Bermain Kibor Sambil Mendengarkan Musik Nuansamatik

JRENG!

Maap ya temen2ku sekalian ….saat ini saya bener2 bicara musik sebagai latar belakang belaka karena kita sepakat bahwa di gemblungers ini yang penting membahas nuansa kehidupan terkait dengan musik yang didengar, seperti postingan mas Khalil “Saya, Tsunami dan Triumvirat”. Kali ini saya akan membahas musik juga sebagai latar belakang suatu peristiwa baik yang saya alami belakangan ini (tepatnya tadi malam) dan juga saat dimana saya mendengarkan musik tersebut pertama kali.

Ceritanya begini … Tadi malam saya bermain kibor (kaget bukan? ternyata saya pemusik juga, karena bisa

My keyboard
My keyboard

memainkan kibor) sambil juga mendengarkan musik nuansamatik baik itu rock maupun pop yang pernah melatar-belakangi kehidupan saya selama ini utamanya saat remaja. Lha kok bisa, main kibor sambil mendengarkan musik? Ya tentu saja bisa to, lha wong kibornya seperti temen2 liat di foto ini. He he he he he …..

Tepatnya, saya tadi malam setelah pulang gowes, merayakan serangkaian naunsa Idul Fitri dimana The Iron maidens pada balik mudik sehingga semua kegiatan rumah harus dijalankan sendiri, maka saya melakukan aktivitas memainkan kibor ini: nyuci baju! Ha ha ha ha ha ha ha …..

Agar suasana mencucinya penuh semangat, maka apalagi kalau bukan sambil menikmati musik kesukaan? Untuk itulah saya pasang iPod dan konek ke active speaker Altec dan JRENG! mengalunlah lagu2 dari Playlist bertajuk Mediun 1 Mei 2013. Ini hanya sekedar playlist dimana saat saya pulang ke Madiun bulan Mei lalu saya sengaja mengumpulkan lagu2 yang pernah mewarnai kehidupan saya ketika masih di Madiun maupun kuliah. Asik juga lho, nyuci baju sambil mendengarkan musik…. Mestinya ada lagu Peter Gabriel “Washing The Dirt” ya .. Namun sayang gak ada karena termasuk lagu baru tuh.

Apa saja yang saya puter sambil nyuci dan menjemur baju?

  1. Gypsy (Uriah Heep “Live”). Wah, lagu ini sunggung nuansamatik karena pertama kali saya dengar dan suka saat saya mendapatkan kaset telanjang tanpa cover dan label isinya apa yang dibawa kakak saya dari hasil rekaman dia di Yogya. Keren banget lagu ini dan awalnya saya gak tahu bahwa ini adalah Uriah Heep. Yang paling saya suka adalah – selain komposisi yang memang ciamik – ada atraksi solo drum berduet dengan kibor Ken Hensley nan menawan dan merupakan segmen yang selelu saya tunggu2 pada saat menikmati lagu ini. Durasi nya juga cukup panjang bila dibandingkan dengan studio version nya. Lee Kerslake menunjukkan kebolehannya memainkan drum set.
  2. I Ain’t No Mountain (Budgie). Wah ini lagu langsung mengingatkan saya ke kaset Aktuil “Rock Vibration” yang legendaris itu. Selain lagu ini sederhana riff nya, juga bisa membangkitkan memori masa lalu yang indah.
  3. More Than a Feeling (Boston) – ini juga lagu yang nuansamatik karena memiliki perpaduan yang indah antara gitar akustik, vokal dan rhythm guitar. wah edan …. terasa kebawa ke alam muda jadinya ….Gosok baju semakin semangat jadinya.
  4. Think About The Time (Ten Years After) – semua yang pernah hidup di era 70an pasti kenal banget sama lagu ini.
  5. Cinnamon Girl (Dan Mccaferty). Aslinya ini bukan lagunya Dan namun dibawakan dia dalam solo albumnya menjadi begitu indah, utamanya karena ada Hammond di bagian awalnya dan juga solo gitarnya menawan. Pertama kali denger lagu ini dari kaset Prambors Billboard. Wis ..pokoke nggeblak tenan!
  6. Your Mother Should Know (The Beatles). Let’s all get up and sing to a song that was a hit before your mother was born. Cause she was borne a slong long time ago …your mother should knoh ….aaahhh … your mother should know …haaaaaah …. Wuih! Muantab tenan lagu ini baik dari melodi maupun komposisi utamanya suara pianonya nuansamatik tenan. Bikin mbrebes mili …
  7. Sea of Joy (Blind Faith) – Siapa tak kenal lagu claro ini? Sungguh termasuk golongan yang merugi kalau gak kenal …
  8. Evil Eyes (Styx). Lagu ini gak ngetop tapi saya suka sekali karena ini adalah dari album yang pertama kali saya dengarkan dari Styx: Man of Miracles. Yang saya suka selain vokal dan melodi nan indah, permainan bass gitar nya menonjol dibalut dengan gitar solo. Iramanya slow dan keren.
  9. ….nanti dilanjut lagi …. masih ada beberapa lagu …

14 Responses to “Bermain Kibor Sambil Mendengarkan Musik Nuansamatik”

  1. yuddi Says:

    mas G nggak sendirian kok main2 papan pengilesan , inget Jim Dandy Mangrum dari BOA (Black Oak Arkansas) yg suka bawa papan pengilesan ke panggung,🙂

  2. khalil logomotif Says:

    Wah itu olah raga paripurna..habis nyepeda trus nyuci..
    Mudah mudahan iron maiden mas Gatot ngga baca tret ini!

    • Gatot Widayanto Says:

      Bener mas Khalil ….rasanya tahes banget abis nyuci ….sambil jemur setelah itu. Pas abis njemur kok pas lagunya “A Year or a Day” nya Uriah heep album Return to Fantasy. Lagu ini sungguh nuansamatik …. saya beli kasetnya saat itu di Jakarta dan side B nya Baker Gurvitz Army …. whooooaaaa ….nuansamatik kemlitik tenan ….!!!

      • yuddi Says:

        ya kaset hitam-putih terbitan Aquarius itu istimewa dan direkomendasikan. Materi ***** , Sound *****

  3. gt Says:

    Ternyata sy golongan yg merugi,karena nggak kenal Sea of Joy…he..he..he

    • Gatot Widayanto Says:

      Waduh mas GT …??????? Masak iya???? Aduuuuuuhhhhh …. Gimana ini …masak gak kenal lagu nuansamatik yg ngetop seperti Seaful nya Trapeze ngetopnya …atau Someone nya GFR…. Ntar kalo progring musti dengerin mas …

  4. gt Says:

    Kalau someone GFR sy sering dengar…

  5. cosmic_eargasm Says:

    wah ada Jim Dandy disebut. Termasuk yg top dan sering dibahas di Aktuil dulu dgn Black Oak Arkansasnya. Vokal nya nyentrik, eksentrik dan nyeleneh hehehe.. termasuk gaya panggungnya jg ya mas Yuddi hehehe

    Playlist mas GW ini termasuk yg antik.. wah Return to Fantasy side b nya Baker Gurvitz Army mantap betul itu mas. rasa2nya BGA ini dulu nggak ada album nya yg diterbitkan kaset ya..

    :::salam djadoel:::

    • yuddi Says:

      ya mas, kaset terbitan Aquarius itu istimewa sekali . Yg plg mantep adalah di side B – ketika lagu Heep selesai langsung masuk rif gitar dan gebukan drum Ginger Baker. Album BGA ini bikin penasaran sekali.
      Album BGA tsb baru sy peroleh dlm format CD nya puluhan thn kemudian.

  6. cosmic_eargasm Says:

    nah iya mas Yuddi, dr dulu sy blm pernah nemuin BGA dlm format kaset.yg full 1 album, bukan yg ditambahkan di side B. Keren2 ya lagunya mas.. yg sy suka ada “I Wanna Live Again”, “Thirsty For The Blues”.
    Mas Yuddi pun memberi bintang 5 pada kaset Aquarius hitam putih ini, berarti kemungkinan besok2 banyak yg hunting..hehehe.. padahal kovernya hasil repro foto hitam putih, yg judul lagunya di beri isolatip untuk perekatnya. Tapi band2 dan musisi2 yg diterbitkan sangatlah variatif yg nggak ada di label lain..

    (((PlayNow>THREE MAN ARMY_Space is The Place)))

    :::salam djadoel:::

  7. Hendrik Worotikan Says:

    Jujur nih…waktu pertama kali baca tret ini sy kagum karena mas G bisa main kibor. Tentunya hal yg nggak sy sangka sama sekali.
    Sampailah melihat fotonya pun sy masih bertanya dalam hati. Belum terbayangkan kibor nya seperti apa. Sampailah sy ngeh kalo itu hanya sebuah papan pencuci.
    Saya suka salut dgn ide ide yg bisa menjadi sebuah tulisan sekalian ngerjain yg baca.
    Tracklistnya oke banget. Cuma suka lupa kayak apa lagunya. Kudu harus rajin dengarnya, sementara waktunya terbatas.
    Salam.

    • Gatot Widayanto Says:

      mas Hendrik, ada dua hal:

      1.) Maaf mas kalau ternyata mengecoh pembaca karena memang tujuannya tadinya untuk membuat lelucon orang yang gak bisa main musik bisanya mengkritik aja …..ha ha ha ….

      2.) Kejadian mencuci baju menjadi semakin bisa dinikmati karena ada background yang menarik yaotu musik yang top banget ….

      Terima kasih mas Hendrik …. lagu2 nya top

      Gatot Widayanto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: