Abbhama “Alam Raya”

Abbhama “Alam Raya” (1978)

by *cosmic_eargasm*

##ABBHAMA - Alam Raya - Kaset+Kover##
Di blog super gemblunk ini memang terlalu banyak setruman-setruman
asyik yang membuat pembaca terinspirasi untuk sekedar terpancing untuk
menyetel lagu kesayangan dari musisi yang disukainya, atau bahkan
terinspirasi untuk menulisnya sekedar untuk mengungkapkan rasa sukanya
pada musik yang sedang disetel tersebut, yang pastinya banyak memori
yang terkandung di dalamnya.
Pada beberapa thread, saya lihat Mas GW dan Mas Apec sedang suka
menyetel lagu-lagu dari musisi Indonesia. Apalagi ada majalah musik
baru, Rock ‘N Roll yang menyertakan CD Giant Step sebagai bonusnya.
Terkait dengan itulah, saya jadi sedikit ‘terpancing’ untuk ikut
menyetel lagu Indonesia. Kaset yang saya sukai dan masih saya simpan
ada Abbhama ini salah satunya. Walaupun kovernya sudah tidak mulus
lagi dan laminatingan, tapi saya masih dengan senang menyimpannya.
Bahkan suara yang dihasilkan dari pitanya juga sudah tidak prima lagi, akan tetapi justru nuansa kedjadoelannya semakin
terwakili. Mengingat untuk mendapatkan kaset ini juga tidak mudah,
apalagi piringan hitamnya yang bahkan sampai sekarang saya belum
pernah lihat. Pak Ali Gunawan pasti masih menyimpannya.

Pasti semua sudah pada tahu personil dan lagu-lagu dahsyat dari
Abbhama. Tetapi tidak apalah saya ulang sedikit tentang band Symphonic
Progressive yang satu ini. Abbhama digawangi oleh 7 orang yang kuliah
di jurusan musik IKJ:
*Iwan Madjid: vokal, piano
*Oni: keyboard
*Cok B.: gitar
*Darwin: bass
*Robin: drums
*Dhrama: flute
*Hendro: oboe

Ada 10 lagu prog yg dahsyat di album ini:
01. Kembali
02. Asmara
03. Alam Raya
04. Karam
05. Ketiadaan Yang Ada
06. Terlena
07. Malam
08. Air
09. Indonesia
10. Ibu

Semua komposisi dan aransemen lagu di album yang dirilis tahun 1978
ini sangatlah dahsyat pada jamannya, bahkan sampai sekarangpun masih
terasa sangat berkualitas diluar dari mixing dan

dan masteringnya terkesan apa adanya.
Permainan Iwan Madjid banyak terpengaruh oleh musik klasik era Barok
dan Classic. Selain itu, aroma nuansa symphonicnya ELP, Genesis dan
Yes begitu terasa sekali di hampir semua lagu. Permainan instrument
sangat apik dimainkan oleg para personilnya, tanpa terkecuali tiupan
oboe dan flute yang sangat istimewa.

Untuk ulasan lebih lengkapnya bisa dengan Pak Alfie yang terkenal
dengan “Ensiklopedia Musik Indonesia” terkomplit berikut
seluk-beluknya baik dalam segi musikal dan non-musikalnya. Ada juga
Pak GT yang tahu banyak tentang musik dan musisi Indonesia djadoel
yang dahsyat-dahsyat..

Thanks Mas GW yang budiman..

:::Salam djadoel:::

8 Responses to “Abbhama “Alam Raya””

  1. cosmic_eargasm Says:

    Mas GW. thanks banget postingnya..

  2. gt Says:

    selanjutnya Iwan Madjid dan Darwin bersama Fariz RM membentuk WOW.

    • cosmic_eargasm Says:

      Pak GT,betul sekali..”Indonesian Power Trio” ini memang sangat bagus juga.. dulu saya pernah punya yang “Produk Hijau” dan “Produk Jingga”.
      “Pesta Reuni” nya Iwan Madjid bersama EEt Sjahranie jg pernah punya yg mengaransemen lagu “Asmara” nya Abbhama dibuat lbh modern dan ngerock.
      Cynomadeus jg sempat punya.. sayang cuma menghasilkan 1 album saja..
      Terakhir tau Iwan Madjid dimenggarap OST “Catatan si Boy” yg dulu sempat ngetend filmnya..
      Sekarang gimana kabarnya Iwan Madjid ya mas lama tidak terdengar..

    • gt Says:

      Iwan Madjid,kabarnya sudah benar2 meninggalkan dunia musik,dan kemana2 memakai gamis,seperti halnya Harry Mukti dan Yuke Semeru>

      • cosmic_eargasm Says:

        Thanks infonya Pak GT.. kalo band sekarang yg ikutan seperti itu ada Sakti, mantan gitarisnya Sheila on7..
        Kalo Fariz RM saya suka banget yg album “Selangkah Ke Seberang”. Sayang kasetnya sudah tidak ada pada saya.. ;-(
        Tapi sepertinya masih bisa dicari.. beberapa tahun yg lalu saya liat ada di Jasur, tp dgn harga yg nggak murah…

  3. apec Says:

    Mas Cosmic bikin setruman panas terus.. memang album ini kulitas suaranya tdk menyenangkan telinga, namun komposisinya sangat cerdas, apalagi pada jaman itu. Beruntung saya sempat dapat kaset langka ini. Kaset ini jarang saya setel, soalnya kuatir yen rusak. Model tulisan nama Grupnya mungkin terinspirasi dari Yes.
    Mas Cosmic, saya lumayan sering nyetel album Indonesia lama, bbrp hari terakhir malah saya setel kembali Kelompok Kampungan, gara2 album tersebut dirilis lagi oleh bule dalam bentuk piringan hitam, juga sempat nyetel kaset album milik Tilemann Brother , sang legenda Indo Rock, featuring Jan Akkerman. Padahal saya pertama kali kenal Tileman Brother ini adalah saat melihat link ke You Tube dari Om GW di blog ini. Sejak saat itu niat berburu kudu bisa dapat album Tielman Brother. Apalagi tdk lama Andy Tielman, sang frontman, sempat hadir di Festival di Indonsia bbrp tahun lalu

    • cosmic_eargasm Says:

      Mas Apec..itu juga gara-gara setruman MAs Apec yg sedang memutar MAkara “Laron-Laron”. DAn Mas GW yg sedang memutar HArry Roesli “Kuda-Kuda Rock N Roll” ditambah dengan postingannya “Children of Fantasy”.. Dulu saya sempat punya PH nya Kelompok Kampungan itu.. Kalau Abbhama dari IKJ (InstitutKesenian Jakarta), maka Kelompok KAmpungan ini dari ISI(Institut Seni Indonesia) Jogja.
      lagu2nya banyak yg bermuatan politik dan ada pidato Presiden Soekarno nya kalo nggak salah..
      Tentang Tielman Brothers, saya dulu awal taunya dari Majalah Aktuil.. tapi nggak pernah punya ph/kasetnya.. dan skrng di jama omdern, di you tube banyak live2 nya Tielman Brothers ini.. keren n sangar performance panggungnya.. atraksinya gila2 an ya mas..
      Sayangnya blm ada produser lokal yg merilis album2nya. padahal ini adalah aset bangsa Indonesia g sangat berharga.. bayangkan.. ini sebelum The Beatles lho.. Senang juga Andy Tielman sempat dtg ke Indonesia.
      Majulah Musik Indonesia!!!

    • cosmic_eargasm Says:

      Iya Mas Apec.. font logonya Abbhama kelihatannya terinspirasi dari karya Roger Dean …
      Kalo kaset Abbhama nya sayang untuk diputar, dikonvert ke mp3 saja Mas.. kan masih bisa dinikmati berulang-ulang..

Leave a Reply

