayan ngetop band itu. Ada Olivia NJ jg yg dulu sempat ngetrend jg dgn John Travolta hee.. Waw! ada Randy Rhoads jg di “Blizzards of Ozz”.Teknik permainannya bnyk dijadikan standart kurikulum di GIT(Guitar Institute of Tehnology) USA.

  12. hippienov Says:

    He3..iya mas Cosmic semi bootleg..😀

    Menurut mas Yuddhi kaset JT ini rekaman th 75 mas..aku baru netes ke dunia..he3..
    Aku paling seneng sama wuthering heights Kate Bush.asik banget cara dia nyanyi. Ak beli album “aerial” kalo gak salah dan juga unik walau gaya nyanyinya gak seperti wuthering heights.
    Uriah heep-the best yg unik jg mas.ada lagu solo Byron dan Hensley dimasukin juga,padahal judulnya the very best of uriah heep,he3

  13. cosmic_eargasm Says:

    Angra album “Angel Cry” kalo nggak salah Mas. Sy suka ke 2 nya, apalagi vokal nya Kate jg unik bgt. “Moving”, “L’amour Looks Something Good” favorit sy jg Mas Hippie.
    “Warchild” tahun 75 ya Mas.Sy lupa.Tp memang nggak direkam Yess. Bnyk jg kok album JT yg nggak direkam Yess. “Ministrel of Gallery” by MonaLisa, “Stormwatch” by Private Coll dll. Wah yg memasukkan solonya Byron dan Hensley ke the best UH terlalu kreatif tuh Mas hehehe. Sy kok blm pernah liat kasetnya THE GODS dan TOE FAT, band nya Ken Hensley sblm UH. WEED dan HEADMACHINE bandnya Hensley blm pernah liat kasetnya jg. Apa nggakada ya?

  14. yuddi Says:

    mas Hippie, saya harus berterima-kasih kepada mas krn mau merestorasi dan merawat kaset2 tsb.
    kalau kata Ken Hensley di sampul ‘Demon & Wizzard’ : your pleasure is my reward.

    • cosmic_eargasm Says:

      di sebelah mana ya MAs Yuddi? saya nyimpan vinylnya tp kok nggak ada tulisan itu..

      thanks..

    • yuddi Says:

      mas Cos, sampul dalam yg ada foto2 recording session nya kan di situ ada tulisan2 spt ‘foreword’ lah kalau buku. Ttp spt juga buka LP ada yg versi hard cover ( kalau di LP yg spt album) dan versi ‘paper back’ (di LP yg spt kantung saja), punya mas yg mana?

      • cosmic_eargasm Says:

        wah.. sepertinya bener2 nggak ada nih Mas Yuddi.. tp belum saya bongkar kardus yg satunya sih.. moga saja msh ada.. malah nemu beberapa vinyl sisa2 koleksi saya dulu nih..

  15. Hendrik Worotikan Says:

    Baru buka blog lagi dan ada ucapan ultah buat sy dari mas gt, mas G, mas Hippie dan bro Cosmic. Untuk itu sy haturkan banyak terima kasih atas perhatiannya. Semoga kita semua diberikan nikmat sehat dan sukses senantiasa. Amin.

  16. herman Says:

    Biar telat, Met Ultah juga Mas Hendrik….semoga sehat2 selalu….

  17. hippienov Says:

    Sama2 mas Yuddi,aku yg lebih matursuwun diberi kepercayaan merawat kaset2 mas. Sampai semalam tinggal 2 kaset tersisa yg belum direstor (heep-selection dan satu lagi ronnie apa gitu yg sampulnya ketukar dgn jefferson starship :-D)

  18. cosmic_eargasm Says:

    Mas Yuddi, vinyl sy yg hardcover, tapi ternyata sy cari2 kok nggak ada ya.. koleksi sy berantakan Mas, gara2 blog super gemblunk ini, sy jd agak sering bongkar2.. Vinyl sy dl jg bnyk yg dibeli temen sy, seperti kaset sy jg..😦
    Kalo UH nya nggak ketemu, berarti ya sudah katut terjual dulu..

    Thanks infonya Mas Yuddi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: