Focus “3” by Yess

Beberapa hari sebelum saya berangkat ke Bumi Minahasa, saya sempat memutar kaset Yess seri  #268 Focus 3 ini gara-gara komen mbak Ami di salah satu tret yang saya lupa apa judulnya. Karena saya punya kasetnya, maka saya berniat untuk berbagi informasi tentang kaset ini karena kaset mbak Ami tinggal pitanya saja tanpa kotak kaset – betul?

Kset ini saya beli pada bulan Juni 1982 jauh setelah album ini dirilis pada 1973. Alasan memiliki kaset ini telat karena pada tahun 75 kakak saya, Jokky, pernah ke Madiun membawa kaset Focus 3 rekaman Peony. Masih ingat saya bagaimana mas Jokky berulangkali memutar House of The Kings dan juga Focus III. Saya sendiri saat itu menyukai lagu Focus III juga karena belum mendengarkan Anynomous II . Namun memang keseluruhan album ini excellent, sesuai dengan review saya di progarchives.

Menikmati album ini memang nuansa 70an nya begitu kental dan kita bisa terbawa melayang-layang ke alam lain. Jujur saja, saya sangat menikmati Anynomous II yang dari segi musikal begitu bekualitas komposisinya meski Focus III juga gak kalah dahzyat, diawali dengan nuansa ambient yang menohok. Dinikmati melalui kaset ternyata malah lebih nunjek lagi meski kaset ini rekamannya seperti gak pas azymuth nya. Tapi saya gak geser posisi head, biarin agak mendhem yang penting kaset! Ha ha ha ha …

IMG-20130908-06655

IMG-20130908-06653

Studio Album, released in 1973

Songs / Tracks Listing
Side 1
1. Round Goes The Gossip (5:12)
2. Love Remembered (2:50)
3. Sylvia (3:31)
4. Carnival Fugue (6:09)
Side 2
5. Focus III (6:05)
6. Answers? Questions! Questions? Answers! (14:03)
Side 3
7. Anonymous Two (Part 1) (19:28)
Side 4
8. Anonymous Two (Conclusion) (7:30)
9. Elspeth Of Nottingham (3:15)
10. House Of The King (2:23)

Total Time: 67:09
CD:

1. Round Goes To Gossip (5:12)
2. Love Remembered (2:50)
3. Sylvia (3:31)
4. Carnival Fugue (6:09)
5. Focus III (6:05)
6. Answers? Questions! Questions? Answers! (13:48)
7. Elspeth Of Nottingam (3:10)
8. Anonymous Two (26:24)

Total Time: 67:00

 

Line-up / Musicians
– Jan Akkerman / solo & acoustic guitars
– Bert Ruiter / bass
– Pierre van der Linden / drums
– Thijs van Leer / vocal, organ, piano, alto flute, piccolo, harpsichord

11 Responses to “Focus “3” by Yess”

  1. cosmic_eargasm Says:

    Saya suka yg “The Ship of Memories” Mas GW. Tp album ini keren jg..

    Iya, berhubung sy sudah nggak pegang lg kasetnya, maka waktu itu nggak bs ngasi list lagunya ke Mb Ami..

    • Gatot Widayanto Says:

      Iya mas Cosmic, tret ini buat mbak Ami biar puas ada track list nya….

      Ship of Memories oke tapi bagi saya paling nuansamatik ya album 3 ini.

      Suwun

      Gatot Widayanto

  2. apec Says:

    Saat denger Sylvia rasane melu katut syahdu..Kaset Focus pertama yg saya m,iliki Ship of Memories edisi Yess yg sangat mulus. Masih ingat saya, saya dapat kaset itu gara-gara ada teman yg mau barter dengan 2 kaset Stratovarius milik saya. Yo lgs saya lepaskan Stratovarius itu, sebab saat itu kaset Strato masih banyak di Aquarius, sebelum kukut. Lha Focus?? carionya susah buanget

  3. herman Says:

    Pak Ian Arliandy tau kesukaan saya…..makanya House Of The King ditaruh no 1…sedihnya saya nggak punya kaset Yes ini….pernah punya rekaman Apple tapi entah raib ke mana…tapi cukup terhibur lihat gambar kaset ini, suwun Mas G…….

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Herman
      Dulu saya sempat minder karena pemahaman saya tentang Focus ternyata hanya dari kaset dan hanya punya 3 CD saja dari Focus … Tapi sekarang saya bangga bisa cerita tentang Focus karena punya KASETnya …ha ha ha …

  4. ami Says:

    assalamu’alaikum
    kang Gatot matur nuwun sanget komen focus-nya di blog ini, trimmssss banget, focus menggairahkan (lagi) semangat hidupku answer question! question! mengingatkan jethtro tull yuuppppp

  5. cosmic_eargasm Says:

    Mb Ami.. selamat menikmati kaset Focus 3 nya dengan membaca urutan judul2 lagunya pasti lebih nikmat. Maaf, kaset saya sudah tdk ada, jd nggak bisa share ke Mb Ami. Untung ada Mas GW..
    Jethro Tull, Camel, King Crimson yg awal kalau di simak permainan flute nya asyik jg lho Mb Ami..
    Band2 70an yg lain yg memainkan flute dgn menawan ada VARIS, LAURELIE, TAKO, WALRUS dll.. musiknya Walrus kadang mirip dgn Jethro Tull di beberapa lagunya.

    ::: Salam Djadoel :::

  6. ami Says:

    matur nuwun mas atas pencerahan focusnya, kalo tidak salah kaset yess hanya mengeluarkan focus dua album atau berapa ya …. kalo ‘HOCUS POCUS’ punya THIJS VAN LEER solo atau masih gabung di focus matur nuwun

    • cosmic_eargasm Says:

      Mb Ami..

      “Hocus Pocus” merupakan lagu dari Focus..
      Focus di kaset Yess sepertinya ad 3 kalau nggak 4.. saya agak lupa2 ingat..

Leave a Reply

