Sisa Marillion di Rak Kaset

By Domme

Mumpung lagi Musim Marillion, aku juga ingin mengungkapkan bahwa aku bersentuhan dengan Marillion pertama kali melalui lagu Punch And Judy yang aku dengar dari sebuah kaset kompilasi rock. Saat bersamaan aku membaca cerita tentang grup ini di Majalah Hai, di mana yang berkesan justeru bukan ulasan musiknya, tapi sosok Fish yang digambarkan tinggi menjulang…

Mendengar Punch And Judy, aku sedikit pun tak mempersoalkan itu warna musik apa, karena memang enak didengar. Saat itu, sekira Tahun 1986, aku kelas 3 SMA, istilah progressive sama sekali tidak pernah aku dengar. Istilah ini malah jadi akrab aku dengar puluhan tahun kemudian, saat kaset pajakan resmi tak lagi diproduksi.

Kembali ke Punch And Judi…, karena merasa lagu ini enak dinikmati, maka aku pun mencari kasetnya dan yang aku beli saat itu adalah The very Best Of Marillion rekaman Aquarius (model box). Dan tanpa tau bahwa itu prog, aku merasa bahwa lagu-lagu yang dikemas dalam kaset itu benar-benar enak dinikmati. Sama seperti ketika aku membeli kaset Rush pertama kali, bukan karena aku suka prog, tetapi karena aku suka lagu mereka berjudul The Enemy Within’ yang juga aku dengar dari kompilasi. Walau terdengar rada aneh, namun saat itu aku juga merasa bahwa musik Rush itu enak dan dinamis.

Di kaset Marillion yang aku beli tadi, selain Punch And Judy, aku juga terkesan dengan lagu Assassing, yang diawali dengan nuansa Timur itu. Dan seiring waktu, kaset datang dan pergi, di mana aku sempat menyimpan enam kaset Marillion rekaman Yess…, yang karena Team Minded-ku, belum setahun lalu aku barter dengan teman bernama Rudi di Medan. Akhirnya sekarang aku hanya punya dua kaset Marillion, yaitu Marillion The Hits Single 1982 – 1988 rekaman Yess C90 dan Marillion Live At Hammersmit Odeon London rekaman Team C90.

MFL12-Marillion

Syukurah masih ada yang tersisa. Kalau nggak, aku hanya bisa isap jari membaca postingan-postingan tentang Marillion yang nuansamatik menggugah kalbu…

8 Responses to “Sisa Marillion di Rak Kaset”

  1. hippienov Says:

    Biarpun hanya tersisa 2 saja tapi keren semuanya bro, termasuk collector’s item.
    Aku juga cuma punya 1 kaset yess fugazi bro dan beberapa kaset lisensi. Yg seperti bro punya aku gak punya.
    Keren bro 2 kaset Marillion nya.

    • Domme Says:

      Begitu mendalam pembahasan soal Marillion ini, Sampai tadi malam aku SMS kawan barteran Marillion. Dia masih simpan. Semoga bisa aku ambil kembali…

  2. Domme Says:

    Thanks Bos Gatot, yang di injury time menuju jeda, masih menyempatkan waktu memposting tulisan ini.

  3. Herwinto Says:

    Bro itulah kaset team C-90 yang mengenalkan dengan Marillion pertama kali…..sudah senang saya bisa melihatnya kembali….

  4. cosmic_eargasm Says:

    satu2nya kaset marillion yg msh sy simpan ya cuma the best nya rekaman team c-90 warna biru. bahkan poster jadul marillion yg wkt itu harganya 100 perak jg hilang entah kemana. padahal dl sdh sy beri pigura..

  5. cosmic_eargasm Says:

    toss mas domme..

    marillion memang nggak ada matinya buat dibahas..

Leave a Reply

