Jack & Indra Lesmana Quartet “Children of Fantasy”

image


Ide menutar kaset ini terinspirasi oleh postingan mas Cosmic tentang Chick Corea ‘My Spanish Heart’ beberapa hari lalu. Tentu, tujuan menikmati kaset yang saya beli sejak November 1981 ini bukan untuk mwbyandingkan dengan virtuositas Chick Corea. Meski demikian,  permainan piano Indra sungguh menawan menilik usianya saat itu yangmasih menjelang remaja.

Yang saya suka dari album ini adalah rekaman kasetnya yang bagus selain musiknya yang menawan. Memang tak bisa digolongkan prog namun main musiknya keren banget. Lagu pembuka Children of Fantasy memang layak disebut sebagai komposisi yang matang dengan komposisi musik yang memungkinkan setiap anggota band mengisi sesuai dengan instrumentnya. Tak hanya Indra mendominasi dengan permainan pianonya yang inovatif namun juga peran James Marrison sebagai peniup brass juga banyak permainan improvisasi sepanjang lagu. Karim pun diberi kesempatan memainkan drums nya solo di tengah lagu. Sebuah etalase musik nan menawan.

Dalam nomor2 selanjutnya seperti Coronado dan Venus terlihat setiap pemain berkontribusi positif menghasilkan suatu komposisi yang tak hanya enak di telinga namun juga memuaskan. Pada nomer Movin’ terlihat jelas bahwa kuartet ini tak memalukan bila disandingkan dengan band  internasional,  bahkan dengan Chick Corea sekalipun !

Hampir bisa dikatakan bahwa album ini bagus karena musisinya all out menghasilkan yang terbaik meski hasilnya masih bisa dioptimalkan.

image

Salam

11 Responses to “Jack & Indra Lesmana Quartet “Children of Fantasy””

  1. cosmic_eargasm Says:

    Wah.. sy malah belum dengar lagu2nya, tapi pernah tau album ini. Kasetnya termasuk susah didapatkan.. Alm. Jack Lesmana salah satu musisi legendaris Indonesia yg memang berkelas internasional dan berhasil mendidik bakat musikal Indra Lesmana yg menjadikannya salah satu kibordis legendaris jg kelak..

    Thanks share nya Mas GW.. jadi ingat kaset Java Jazz nih.. tp skrng jg sdh nggak ada.

    • Gatot Widayanto Says:

      Jujur saja tadinya saya gak tertarik beli kaset ini dulu …. Tapi karena pas dicoba rekamannya bagus banget (meski side A azymuth nya gak pas) saya beli aja. Eh … musiknya bener2 berkelas lho!

      * * *Gatot Widayanto*

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Cosmic,

      Kasetnya saya sering lihat dijual kok mas ….kalau gak salah di bang Oman Blok M Square juga ada kok mas … Lumayan banyak dan gak langka. Saya rasa cukup Rp. 15 ribu udah dapet. Kalau yg saya punya memang saya miliki sejak 1981 … he he he … Sayang kalau dijual …

      * * *Gatot Widayanto*

  2. Rizki Says:

    Saya dulu memiliki kaset ini karena menonton konsernya di teater terbuka TIM yang membuat saya kagum atas permainan Indra dan Karim. Lagu Children of Fantasy hingga sekarang masih menjadi salah satu lagu favorit saya.  

    Top sekali Mas Gatot memiliki kaset ini dengan kondisi yang mulus dan terawat dengan baik.

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Rizki,

      Iya mas … kaset yang saya beli dari dulu sebagian besar saya rawat dengan baik mas, dan ternyata terbukti 32 tahun kemudian masih bagus sekali kualitas suaranya. Saya nyetel dalam posisi volume kenceng banget dan nyaman di kuping ….

      * * *Gatot Widayanto*

  3. cosmic_eargasm Says:

    Mas GW, iya, kaset ini sering sy lihat dan memang nggak begitu susah dptnya. Dihargai murah mungkin dikiranya Indra Lesmana main pop. Tp nggak tau lg kalo sudah dibahas disini. Moga2 harganya msh tetap bersahabat. Thanks infonya Mas..

    Mas Rizki memang yg termasuk rajin menonton live show ya.. seperti Mas DananG jg.. asyik memang Mas..

    Sayang, skrng IPS nggak begitu aktif lg, padahal bnyk band2 prog lokal yg keren2 dan pasti bnyk yg ingin liat performance dari Ligro, Vantasma, Imanissimo, Makara dll.. Sebenarnya msh bnyk band diluar jakarta yg keren2 macam Zoo, I Miss You Miss Clara yg dari Jogja..

  4. apec Says:

    Album ini merupakan salah satu tonggak karya Indra Lesmana di musik Jazz, sebelum nyeleot ke arah pop. Di Surabaya, lumayan banyak yg cari karena edisi Indra Lesmana sik arek cilik. Dulu saya menemukan kaset ini di daerah Sidoarjo, berserakan dgn kaset lain, dan dihargai sangat murah. Entah bagaimana nanti setelah dibahas di blog ini

  5. apec Says:

    habis bahas Return to Fantasy, bahas Children of Fantasy. Asal gak melu latah bahas Akademi Fantasi

    • cosmic_eargasm Says:

      TSO saya dari dl jg nggak pernah punya albumnya MAs Apec.. tp pernah punya samplernya cd nya bonus dari majalah luar, “Classic Rock”.
      Mark Wood memang keren, dulu jg nunut dengar cd nya teman.. kalo nggak salah albumnya yg juduknya “Green”.

      btw, Band FANTASY juga dahsyat mas.. albumnya yg “Paint The Picture” yg dirilis th 1973 merupakan favorit saya hingga kini..

      hahahaha AFI kayaknya masih eksis tuh mas..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: