50 of YES in My Life

By: Hippienov

Selamat jumpa kembali rekan-rekan semua,ini kali kedua aku coba kirim email ke Mas G, semalam sudah ditengah jalan hampir selesai eh jempolku salah pencet dan blas…lenyap semua tulisanku, malah lebih apes sempat terkirim ke Mas G juga tapi hanya judulnya saja, walah malunya… Mohon dimaafkan ya mas, maklum ngetiknya pake hape, jempol meleset sedikit runyam jadinya.

Iseng-iseng aku mencoba memilih 50 lagu Yes yang menurutku keren dan enak didengar. Ide ini sudah lama aku pikirkan tapi gak pernah kesampaian karena ternyata gak mudah loh pilih 50 lagu Yes dari sekian banyak pilihan. Asyik pilah pilih eh ternyata ada lebih 50 lagu yang masuk, sulit untuk mengkompresnya jadi 50 lagu. Setelah tertunda beberapa kali, akhirnya selesai juga list nya..

Ini adalah Mission: Suicide, hahaha.. Kok bisa? Karena aku nekad bawa-bawa nama Yes dan pilah-pilih lagunya tanpa mohon masukan dan saran dari para pakar punggawa YESmen yang bermukim di blog yahud ini. Pastinya akan ada protes keras dari beliau-beliau atas list ku ini, tapi tak mengapa karena kritikan yang masuk pasti yang konstruktif.

Ready or not, here goes nothing, jreng… 50 of Yes in my life (randomly):
1. Survival
2. Time and a word
3. Yesterday and today
4. Looking around
5. The fish
6. Everydays
7. Astral traveler
8. Close to the edge
9. And you and i
10. Siberian kathru
11. Tempus fugit
12. Into the lens
13. Machine messiah
14. Sweet dreams
15. Release, release
16. Don’t kill the whale
17. Owner of the lonely heart
18. Rhythm of love
19. Hold on
20. Yours is no disgrace
21. Starship trooper
22. I’ve seen all the good people
23. Perpetual change
24. Roundabout
25. Long distance runaround
26. South side of the sky
27. We have heaven
28. A venture
29. The clap
30. Heart of the sunrise
31. Ritual
32. Dance of the dawn
33. Then
34. Gates of delirium
35. Sound chaser
36. To be over
37. Going for the one
38. Parallels
39. Awaken
40. Wonderous stories
41. Homeworld
42. I am waiting
43. Mood for a day
44. Endless dream
45. Silent talking
46. The calling
47. America
48. Themes
49. Brother of mine
50. Miracle of life

And so the story ends.. 50 of Yes in my life. Kiranya dapat menghibur dan semoga berkenan..
Mas G, matursuwun atas waktu dan kesempatan yang diberikan dan semoga bisa membayar hutangku menulis pengalaman bersama Marillion yang belum kunjung rampung juga.

So here I am once more,
hippienov

44 Responses to “50 of YES in My Life”

  1. hippienov Says:

    Met pg mas G,matursuwun sudah muncul tulisanku.Semoga bisa meramaikan blog.
    Ini lg mulai nulis Marillion jg,semoga cpt rampung n sempat email.suwun

    • Gatot Widayanto Says:

      Suwun mas Hippie atas kirimannya. Kalau disuruh buat top 10 nya Yes apa berarti yang nomer 1 sd 10 dari list di atas?

      Salam

      Np. “Blue Jean Blues” – ZZ Top

      • khalil logomotif Says:

        Kok sama…saya jg blue jean blues?!

      • Gatot Widayanto Says:

        Waduh! Padahal ini setel random dari HP saya sambil ngeblog …. sekarang malah Burn …..! Deep Purple ….

        Jadi inget jaman dulu ini album yg dihujat bbrp orang di Aktuil karena gak ada Gillan lagi dan juga Glover. Namun sekarang nuansamatik …. It’s buuuuurrnnn …….!!!

        “Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”

        Gatot Widayanto

      • khalil logomotif Says:

        Klw saya, mau pindah ke lalle larsson weaveworld.
        Menurut saya, itu hebatnya DP, tetep ngjagain rootnya, brand essence nya, ngga masalah siapa yg nyanyiin, siapa yg gitarin..DP nya bisa tetep kerasa. Cuma satu yg saya ngga suka, album slave and master..klw ngga salah yg nyanyi joe lyn turner

      • Gatot Widayanto Says:

        Ha ha ha … yang tak disuka mas Khalil malah saya suka tuh Slave and Master karena unik … apalagi lagu Cut Runs Deep yang ngerock lurus itu, juga lagu sedih Love Conquers All. Lucunya album tersebut saya malah sering puter urut dari track pertama hingga habis karena urutannya sungguh menatikan. Karena mas Khalil nyebut album ini, nabti saya akan setel dah … kangen.

        “Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”

        Gatot Widayanto

      • khalil logomotif Says:

        Saya keingetnya rainbow klw denger dua lagu itu.

    • khalil logomotif Says:

      Kalau ntar jadi 52, saya usulin onward dan soon.

  2. hippienov Says:

    Jelas gak mas G,kalo diminta buat 10 the best kayaknya gak sanggup mas,bisa nangis mikir milihnya,he3

    • Gatot Widayanto Says:

      Ha ha ha …. makanya cari aman ya .. 50 .. ha ha ha …

      “Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”

      Gatot Widayanto

  3. hippienov Says:

    Kritikan mulai muncul,he3..
    Masukan diterima mas Khalil,trims ya..😀

  4. joko Says:

    mas Hippie, pastinya sangat sulit menentukan 50 lagu tsb.
    Sy sampai kemarin masih mengerjakan PR lama dari thn ’70an yaitu menyimak baik2 utk mengerti album “Tales From Topographic Ocean”.
    Sekarang terbantu dgn tulisan analisis mas Herwinto🙂

    • yuddi Says:

      mas G, mohon di ‘delete’ posting ini, thanks

      • Gatot Widayanto Says:

        Atas amanah mas Yuddi maka sdh sy delete. Kenapa musti delete padahal bagus mas?

        “Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”

        Gatot Widayanto

      • yuddi Says:

        mas G, salah delete , yg di ‘delete’ harusnya yg atas nama joko krn itu dr lap top sy juga. thanks

  5. yuddi Says:

    mas Hippie, pastinya sangat sulit menentukan 50 lagu tsb.
    Sy sampai kemarin masih mengerjakan PR lama dari thn ’70an yaitu menyimak baik2 utk mengerti album “Tales From Topographic Ocean”.
    Sekarang terbantu dgn tulisan analisis mas Herwinto🙂

  6. Domme Says:

    Wah… KAlau aku yang susun, pastilah urutan pertama aku letakkan lagu: Shot High Aim Low (album Big Generator)… Ada yang setuju…? Hehehehe…

  7. hippienov Says:

    Memilih 50 lagu Yes saja ternyata gak gampang mas G,ada yg terpaksa digeser..mungkin kalo 100 bisa lebih mudah😀

  8. hippienov Says:

    Survival dan time and a word aku tempatkan di urutan pertama karena 2 lagu itu yang bikin aku mulai tertarik dan penasaran sama Yes di th 94, bro. Urutan selebihnya bener2 ngacak.

    Setelah itu temenku “menjewer” kupingku dgn kaset yess TFTO yg bikin ak kaget n kriting tp makin pula bikin ak kesengsem sama Yes n mulai usaha ngumpulin album2nya (yg tersendat2 blm komplit sampei sekarang).

  9. hippienov Says:

    Mas Yuddi,aku juga terbantu dengan tulisan mas Herwinto.. saiki sitik2 wis mudheng karo TFTO😀

  10. Herwinto Says:

    Kalau susunan itu yang dimaksud adalah enak didengarkan iya lah 1-10 memang enak buat laras larasan….tapi kalau lagu lagu Yes yang keren menurut saya inilah 20 besar urutannya…sangat mematikan…kalau gak percaya..silahkan mencoba!!!

    1. Gates of Delirium (dahsyat menggemuruh)
    2. Close To The Edge (nikmati petikan gitar Howe yang rumit)
    3. The Revealing Science Of God (musiknya berkelok kelok tajam)
    4. Ritual (gegap gempita namun menghanyutkan)
    5. Awaken (sepanjang lagu tak ada yang tidak memukau)
    6. Roundabout (komposisi gitar dan keyboard bikin pingsan)
    7. Heart Of The Sunrise (dahsyat namun jernih dan indah)
    8. Sound Chaser (penghibur untuk yang putus cinta)
    9. And You And I (untuk ingat Tuhan, bikin nangis)
    10. Yours Is No Disgrace (wow jazzy and wonderfully)
    11. Starship Trooper (menghanyutkan)
    12. I’ve Seen All Good People (asyiiik)
    13. Mind Drive part 1,2,3.(prog abiiis)
    14. Shout Side In The Sky (sangat clasic namun garang)
    15. Homeworld (waduuuuh…bikin kita rajin bersyukur)
    16. Turn Of The Century (nangis tenan)
    17. Siberian Khatru (liat Howe sampai loncat loncat main gitarnya!!)
    18. Be The One (intronya bikin ati gogrog!!!)
    19. That That Is (sangat layak di sebut progresif)
    20. New Language (Yes banget !!!!)

  11. hippienov Says:

    Matursuwun mas Herwinto masukannya, ada beberapa gak masuk list 50 yang aku buat..gimana toh aku ini?kok bisa keloncat gak masuk list?memalukan,ha3..

  12. Arif Susilo Says:

    Maaf saya ikutan nimbrung boleh ya.. saya newbie sama progrock, tapi sejak smp memang sudah suka Yes, saya lihat listnya Pak Herwinto kok menarik untuk dicoba, kalau listnya pak Hippienov itu hampir sama dengan yang saya putar sehari-hari… kebetulan saya ada beberapa album Yes dirumah yang jarang diputar hehe, habis nyetelnya yang itu itu saja … salam kenal, kebetulan kesasar disini gara-gara nyari list lagu yes tapi malah ketemu senior-senior progrock… mohon bimbingannya…

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Arif Susilo

      Salam kenal dan salam hormat!
      Justru di blog ini yang dianggap senior adalah yang newbie mas. Jadi, mas Arif yang harus membimbing kami yang terlalu tersesat di jalur progrock jadul. Kalau mas Arif punya referensi progrock baru yang bagus, ya dimohon pencerahannya ….he he he he …

      Senang sekali berjumpa dengan sesama penggemar Yes. Gak ada senior2an mas …wong kita ini sesama penikmat musik kok. Bahkan saya parah, gak bisa main musik tapi bisa nya mengkritik musik ….

      Kalau ada yang mau ditulis tentang perjalanan mas Arif menyukai progrock, silakan mas … Nanti saya posting dan kita rame2 memberi komentar …

      Salam progrock

  13. Arif Susilo Says:

    terima kasih Pak Gatot, salam kenal… . Saya juga sebatas penikmat saja kok pak, barangkali selera saya terlalu umum; Yes, ELP, King Crimson, Pink Floyd dan sejenisnya… tahu itu semua bernama / genre progrock saja baru-baru ini kok hehe maklum pak saya hidup di kota kecil (banjarnegara) dimana cari kaset susahnya minta ampun… saya juga suka ngumpulin kaset jadul, kadang ph tapi cuma yang sesuai dengan selera saja hehe, saya juga suka Kamelot pak, saya lagi betah ndengerin album Poetry For The Poisoned…

    • Gatot Widayanto Says:

      Mas Arif …

      Kalau gitu orang BanjarNegara ngerock semua ya? Soalnya Bupatinya pernah hadir di acara Rock Dua Generasi beberapa tahun lalu, di Mario’s Place. Ntar saya carikan laporannya ya … Ada di blog gemblunk ini kok …

      Wah … gak ada kata standar lah … Itu band sesepuh progrock semua mas.

      Demen Kamelot juga? Wah …iya …saya barusan beberapa hari lalu pasang album Epica mbrebes mili menikmati albumnya … Nyambung ke Black Halo …dan sekarang gara2 baca posting mas Arif mau pasang Poetry ….

      Kamelot rules!!

      *”Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”*

      *Gatot Widayanto*

      • Arif Susilo Says:

        benar Pak, kebetulan saya kenal dengan mantan wakil bupati yang kemarin pak Hardjo namanya suka nge-band juga, tapi karena kota kecil fasilitas terbatas ya kurang berkembang komunitas musiknya, yang suka progrock malah kayaknya saya belum ketemu satupun. Benar pak, Kamelot musiknya bisa bikin mrinding terus hehe, saya baca artikel-artikel disini sungguh hangat dan bersahabat, apa karakter proggers memang demikian ya… jadi ingat saat-saat awal kenal progrock nuansanya sangat terasa disini… terharu saya…

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Arif,

        Konsep temen2 disini adalah: Music unites people … Jadi, kita jadikan hobi musik ini sebagai ajang silaturahim. Meski sebagian besar oenggemar prog namun ada juga yang suka metal dan postrock atau bahkan jazz/fusion … gak masalah. Saya juga kadang dengerin new wave karena mengenang masa awal 80an saat musik prog digempur sampek lunglai oleh arus gelombang baru ….

        Mungkin memang begitu ya proggers … Mungkin karena I’an Arliandy yang master nya YESS di Bandung orangnya juga humble dan setia kawan …jadi kita2 generasi penerusnya juga ikut2an saling bersahabat … Kita juga ada yang berasal dari Surabaya (Apec), Klaten (Koh Win) meski sebagian besar di Jakarta. Nah .. kalau mas Arif suka ngobrol di sini maka lengkaplah .. ada wong Banjarnegara juga …

        Senang membaca komen2 mas Arif .. Monggo mas silakan cerita apa saja …. It’s all about life ….

        *”Ciptakan Keterdesakan Sebelum Keterdesakan Yang Sebenarnya Datang”*

        *Gatot Widayanto*

      • Gatot Widayanto Says:

        Mas Arif,….benar pak Hardjo dan ini saya nemu link liputannya saat itu:

        https://gwmusic.wordpress.com/2008/05/13/nostalgia-sharkmove-di-koran-tempo/

      • Arif Susilo Says:

        artikelnya bagus pak, beliau memang pak Suhardjo yang pernah rebutan beli PH aka sama saya hehe. Coba nanti kalau ketemu saya cari tahu apa dia suka browsing apa tidak, kalau iya nanti saya ajak berkelana ke blog huebat ini hehe😀

  14. hippienov Says:

    Salam kenal, salama prog dan selamat nimbrung ya mas Arif..
    Berarti selera lagu2 Yes kita sama mas,kalo list nya mas Herwinto wah itu kelas super berat, maklum beliau salah satu fans fanatik Yes di blog ini😀

    • Arif Susilo Says:

      salam kenal juga pak Hippienov, Iya ternyata seleranya kok bisa sama ya😀 . jadi ingat dulu waktu remaja saya bisa muter kaset Yes sampai berjam-jam sambil duduk di depan speaker, istilahe orang jawa “ngematakeke/ ngemataken” sambil terhanyut, tapi sekarang sudah sulit seperti itu karena sedang punya anak 2 tahun sehingga sering mengalah dan memutar lagu anak-anak di tape/ ph karena anak saya tidak suka nonton tv …

  15. Herwinto Says:

    Anak dibiasakan lagu lagunya Yes tidak masalah mas, anak anak saya juga masih kecil kecil juga udah pandai melantunkan And You And I…..salam kenal mas…..

    • Arif Susilo Says:

      Wah benar juga ya pak, saya sendiri mengenal musik juga karena sering ndengerin bapak saya dulu nyetel tape, waktu itu saya masih sd dan kasetnya saya ingat adalah top hits 81dari hins collection, kaset itu sangat berkesan sampai-sampai saya hunting kembali dan malam ini sudah dapat dari penjual online di medan…. salam kenal juga …

  16. cosmic_eargasm Says:

    malam mas hippienov, mas GW, dan semua temen2..

    asik mas listnya. tp diantara 50 lagu tsb, kok nggak ada sweetnes dan soon?hehehe..

    utk era rabin sy suka jg yg cinema. oya, brother of mine kan ABWH mas?

    anyway, listnya mas GW dan mas herwinto keren2 jg tuh..

    salam djadoel !!!

  17. hippienov Says:

    Malam mas Cosmic, kritikan diterima😀
    Sweetness dan cinema tadinya sudah masuk mas tapi di saat akhir tergeser. Sulit juga loch mas bikin list 50 lagu Yes karena ternyata ada lebih dari 50 lagu yang masuk daftar,terpaksa ada yang diedit,he3..
    Iya mas,brother of mine dan themes dari ABWH.aku masukkan juga karena pada dasarnya mereka menurutku juga Yes malah classic line-up minus Squire.
    Kalo soon batal aku masukkan karena kalo gak salah soon adalah versi single dari gates of delirium (kalo gak salah).karena gates nya sudah ada jadi soon aku ganti mas.
    Sekali lagi matursuwun u/ komentar ya mas🙂

  18. cosmic_eargasm Says:

    oh gt ya mas hippie? bener bgt, memang susah nyusun songlist yg dibatasi. IMHO, sweetness terasa istimewa karena musiknya lain dr bbrp albumnya yg style nya sdh jadi.. di debut ini, mungkin yes msh dlm rangka pencarian karakter. gitarisnya jg msh peter banks

  19. Bentar Lukman Says:

    Wah kalo saya diminta bikin 50 lagu Yes terbaik versi saya, saya pasti ga sanggup, bukan krn bingung milh2 saking banyaknya lagu2 Yes yg keren, tapi ya krn jam terbang kuping saya emang blm nyampe 50 lagu Yes hehe.. Btw, Changes kok ga masuk list ya mas Hippie?
    Oh iya, di album Time and Word itu, selain lagu Time and Word, ada 1 lagu yg suka saya puter ulang kalo lagi nyetel di laptop, yaitu No Opportunity Necessary, No Experience Needed –interlude kibordnya top mantabs ya mas🙂

  20. yuddi Says:

    sekedar nostagila ’70an, di radio prambors jakarta ada acara namanya ‘prambors waktu bebas’ (pk.18.00 sd 17.00 kemudian jadi pk.17.05an setelah warta-berita RRI sd pk.20.00) yg diputar adalah lagu2 keras dari album2 yg baru terbit. Dari yes yg diputar biasanya cuma ‘Round About’ saja baru ketika ’77an diputar ‘Going for the One’, ’78 ‘Release Release’, ’79 ‘What Really Happen?’

  21. Pintu dan jendela Says:

    And you and i yang paling favorite😀

  22. Toko bunga jakarta Says:

    wah, masing2 punya urutan2 tersendiri nih

Leave a Reply

