Camel “Raindances” by Yess

by *cosmic_eargasm*

Pasti semua sudah pada familier dengan band symphonic prog yang satu ini. “Raindances” merupakan album ke 5 dari Camel yang dirilis tahun 1977. Walaupun album ini tidak termasuk andalan, tetapi istimewa bagi saya, karena selain diterbitkan oleh Yess, album ini merupakan awal perkenalan saya dengan Camel. Belakangan, sebelum mendapatkan album “Mirage” rekaman Apple saya tidak tahu kalau 3 lagu di “Raindances” ini berasal dari album yang dirilis tahun 1974 tersebut dan merupakan album favorit saya, selain “Moonmadness” dan “Snowgoose”. “Raindances” ini menurut saya merupakan album yang bersejarah bagi Camel. Karena untuk pertama kali dilakukan pergantian dan penambahan personil, plus dengan adanya penambahan instrumen dan beberapa musisi tamu yang belum pernah dilakukan pada album sebelumnya. Dengan demikian,maka secara otomatis ada perubahan pada musik Camel di album ini dan sekaligus menjadikan album ini sebagai tonggak perubahan style musik Camel yang terlihat di album-album berikutnya. Di album ini, Richard Sinclair (ex bassist band canterbury, Caravan) masuk menggantikan posisi Doug Ferguson yang telah bermain di ke 4 album sebelumnya. Line-up Camel pun sekarang menjadi 5 orang, dengan masuknya Mel Collins ex King Crimson pada saxophones, yang untuk pertama kalinya Camel mengaplikasi alat musik tiup ke dalam albumnya. Salah satu musisi tamu yang mengisi album ini ada Brian Eno ex Roxy Music yang bermain minimoog, elektrik piano dan piano dalam lagu instrumental, “Elke” yang syahdu dan ambient. Eno adalah salah satu musisi yang menggunakan VCS3, yang kemudian banyak dipakai oleh band prog lain, seperti Pink Floyd, King Crimson, The Alan Parsons Project, bahkan The Who.

##YESS - CAMEL raindances - front##

##YESS - CAMEL raindances - inlay##

Lagu-lagu di album ini lumayan asyik untuk dinikmati. Lucunya, side A malah dibuka oleh suita keren “Nimrodel/The Procession/White Rider” yang bukan dari album ini, melainkan dicomot dari album “Mirage”. Suita ini banyak memainkan rally-rally panjang khas Camel yang sungguh amat mengasyikkan. Beberapa pengaruh style canterbury juga tampak pada lagu “Metrognome”, “Tell Me” dan “Unevensong” yang dilantunkan oleh Richard Sinclair. Nuansa jazz rock/canterbury pun terasa pada “Skyline” dan “One Of These Early Days I’ll Get An Early Light” yang sedikit mengingatkan pada Gong di album Gazeuse! Aroma Neo-Prog terasa di nomor instrumental “First Light” yang intronya ada petikan gitar yang manis dari Latimer, mengingatkan pada lagu-lagu di album “Snowgoose”. Lagu “Raindances” sendiri seolah menginspirasi lagu-lagu pada album “Nude”. “Highways of The Sun” yang ngepop dinyanyikan oleh Latimer pun sedikit mengingatkan pada “No Easy Answer” di album tahun 1979. Yang istimewa, ada “Freefall” yang enerjik dan dinamis dan “Supertwister” yang syahdu dengan permainan flute Latimer diambil dari album yang art work covernya diadaptasi dari salah satu produk rokok luar negeri tersebut. Di album “Raindances” ini, jangan mengharapkan permainan saxophone dari Mel Collins yang sadis “Ladies of The Road” nya King Crimson. Disini cuma ada lantunan nada-nada manis dari tiup kayu nya Mel yang terasa matching dengan konsep musik “Raindances”. Permainan fretless bass juga baru pertama dilakukan di album yang jarang dibicarakan orang ini. Allover, menurut saya, album ini adalah merupakan sebuah ‘jembatan’ dari album Camel sebelumnya dan sesudahnya. Nomor-nomor manis macam “Heroes”, “Long Goodbyes”, “Hymn to Her” dan lain-lain adalah hasil lanjutan dari album “Raindances” yang merupakan pre-cursor nya.

Thanks Mas GW yang budiman..

:::salam djadoel:::

7 Responses to “Camel “Raindances” by Yess”

  1. cosmic_eargasm Says:

    Mas GW,Thanks banget tulisan saya sudah terupload diantara “perjuangan” menaklukkan sinyal dan koneksi yang kurang bagus..

    Memang, album Camel yg satu ini jarang banget dibahas dan dibicarakan.. tapi menurut saya masih asyik kok album “Raindances” ini..

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Cosmic,

      Mohon maaf uploadnya terganggu karena kesibukan lapangan. Insya Allah malam ini udah kembali ke Jakarta.

      Saya belum terima foto terkait kaset Yess yang ini. Mohon kirim ke email atau ke MMS HP saya juga boleh: 0811931175.

      Suwun

      * * *Gatot Widayanto*

  2. cosmic_eargasm Says:

    Test 1.. 2.. 3. .
    dari td siang ngirim via ponsel nggak masuk2..

    Mas GW, thanks banget pic nya sdh dipajang dan peletakannya pas sekali..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: