Dua Album Aneh

By: Herwinto

Mumpung masih ada waktu sebelum jeda, dan masih terkait dengan pembicaraan tentang Marillion maka saya tulis judul diatas yaitu DUA ALBUM ANEH…album siapa yang aneh? yang pertama adalah album YES yang bertajuk 90125 dan yang kedua album Marillion Script For Jester’s Tear….mengapa aneh? begini…

Siapa yang tak kenal Yes, band progresif yang sudah malang melintang selama 15 tahun dengan album album hebatnya yang terkenal rumit tiba- tiba menelorkan 90125 yang sangat ngepop bahkan sedikit ada aroma disconya hanya demi mengikuti selera pasar untuk tetap bertahan hidup, kedua adalah Marillion band yang bisa dibilang anak kemarin sore belum punya catatan sejarah pengalaman dan nama besar tetapi dengan berani memutuskan menegakkan panji panji progresif mengambil pilihan yang orang lain justru menghindari pilihan itu…..lahirlah Script For Jester yang sangat prog di tengah hingar bingarnya new wave….maka mas Gatot pernah memberikan pertanyaan begini….pilih band lama dengan warna baru apa band baru dengan warna lama?…..

Foto0251

image

Saya tidak akan membahas Yes 90125 karena sudah saya kupas di Indahnya Musik Yes (10 of 10). Kini saya akan sedikit mengulas album SFJT ini…Saya mengenal Marillion lebih dulu daripada Yes. Sekitar tahun 1992 saya masih SMP, tidak sengaja saya menemukan kaset kakak saya di tumpukan kaset kaset koleksinya The Best Marillion rekaman team C-90. Saya yang saat itu baru suka sukanya dengan Genesis Lamb Lies Down sangat terkejut ketika memutar kaset ini karena saya menyangka ini adalah Peter Gabriel dan ternyata bukan karena jelas jelas di kasetnya tertulis vokalnya adalah Fish, maka mulai hari itu saya sangat kesengsem dengan lagu lagu di kaset itu salah satunya adalah Chelsea Monday yang begitu murung dan Kayleigh yang begitu indah, namun saya tidak bisa menindaklanjutinya karena saya mencoba mencari kaset kaset lain di tumpukan koleksi kakak saya memang ada! saya temukan namun beda, ternyata ini adalah Seasond End yang sudah bukan Fish lagi, cerita ini akhirnya putus karena saya sedang mengumpulkan album album Genesis sampai akhirnya tahun 1998 saya mendapatkan kaset rekaman yess nya langsung 4 album pertama Fish dan pertama yang saya cari adalah lagu Chelsea Monday dan ternyata ada di album Script For Jester Tears, saya baru paham dan kagum setelah membeli CD nya setahun lalu. Script ini adalah album pertama Marillion yang mengukuhkan Fish sebagai vokalisnya, album ini bercerita tentang suntuknya Fish terhadap kemunafikan, cover dikerjakan oleh pelukis Mark Wilkinson atas dasar konsep Fish yaitu tentang sosok badut (jester) yang sedang main biola di dekat jendela kamar sembari memegang tinta bulu, di atas meja tergeletak selembar kertas bertuliskan samar samar, asbak dengan puntung rokok berserakan, botol tinta berceceran, gelas dengan kopi yang tumpah, di dekatnya ada kursi yang diatasnya ada koper biola sedang terbuka ada kertas bertuliskan liric lagu Yesterday nya Beatles serta ada Iguana sedang nangkring, di dinding kiri ada poster dari sampul mini album Market Square Hero, juga TV sedang menyala dan ada juga foto perempuan diatas perapian dan beberapa sampul PH bertebaran di lantai juga di atas kasur ada majalah musik. Album ini menceritakan personal Fish yang dilanda tekanan batin karena putus dengan kekasihnya Kay Lee berisi 6 lagu yaitu Script For Jester tentang sosok Fish yang patah hati, atau mungkin sebagai takdir bahwa Fish bergabung dengan Marillion adalah untuk melampiaskan segala tekanan batin yang dialaminya serta egonya berkaitan dengan wanita bernama Kay Ley ini, dan ‘rahasia’ ini jelas tidak diketahui oleh personal Marillion yang lain karena terungkap setelah Fish tidak lagi bersama Marillion, setelah puas melampiaskan perasaannya Fish pun keluar dari Marillion, lalu He Know You Know menggambarkan Fish yang menciptakan perangkapnya sendiri berupa kebebasan semu dengan drugs, The Web adalah penggambaran Fish tentang belenggu dirinya yang begitu kuat seperti jaring yang liat, Garden Party adalah sindiran Fish tentang perilaku masyarakat perkotaan yang seperti jester yang terlihat enak hidup mewah padahal sebenarnya jiwa mereka sakit dan sengsara, Chelsea Monday adalah Jester yang semakin parah yang ingin bunuh diri dan ditutup dengan Forgotten Sons tentang anak yang terlupakan, cerita ini akan berlanjut pada album Fugazi dimana bercerita tentang Jester yang semakin tak berdaya dan menginginkan bunuh diri, disambung pada album Misplaced Chilhood tentang sosok Kayleigh, album ini bernuansa tidak sesuram album lainnya, terdapat lagu indah Pseudo Silk Kimono, Lavender adalah persembahan terindah Fish dan juga lagu indah Heart Of Lothian, bagian akhir cerita ini adalah album Clutching at Straws yang menggambarkan Fish ingin bebas lepas dari belenggu drugs, bebas dari tekanan batinnya dan tentunya bebas dari Marillion, terlihat pada akhir lagu The Last at Straws, Fish tertawa lepas bebas…..

Keempat album konsep ini mempunyai 4 TKP (tempat kejadian perkara ) yaitu SFJT di pojok kamar, Fugazi di Hotel, MC di rumah dan CaS di bar. Maka menikmati Script memang yang paling muantab di sudut kamar kita….inilah sedikit kisah perkenalan saya dengan Marillion yang akhirnya nyantol di hati meskipun saya hanya tahu 4 album ini saja selebihnya di era Hogart saya tak pernah membeli albumnya satupun, sampai akhirnya saya berkenalan dengan Yes lewat Topographic Oceans, maka dimulailah pengalaman spiritual baru yang juga dahsyat…..Salam!!!!

5 Responses to “Dua Album Aneh”

  1. Domme Says:

    Wah cerita soal Marillion dan Fish ternyata dalam juga ya…

  2. cosmic_eargasm Says:

    wah sy br tau kalo itu adalah kisah hdp fish.. maturnuwun info nya mas herwinto.

    tentang yes- 90125 yg dirilis yess ada cerita dl dr temen sy yg pingin beli album tsb. wkt itu di kotamas jogja cm ada yg rekaman yess aja(yg rekaman lain sdh hbs mungkin saking larisnya). nah, tmn sy sdh mau byr, eh ternyata nggak ad lagu owner of a lonely heart nya yg dia suka bgt. so, nggak jg beli. akirnya dia memutuskan beli ditoko lain dpt yg billboard.

    nah, dr cerita temen sy di atas, apa benar kalo pd awalnya dl yess rilis 90125 tanpa ada lagu OFALH nya??
    soalnya dl sy punya, ada lagu itu..

    salam djadoel !!!

  3. Herwinto Says:

    Kalau yang dimaksud adalah 90125 pasti ada Owner Of A Lonely Heart nya mas, tapi kalau 9012Live memang tidak ada mas, semua direkam yess…

  4. cosmic_eargasm Says:

    oh gt. iya dl punya sy jg ada kok mas..berarti mungkin temen sy yg nggak ngeh kalo yg ada wkt itu yg 9012live the solos ya mas. tp msh komplitan yg team ya mas, c-90 soalnya. smntr yess cuma c-60

Leave a Reply

