Focus

By: Hendrik Worotikan

Sebelum lebaran, secara nggak sengaja saya mendapatkan kaset Focus, disebuah toko kaset di Mall Citraland dikawasan Jakarta Barat.

Awalnya sempat ragu mengambil kaset ini. Masih bertanya dalam hati, apakah ini band nya Thijs van Leer ? atau mungkin ada band lain dengan nama yang sama ? Nggak berlama-lama mikirnya, saya pun membeli kaset Focus ini. Toh, andaikan bukan Focus nya TvL, nggak apalah, kan cuma sebelas ribu rupiah saja (Ini salah satu kaset yang lagi di ‘sale’).

Sampai dirumah dengan hati sedikit dag-dig-dug, sayapun membuka segelnya ‘mak sreeet’ (seperti kalau buka segel CD) – (Ini bahasanya mas G yg sy copas) wuiiihhh…alhamdulillah, ternyata inilah dia sodara-sodaraku Focus 8, persembahan Thijs van Leer yang dirilis tahun 2002.

Walaupun ini bukan album teranyar Focus, setidaknya kehadiran kaset ini telah mengingatkan kembali akan kaset dan PH dari band prog, yang beberapa albumnya saya koleksi namun lama tidak pernah disetel lagi.

Focus, yang awalnya hanya bertiga, yakni Thijs van Leer (hammond organ), Martin Dresden (bass) dan Hans Cleuver (drum), saat itu, 1970, mereka sempat tampil di Concertgebouw, Netherlands “temple of music”. Dari formasi trio ini, lantas bergabunglah Jan Akkerman, yang kelak kemudian menjadi gitaris yang banyak memberikan warna dengan petikan gitarnya pada musik Focus.

Dari perjalanan panjangnya, Focus, tidak sedikit terjadinya bongkar pasang pemain. Bahkan tidak hanya itu, merekapun sempat beberapa kali mengalami kevakuman.

Hanya yang patut diingat, seperti halnya kelompok Yes yang punya formasi klasik (Anderson, Howe, Wakeman, Square dan White) maka Focus pun punya. Bisa disebut Focus klasik adalah Thijs van Leer, Jan Akkerman, Pierre van der Linden dan Bert Ruiter. Dari formasi itu, siapa yang nggak kenal dengan komposisi hit mereka yang kini menjadi klasik seperti ‘Sylvia’ dan ‘Hocus Pocus’. Sungguh terlalu kalau sampai nggak tau. Hihihi.

image

image

image

image

image

Saya sendiri, selain 2 komposisi itu, menyukai juga ‘Janis’ yang terdapat pada album yg sama dengan ‘Hocus Pocus’ yakni di album keduanya ‘Moving Waves’.

Sebagai tambahan, kalau diperhatikan pada cover album ‘Hamburger Concerto’, itu bukanlah cover yang sebenarnya. Saya pasang foto Gino Vannelli, karena sewaktu mendapati kaset tsb sudah tidak ada foto tempelnya. Dan suatu keberuntungan juga, walau belum terkumpul semua album album Focus, saya pun sudah dapat mendengarnya, seperti album ‘Mother Focus’ yang ada di sisi B album ‘Ship of Memories’. Begitu juga dengan ‘Focus Con Proby’ disisipkan pada album ‘Focus – Jan Akkerman & Thijs van Leer’.

Nah, sekarang fokus saya adalah mencari dua album lagi yakni ‘Focus 9 / New Skin’ dan ‘Focus X’. Semoga ketemu.

11 Responses to “Focus”

  1. cosmic_eargasm Says:

    Sy suka album Focus “Ship of Memories”. Sampai sekarang Focus masih aktif. Thijs van Leer menggamit musisi2 baru untuk melanjutkan perjalanan Focus. Salut!!!

    “Hocus Pocus” bagi saya merupakan lagu anthem nya Focus, yg kemudian dibawakan jg oleh band metal dari Jerman, Helloween dari album “Metal Jukebox” yg membawakan lagu2 dari band2 pendahulunya, termasuk ada “Space Oddity” nya David Bowie jg.. “Sylvia” jg merupakan lagu favorit saya mas Hendrix..
    Thanks sudah mengulas Focus. jd pingin nyetel nih..

    (((PlayNow>FOCUS_Sylvia)))

    :::salam djadoel:::

    • Hendrik Worotikan Says:

      Selain Helloween yang pernah merekam ‘Hocus Pocus’, juga ada grup lainnya mas, kayak ‘Marillion’, ‘Iron Maiden’ juga ‘Foo Fighters’.

      Yang menarik dari ‘Hocus Pocus’, tentu permainan gitar Jan Akkerman dan juga yodelling nya Thijs van Leer.

      Joladadidjoladadjoladadidjoladadi
      Joladadijoladadi-jo-o-ooh!
      Joladadijoladadijoladadijoladadi
      Joladadijoladadi-jo-o-oooooh…
      Oooooh-oooooh-oooooh-oooooh…

      Salam.

  2. gt Says:

    Focus album Hamburger Concerto,foto covernya seperti Gino Vanelli ya..

    • Hendrik Worotikan Says:

      mas gt betul itu adalah foto GV di album ‘Brother To Brother’.
      Saat memiliki kaset ‘Hamburger Concerto’ itu, covernya sdh nggak ada.
      Dan masa itu belum ada internet. Jadi belum bisa googling mencari gambar ori nya.
      Kebetulan ada foto GV yg nggak kepakai lagi.
      Terpaksalah foto GV yg saya tempel di kaset Focus tsb.
      Salam.

  3. cosmic_eargasm Says:

    Pak Gt, Focus nya mas Hendrik ini termasuk yg “Limited Edition”.
    he he he he . . .

  4. cosmic_eargasm Says:

    hahahaha iya iya betul banget mas Hendrik.. yodelling nya TvL khas dan klasik banget!!!

    waah sy malah belum dengar yg versi Foo Fighter, IrMa dan Marillion. Apakah yodellingnya disertakan juga? jd penasaran nih.. Foo Fighter ini termasuk band yg sy juga, malah Nirvana yg sy nggak terlalu suka..
    Thanks info nya Mas Hendrik.

  5. Kristanto Says:

    Manstab mas Hendrik kaset Focus rilisan Yess-nya, rare item, susah dicari …. (ngiler.com)

  6. khalil logomotif Says:

    Saya suka banget kata hocus focus..sama sukanya dengan kata harem scarem..kesannya unik

  7. cosmic_eargasm Says:

    mas Kris, menurut sy Focus yg paling susah dapatnya yg “Ship of Memories”. dulu, hamburger concerto sering muncul di lapakers..

    Mas Khalil, hehehe iya.. klop ya kata2 itu. yg lain yg unik jg ada lg, seperti: “Locus Solus”(salah satu albumnya John Zorn), “Sammlas Mammas Manna”(Band RIO/Avant-prog 70an). Rasa2 nya mas Khalil suka sama Harem Scarem ya. memang asyik lagu2 nya. mainnya dan sound nya jg alus. empuk meskipun pas ngerock. lagu2 HS yg paling saya suka yg “Honestly” dan “Rain”. Bicara “Rain”, pasti kok nuansamatik(lagi2 pinjam istilahnya mas GW) lagu2nya di band2 yg pakai judul itu.. “Rain” nya Uriah Heep, The Beatles dan Noir asyik dan nuansamatik pol mas..

    :::salam djadoel:::

  8. apec Says:

    Di album Focus 8 tadi juga terdapat yg judulnya berima, yaitu lagu Hurkey Turkey, Flower Shower, juga ada Rock & Rio.
    Mas Cosmic, saya pertama kali kenal Harem Scarem ya lagu Honestly lalu lagu Rain. Namun kaset pertama yg saya miliki ya album dengan lagu rain tadi , dimana foto anggotanya sdh pada berambut cepak. malah ada teman yg bilang ini sdh jadi boyband.

  9. cosmic_eargasm Says:

    Mas Apec, sy lupa list lagu2 yg Focus 8. kasetnya dulu jg nggak laku ya. generasi muda nggak ada yg tau soalnya hehehe..
    sama mas, awalnya sy kenal “Honestly” dulu. tp belakangan, suka yg versi akustiknya.lebih mengena gitu. hahaha iya, potongan boys band jd ingat Collective Soul di album “Blender” yg stylenya jg boys band bgt. padahal awal kemunculannya ngerawkbgt dgn style rockstar. itu terlihat di kovernya. ada Elton John jg ngisi di album itu.. lagu hitsnya “Why Pt.2” style nya seperti lagu Michael Jackson hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: